Ingin fungsi otak bekerja maksimal?, mulailah olah raga seperti ini

Meningkatkan fungsi otak lebih maksimal - Otak bisa terbilang merupakan anggota komponen tubuh paling banya bekerja. Sebab dari semua langkah, melakukan sesuatu, atau apapun yang dikeluarkan dari semua anggota badan berawal dari cara kerja dari fungsi otak tersebut. Salah satu motorik sebagai penunjang dari segala penggerak anggota badan tidak lain adalah otak kita.
Maka jika fungsi otak anda ingin bekerja secara maksimal lagi, yaitu dengan melakukan olah raga secara teratur. Manfaat-manfaat dengan melakukan olah raga, terlabih lagi dengan jenis olah raga yang mampu menjaga kesetabilan kesehatan otak kita, yaitu dengan olahraga berenang.

Olah raga renang itu, selain sangat bagus menjaga kekuatan fisik, baik membuat tubuh menjadi lebih tegak dan juga mampu membentuk otot. Maka tidak heran, jika anda melihat seseorang yang memiliki bentuk tubuh ramping dan tegak pastinya anda akan menyimpulkan bahwa orang tersebut diidentikan sebagai ‘tubuh perenang’.

Ingin fungsi otak bekerja maksimal


Jadi apa manfaatnya untuk kesehatan otak?, dibawah ini ada beberapa keterangan mengenai manfaat dari olah raga renang yang kemungkinan belum pernah anda ketahui selain untuk menjaga kesehatan fisik, meliputi :

#Manfaat olah raga renang bagi kesehatan otak anda.
#Meningkatkan daya ingat
Salah satu kerusakan pada otak bisa disebabkan karena stress, dengan begitu masih bisa diperbaiki lagi dengan cara mengganti sel otak dengan sel-sel yang baru dengan cara berolah raga berenang. Pada saat kita berolah raga, bahwa yang paling membutuhkan oksigen paling besar adalah olah raga renang. Dengan begitu Hipocampus didalam otak akan besar serta aliran oksigen yang masuk akan menjadi lebih besar dari sebelumnya.

#Membangun fungsi mental lebih baik
Meningkatnya aliran darah sangat membantu meningkatkan mood, memori, fokus dan kejernihan dalam berfikir. Hal-hal seperti ini tentunya pada saat-saat anda melakuan olah raga renang, bahwa aliran darah yang masuk kebagian otak, rupanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan olah raga selain berenang.
Disaat-saat olah raga didarat, umumnya hanya menggerakan bagian tubuh secara berulang-ulang, contohnya : berlari atau bisa juga senam. Olah raga ini memang bisa meningkatkan darah ke otak kita. Akan tetapi manfaat bisa anda dapatkan dua kali lipat pada saat anda olah raga renang. Penuturan ini disampaikan langsung oleh Bob Prichard yaitu salah satu pelatih atlit renang di olimpiade Amerika.

#Memperbaiki mood
Perlu anda ketahui, bahwa jenis olah raga yang bisa melepaskan faktor-faktor neurotropic didalam otak yaitu hanya olah raga renang. Selain itu berenang sangat bagus untuk menghindari rasa cemas, kurang mood, mengatasi stress dan juga menghilangkan mood-mood yang kurang baik.

Begitu juga dengan depresi, rasa depresi bisa berkurang dengan melakukan olah raga renang dengan cara memproduksi hormon guna meningkatkan mood yang baik. (menurut keterangan dari Dr.David coppel, salah satu pakar neuropsikologi dan penelitian).

Olah raga renang mampu mengurangi rasa cemas atau panik, sedih, yang disebabkan oleh gaya maupun tekhnik cara berenang yang digunakannya, sebagai contohnya : melakukan tendangan dalam air, relaksasi atau menarik napas. Bahwa gerakan seperti itu sangat mediatif dan tidak menutup kemungkinan mampu mengatasi rasa tegang dan cemas.

#Meningkatkan kemampuan belajar
Rupanya gerakan yang dilakukan dalam berenang itu, ternyata mampu membantu mengembangkan serat saraf dicorpus calosum, maka bagian otak yang memiliki peran penting dalam hal berkomunikasi itu melalui otak kanan dan kiri. Maka dengan olah raga berenang ini bisa membangun semua bagian otak secara simultan ( reflek atau berlaku di waktu yg secara bersamaan) sehingga kemampuan untuk belajar akan semakin bertambah baik.

Bahwa melalui sebuah penelitian pada tahun 2012 menyatakan, bahwa anak yang belajar renang pada usia masih relative muda mampu meningkatkan perkembangan lebih awal jika dibandingkan dengan anak-anak yang seumurannya.

Demikian sedikit artikel mengenai ingin fungsi otak bekerja maksimal?, mulailah olah raga seperti ini, bisa bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »