4 hal ini yang menyebabkan komputer berjalan lemot atau berat

komputer berjalan lemot atau berat
Komputer lemot
Komputer berjalan lemot atau berat?, kemungkinan banyak hal yang tidak pernah anda ketahui, mengapa komputer sering terasa sangat berat pada saat di operasikan. Pada umumnya, atau yang sering saya alami ada 5 hal yang seringkali saya lupakan mengenai pengontrolan terhadap pc komputer.


Kasus seperti ini sudah biasa terjadi oleh semua pengguna komputer, maka wajar saja jika komputer menjadi lemot dikarenakan sudah menumpuknya data-data, baik berupa video, musik dan juga file-file dokumen lainnya.

Selain itu, ada hal yang harus anda lakukan untuk membiasakan melihat atau mengecek keadaan pc dantidak menutup kemungkinan bahwa ada virus yang masuk kedalam pc komputer anda. Adapun masalah yang muncul kenapa komputer menjadi sangat lemot pada saat di operasikan, dan berikut ini 4 masalah mengapa komputer berjalan sangat lemot dan berat, diantaranya :


4 hal ini yang menyebabkan komputer berjalan lemot atau berat
1. Tidak pernah membersihkan debu didalam PC/ CPU
Debu yang kian menebal didalam cpu merupakan salah satu pemicu komputer menjadi sangat berat dioperasikan.

Dengan banyaknya debu-debu didalam cpu akan menghambat kinerja kipas prosesor, yang dimana kipas prosesor merupakan komponen paling vital yang berfungsi sebagai pendingin jalannya kinerja prosesor tersebut. Prosesor adalah sebagai otaknya semua pengoprasian komputer.


Baca juga : Cara melakukan perawatan rutin terhadap komputer sendiri
2. Komputer disusupi virus
Jika komputer sudah terserang virus ini akan sangat membahayaan bila tidak segera diatasi, bila virus sudah menjalar kemana-mana maka pengoprasian komputer akan sanga terhambat. Bahkan sewaktu-waktu komputer bisa mati dengan sendirinya.

Pada umumnya, jika komputer sudah demikian, ada dua pilihan bagi pengguna agar komputer bisa kembali normal seperti biasa, menginstal ulang atau memberikan pengaman terhadap pc, misalnya anti virus, dan juga memasang deep freeze yang berfungsi efektif mengunci sistem komputer agar tidak bisa disusupi virus.

3. Terlalu banyak tampilan tab baru
Mungkin semua pengguna internet dan komputer seringkali membuka tab-tab baru, dengan membuka tab baru tidak menutup kemungkinan sistem pengoprasian komputer akan sangat berat. Maka saya sarankan untuk semua para pengguna, hindari menggunakan komputer dengan terlalu banyak membuka tab baru dan pergunakanlah sesuai kebutuhan saja.

4. Kipas prosesor tidak berfungsi
Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa kipas prosesor bisa dibilang komponen penting dalam komputer anda. Masalah seperti kipas prosesor mati dan tidak bisa berfungsi lagi salah satu penyebab utama komputer berjalan sangat lemot bahkan sangat berat. Kipas prosesor memang seringkali tidak pernah terkontrol, sedangkan soket penyimpanannya pun terhalang oleh kabel-kabel komponen yang lain.

Maka jika anda mendapati masalah seperti ini alangkah baiknya anda segera membuka cpu anda untuk melihat keadaan kipas prosesor apakah masih menyala dengan baik atau mati. Jika keadaan prosesor mati, sampai kapanpun komputer akan terasa sangat berat dioperasikan, dan secepatnya anda menggantinya dengan yang baru.


Kiranya hanya segelumit ulasan yang saya suguhkan kehadapan sobat semua, yaitu mengenai ada 4 hal ini  kenapa komputer berjalan lemot atau berat, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
October 17, 2016 delete

kalo pas starup ngebleng kenapa ya???

Reply
avatar
October 17, 2016 delete

speck komputer kecil, sama ky punya saya. biasanya ky gitu, kadang muncul warna putih blang ky gitu ya

Reply
avatar