Tips cara memilih jenis sayur-mayur yang baik dan menyehatkan

Tips cara memilih jenis sayur-mayur - Seringkali dan biasanya para ibu saat memilih jenis sayur-mayur yang baik serta tanpa noda bekas ulat atau sejenisnya.


Sayuran yang terlihat bagus dan segar itu belum tentu menyehatkan, kenapa demikian?, sebaiknya anda atau para ibu membacanya sampai selesai, nanti akan saya jelaskan secara rinci, kenapa sayuran yang bagus dan tidak cacat itu belum tentu menyehatkan.

Kebersihan dan juga sayuran yang tidak memiliki cacat seringkali menjadi incaran para ibu, khususnya di pagi hari. Tips cara memilih sayur yang akan saya kupas hari ini, untuk para ibu yang suka berbelanja dagangan keliling atau dipasar-pasar tradisional. Sudah jelas, semua sayuran yang dijual di supermarket ini semuanya bersih, segar dan terjamin kesehatannya.

Pada saat anda berbelanja jenis sayuran, tidak jarang yang diutamakan terlebih dahulu dari kesegaran, dan bersih tidak ada cacat bekas ulat. Karena dengan demikian bahwa sayuran yang seperti itu bagus dan menyehatkan menurut anda, belum tentu menurut para ahli. Sebab menurut para ahli kesehatan tentang makanan, khususnya sayur-mayuran ini, mereka punya alasan tersendiri yang bisa dipertanggung jawabkan alasan maupun pernyataannya itu.

Jadi seperti apakah pernyataan para ahli menyimpulkan, bahwa jenis sayuran hijau yang segar itu belum tentu menjamin kesehatannya?, berikut beberapa alasan logisnya, mengapa sayur-mayur yang bebas dari cacat, bersih, dan segar itu tidak menjamin kesehatannya.

#Tips memilih jenis sayuran yang baik dan menyehatkan.
Sebelum anda memilih jenis sayuran, utamakan dulu kebersihannya dari bekas tanah yang masih menempel, selain itu perhatikan juga tingkat kelayuannya, jika sayuran sudah terlihat sangat layu sekali, lebih baik anda beli ditempat yang lain.

sayur-mayur yang baik dan menyehatkan


Tidak jarang anda menemui jenis sayuran yang sudah layu, intinya tidak terlalu layu. Ya wajar saja, pedagang-pedagang kaki lima atau pedagang sayuran yang biasa anda beli, bukan tempat-tempat seperti di supermarket. Tidak jarang juga anda selalu tidak kebagian sayuran, adapun yang masih tersedia ditempat ini sayuran yang sudah cacat terkena ulat.

Pernahkah para ibu semua menemukan jenis sayuran yang sudah cacat? terkena gigitan ulat. Hal ini yang semestinya para ibu perhatikan, jika anda harus memilih jenis sayuran yang baik dan menyehatkan, tidak ada salahnya ibu memilih yang bekas ada gigitan ulatnya, seperti contoh pada gambar dibawah ini.

sayur-mayur yang baik dan menyehatkan


Jenis sayuran manakah jika anda melihat kedua perbedaan diatas ini, sudah pasti anda akan memilih sayur yang sebelah kiri, dan anda yakin bahwa sayuran yang sebelah kiri itu baik dan sehat?.

Naah jadi jika anda ingin memilih sayuran yang menyehatkan, ada beberapa sumber terpercaya yang memberikan pernyataan, ini alasannya kenapa anda harus memilih sayuran yang sebelah kanan, tapi usahakan yang tdak terlalu banyak cacat :

- Alasannya.
  • 1. Alasan mengapa lebih baik anda memilih sayuran sebelah kiri, meski sayuran tersebut sudah ada cacat terkena ulat tapi terbebas dari bahan kimia, atau obat semprot hama. Maka dengan demikian sayur ini 100% bebas kimia.
  • 2. Sedangkan sayuran kubis yang sebelah kanan memang terlihat sangat bagus dan tidak ada cacat sedikitpun, tapi tidak menjadi jaminan bahwa ini sangat menyehatkan bagi anda, kenapa?, sebab sayuran yang tidak ada bekas gigitan ulat biasanya sudah disemprot bahan kimia. Maka tidak menutup kemungkinan bahwa kimia yang menempel dalam sayuran bisa menyerap kedalamnya.

- Cara mencuci sayuran yang baik dan benar.
Pada saat anda akan mencuci sayuran, usahakan didalam air yang mengalir, atau ditempat anda mencuci piring. Maka dengan cara seperti itu, kuman bakteri akan terbawa air, berbeda dengan cara mencuci pada tempat air yang diam, maka kuman bakteri akan tetap ditempat itu dan otomatis menempel lagi ke sayurannya kembali.

Tips diatas ini bukan sebuah anjuran wajib, maka jika anda ingin memilih jenis sayur-mayur yang seratus persen terjamin kesehatannya anda bisa mencarinya di mall-mall terdekat. Semua ulasan yang saya sampaikan jika saja anda membeli sayur-mayur ditempat-tempat kaki lima dan pasar tradisional.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan untuk anda semua, yaitu tips cara memilih jenis sayur-mayur yang baik dan menyehatkan, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »