Tradisi unik upacara seren taun dari jawa barat

Tradisi unik seperti upacara seren taun dari jawa barat, seren taun yang berarti dengan, "seren yang berarti "simpan", sedangkkan taun yang berarti "tahun", namun jika disimpulkan arti dari seren taun merupakan penutupan akhir taun bagi para petani padi, upacara tradisi seperti seren taun bisa kita jumpai didaerah jawa barat tepatnya dibanten.


 seren taun dari jawa barat
tradisi seren taun
Upacara seren taun merupakan budaya orang-orang sunda, dimana panen padi mulai tiba mereka semua berkumpul disebuah alun-alun yang sangat luas seraya mengucap rasa syukur kehadirat Alllah atas semua panen yang didapat para petani orang-orang banten. Tradisi seperti ini merupakan warisan leluhur budaya dan sudah berlangsung hingga 647 tahun yang lampau.

Setelah setahun lamanya mereka bercocok tanam padi, dan makna dari seren taun yaitu merupakan bentuk penyerahan atau dalam bahasa umunya sebagai sedekah guna memohon berkah terhadap Tuhan YME, agar suatu saat nanti untuk panen kedepannya akan lebih subur serta hasil panenya akan lebih meningkat dibanding panen-panen sebelumnya.

Tradisi unik seperti ini sangatlah dinanti-nantikan oleh seluruh warga setempat, karena dengan adanya upacara seren taun ini biasanya ada beberapa hiburan berupa paguyuban wayang golek yang ditunggu masyarakat seputar desa kecamatan cisolok, tepatnya didusun disirnaresmi, dan semua berbondong-bondong menuju alun-alun ciptagelar kabupaten sukabumi.


Semua para petani unjuk kebolehannya dengan memamerkan hasil panenya masing-masing. Suasana ditempat itu mendadak meriah, tidak sedikit juga orang-orang yang datang untuk sekedar menyaksikan tradisi upacara seren taun ini. Memang sudah menjadi tradisi budaya turun-menurun sebagai daerah agraris bagi masyarakat sebagai tradisi leluhur dari membudidayakan padi.

Hanya kurun waktu dalam setahun dalam sekali saja mereka menanam padi, disaat waktunya panen tiba kemudian mereka mengistirahatkan sawah-sawah mereka dengan waktu yang telah ditentukan, sebab mereka sangat meyakini bawha alam yang bisa menghasilkan panen tersebut memerlukan keseibangan guna untuk pulihnya lahan-lahan agar bisa tumbuh subur seperti yang mereka harapkan.

Kepercayaan terhadap upacara tradisi seren taun


Tradisi unik upacara seren taun dari jawa barat
upacara seren taun
Adat istiadat warga masyarakat inilah yang sampai saat ini masih menjunjung tinggi warisan leluhur mereka, selain itu mereka sangat menghargai tanaman padi, menurut mitos bahwa padi merupakan jelmaan dari Dewi, yaitu nyi pohaci sanghyang asri.

Apabila diantara mereka mengelola tanaman padi dengan ketulusan hati bahkan sampai datangnya panen tiba, maka nyi pohaci sanghyang selalu memberikan kesuburan sebuah panen yang berlimpah, maka dari itulah padi sangat mempunyai peranan penting untuk warga masyarakat kasepuhan ini.

Upacara seren taun ini tradisi khas jawa barat, dasar dari upcara tersebut, hanyalah silahturahmi antar warga yang secara kompak membawa hasil panen padi dengan cara dipikul, mulai dari sawah mereka masing-masing langsung menuju lumbung padi, dan yang lebih menariknya lagi, selama dalam perjalanan para petani yang memikul padinya diikuti sekelompok yang membawakan sebuah tatabuhan musik tradisional. Setelah itu mereka semua berkumpul bersama ketua adat serta dihadiri oleh para pejabat-pejabat pemerintahan setempat.

Terlihat jelas, kekompakan serta rasa persaudaraan yang dibina warga kasepuhan dengan adanya tradisi unik ini. Dari berbagai daerah khusunya daerah setempat semua masyarakat menyaksikan upacara seren taun ini, bahkan sebagain anak-anak kecil menganggap seren taun ini merupakan hiburan yang sangat dinantikan kedatangannya. Seiringnya perkembangan jaman, untuk saat ini desa yang masih mengadakan upacara seren taun hanya ada beberapa desa saja, yaitu meliputi desa sidang barang, desa ci gugur, desa banten bagian kidul dan desa kanekes. 

Tradisi unik seperti seren taun untuk warga masyarakat kasepuhan telah dianggap sebagai pesta atau hajatannya orang-orang kampung, sebab mayoritas warga semuanya selalu menghadiri upacara sebagai tradisi yang harus dipertahakan turun-temurun.

Beberapa desa, upacara seren taun umumnya diawali dengan pengambilan air, dimana air yang mereka dapatkan haru melalui 7 mata air, yang nantinya air tersebut dijadikan satu dalam suatu tempat lalu kemudian mengadakan doa-doa. Selepas air didoakan, lalu air tersebut di cipratkan kesemua masyarakat yang mengikuti upacara seren taun.

Semua warga masyarakat yang mengikuti upacara seren taun mendapatkan roti yang telah disediakan dalam tampah. Kemudian upacara biasanya dilanjutkan dengen proses menyembelih kerbau yang nantinya daging kerbau tersebut akan dibagi-bagikan terhadap warga miskin didaerah itu, dan pada akhir upacara mereka tutup, mereka semua menikmati hidangan tumpeng yang telah disediakan sebelumnya, bentuk kekeluargaan semakin erat dan terjaga selepas akhir dari upacara seren taun berlangsung.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai tradisi unik upacara seren taun dari jawa barat, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua tentang tradisi-tradisi yang ada di indonesia ini, sekian.

Tradisi unik upacara seba dari suku baduy

Suku baduy dalam adalah sekelompok masyarakat yang sangat memegang teguh tradisi atau adat istiadat warisan nenek moyang secara turun-temurun.
Tradisi unik dari suku baduy dalam
suku baduy dalam

Masyarakat baduy dalam yang mayoritasnya tinggal disebuah pedalaman desa kanekes, berkabupaten dilebak, kecamatan lewi damar daerah provinsi banten ini masih sangat asing dari keramaian kota.

Walaupun perkembangan serta tekhnologi sangat berkembang pesat dibelahan indonesia ini, akan tetapi berbeda dengan masyarakat suku baduy yang sampai saat ini bisa dibilang mengasingkan dari hiruk pikuk kota, dan masih menjunjung ketaatannya terhadap perintah para leluhur mereka agar senantiasa untuk selalu berbaur dengan alam serta taat bercocok tanam.

Adanya suku baduy di indonesia ini sudag berabad-abad lamanya, namun hingga detik ini masyarakat suku baduy tidak terlintas sedikitpun untuk berbaur dengan kemoderenan, mereka sama sekali tidak mau diadopsi dengan jalannya perkembangan jaman yang semakin canggih dan modern.

Dari ketaatannya untuk selalu bersandar pada adat istiadatnya, maka tidak sedikit masyarakat dari suku baduy dalam yang memiliki pendidikan secara formal. Menurut masyarakat suku baduy dalam bahwa  yang menjadi pedoman mereka hanyalah "memperlajari perbuatan baik hanya ia dapatkan melalui alam".

Seiring berjalannya waktu serta kemajuan jaman yang kian berkembang, kemungkinan anak dan cucu mereka tidak ada yang bisa mempertahankan untuk selalu berpegang teguh terhadap leluhurnya, maka untuk saat ini para pewaris suku baduy dibagi menjadi dua, yaitu suku baduy dalam dan baduy luar. Namun yang menjadi ciri khas dari masyarakat baduy, entah itu baduy dalam maupun baduy luar, mereka selalu menggunakan pakaian tradisionalnya yaitu pakaian dengan warna serba putih dan ikat kepala warna hitam.


Ada beberapa perbedaan antara suku baduy dalam dan suku baduy luar, untuk masyarakat baduy dalam tidak diperbolehkan menggunakan ataupun kendaraan, tujuan sejauh apapun harus dilaluinya dengan berjalan kaki dan tanpa mengenakan sendal , sedangkan masyarakat suku baduy luar sudah bisa berbaur dengan kemoderenan, seperti halnya dengan memiliki handpone, memakai sandal, dari jenis makananpun sudah dibilang elite, misalnya nasi kotak, minuman teh botol dan lain sebagainya.

Tradisi seba masyarakat baduy
Tradisi unik dari suku baduy dalam
tradisi seba dari baduy
Tradisi untuk masyarakat baduy sendiri, yaitu "seba" namanya, seba merupakan bentuk ritual auatu upacara yang wajib dilaksanakan, karena seba ini merupakan amanat dari para leluhur, karuhun jika masyarakat baduy menyebutnya.

Upacara seba biasanya hanya dilaksanakan dalm waktu setahun sekali, tepatnya pada bulan safar permulaan jatuhnya ditahun baru, dan inti dari upacara tersebut semata-mata untuk menumpahkan rasa syukur serta pemberian hormat terhadap pemerintahan setempat yang ditujukan kepada bupati maupun gubernur banten. Dengan beberapa hasil panen yang dibawanya bentuk dari rasa syukur mereka, dalam melaksanakan upacara seba mereka persembahkan hasil dari panennya selama satu tahun.

Sejarah upacara seba suku baduy


Tradisi unik upacara seba dari suku baduy dalam
patung arca domas
Dari beberapa sumber mengatakan, sebetulnya apa dibalik dari upacara seba tersebut, jika menurut sebuah mitologis yang sangat dipercaya semua masyarakat baduy ini, bahwasanya melakukan upacara seba diyakini adanya bhatara tungal yang merupakan pemegang kendali kuasa tertinggi.

Konon katanya bhatara tunggal tersebut bertempat tinggal dihulu sungai ciujung juga cisimeut, dimana tempat tersebut merupakan tempat paling diangap keramat yang dinamakan arca dhomas, dan sampai detik ini arca tersebut tidak bisa diperlihatkan terkecuali untuk masyarakat suku baduy atau pimpinan suku baduy itu sendiri.

Masyarakat suku baduy sendiri sangat yakin, bahwa kehadiran bhatara tunggal lah yang menciptakan bumi dari sebuah benda-benda besar, berwarna bening dan sedikit kental dan kemudian melebar hingga mengeras secara berangsur. Menurut keyakinan dari masyarakat suku baduy, awal mulanya adanya bumi yaitu terletak dibaduy, maka dari itulah inti dari jagat serta sasaka pusaka buana, atau pusatnya dunia yaitu arca domas.

Keberadaan arca domas ini sangat mempunyai peranan penting untuk masyarakat suku baduy ini, karena sangat menetukan siapa cikal bakal nantinya dari penghuni bumi untuk masyarakat suku baduy dan yang lainnya. Arca domas jika menurut kepercayaan masyarakat baduy ini adalah sebagai perkumpulan para leluhur mereka.

Sedangkan para leluhur sendiri mempunyai tugas untuk selalu mengawasi serta menjaga anak-anak dari keturunan masyarakat suku baduy. Dengan keyakinan yang dimiliki masyarakat baduy, mereka membuktikannya melestarikan, serta sangat menjaga keseimbangan alam dengan cara melestarikan hutan-hutan.

Demikianlah ulasan yang bisa saya sajikan mengenai tradisi unik upacara seba dari suku baduy, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk semua.

5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia

Tradisi di indonesia - Indonesia memang sangat kaya dengan kebudayaan, indonesia telah dikaruniai beberapa ragam suku, bahasa, budaya dan juga tradisi yang beraneka ragam ke unikannya, sehingga tidak sedikit pendatang-pendatang dari luar negeri yang bekunjung ke indonesia untuk medalami kebudayaan yang terdapat dinegeri ini.

Perlu kita ketahui bahwa budaya maupun tradisi yang terdapat diindonesia ini adalah suatu tradisi yang sangat khas dan salah satu tradisi yang tidak dimiliki oleh bangsa manapun, ada 5 tradisi unik yang terdapat diindonesia yang wajib kita ketahui, diantaranya seperti dibawah ini ;

1. Tradisi mapasilaga tedong-tana toraja
5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia
Tradisi mapasilaga
Baca juga : Tradisi populer adu domba garut dari garut
  • Tradisi mapasilaga yang terdapat ditanah toraja, merupakan salah satu warisan budaya para leluhur hingga turun-temurun, mapasilaga yang jika diartikan dalam bahasa umum berarti adu kerbau. Kerbau yang dikhususkan untuk melengkapi sebuah tradisi ini harus kerbau bule atau dengan kerbau lumpur.
  • Dari kedua kerbau ini saling unjuk kekuatan dengan mengadukan kepala kearah lawannya, sebagai senjata pamungkas untuk menjatuhkan lawan-lawannya ia gunakan tanduk sebagai senjata ampuhnya, tradisi ini merupakan rasa penghormatannya terhadap makam roh para leluhur dari tana toraja sulawesi selatan.

Untuk masyarakat tana toraja sendiri selain tradisi ini dilakukan demi menghormati para leluhur mereka, bagi warga masyarakat setempat tradisi seperti ini sebagai tontonan serta hiburan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya.

2. Tradisi ritual tiwah
5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia
tradisi ritual  tiwah
  • Dari ke 5 tradisi yang terdapat di indonesia, ada sebagian tradisi yang cukup unik serta ada keterkaitannya dengan unsur mitos, seperti halnya dalam tradisi yang terdapat di kalimantan tengah yaitu tradisi ritual tiwah.
  • Tradisi ritual tiwah ini selalu mereka lakukan khususnya untuk masyarakat suku dayak dikalimantan tengah, ritual ini merupakan sebagai penghantarannya roh leluhur mereka kealam baka dengan cara mensucikannya kemudian untuk segera dipindahkan sisa dari jasad leluhurnya dari lubang kubur kesebuah tempat dimana tempat tersebut dinamakan dari sebutan sandung.
3. Tradisi tabuik pariaman

5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia
tradisi tabuik pariaman
  • Tradisi yang terdapat di pariaman ini bisa dibilang tradisi yang sangat unik, dimana tradisi ini ada sedikit kaitannya dengan unsur mitos, namun tradisi tabuik yang terdapat dipariaman sudah berlangsung dari beberapa abad yang silam, tradisi unik ini biasa dilaksanakan dipariaman tepat dan selalu rutin disetiap 10 muharam dari tahun 1831.
  • Tradisi perayaan tabuik yang dilaksanakan oleh masyarakat pariaman, dalam rangka menyambutnya hari asyura yang dilakukan oleh masyarakat minangkabau didaerah pesisir pantai sumatera barat, saat berlangsungnya tradisi tabuik ini seolah-olah seluruh masyarakat pariaman menemukan sebuah kelahiran baru untuk para seluruh masyarakat. 

4. Tradisi Debus banten
5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia
debus banten
  • Ada lagi tradisi debus yang terdapat dibanten, dimana seseorang akan menguji kekuatan tubuhnya dengan memukulkan sebuah benda oleh temannya. Untuk warga masyarakat banten sendiri tradisi seperti ini merupakan sebuah hiburan yang sangat unik untuk ditonton, akan tetapi bagi seseorang yang tidak biasa dengan kekerasan, dengan menyaksikan tradisi debus pasti akan cepat menghindarinya.
  • Debus selain dari salah satu kesenian yang terdapat dibanten, debus juga bisa dikatakan ssebagai tradisi khas nya orang-orang banten. Dimana debus ini dipertontonkan untuk masyarakat setempat dengan tujuan untuk memperlihatkan kekuatan manusia yang luar biasa. 
  • Biasanya seseorang yang melakukan adegan ini tidak luput dari senjata tajam, dari segala kekuatan dan kemampuannya untuk bisa menahan tajamnya senjata, menahan kerasnya dari air keras yang disiramkan ketubuh mereka, sehingga bisa memancing andrenalin para penonton yang ada disekitarnya.
Walaupun debus dikategorikan sebagai tradisi permainan yang agak menakutkan, namun debus keberadaannya hingga saat ini masih menjadi sebuah tradisi yang selalu dilakukan oleh orang-orang banten, sedangkan kerasnya debus yang identik dengan golok maupun senjata lainnya selalu diperbolehkan karena sebagai salah satu kebudayaan dalam upacara adat.

5. Tradisi unik karapan sapi madura
5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia
karapan sapi madura
  • Karapan sapi merupakan tradisi yang sudah sangat terkenal bagi masyarakat indonesia, awal mulanya diadakan karapan sapi disebabkannya oleh kondisi tanah yang tandus, kering sehingga kurang suburnya lahan-lahan pertanian, hingga pada akhirnya masyarakat madura beralih propesi dari nelayan menjadi para peternak sapi.
  • Upacara tradisi dengan mengadakan karapan sapi mereka lakukan serta rutin digelar setiap tahunnya bertepatan dibulan agustus dan september. 
  • Karapan sapi salah satu ajang pestanya para rakyat dan bisa disebut sebagai kenaikannya status dari seseorang, sedangkan karapan sapi dilakukan disetiap mereka sukses memetik hasil panen padinya atau panen tembakau, disaat-saat seperti inilah momen paling dinanti oleh masyarakat madura.
Demikianlah pembahsan 5 tradisi unik yang harus diketahui di indonesia, mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan budaya kita semua.

Tradisi populer adu domba garut dari garut

Tradisi adu domba - Ada salah satu tradisi unik dan juga populer dikalangan masyarakat sunda yaitu garut, tradisi adu domba ini sudah jadi kebudayaan masyarakat garut hingga kepopulerannya pun sama seperti domba garut. Permainan adu domba salah satu hiburan yang dinanti-nantikan masyarakat garut dan sekitar kota garut.
Adu domba garut tradisi populer dari garut
domba garut

Garut merupakan daerah yang berkomoditi dari bertani, bahan sayuran seperti sawi salah satu sayuran yang sangat banyak ditanam serta menjadi andalan disaat panen tiba, untuk penghasilan rumah tangga atau perumahan bisa juga mengandalkan kerajinan tangan semisal akar wangi, baik itu memproduksi tas, dompet kulit, tukang empu, dan ada pula yang mengelola makanan yang terkenal dan khas, yaitu dodol misalnya.

Selain dengan yang seperti saya ulas diatas ini, ada salah satu hiburan yang menjadi faforit orang-orang garut yaitu permainan adu domba, jenis domba garut ini sudah sangat familiyar sekali untuk masyarakat garut khususnya seluruh indonesia, karena salah satu domba made in lokal ini merupakan domba terbaik di indonesia.

Tradisi permainan adu domba merupakan peninggalan para leluhur yang sampai saat ini, permainan adu domba masih menjadi sebuah tontonan yang sangat dinanti-nantikan masyarkat garut, dalam setiap tahun sekali permainan seperti adu domba ini pasti selalu diadakan digarut, dan tidak jarang juga dalam setiap bulan dengan cara bergantian permainan adu domba pasti selalu dilaksanakan disetiap daerah dikota garut.


#Adu domba garut
Adu domba garut tradisi populer dari garut
adu domba
Apabila kalian pernah mengunjungi kota garut, khususnya garut bagian utara, limbangan menuju cirapuhan maka anda akan menemukan permainan keras seperti adu domba, selain ditempat inipun kalian bisa menjumpai permainan adu domba yang sangat sering diadakan yaitu apabila kalian berkunjung kedaerah wisata ciburial.

Disitu kalian bisa memesan sebuah paket tentang pertunjukan adu domba yang telah dipersiapkan para pengelola adu domba, kedau domba selalu beradu kepala hingga salah satu domba merasakan pusing-pusing, retak tengkorak dan secara perlahan lari menajuh menghindari lawannya.

Jika diantara kalian tidak sanggup untuk mendengarkan dua buah kepala yang beradu, serta mengeluarkan suara yang agak terdengar ngilu ditelinga, yang disebabkan oleh kedua tanduk serta kedua kepala yang saling berbenturan dengan keras sehingga menimbulkan suara agak ngilu untuk didengar, mungkin untuk masyarakat garut suara-suara yang ditimbulkan dari benturan kepala domba dan juga tanduk, merupakan satu nilai seni dari adu domba.

Bagaimana..?, jika memang kalian berminat untuk mengunjungi atau sengaja berwisata ke garut khususnya didaerah desa ciburial ini, kalian hanya sedikit mengeluarkan biaya untiuk bisa berada didesa wisata ciburial sekaligus menyaksikan adu domba garut, hanya cukup dengan uang 150.000,- saja. Dengan mengeluarkan biaya sebesar itu kalian sudah bisa berkeliling selama satu hari penuh dan juga bisa menyaksikan permainan adu domba.

Untuk yang berminat mengunjungi, khususnya seseorang yang datang dari luar daerah, misalnya dari luar kota garut yaitu bandung maupun jakarta, untuk dari wilayah kota garut sendiri kalian bisa menempuh jarak kurang lebih 40 menit, serta 3 jam dari kota bandung, dan 4.5-5 jam pengunjung yang datang dari ibukota, sesudah sampainya didesa ciburial pun kalian bisa langsung menghubungi pengelola untuk mendapatkan service dari pengelola yaitu dengan mengantar jemput para pengunjung, waaah..enaak ya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai permainan khas garut yaitu adu domba garut, tradisi ini sangatlah populer sekali dari garut, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa bermanfaat untuk semua, sekian.

Tradisi unik adu muncang dari jawa barat

Tradisi unik dari jawa barat - Satu lagi tradisi unik yaitu adu muncang dari jawa barat, selain disebut sebagai tradisi orang-orang sunda, permainan adu muncang ini sangat digemari kalangan masyarakat jawa barat, dari yang tua sampai yang muda mereka semua sangat menyukainya.
Tradisi unik adu muncang dari jawa barat
adu muncang

Permainan adu muncang ini hanya dengan mengunakan sebuah bumbu masak yaitu kemiri yang dimana kemiri tersebut masih tertutup sebuah kulit yang sangat keras. Tradisi seperti adu muncang ini merupakan peninggalan leluhur yang hingga saat ini masih tetap berkembang dan terpelihara khususnya didaerah jawa barat.

Pada awalnya tradisi seperti adu muncang hanya dilakukan anak-anak kecil saja, akan tetapi dengan suara yang agak bentes dikeluarkan disaat kedua muncang itu ditekan oleh seorang wasit yang memimpin permainan tersebut, maka dengan suara yang keluar disaat kedua muncang di adu, menciptakan nilai seni tersendiri hingga permainan adu muncang untuk saat digemari bukan hanya dari kalangan anak-anak kecil saja.

Alat untuk mengadu muncang sangatlah sederhana sekali, dimana alat tersebut hanya terbuat dari bahan balok dan bambu kering, yang nantinya bambu tersebut berfungsi sebagai penggepit kemudian dipukul menuju bantalan balok, demia menambah serunya permainan adu muncang seringkali anak-anak melakukannya dengan taruhan, dimana muncang yang pecah terlebih dahulu, maka pemilik muncang yang utuh atau menang akan diberikan sebuah muncang lagi atau kelereng, dibawah inilah alat sederhana untuk adu muncang.


Tradisi unik adu muncang dari jawa barat
alat permainan adu muncang
Bukti bahwa tradisi adu muncang sampai mewabah dikalangan orang dewasa, belum lama ini ada berita tentang razia dimana razia tersebut menemukan kumpulan orang-orang yang sedang mengadakan permainan adu muncang dengan taruhan berupa uang. Maaf bukan berarti saya menyarankan sahabat pembaca ulasan ini, namun akan keberadaan tentang tradisi adu muncang ini memang sangat menjadi sebuah permainan sedikit menegangkan dan banyak diminati semua masyarakat jawa barat ini.

Permainan tradisional adu muncang
Tradisi adu muncang sudah sangat populer dari jaman dahulu, permainan ini bisa dikategorkan juga sebagai permainan tradisional yang harus dipertahankan, mungkin seseorang yang berada diluar jawa barat, misalnya di ibu kota, pasti belum pernah mendengar tetntang permainan tradisional adu muncang, disebabkan arus globalisasi atau berkembang pesatnya tekhnologi, sehingga anak-anak kota tidak pernah memainkan permainan adu muncang ini.

Hingga saat ini anak-anak jawa barat, sebut saja dari desa ci sompet, masih tetap mempertahankan permainan tradisional dengan adu muncang, hal seperti inilah yang patut dijadikan contoh untuk anak-anak indonesia.

Dengan seringnya memainkan tradisi ini, kita bisa telaah lebih dalam bahwa akan bisa memberikan manfaat terhadap anak-anak, semisal mereka telah membangun ketelitian, suatu kerjasama, kekuatan dan kekratifan dari anak-anak dengan memainkan permainan adu muncang, akan berbeda apabila dibandingkan dengan permainan-permainan modern yang saat ini sudah menjamur dikalangan anak-anak.

Memang tidak sedikit seseorang dari kalangan remaja yang menyalahgunakan dari permainan adu muncang, mereka melakukannya dengan cara berjudi, pihak-pihak seperti inilah yang tida bertanggung jawab serta mencoreng nama baik tradisi unik dari luluhur jawa barat. Merekalah yang harus menanggung semua kesalahan tentang penyalahgunaan permainan yang bisa merusak citra baik dari permainan tradisional yang saat ini sedang besaing dengan tekhnologi canggih.

Demikian sedikit ulasan mengenai tradisi unik, yaitu adu muncang, mudah-mudahan sedikit artikel ini bisa menjadi acuan untuk anak-anak indonesia dimanapun berada dan mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk semua.

Tradisi unik sedekah laut di cilacap jawa tengah

Upacara sedekah laut - Untuk menceritakan sebuah kebudayaan daerah khususnya di indonesia ini takan pernah ada habisnya, misalnya dengan tradisi unik sedekah laut di cilacap jawa tengah ini merupakan kebudayaan indonesia yang harus dipertahankan.
Tradisi unik sedekah laut di cilacap jawa tengah
upacara sedekah laut

Tradisi sedekah laut merupakan dari bagian upacara yang erat hubungannya dengan kepercayaan agama serta Unsur dari kebudayaan yang tidak bisa tergantikan dengan unsur-unsur budaya yang lainnya.
  • Tradisi sedekah laut semata-mata mereka lakukan guna untuk mencari keselamatan hidup, tentram damai, serta melindungi alam semesta, tradisi unik sedekah laut ini sendiri hanya terdapat didaerah kabupaten cilacap dan kabupaten bantul. Tradisi seperti sedekah laut ini merupakan warisan para leluhur dan sampai saat ini tradisi sedekah laut masih dilaksanakan secara turun-temurun.
  • Melaksanakan kegiatan seperti sedekah laut ini semata-mata untuk menanamkan sebuah kebudayaan tradisi terhadap generasi penerus, agar mereka selalu mengingat tentang warisan nenek moyangnya sendiri, dengan tujuan diberikan keselamatan selama dilaut.


Khususnya untuk warga masyarakat cilacap, tradisi yang sangat unik dan khas ini mempunyai daya tarik tersendiri sekaligus sebagai hiburan untuk masyarakat setempat maupun masyarakat yang sengaja datang dari luar kabupaten cilacap, jika dibandingkan dengan hiburan lainnya mungkin sedekah lautlah yang jadi pelarian utamanya.

Asal Mula Sedekah Laut
Tradisi unik sedekah laut di cilacap jawa tengah
sedekah laut
Tradisi unik seperti sedekah laut ini merupakan sebuah icon kota cilacap, sedekah laut yang awal mulanya dilakukan atas amanat dari pemerintahan kabupaten cilacap sendiri, yaitu dengan adanya perintah dari seorang bupati cilacap yang ke 3, katakanlah "Tumenggung Tjakrawerdaya 3", dialah seseorang sebagai pencetus pertama tentang adanya tradisi unik seperti sedekah laut.

Amanat dari sang bupati ia tujukan terhadap kepala atau sesepuh nelayan pandanarang yaitu ki arsa menawi untuk menabur sesembahan dilaut selatan dan juga keterlibatan dari nelayan-nelayan lainnya tepat dihari jum'at kliwon dan bertepatan dibulan sura pada tahun 1875 dan juga ditahun 1983, kemudian diususngnya sebagai wisata tradisional.


Maka tidak heran, sampai saat inipun jika hari jum'at kliwon dan bertepatan dibulan sura, pasti upcara tradisional sedekah laut ini selalu diadakan, hampir seluruh masyarakat kabupaten cilacap memenuhi pesisir pantai, demi menyaksikan upacara berlangsung. Untuk yang sengaja datang dari luar daerah cilacap tujuan utamanya hanya ingin menyaksikan langsung kemeriahan dari terlaksananya tradisi sedekah laut ini.

Selama upcara sedekah laut berlangsung, jalan-jalan pusat kota kabupaten cilacap seolah-olah kondisi menjadi hening, karena masyarakat tumpah ruah berkumpul dipesisir pantai, dari awal mulai berlangsungnya upacara sedekah laut, meriahnya iring-iringan dijalan raya seraya membawa beberapa sesembahan dengan kawalan seluruh masyarakat mengantarnya sampai pesisir pantai, wwaaah..

Sebelum pelaksanaan upacara sedekah laut biasanya terlebih dahulu melakukan proses menyekar atau jiarah ke pantai karang bandung, yang tidak jauh jaraknya dari timur tenggara pulau nusakambangan.

Prosesi penyekaran ini dipimpin langsung ketua adat yang merupakan sesepuhnya para nelayan dengan iring-iringan seluruh masyarakat cilacap yang sengaja memohon doa terhadap Tuhan YME, agar nelayan selalu diberkahi dengan tangkapan ikannya yang melimpah serta memohon untuk senantiasa diberikan keselamatan.

Selain dengan melakukan ziarah para nelayanpun atau masyarakat harus mengambil air suci yang diambil dari pulau majethi yang menurut cerita tempat tersebut merupakan tempat tumbuh kembang wijayakusuma.

Dihari jumat kliwonlah tanggalan jawa yang menjadi inti pelaksanaan sedekah laut, puncak acara biasanya selalu diisikan dengan acara utama yaitu dengan melakukan kiraban larung sesaji yang diawali dari sebuah pendopo wijaya kusuma sakti dikabupaten langsung mengarah kepantai teluk penyu. Tradisi seperti ini sangat dinanti-nantikan seluruh masyarakat dari pesisir kidul jawa tengah serta semakin meriahnya dengan adanya arakan dari skelompok nelayan dan juga jajaran muspida setempat.

Seiring perkembangan serta pesatnya tekhnologi canggih sekalipun, tradisi sedekah laut ini tidak pernah termakan jaman, maka disetiap berlangsungnya tradisi unik ini, selalu menampilkan beragam generasi supaya nanti akan selalu terpupuk dalm jiwa meraka dan tidak lupa untuk selalu bersyukur terhadap Tuhan YME melalui tradisi atau ritual sedekah laut ini. Tidak hanya selesai sampai disitu saja, karena dimalam harinya dari setiap desa dikabupaten cilacap selalu mengadakan kesenian dari sekelompok para nelayan terkait.

Demikinlah sedeikit ulasan mengenai tradisi unik sedekah laut di cilacap jawa tengah ini, mudah-mudahan sedikit artikel ini bisa menjadi wawasan tentang budaya dan sekaligus bermanfaat untuk semua.

Cara sederhana tapi ampuh mengatasi nyamuk hanya menggunakan gula merah

Cara sederhana tapi ampuh mengatasi
nyamuk demam berdarah
Cara sederhana tapi ampuh mengatasi nyamuk - Dimusim-musim tertentu, bahwasanya ada musim dimana nyamuk-nyamuk demam berdarah mulai berkeliaran kemana-mana, dengan begini kita harus ekstra berhati-hati apalagi kita yang mempunyai anak-anak kecil, karena pada umumnya anak-anak selalu suka dengan tempat-tempat yang kotor.


Tentunya kita harus mencari berbagai cara untuk mengatasi nyamuk tersebut, agar menjauh dari tempat tinggal kita. Apalagi nyamuk yang bermunculan disaat musim pancaroba dating, biasanya nyamuk yang berkeliaran adalah nyamuk demam berdarah.

Dengan begitu kita haru senantiasa menghindarinya, sebelum keluarga kita tercinta tidak terkena nyamuk demam berdarah. Pada umumnya setiap orang selalu menggunakan obat nyamuk semprot atau bakar, sedangkan melalui kedua jenis obat nyamuk seperti itu, apakah tidak membahayakan terhadap anak-anak kita dirumah.?.

Tidak dipungkiri, apabila menggunakan kedua jenis obat nyamuk tersebut, memang sangat ampuh mengusir dan membasmi nyamuk, kenapa..?, sebab melalui bahan-bahan kimia yang terkandung didalam obat nyamuk semprot ataupun bakar. Memang sudah dirancang sedemikian rupa guna mengatasi binatang kecil penghisap darah tersebut, akan tetapi, rasa kekahwatiran tidak bisa hilang, bahwasanya dampak dari kedua obat nyamuk tersebut bisa berpengaruh terhadap naka-anak, misalnya anak menjadi sesak nafas dan batuk-batuk.


Naah..jika sampai anak-anak terserang batuk atau sesak nafas yang disebabkan kedua jenis obat nyamuk tersebut, apakah anda akan tetap menggunakannya..?, langkah baiknya demi kesehatan anda sekeluarga, lebih baik anda mengikuti saran-saran saya guna menghindari nyamuk tersebut, anak-anak dan anda sekeluarga sehat, nyamuk pun tidak lagi kerasan tinggal dirumah anda. jangankan untuk tinggal dirumah anda untuk sekedar melihatpun nyamuk selalu memalingkan wajahnya dari hadapan rumah anda.

Naah, menurut saran saya, lebih baik anda menggunakan cara-cara sederhana saja, tapi anda jangan berfikiran yang bukan-bukan, maksud sederhana yang akan saya sampaikan yaitu sangat ampuh untuk mengatasi nyamuk hanya dengan menggunakan cara tradisional, baiklah jika anda penasaran bagaimana cara-cara tersebut, mendingan and abaca sedikit saran saya dibawah ini :

#Cara ampuh mengatasi nyamuk 

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, membuat perangkap nya terlebih dahulu dengan menggunakan 1 buah botol bekas aqua yang ukuran besar, selanjutnya ada beberapa bahan-bahan yang harus anda pergunakan, diantaranya :
  • Ambil air hangat secukupnya
  • 1 cangkir Gula Merah
  • 1/5 Sendok Makan Ragi untik membuat Tape.
  • Solasi atau lakban ukuran besar
  • Kertas Koran bekas
#Cara-cara membuatnya :
Cara sederhana tapi ampuh mengatasi nyamuk 1. Dipotong terlebih dahulu pada bagian tengah botol
2. Masukan air yang sudah dicampur bahan, gula merah dan ragi
3. Balikan dan masukan bagian mulut potongan botol, kedalam potongan badan botol
4. Solasi atau dilakban bagian antara kedua potongan menjadi satu
5. Kemudian lapisi Koran hanya pada bagian sisinya saja
6. Berikan lakban untuk merekatkan Koran

Setelah cara-cara seperti itu, anda bisa melihat contoh hasilnya nanti seperti contoh pada gambar dibawah ini.

Baru setelah menjadi bentuk seperti ini, anda harus melaipisinya dengan kertas atau bisa dengan korang bekas, saya sangat yakin, hanya dengan melihat gambar seperti ini, tentunya anda semua sudah memahaminya.
Kiranya hanya sedikit ulasan mengenai cara sederhana tapi ampuh mengatasi nyamuk hanya menggunakan gula merah ini, yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat.

Cara yang tepat mengatasi keberadaan tikus-tikus yang menghuni rumah kita

Cara tepat membasmi tikus - Rumah kita seringkali menjadi salah satu hunian para tikus, apa jadinya jika rumah kita selalu banyak dihuni tikus, kesehatan kurnang menjamin, aroma bau tidak enak, yang pasti rumah kita akan menjadi tidak terawatt dengan bersih.
Cara yang tepat mengatasi keberadaan tikus-tikus
Tikus-tikus rumah

Beberapa upaya telah kita lakukan demi mencegahnya keberadaan tikus-tikus yang selalu berkeliaran menghuni rumah, upaya dengan memasang jebakan sampai meletakan racun tikus, namun semuanya tidak berhasil, justru dengan melakukan dengan cara mengatasi seperti itu akan manmbah jumlah tikus menjadi banyak.

Prilaku tikus seringkali membuat pemilik rumah menjadi putus asa, akan tetapi bukan kita harus mengalah sama tikus. Dari beberapa sumber saya menemukan cara yang efektif untuk dapat mengusir tikus-tikus yang selalu berkeliaran didalam rumah kita, ada 5 cara yang tepat untuk mengatasi atau mengusir keberadaan tikus, mari kita simak semua dari ke 5 cara tersebut ;

- Mengelola sampah dengan baik

  • Usahakan untuk selalu mengontrol tempat sampah agar tidak bercecer kemana-mana diarea rumah, bak sampah atau tong sampah usahakan juga yang masih bagus dan layak dipakai serta menutupnya dengan baik. Usahakan tepat waktu disaat mengangkat sampah dari dalam rumah, jangan biasakan sampah tertumpuk terlebih dahulu dirumah.
- Mengetahui keberadaan tikus
  • Sarang maupun lubang tempat dimana dia tinggal harus kita mengetahuinya, apabila disekitar rumah menemukan lubang, sudah tidak mungkin bahwa lubang tersebut bukan lubang tikus, maka yang harus kita lakukan segera atasi dengan menutup lubangnya untuk mencegah tikus-tikus balik lagi maupun keluar dari sarangnya.
- Merapihkan barang-barang


  • Selalu merapihkan barang-barang tak terpakai didalam rumah. Dengan kondisi barang tidak terpakai dan berantakan pastinya akan menjadi salah satu kegemaran tikus-tikus, terutama barang yang terdapat digudang harus kita susun sebaik mungkin, misalnya ;
  1. Masukan barang tak terpakai dalam bungkus sampai rapih 
  2. Letakan barang tersebut dengan tidak menempel ditembok, dengan begini kita bisa mempersempit gerak ruang untuk tikus sekaligus bias melihat pergerakan tikus.
- Menutup celah jalan masuk tikus
  • Sering sekali tidak kita ketahui bahwa terdapat banyak celah jalan masuk tikus yang terdapat dicelah-celah pralon pipa, jendela, celah arus kabel didinding dan celah dibawah pintu masuk. Ada yang harus kita ketahui bahwa tikus merupakan binatang yang cukup elastis, sehingga bisa masuk melalui celah yang hanya berukuran 1 ½ Cm, dengan menggunakan tulang bagian belakang yang sangat flexible.
Dari itu upayakan selalu untuk mengontrol serta menutup celah-celah yang berpotensi mendatangkan banyak tikus di rumah kita.

- Membersihkan area rumah
  • Apabila rumah kita ingin terbebas dari tikus, maka rumah kita harus betul-betul bersih. Usahakan selalu membersihkan rumah khususnya lantai setiap hari, begitu juga rutin untuk selalu memberishkan bagian dapur, target utama tikus untuk menghuni rumah kita yaitu bagian dapur. Maka pastikanlah semua alat-alat didapur selalu bersih, dan juga membuang sisa-sisa makanan setelah masak.
Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ulasan mengenai cara yang tepat mengatasi keberadaan tikus-tikus yang menghuni rumah kita, bisa bermanfaat untuk semua.

Cara yang ampuh mengusir rayap dari dalam rumah

Cara mengusir rayap dirumah sangatlah mudah. Binatang rayap merupakan binatang yang berbahaya sekali untuk sebuah benda kesayangan kita didalam rumah, misanya kursi, meja makan tempat tidur dan lain-lain.
Cara ampuh mengusir rayap
Binatang Rayap

Maka keberadaan rayap dari dalam rumah kita pastinya sangat menjengkelkan sekali, selain bisa merusak bahan-bahan kayu, dan bahayanya jika sampai masuk dalam telinga anak-anak kita atau kita sendiri. Maka dari itulah kita perlu mengantisipasi tentang keberadaan rayap didalam rumah kita dengan cara mengusir atau membasminya sampai benar-benar tidal lagi ada yang tersisa didalam rumah kita.

Dengan banyaknya rayap didalam rumah kita sangat merugikan sekali, terutama kita harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti atau memperbaiki semua jenis kusen yang terdapat dari dalam rumah kita, pada dasarnya rayap hanya menggerogoti baha-bahan kayu yang sudah lapuk, tapi bukan hal yang mustahil untuk rayap sekuat apapun bahan kayu yang berada didalam rumah kita akan menjadi incaran empuk bagi rayap.

Ada banyak cara untuk mengusir rayap yang menghuni dari dalam rumah kita, akan tetapi cara tersebut apakah rayap dijamin akan tidak lagi bersembunyi melalui kusen dalam rumah, atau masih adakah rayap yang tertinggal yang besar kemungkinan bisa berkembang biak lagi didalam rumah kita.
Baca juga : Cara yang tepat mengatasi keberadaan tikus-tikus yang menghuni rumah kita
Adapun cara untuk mengusir sekaligus membasmi keberadaan rayap dari dalam rumah melalui cara yang sederhana sekali, namun dengan cara sederhana ini akan sangat berpengaruh besar terhadap rayap untuk meninggalkan atau sampai mati ditempat dengan menggunakan bahan-bahan seperti dibawah, berikut beberapa jenis bahan yang sangat ampuh mengusir rayap dari dalam rumah kita, baca dan perhatikan lampiran dibawah ini ;


1. Tembakau
  • Salah satu cara atau bahan yang sangat ampuh membasmi serangga jenis rayap ini, salah satunya dengan menggunakan tembakau, caranya : hanya mencampurkan kedalam air, kemudian diamkan terlebih dahulu supaya sari dari tembakaunya benar-benar sudah keluar atau berada di air tersebut, setelah itu langsung kita semprot beberapa bahan kayu yang ada dihuni rayap, bisa juga langsung kepusat sarang rayapnya. Dengan begitu rayap akan merasakan enek sesak napas dan akhirnya mati atau melarikan diri dari sarangnya.
2. Air bekas cucian beras
  • Cara yang satu ini sangatlah sederhana, tapi sangat ampuh untuk mengusir keberadaan rayap, caranya ; hanya disiramkan kesekeliling pusat sarang rayap, entahlah saya sendiri belum mengetahui 



3. Minyak tanah
  • Naah..untuk bahan yang satu ini, rupanya sudah sangat familiyar sekali untuk mengusir sekaligus membasmi serangga jenis apapun yang ada didalam rumah kita, caranya ; cukup menyemprotkan minyak tanah dibagian kayu atau kusen yang sudah digerogoti rayap, untuk lebih ampuh lagi bisa juga menyampurkan minyak serai, dengan begitu rayap akan cepat mati.
4. Air kapur sirih
  • Selain dari kegunaan untuk bahan pengobatan, air kapur sirih ini sangat ampuh untuk membasmi rayap, kenapa..?, jangankan rayap, manusia pun jika terkena air sirih bisa merasakan sendiri panasnya yang ditimbulkan air kapur sirih, apalagi jenis rayap yang hanya memiliki kulit yang sangat tipis, caranya ; hanya menyiramkannya dikayu-kau maupun kusen yang menjadi pusatnya sarang rayap.
5. Garam 
  • Selain sebagai bahan penyedap rasa, garam sangat ampuh juga untuk mengusir rayap dari dalam rumah kita, caranya ; cuku hanya taburkan beberapa garam tepat dipusat sarang rayap, untu mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa campurkan dengan air sudah direndami tambakau, seperti cara dari nomor 1.
Dari beberapa jenis bahan diatas, merupakan bahan yang paling efektif untuk mengusir sekaligus membasmi keberadaan rayap dari dalam rumah kita, baiklah kiranya hanya ini yang dapat saya sajikan untuk semua, yaitu ulasan mengenai cara ampuh mengusir rayap dari dalam rumah, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua.

Cara paling ampuh menjinakan binatang musang

Cara paling ampuh menjinakan binatang musang
Binatang luak
Cara paling ampuh menjinakan binatang musang - Luak atau musang banyak sekali ditemu disawah-sawah, binatang yang satu ini sangat terkenal sebagai pemburu ayam. Musang sebetulnya jenis binatang gampang jinak namun musang tetaplah mempunyai insting naluri alaminya, yaitu kebuasannya disaat memburu makanannya yaitu ayam.


Untuk sekarang ini, keberadaan tentang binatang musang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan, karena musang mempunyai ciri eksotis tersendiri, misalnya dari warna bulunya yang terlihat indah sehingga tidak sedikit seseorang yang memeliharanya sebagai binatang kesayangan. Untuk itu kita harus tau terlebih dahulu bagaimana agar musang bisa luluh terhadap pemiliknya, mungkin suatu saatg nanti kita ingin menjinakan binatang musang untuk dijadikan binatang peliharaan kita.

Cara yang paling ampuh menjinakan binatang musang itu, akan lebih mudah disaat kita memeliharanya dari dini, karena dengan kebiasaan kita memberikan pelatihan terhadap musang, maka naluri musang pun senantiasa mengikuti sipemilik tersebut.


Menjinakan binatang musang membutuhkan kesabaran apabila kita mendapatkannya yang sudah berumur, apalgi dengan perlakuan kita yang agak kasar maka musang pun semakin bertambah stres, dan kemungkinan sering mengigit pemilik musang.

Jika anda memang berkeinginan untuk memelihara musang, saya sarankan untuk mencari musang yang masih berusia sangat muda, dengan begitu karena kebiasaan kita merawat sehari-harinya akan dengan cepat ditangkap olah musang, namun jika memang kebetulan anda menemukan musang yang sudah dewasa.

Ada cara tersendiri jika anda menginginkan untuk dijadikan peliharaan anda, dengan begitu secara perlahan kita juga harus bisa membaca naluri atau insting musang yang sudah dewasa, modal utama yaitu dengan keberanian kita, naah untuk ringkasnya simak ulasannya dibawah ;



Pengenalan

Pada dasarnya jika ingin memelihara binatang semuanya sama, yang pertama dilakukan yaitu melailui perkenalan terlebih dahulu, dengan cara membiasakan kita untuk selalu dilihat oleh musang, maka dengan begitu musang lambat laun akan mengetahui keberadaan kita. Jangan sekali-kali memberikan raeksi kasar disekeliling lokasi musang berada dikandang, dengan begitu musang akan stres bisa-bisa kalua diluar kandang musang dapat menggigit kita.

Melalui pengenalan seperti ini, biasakanlah memberikan makanan terhadap musang menggunakan tangan yang dimasukan kekandang musang. Agar musang bisa lebih mengenali kita lagi, taruhlah pakaian yang pernah kita kenakan kedalam kandang musang, dengan begitu bau keringat kita akan mudah dikenal musang.

Pendekatan
Apabila menurut anda musang sudah mulai mengenali kita, anda bisa mencoba untuk menggendong pelan-pelan, kemudian sirami dengan air tepat dibagian punggung musang sembari dielus-eluskan lalu karingkan menggunakan kain, apabila musang masih terasa liar dan hendak menyerang kita usahakan tangan kita dilapisi menggunakan bahan yang cukup tebal untuk mengatasi gigitan musang, cara menyirami air kepunggung musang lakukanlah berulang-ulang sampai akhirnya musang benar-benar tidak menyerang kita.

Proses menjinakan
  • Setelah badan musang sudah kering dari air, untuk proses menjinakan sementara bisa membawa musang ketempat yang dianggap musang sebagai suasana baru, dengan begitu musang akan merasa senang dan tidak stres. Dengan seringnya musang dibawa jalan ketempat suasana yang baru lama-kelamaan musang menjadi terbiasa terhadap anda, biasanya proses menjinakan dengan cara membawa ketempat yang baru membutuhkan waktu 3 hari atau 1 mingguan.

Demikian ulasan singkat mengenai bagaimana cara paling ampuh menjinakan binatang musang, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua, khususnya yang sangat menggemari binatang musang.

Trik cara menghadapi anjing galak

Trik cara menghadapi anjing galak - Disaat anda berjalan atau sedang berkunjung kerumah kawan anda, dan kemudian anda disambut dari hewan peliharaan kawan anda, anjing, apa yang akan anda lakukan..?, apakah anda akan segera pergi meninggalkan rumah kawan anda, atau dengan keterpaksaan terus berdiam diri didepan pintu pagar.

Trik cara menghadapi anjing galak
ajning galak
Binatang anjing merupakan binatang peliharaan manusia, namun walaupun status anjing tersebut ada pemiliknya seringkali anjing tersebut berkeliaran kemana-mana sehingga bisa menimbulkan rasa takut terhadap banyak orang dan juga anak-anak kecil.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, apabila anjing tersebut mempunyai penyakit rabies, tentunya akan sangat berbahaya sekali apabila ada yang tergigit oleh anjing tersebut, sedangkan anjing tersebut berada dijalanan jadi dengan demikian kita akan meminta pertanggungjawabannya kepada siapa, karena yang namanya lagi sial itu, tidak bisa diduga-duga datangnya dari mana.


Sebetulnya untuk menghadapi anjing galak itu tidaklah susah, bahkan trik yang akan saya postingkan disini merupakan trik yang sangat, sangat gampang sekali dan sangat terbukti membuat anjing balik berlari disaat anjing tersebut sedang mengejar kita..naah mantap.

Tapi yang saya fikirkan apakah anda akan merasa tetap tenang disaat anda dikejar anjing diperjalanan, mungkin yang terlintas dalam benak anda hanya memikirkan untuk berlari sekencang-kencangnya.

Pada dasarnya binatang seperti anjing itu tidak akan memberikan reaksi yang berlebihan asalkan kita tetap tenang disaat berpapasan, walaupun berpapasan dengan anjing yang sangat galak sekalipun. Tapi yang namanya hati tetap tidak bisa berbohong, jika rasa takut sudah datang maka jurus langkah seribu pun dengan cepat digunakannya, itu hal yang wajar saja, karena satu-satunya untuk terhindar dari kejaran anjing galak yaitu dengan menyelamatkan diri dengan mengambil kaki langkah seribu, llllaaaarrriiiiiii..!!

Ada yang harus kita ketahui dari beberapa karakter anjing pastinya sangat berbeda-beda, ada anjing yang takut terlebih dahulu terhadap manusia, ada yang menjadi galak yang disebabkan rekasi manusia. Ada juga anjing yang akan semakin mengejar kita apabila melihat kita lari terlebih dahulu, naah disaat seperti inilah kita harus menggunakan trik bagaimana agar si anjing dalam posisi mengejar kita, maka dengan cepat sianjing akan merasa ketakutan disaat kita menggunakan trik tersebut.

Trik cara menghadapi anjing galak yang akan saya ulas disini, kemungkinan sudah dipraktekan oleh sekian banyak orang, karena selain kita hanya berlari disaat dikejar anjing maka anjing pun akan merasa senang mengejar anda, dan pada dasarnya semua anjing segalak atau sebuas apapun akan ketakutan jika seseorang hendak melemparnya menggunakan batu.

Cara menghalau anjing yang galak

Trik cara menghadapi anjing galak
dikejar anjing
Naah..baiklah saya akan postingkan beberapa trik cara menghadapi anjing galak, trik nya cukup sederhana akan tetapi betul-betul membuat anjing jadi merasa takut disat mengejar kita, simak ulasannya dibawah ;
  • Rasa takut disaat anda dikejar anjing itu hal yang lumrah, karena demi menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, akan tetapi disaat posisi anda seperti gambar diatas ini, yang wajib anda lakukan adalah ketenangan, jangan menimbulkan rasa takut yang berlebihan yang nantinya sianjing makin kesurupan mengejar anda, dan untuk menghindari atau membuat sianjing jadi merasa taku terhadap kita.

Maka yang perlu anda lakukan adalah mencari tempat perlindungan misalnya menaiki sebuah pohon yang tinggi, maka dengan begitu anjing tidak akan terus-terusan mengejar kita. Naah jadi apa kira-kira trik yang saya janjikan diatas, bahwa anjing akan berbalik berlari dengan trik yang sangat sederhana.
  • Dalam keadaan tenang disaat anda dikejar anjing, pastikan jarak anjing kira-kira mencapai 8-10 meter, maka pergunakanlah trik, yaitu dengan cara membalikan badan anda, lalu kemudian dengan cepat berjongkok, seolah-olah anda mau mengambil batu,karena dan sudah berpura-pura mengambil sebuah batu maka anjing akan cepat berbalik dan berlari.
Saya yakin dengan menggunakan trik seperti itu, anjing yang tadinya mengejar kita, maka akan dengan cepat berbalik dan berlari menghindari lemparan batu, yang anda gunakan melalui trik tersebut. Sudah saya bicarakan seperti diatas, pada dasarnya anjing sangat takut sekali jika melihat seseorang yang akan melemparnya, trik seperti ini sudah sering saya lakukan berkali-kali 

Demikianlah sedikit ulasan mengenai trik cara menghadapi anjing galak, naah pastinya akan bermanfaat sekali untuk semua sobat-sobat yang memang phobia binatang anjing.