Perubahan Google Policy, apakah sangat berarti bagi anda?

Perubahan Google Policy


Tentang Perubahan Google Policy - Untuk sementara waktu ini sudah banyak sekali diketahui bahwa google akan mengkonsolidasikan mengenai kebijakannya tentang privacy menjadi sesuatu yang besar. Rencana kebijakan ini akan mencakup dari segala hal, 01 maret tahun 2012 perubahan privacy ini sudah diberlakukan.

Sederhananya, apakah dalam perubahan seperti ini sangat ber artikah bagi anda?. Inti dari pembahasan ini, pada dasarnya saat ini google akan berbagi mengenai data-data penyimpanan anda, begitu juga dengan layanan-layanan yang anda gunakan.

Bahwasanya semua tidak akan bisa berbagi dengan pihak luar terkecuali dengan layanan-layanan google. Google akan bersikeras mengenai perubahan seperti ini dengan maksud untuk membuat layanan produk yang lebih baik lagi dari sebelumnya dan juga akan menampilkan konten yang relevan dan iklan-iklan untuk semua para pengguna pribadi.

Alma whitten (direktur google privacy), telah menuliskan dalam posting blog akhir-akhir ini dan menyatakan “pada saat anda menggunakan produk layanan kami, ada satu hal yang harus diperjelas lagi : pengalaman-pengalaman yang anda dapatkan dari google mungkin sudah terbiasa oleh sebab kami membuat perubahan, dengan tujuan meningkatkan produk kami dengan cara anda membantu kami dan pengguna bisa mendapatkan hasil yang baik melalui web dari waktu ke waktu.



Alma whitten menguraikan 3 poin penting untuk diingat mengenai perubahan ini.
  1. Kebijakan privasi google sekarang jauh lebih mudah untuk dipahami. 
  2. Kebijakan privasi google akan memungkinkan para pengguna untuk selalu membangun lebih baik, pengalaman pengguna yang lebih intuitif di seluruh google untuk pengguna yang sudah masuk dan terdadftar 
  3. Kontrol privasi google tidak akan berubah.
Menurut Pablo chavez, direktur google untuk kebijakan publik sudah membahas dipostingan bulan januari, 5 hal yang tidak mungkin berubah, antara lain :
  1. Google akan selalu menyimpan informasi pribadi pengguna, dan pengguna tidak bisa merubah visibilitas dari semua informasi yang telah anda simpan bersama google.
  2. Google masih mengijinkan anda untuk selalu melakukan pencarian, nonton video youtube, mencari ptunjuk google maps, bahkan melakukan tugas yang lain tanpa harus terlebuh dahulu emngakses akun google.
  3. Google masih menawarkan beberapa pilihan dan mengontrol melalui alat privasi seperti “Google dasbor atau pengelola preferensi iklan” yang membantu anda untuk bisa memahami dan mengelola data-data anda sendiri. 
  4. Google tidak akan pernah menjual informasi pribadi anda kepada pengiklan. 
  5. Google masih menawarkan data-data bebas untuk digunakan pada saat anda sudah menutup akun google anda sendiri maupun disaat mengambil data anda di tempat lain.

Dengan begini paling tidak kita harus memberikan apresiasi terhadap kinerja google yang teramat berat dan pelik. Dari semua pengguna kemungkinan akan sedikit diberikan batasan-batasan dengan apa yang sudah dilakukan untuk menyederhanakan berbagai hal.

Dari sekian banyaknya orang mungkin tidak akan pernah tahu, sebab tidak pernah mempertanyakan bahwa sudah banyak orang yang terlibat dalam policy privacy ini. Sebetulnya perubahan sudah benyak menarik perhatian, terlebih lagi bagi pengawas privacy.

Seperti halnya yang terjadi di Negara jepang atau uni eropa, dari kedua Negara ini merasakan adanya ganjalan mengenai perubahan google, adapun dari koalisis fair search yang merupakan salah satu pesaing berat google telah mengirimkan surat kepada National Association bahwa mengungkapkan rasa kekurang nyamanannya terhadap perubahan.

Tapi meski demikian, apakah peringatan mengenai perubahan kebijakan google seperti ini akan mempengaruhi para pengguna?, dan apakah ini sebuah tanda-tanda suatu masalah yang akan membawa perubahan terhadap semua penguna layanan google. Mudah-mudahan ini sebatas masukan media-media iklan yang terlibat di google agar semua pengguna yang terlibat bisa membangun konten-konten yang relevan.

Bahwa ada kabar simpang siur yang diterima google akan adanya penyusup dari google yang bisa mengakses informasi semua pengguna, apakah itu akan benar-benar terjadi?. Akan tetapi pada kenyataannya google selalu mengumpulkan data-data dari para pengguna yang sudah menggunakan layanan-layanan, maupun pengalaman pengguna selama membuka kotak pencarian.

- Perubahan lanjutan dari google policy.
  • Anda atau kita semua tidak perlu mengkhawatirkan perubahan kebijakan dari google, memang akan ada sebuah perubahan kebijakan yang nantinya akan dikumpulkan melalui aktifitas pengguna dari layanan, antara google search dan youtube. Dari keduanya ini akan digunakan sebagai perubahan lanjutan dengan tujuan untuk mempersonalisasi pengalaman para pengguna dari semua produk-produk layanan yang ada di google. 
Apakah google akan memberikan batasan ruang terhadap para pengguna?, baca sampai selesai keterangan ini agar anda lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan layanan.

- Google akan melacak semua pengguna. 
  • Sampai saat ini banyak sekali para ahli menyarankan kepada semua pengguna agar menghapus semua riwayat dari web google pengguna demi meningkatkan privasi anda masing-masing. Dengan demikian google akan lebih leluasa lagi untuk mengumpulkan data-data pribadi anda jika anda tidak segera membuang riwayat anda di dalam web.
  • Pengguna hanya dapat menghapus dan menghentikan pelacakan aktivitas semua pengguna, akan tetapi pengguna hanya bisa mencegah google menggunakan data yang dikumpulkan dengan akun google saja, perlu kita ketahui, semua itu tidak akan menghentikan google dari pelacakan aktivitas web anda.
  • Pencarian anda akan tetap diikuti dan disimpan didalam server mereka, bahkan jika anda tidak masuk akun sekalipun. Dengan begitu setiap informasi masih dapat digunakan untuk membangun sebuah profil tentang anda dan sangat memungkinkan google akan menjual iklan yang secara khusus dirancang untuk anda.
- Apakah ini benar-benar masalah besar, atau malah berarti untuk pengguna? 
  • Banyak juga yang berpikir bahwa ini bukan suatu masalah besar, bahwa google mengumpulkan informasi-informasi yang sama persis dengan pengalaman anda, dan sekarang hanya dipergunakan oleh google semata-mata untuk meningkatnya pengalaman para pengguna. 
  • Apa kemungkinan besar data-data pengguna akan digunakan sebagai iklan?, jadi seandainya anda melihat tayangan iklan yang sekarang lebih cenderung dengan minat, berarti memang google sangat menginginkan kita semua lebih berkembang lagi didalam membuat konten-konten yang relevan, dimana iklan yang muncul tepat dengan minat para pengguna. 

Jadi wajar-wajar saja jika google mewajibkan adanya pemasukan dari iklan. Sehingga dari sudut pandang lain, barangkali google membutuhkan ke akuratan mengenai konten yang nantinya akan tayang iklan.

- Menurut para ahli privacy di Amerika.
  • Para ahli privacy maupun anggota parlemen ikut terlibat didalam perubahan kebijakan tersebut. Bahwa ini adalah zona Amerika serikat yang mempunyai keterbatasan mengenai penggunaan, pengumpulan dan juga distribusi-distribusi data para pengguna.
  • Bahkan pemerintah As mengusulkan mengenai ‘Undang-undang privacy hak’ mengenai konsumen agar selalu mendapatkan perlindungan disaat memutuskan akan mengambil sebuah informasi yang digunakan oleh pengguna. Namun kebijakan privacy ini berdiri tidak adanya sebuah undang-undang yang mampu memberhentikan kebijakan privacy dari google.

Demikian kiranya apa yang saya sampaikan disini mengenai Perubahan Google Policy, namun anda dapat, ikuti beberapa tips sederhana untuk meminimalkan jumlah data yang dikumpulkan tentang pribadi anda, seperti contoh melakukan pencarian di google tanpa harus masuk.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »