Berat badan berkurang secara berlebihan, apakah tidak mebahayakan?

Berat badan berkurang secara berlebihan - Berat badan menjadi naik merupakan sebuah momok yang banyakmenimbulkan rasa takut seseorang bagi siapa-siapa yang sedang berupaya menjaga pola makan, tapi disisi lain jika berat badan berkurang secara berlebihan itu, justru sangat beresiko dan cenderung membahayakan kesehatan.
apakah tidak mebahayakan?
Semua orang, baik laki-laki maupun perempuan menginginkan memiliki badan yang sehat dan juga bentuk badan yang ideal. Tidak jarang bagi mereka yang memiliki obesitas, tentunya akan selalu menjaga pola makan dan olahraga secara teratur pasti dijadikannya sebagai jalan keluarnya sebagai pemecah masalah terkait badannya yang berat.

Tidak sedikit orang yang mengharapkan agar berat badannya mampu berkurang dalam waktu yang relative singkat, seperti contoh dalam waktu hanya satu bulan, berat badan bisaberkurang sampai 15 Kg. Dengan demikian, waktu 1 bulan dan berat badan bisa berkurang sampai 15 Kg, apakah hal demikian tidak termasuk yang berkurang secara berlebihan?

Dampak dari berat badan yang berkurang secara drastis

Supaya berat badan bisa turun berkurang dengan cepat, untuk saat ini masih ada saja seseorang mengambil jalan yang kurang aman, contohnya dengan mengikuti program diet super ketat dan cepat. Maka dengan begitu akan memberikan dampak rasa lapar serta kurang mendapatkan asupan nutrisi-nutrisi yang penting.

Dengan cara-cara seperti itu, berat badan yang berkurang drastis dan berlebihan itu, bukan suatu pertanda bahwa lemak dalam tubuh akan musnah seketika. Justru dengan cara seperti itu lemak akan semakin sulit hilang dengan cepat. Sebagai alih-alih tentang kalori, kemungkinan yang hilang bukanlah lemak dan tidak menutup kemungkinan yang hilang kemungkinan besar hanyalah beberapa jaringan didalam tubuh bahkan air dalam tubuh saja.


Sudah lapar dan kekurangan gizi pula, meski kekurangan gizi akan tetapi lemak masih saja ada. Maka berat badan yang turun secara drastis seringkali dikait-kaitkan mengenai kesehatan, dan jika melalui timbangan berat badan menjadi berkurang yang mencapai 1,4 Kg dan 0,9Kg Kg/ minggu, dengan begitu hal ini bias memicu masalah ketidak seimbangan Elektrolit dan berdampak mengancam jiwa.

Dari beberapa penelitian menyimpulkan, bahwa berat badan turun sangat cepat maka bobot badanpun akan lebih cepat meningkat kembali, turunnya cepat, naiknya pun lebih cepat. Seperti rambut mengalami kerontokan, sembelit, susah buang air, menstruasi kurang lancer, lekas marah-marah, dehidrasi, kepala sering sakit. Hal seperti ini merupakan salah satu yang disebabkan karena berat badan turun berlebihan. Jadi jika berat badan ingin cepat turun, masih banyak jalan untuk ditempuhnya dengan aman, simak ulasan dibawah ini :

Berat badan bisa turun dengan cara yang aman
Cara yang aman menurunkan berat badan 1 Kg atau 0,5 Kg dalam satu minggu. Para pakar diet (Kalori) telah menyimpulkan dan memberikan sarannya, bahwa mengurangi 1000 atau 0,5 kalori melalui asupan-asupan setiap hari, yaitu dengan cara menghitung kalori serta mengurangi porsi makanan, seperti memperbanyak makan buah dan sayuran, berolah raga yang cukup, atau jika ingin lebih maksimal melakukan olah raga 155 menit bisa lebih/ minggu.

Disamping itu harus menghindari makanan-makanan ringan atau cemilan, makanan yang manis-manis dan mengurangi asupan makanan berlemak mencapai dari 31%. Perlu diketahui juga, sebelum mulai diet, sanga dianjurkan sekali agar selalu mengkonsultasikan ke dokter dulu, tujuannya agar bisa memilih jenis pola makan seperti apa dan bagaimana cocoknya untuk anda.

Disamping itu juga, penting mengkonsultasikannya ke dokter, jika anda tidak melakukan diet, akan tetapi berat badan berkurang secara drastris. Untuk menjaga hal-hal yang tidak anda inginkan, maka sangat perlu sekali untuk segera berkonsultasi, sebab bisa-bisa anda mengalami masalah kesehatan yang lainnya, misalnya : depresi, stress, malnutrisi, Tb, ginjal, gagal hati, diabetes, leukemia, gagal jantung bahkan hiv.

Demikian sedikit ulasan dari saya mengenai berat badan berkurang secara berlebihan, apakah tidak mebahayakan ini, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi yang sedang menjalani program diet.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »