Siksaan paling berat untuk para ahli neraka sesuai dengan amal perbuatannya

Siksaan paling berat untuk para ahli neraka - Mendengar kata-kata neraka memang paling menakutkan, terlebih lagi nerakanya Akhirat. Untuk kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang Akhirat yang mungkin bisa menjadi bahan renungan sobat semua.


Apa yang akan saya utarakan disini bukan berarti untuk menggurui sobat semua, saya sendiri pun belum tentu orang yang selalu mematuhi apa yang menjadi perintahNya, dan apa yang harus dijauhi. yang pasti, manusia yang nantinya akan selamat dan bisa mendapatkan kebahagiaan dunia maupun akhirat, ialah seseorang yang besar amal perbuatannya dengan penuh keikhlasannya.
Baca juga : PENGERTIAN TENTANG MAKSIAT MELALUI MATA
amal perbuatannya

Kita sebagai manusia biasa tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa, bagaimana jadinya nanti jika kita tidak pernah mengikuti apa yang diperintahkanNya, sebagaimana Allah Swt telah berfirman.

- Allah SWT Berfirman :
Bahwa neraka wail itu untuk semua orang-orang yang ingkar akan janji-janjinya serta lalai dalam menjalankan amanat, dan kamu akan melihat mereka wahai Musa!, semua akan disalip dan tertancap disebuah pohon Zaqum, begitu juga dengan bara api yang masuk melalui duburnya dan keluar melalui mulutnya, selain itu dari kedua telinganya dan kedua bola matanya.
Keselamatan manusia dunia maupun Akhirat sebenarnya itu bisa ditentukan dari lisan, maka lisan adalah salah satu yang bisa menyelamatkan manusia diakhirat nanti, Iasya Allah. Sebuah perkataan atau lisan yang keluar dari mulut manusia adalah sebuah doa, maka jika lisan sudah berjanji tidak baik untuk di ingkarinya, contohnya seperti dalam firman Allah diatas. Seperti yang telah difirmankan Allah dibawah ini :
Wahai musa!!, apabila kamu telah mengetahui orang-orang yang ingkar dengan janji dan amanatnya, bahwa orang tersebut akan dipersatukan dengan setan dan satu rantai yang membelenggunya. Orang itu akan digantung dari lisannya sehingga semua otak-otaknya keluar mengalir melalui libang hidung. Dia tidak akan pernah bisa tidur lelap, meski hanya sebentar saja. Dia tidak akan menemui kenikmatan meskipun hanya sebentar.


- Hukuman orang yang berzinah.
Begitu juga dengan hukuman untuk orang-orang yang suka berzinah, misalnya dengan orang yang suka menikmati barang-barang riba atau meningalkan Shalat, hukuman yang akan diterimanya berupa siksaan di neraka dengan waktu ber abad-abad lamanya.
Baca juga : YUK.. KITA CARI PERBEDAAN ANTARA MADU DAN RACUN DOSA
Bahwa Allah berfirman : "Hai Musa!, bila sekiranya air dilautan menjadi sebuah tinta dan pohon-pohon menjadi pena, sedangkan jin dan manusia yang akan menulis. Maka sudah barang tentu pena-pena tersebut akan habis sehingga jin dan manusia sirna, lautan menjadi kering. Sedangkan bilangan-bilangan abad jahanam masih belum habis untuk menjadi bahan untuk ditulisi".

Maka dari itulah Allah berfirman :
“Semua akan tinggal didalamnya dengan ber abad lamanya, mereka tidak akan pernah merasa sejuk, tidak pula mendapatkan minum meski hanya seteguk, selain dari air-air panas dan nanah, sebagai pembalasan yang setimpal sesuai dengan amal perbuatannya”. An-naba. 23, 24, 25 dan 26. Pernah Rasulluloh SAW bertanya sesuatu kepada malaikat Jibril, sebagai berikut :

- Rasulluloh : Apa huqub itu?
- Jibril : sebuahmasa 4000 tahun lamanya
- Rasulluloh : didalam satu tahun ada berapa bulan?
- Jibril : 4000 bulan lamanya
- Rasulluloh : satu bulan ada berapa hari?
- Jibril : ada 4000 hari
- Rasulluloh : jadi dalam satu hari berapa jam lamanya?
- Jibril : 70.000 jam, dan disetiap jam nya lamanya mencapai satu tahun.


Telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah, yaitu Rasulluloh bersabda : “Pada saat kiamat nanti, ada 1 makhluk bernama ‘Harisy’ yang keluar dari api neraka, dia terlahir dari binatang kalajengking yang memiliki panjang kepalanya menembus langit 7, ekornya sampai dibumi paling dasar.

Harisy akan memanggil sebanyak 70X “dimana orang-orang yang sombong terhadap Dzat yang Maha Esa, dan dimana orang yang berani menentang dzat yang Maha Penyayang?, lalu kemudian Malaikat Jibril berkata, sebenarnya apa yang kamu maksudkan wahai harisy?, kemudian ia menjawabnya dan berkata : "aku menginginkan 5 perkara :

- Dimana orang-orang yang makan riba berada?
- Dimana orang-orang yang selalu meninggalkan Shalat?
- Dimana orang yang tidak membayar zakat?
- Dimana sekumpulan orang yang minum Khamer?
- Dan dimana orang-orang yang memperbincangkan keduniaan saat didalam masjid?
Baca juga : PENGERTIAN MENGENAI MAKSIAT MENGGUNAKAN LISAN
Harisy akan menjadikan satu dari kelima orang tersebut didalam mulutnya untuk dimuntahkan kembali kedalam api neraka. Maka untuk itulah perbanyaklah memohon ampunan dan lindungan agar kita semua bukan yang termasuk orang-orang celaka.

Sekali lagi saya tegaskan, ini hanya sekedar untuk bahan renungan saja dan bukan semata-mata saya menggurui sobat semua. Saya sebagai manusia biasa sudah sewajarnya untuk selalu mengingatkan, ada sebuah kalimat dalam islam mengatakan, "barang siapa mendiamkan kedzaliman didepan matanya, sama halnya dirinya setan bisu".

Sumber inspirasi : Menyingkap 110 Misteri Alam Kubur.

Demikian sedikit ulasan tentang siksaan paling berat untuk para ahli neraka sesuai dengan amal perbuatannya ini, jika ada kalimat yang kalian anggap salah, saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »