Bahan tradisional dan alami yang ampuh mengatasi jenis penyakit seperti ini

Bahan tradisional dan alami seperti asam jawa ini, atau dalam bahasa latinnya dinamakan “tamarindus indica”, adalah salah satu jenis tumbuhan yang hidup pada iklim yang tropis. Asam jawa dengan nama latin Tamarindus indica l merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh pada iklim tropis.
Jika digolongkan secara ilmiahnya jenis tanaman ini berada di Kingdom Plantae (sejenis tanaman yang hamper punah). Dari bentuk buahnya yang polong ini sangatlah mudah didapatkan, terlebih lagi di Indonesia. Tanaman ini memiliki dahan batangnya yang cukup keras serta berdaun sangat rindang.

Biasanya di Indonesia asam jawa ini seringkali dijadikan bumbu masak sayur asam dan juga dijadikan sebagai bahan campuran ramuan jamu-jamuan. Maka tidak heran jika di indoneisa ini kebanayakan yang menjual jamu, baik melalui jamu gendong, bahkan yang berjualan di kios-kios selalu menyediakan buah asam jawa ini.

Manfaat untuk tubuh yang didapatkan dari asam ini sudah tidak diragukan lagi, sebab banyak sekali kandungan-kandungan zat kalori didalamnya, antara lain yaitu : vitamin c, vit b1, vit a, protein, hidrat arang, lemak, zat besi, fosfor, kalsium dan lain sebagainya. Selain itu, manfaat yang bisa kita ambil dari asam jawa ini, bukan hanya buahnya saja melainkan bijinya yang terkandung albuminoid, begitu uga dengan kulitnya. Berikut dibawah beberapa jenis penyakit yang bisa diatasi dengan asam jawa dengan ampuh.
Asam Jawa

#Asam jawa yang ampuh mengatasi beberapa jenis penyakit dengan cepat, diantaranyta seperti penyakit-penyakit dibawah ini.
#Penyakit asma.
Penyakit asma bisa di obati dengan menggunakan ramuan tradisional dan alami sekali, yaitu dengan menggunakan 2 buah potong kulit asam dicampur dengan adas. Caranya dengan di rebus terlebih dahulu dengan air sebanyak 2 gelas sampai benar-benar mendidih. Setelah itu disaring airnya lalu diminum 2 X dalam sehari.

#Penyakit demam.
Musim dingin biasanya sangat rentan dengan penyakit demam, terlebih lagi terhadap anak-anak. Maka pada saat anggota keluarga anda terserang demam, saya sarankan agar jangan cepat-cepat pergi kedokter dulu dan diobati dengan obat-obatan yang mengandung kimia. Demam akan dengan mudah di atasi oleh anda cukup dengan memanfaatkan segegnggam daun asam jawa, caranya direbus dan campur ada secukupnya. Kemudian saring airnya dan diminum diwaktu pagi dan sore.
Baca juga : cara mengatasi alergi kulit tanpa menggunakan obat
#Sakit perut.
Untuk anda yang mengalami sakit perut, anda bisa segera mengatasinya dengan 3 buah asam jawa yang masak, lalu dicampur kayu putih dan kapur sirih. Setelah dicampur dan di aduk merata, anda bisa menggosok-gosokannya dibagian perut. Selain itu, bisa juga dengan cara di minumnya, caranya seduh 3 potong asam jawa, lalu campur dengan jula merah atau aren secukupnya dan lalu anda minum.
#Bisulan.
Bisul bukanlah penyakit menular dan berbahaya, namun jika tidak cepat-cepat di obati anda akan merasa sangat jiji dan risih. Anda bisa menggunakan obat tradisional yang sudah kemas menjadi obat. Atau anda lebih menyukai yang benar-benar tradisional, maka ambil bagian daging asam jawa, lalu anda rendam kedalam gelas dengan air dan betul-betul mengembang.

Adapun beberapa bahan yang harus anda campur, yaitu gula aren, 5 iris potongan temu lawak, lalu campur menjadi satu dan direbus sampai keadaan airnya menjadi berkurang dari posisi semua. Setelah itu anda bisa langsung meminumnya sehari satu kali sampai benar-benar bisul menjadi kempis. Selain dengan cara diminum, anda juga bisa mencoba dengan cara dilumat dan ditempelkan kebagian bisul, caranya dengan asam jawa yang dicampur garam dan minyak, lalu di oleskan, tempelkan seterusnya sampai sembuh.
Baca juga : Luka bakar-kutilan-radang ginjal-hepatitis bisa sembuh dengan cara ini
#Gatal- gatal bekas luka yang kering.
Rasa gatal yang disebabkan dari luka yang kering, bisa dihilangkan dengan cepat menggunakan seduhan asam jawa, lalu caranya dengan menggosok-gosokannya tepat kebagian kulit yang merasa gatal. Atau anda ingin dengan cara ditempel agar langsung bisa meresap kedalam, caranya mudah. Cukup sediakan 1 sdk makan daun asam jawa, setengah empu kunyit, lalu disuci dan dilumat, kemudian anda tempelkan pada bagian luka kering dan gatal tersebut.

#Melancarkan buang air besar.
Bagi anda yang mengalami susah buang air besar (BAB), maka agar bisa lancar dan mudah pada saat anda membuang air besar, yang harus anda lakukan ialah menyediakan asam jawa yang sudah matang dipohon lalu anda seduh dengan air matang dan campuri gula merah secukupnya. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, usahakan anda meminumnya secara rutin sampai benar-benar sembuh total.

#Mengatasi penyakit batuk kering.
Batuk kering akan sangat menyiksa diwaktu malam, jangan biarkan istirahat anda terganggu oleh batuk kering yang tidak henti-hentinya sehingga membuat tenggorokan terasa sangat gatal dan menggelitik. Untuk itu anda harus mengatasinya dengan menyediakan asam jawa sebanyak 3 polong saja, lalu campur dengan segenggam daun saga.

Setelah itu, anda rebus keduanya menjadi satu dengan air sebanyak 4 gelas sampai keadaan air menjadi setengah. Lalu anda saring airnya dan diminum 2 kali dalam sehari saat waktu pagi dan sore hari.

Demikian sedikit ulasan mengenai bahan tradisional dan alami yang ampuh mengatasi jenis penyakit seperti ini, bisa bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »