5 hal yang harus di hindari setelah melakukan aktifitas olah raga

melakukan aktifitas olah raga

Hal-hal yang harus dilakukan setelah aktifitas olah raga  – Berolahraga keras serta mendorong diri untuk selalu berusaha sekuat mungkin pada saat latihan dengan lamanya waktu tertentu, merupakan sebuah elemen paling penting guna mendapatkan hasil yang maksimal disaat olah raga.


Namun ada hal yang lebih penting juga yang harus anda lakukan setelah anda selesai melakukan aktifitas olah raga,dimana hal tersebut akan memberikan dampak bagi daya respon tubuh anda.

Misalnya melalui makanan yang anda konsumsi dan juga berapa banyak beristirahat, maka langkah-langkah yang harus dijalankan seusai berolah raga yang nantinya akan menjurus ke pemulihan tubuh dan juga pertumbuhan. Penuturan yang disampaikan oleh Julius jamison, yang dimana beliau adalah seorang pelatih di New york health and racquet club.

Lalu hal-hal seperti apa saja yang semestinya dilakukan yang konon katanya sangat pantrang dijalankan setelah melakukan olah raga. Biasanya orang sehabis berolah raga banyak melakukan rebahan atau hal-hal yang bisa mempengaruhi proses pencernaan tubuh. Berikut ini ada 5 hal yang menjadi pantrangan seseorang selepas berolah raga.

#5 hal ini yang harus dihindari setelah anda melakukan olah raga.
1. Hindari mengkonsumsi makanan banyak mengandung lemak.
Makan boleh-boleh saja setelah berolah ragam namun harus pintar-pintar memilih jenis makanan, terlebih lagi dengan makanan yang berlemak. Salah satu musuh utama alat pencernaan yaitu kadar lemak yang terlalu banyak.

Maka dengan mengkonsumsi makanan-makanan berlemak setelah berolah raga, tidak menutup kemungkinan akan mengurangi kecepatan proses pencernaan dalam tubuh. Menurut penuturan dari Julius jamison, maka jika anda ingin makan setelah melakukan aktifitas olah raga usahakan mendapatkan makanan kaya akan nutrisi yang mampu bekerja cepat dan masuk ke aliran darah serta sel-sel dengan cepat, ujarnya lagi.

Kesimpulannya ialah, setelah olah raga maka anda akan membutuhkan bahan bakar yang sangat cepat, maka setelah waktu mencapai 20 – 30 menit selepas berolah raga, harus disandingi makanan-makanan kaya akan karbohidrat dan juga protein yang menunjang asupan terhadap otot-otot tubuh.



2. Kurang minum air mineral.
Seringkali saya perhatikan, bahwa orang yang sedang asik-asiknya berolah raga, misalnya sibuk menggunakan alat fitness Treadmill lari ditempat atau sedang mengangkat beban. Biasanya selalu melupakan waktu untuk sekedar minum air putih. Padahal dengan minum air putih meski sedikit selepas berolah raga akan sangat membantu sekali merehidrasi tubuh.
Baca juga : 5 manfaat sekaligus 5 bahayanya jika kurang minum air putih
Dengan meluangkan waktu sebentar untuk minum setelah olah raga, maka fungsi dari air tersebut akan bekerja sebagai pengganti elektrolit maupun glikogen, bahwa keduanya ini sangatlah dibutuhkan guna pemulihan tubuh.

3. Hindari melakukan peregangan
Terkadang waktu yang kurang memungkinkan untuk cepat pergi ngantor. Akan tetapi selepas melakukan olah raga, setelah otot-otot berkontraksi 1 jam harus mendapatkan peregangan-peregangan paling sedikit selama sepuluh detik. Hindari melakukan pergangan otot setelah anda berolah raga, akan menyebabkan limitasi (pembatasan) terhadap jangkauan gerak tubuh yang sangat rawan terhadap cedera.



4. Kurang istirahat yang cukup.
Perlu kita ketahui semua, bahwa tubuh kita mampu memulihkan diri kembali pada saat-saat tertidur. Istirahatkan secukup mungkin sangatlah penting untuk tubuh. Maka istirahat yang baik seletah olah raga, adalah tidur yang nyenyak supaya otot yang sekian lamanya bekerja keras dengan berolah raga akan pulih kembali seperti sedia kala.

5. Duduk sepanjang waktu
Ada saatnya anda ingin menggerakan tubuh setelah sekian lamanya anda duduk, maka lama kelamaan tubuh anda akan terasa sangat tegang. Meninggalkan meja kerja pastinya sangat berat, namun disisi lain, bahwa tubuh anda perlu untuk pulih kembali, maka sebagai tambahan bisa melakukan peregangan pada saat kita melakukan olah raga secara intensif.

Kesimpulannya adalah, kita harus menghabiskan waktu berolah raga dengan denyut jantung mencapai 50% dari batas maksimal, guna melakukan peregangan-peregangan, misalnya latihan fungsional dan latihan perut. Bila tidak bisa melakukannya setelah olah raga pagi, usahakan meluangkan waktu beberapa menit dimalam hari atau esok hari.

Dengan melakukan latihan seperti ini, banyak sekali manfaat yang didapatkan, misalkan melancarkan aliran darah, menghilangkan pegal-pegal di tubuh, menghilangkan rasa lesu, mampu membuat postur tubuh menjadi lebih baik, dan masih banyak yang lainnya.

Demikian sedikit ulasan mengenai 5 hal yang harus di hindari setelah melakukan aktifitas olah raga ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »