Prosedur Kerja Bidang Pekerjaan Peninggian Bak Valve

Pekerjaan Peninggian Bak Valve
PT. MLA
Prosedur pekerjaan bak valve - Pekerjaan peninggian Bak Valve dilakuakn untuk menyamakan elevasi Bak Valve dengan permukaan jalan. Untuk menyelesaikan pekerjaan ini diperlukan perencanaan kerja yang baik agar pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan rencana tanpa menimbulkan kerusakan dan kerugian baik dari asset PGN maupun dari pelaksana.



Adapun sebelum pekerjaan dimulai, ada persyaratan penting yang harus dipersiapkan terlebih dahulu guna kelancaran, antara lain : 
  1. Pengurusan Ijin 
  2. Persiapan sumber daya manusia 
  3. Mobilisasi peralatan & tenaga kerja 
  4. Pelaksanaan pekerjaan fisik/konstruksi
1. Pengurusan Perijinan
Sebelum melaksanakan pekerjaan konstruksi terlebih dahulu harus mengurus perijinan antara lain ijin kerja dari PT. PGN serta ijin dari PU. Semua perijinan diurus oleh kontraktor pelaksana, dibantu PT. PGN terutama dalam hal surat menyurat. Setelah ijin tertulis dari PT. PGN diperoleh, Kontraktor pelaksana proyek akan menghubungi pihak-pihak terkait ( Bagian Operasional / Pemeliharaan, & Bagian Penjualan Area Penjualan di PT. PGN ) untuk meminta waktu pelaksanaan.

2. Persiapan Sumber Daya Manusia
Yang dimaksud sumber daya manusia adalah team yang akan mengerjakan pekerjaan ini, untuk pekerjaan ini kami menempatkan :
  • K3LL : 1 orang
  • Pengawas lapangan : 2 orang
  • Helper : 4 orang
  • Operator Mobil : 1 orang
3. Mobilisasi Peralatan & Tenaga Kerja
Peralatan dan tenaga kerja dengan kendaraan yang sesuai untuk pekerjaan tersebut antara lain :
  • Palu (Bogem) 
  • Pahat Buat Beton 
  • Gergaji Besi 
  • Dan peralatan penunjang lainnya. 
Jumlah peralatan harus sesuai dengan spek dan kegunaan dalam pekerjaan.

4. Pekerjaan Fisik / Konstruksi
1. Pekerjaan Pembongkaran Bak Valve
Sebelum permukaan Bak Valve di tinggikan terlebih dahulu tutup bak valve di bongkar ,agar setelah dilakuakn peninggian tutup bak valve tidak terlalu tinggi dan dapat dilakukan pemasangan besi WF.

2. Pekerjaan Peninggian Bak Valve
Peninggian bak valve di maksudkan agar permukaan bak valve sejajar dengan permukaan jalan (satu elevasi). Agar bak valve mampu menahan beban kendaraan yang nantinya akan melintas di atas bak valve tersebuk, maka setelah tutup Bak Valve (permukaan atas bak valve) di bongkar terlebih dahulu di lakukan pemasangan baja WF 200.

Sebelum proses pengecoran terlebih dahulu di lakukan pembesian bak valve sesuai dengan spesifikasi dari pihak PGN dengan menggunakan Besi dia. 16mm dan 13mm. Setelah bekisting dan proses pembesian selesai makan akan dilakukan pengecoran dengan kualitas mutu beton K 450. Kualitas mutu beton K 450 di pilih dengan mempertimbangkan kondisi jalan yang nantinya akan di lewati kendaraan – kendaraan berat.

3. Urugan dan Pemadatan Bak Valve 
Urugan dan pemadatan di lakukan di sekitar bak valve yang sudah diperbaiki supaya nantinya permukaan di skitar bak valve tidak turun akibat adanya beban yang melintas di lokasi bak valve tersebut. Jika pekerjaan sudah selesai pastikan lokasi pekerjaan sudah aman dan bersih, sebelum meninggalkan lokasi lakukan pembersihan dan pengecekan ulang.



Data badan Pengurus Usaha :
Nama Badan Usaha : PT. Mandiri Langgeng Utama
SYAHRUL 

Demikian sedikit ringkasan mengenai prosedur kerja pekerjaan peninggian bak valve ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »