Trik paling jitu bagaimana cara yang benar mendidik anak-anak kita yang nakal

Cara mendidik anak-anak yang nakal - Apakah anda sudah memiliki anak?, baik yang masih kecil atau yang sudah dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.


Seringkali kita sebagai orang tua dibuat pusing karena ulah anak-anak kita yang nakal, untuk anak-anak yang masih balita memang pada umumnya memiliki sifat rasa keingin tahuan yang seringkali membuat para orang tua stres, misalnya bermain-main benda yang membahayakan, nakal terhadap teman-temannya dan lain sebagainya.

Ada tingkatan-tingkatan bagaimana cara memberikan pengertian mengenai didikan terhadap anak-anak, baik anak yang masih balita sampai yang beranjak dewasa. Dalam mengatasi anak-anak yang nakal ini (khusus anak-anak diatas lima tahun), tentunya ada trik tersendiri bagaimana cara agar anak-anak tidak nakal untuk ke depannya.

Anak yang sudah lebih dari usia lima tahun ini, maka jika sedari dini belum pernah diberikan pengarahan, sudah barang tentu sifat nakalnya akan terbawa sampai besar, maka dari itulah kita sebagai orang tua harus semaksimal mungkin memberikan pengarahan yang baik dan benar. Anak-anak yang beranjak besar akan terlihat sifat aslinya dari apa yang sudah diberikan atau belum diberikan orang tuanya terhadap perkembangan prilaku si anak.


Naah, untuk saat ini saya akan mencoba berbagi pengalaman bagaimana cara yang benar mengatasi anak-anak kita yang nakal, sudah saya katakan diatas, bahwa cara mengatasi atau mendidik anak itu ada tahapan-tahapan yang harus kita jalankan dengan baik. Disini saya akan ulaskan mengenai trik cara mengatasi anak-anak yang usianya sudah melebihi 5 tahun.

Ada sebuah peribahasa yang mengatakan "Tidak ada yang tau keinginan anak, kecuali orang tuanya dan tidak ada yang tau keinginan orang tua kecuali anaknya". Menurut saya peribahsa ini sangat logis sekali, dan kita sebagai orang tua harus mampu dan terlibat dalam peribahsa seperti itu. Jadi bagaimana agar kita sebagai orang tua bisa seperti itu?, simak penjelasannya dibawah ini :

#Trik paling jitu bagaimana cara yang benar mengatasi anak-anak kita yang bandel disaat usianya melebihi dari lima tahun.

mengatasi anak-anak kita yang bandel

Artikel yang akan saya bahas disini, mengenai perbedaan cara memberikan masukan atau pengertian terhadap anak laki-laki dan perempuan. Maka dari kedua anak ini, kita harus pandai-pandai memberikan pengarahan agar tidak memperburuk psikologis si anak. Maka berikanlah arahan sesuai dengan jenis kelamin si anak serta tempat paling tepat untuk memberikan masukan untuk sianak.

#Trik cara yang benar dan jitu mengatasi kenakalan anak laki-laki.
Tidak jarang para orang tua yang mendidik anak laki-laki dengan cara-cara kasar dan terkesan galak, sebenarnya kalau kita amati baik-baik, justru dengan cara-cara seperti itu bisa membuat anak laki-laki menjadi berontak dan berani kepada kedua orang tuanya nanti.

mengatasi anak-anak kita yang bandel


>> Di usia-usia seperti itu, anak akan selalu menyimpan memori dengan baik, jadi hindari cara-cara yang kasar terhadap anak laki-laki. Sebab biar bagaimana juga, bahwa anak laki-laki itu mempunyai sifat yang berani membrontak, berbeda dengan anak perempuan.

>> Jadi cara paling tepat mendidik anak laki-laki itu dengan cara tarik ulur, artinya dengan cara-cara yang tegas tapi tidak main tangan. Jika sampai kita berani main tangan, yang kita khawatirkan sebagai orang tua, yaitu tadi, bahwasanya anak laki-laki itu sifatnya berontak dan bisa-bisa anak menjadi lebih nekat yang bisa mengakibatkan anak lari dari rumah.

>> Anda sebagai orang tua harus sanggup menjadi ayah sekaligus teman untuk anak-anak anda, maka luangkan sesekali terhadap anak laki-laki bermain bersama, mau mendengarkan cerita anak-anak anda dan berikan sikap apresiasi terhadap si anak, misalnya memberikan pujian seperti, "nak kamu pintar" atau lain sebagainya. Maka dengan cara-cara seperti ini, lama-kelamaan anak akan menuruti apa yang di inginkan bapaknya. Usahakan pada saat anda memberikan pengarahan terhadap anak, maka salah satu tempat paling baik adalah dirumah.

#Peran sang ibu bagi anak laki-laki.
Meski tugas dan kewajiban seorang kepala rumah tangga mendidik anak-anaknya, dengan begitu harus ada sedikit dukungan dari sang istri, artinya bahwa seorang ibu pun, memiliki tanggung jawab untuk membantu suami mendidik anak-anaknya. Paling tidak memperhatikan dan memberikan ultimatum-ultimatum kecil kepada anak laki-laki. 
Misalnya : 

  • Pada saat anak laki-laki anda nakal atau bandel, maka tugas sang ibu wajib memberikan peringatan dan teguran yang bisa membuat anak menjadi takut dan berhenti dari nakalnya, yaitu dengan cara berbicara kepada si anak "nak!!, jangan nakal, nanti ibu bilangin ayah loh". Dengan cara-cara seperti itu sianak masih saja berbuat nakal, segeralah berpura-pura menelpon suami dengan wajah terlihat sangat marah.

Sebab, pada umumnya seorang ibu selalu menjadi salah satu teman bagi anak-anaknya, baik yang laki-laki maupun anak perempuan. Maka didalam satu ikatan keluarga, tidak dipungkirinya, hanya seorang istrilah yang seringkali menjadi pelarian anak-anak pada saat sang ayah sudah marah terhadapnya.

#Cara yang tepat mendidik anak perempuan.
mengatasi anak-anak kita yang bandel
Mungkin memberikan pengarahan terhadap anak perempuan harus berbeda dengan anak laki-laki, dan yang harus saya tekankan disini, bahwa anak perempuan itu salah satu anak yang menentukan pribadi keluarga dimata masyarakat, istlahnya kenakalan laki-laki masih dianggap wajar, tapi jika kenakalan seorang wanita bisa merusak nama baik keluarga. Jadi bagaimana cara mengatasi anak perempuan dengan benar :

  • Seberapapun usia anak perempuan anda (kecuali balita), anda sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan dan memberikan pengawasan extra. Seorang anak perempuan memang memiliki sifat kelembutan dan penurut. Tapi jangan salah, bahwa anak permepuan sesekali berbuat yang macam-macam maka tercorenglah nama baik keluarga.
  • Maka tugas orang tua terhadap anak perempuan harus benar-benar tegas didalam memberikan pengarahan. Anak permpuan memang tidak memiliki sifat pemberontak berbeda dengan laki-laki, akan tetapi anak perempuan yang tidak pernah mendapatkan pengarahan orang tuanya bisa berbuat yang tidak-tidak. Maka hanya dengan ketegasanlah, anak perempuan anda bisa menuruti keinginan orang tua.

Begitu juga sebaliknya, terkadang kita sebagai orang tua pun harus mau mendengarkan keluh kesah dari anak perempuan. Cara mendidik anak laki-laki atau perempuan sebenarnya tidak ada perbedaan, hanya saja dalam cara memberikan ketegasannya saja yang berbeda. Peran ibu bagi anak permepuan sangat menjadi dominan sekali. Maka dengan begitu si ibu harus bisa memberikan arahan yang baik, contohnya :



Jika anak perempuan anda ingin bermain bersama teman-temannya, maka anda sebagai seorang ibu harus memerintahkan anaknya lapor terhadap bapaknya, misalnya :
- Ibu - nak mau kemana?
- Anak - main bu?
- Ibu - sudah bilang ayah belum?

Dengan cara ibu memberikan pertanyaan seperti itu, tentunya akan membuat anak perempuan anda menjadi lebih berhati-hati lagi dalam mengambil sebuah tindakan, dia akan selalu mengingat sifat ayahnya jika sudah marah terhadapnya. Memberikan batasan-batasan kepada anak sejak dini, tentunya bisa menjadi acuan bagi sianak kedepannya lagi. Setiap orang tua tentunya memiliki cara dan trik masing-masing mengatasi anaknya yang bandel.

Demikian kiranya sedikit ulasan mengenai trik paling jitu bagaimana cara yang benar mendidik anak-anak kita yang nakal ini, atau jika anda lebih menggunakan cara-cara sendiri tentunya akan lebih baik lagi. Mudah-mudahan ulasan iini bermanfat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »