Sumpah Pocong Jenis Ritual Aneh yang mendekati Bid ah

Sumpah Pocong Jenis Ritual Aneh
ritual sumpah pocong
Sumpah pocong - Tidak ada satupun yang mengeahui kapan nya kepastian sumpah pocong menjadi salah satu tradisi umat islam ini, yang pasti ritual sumpah pocong ini tercipta melalui sebuah tradisi lokal dalam lingkup masyarakat sekitar didalam mencari sebuah jalan keluar dan juga sengketa yang sudah tidak bisa terselesaikan melalui jalan rana hukum logika, misalnya melalui diskusi forum.


Menurut pandangan saya sebagai orang yang awam dan bodoh tentang agama, apakah melaksanakan ritual seperti sumpah pocong ini dapat menyelesaikan suatu sengketa permasalahan?, dan apa mungkin dengan melalui ritual sumpah pocong antara kedua belah pihak dapat menanamkan rasa saling percaya, naudzubillah.. 

Memang disetiap saya melihat seseorang yang melaksanakan sumpah pocong selalu ada saja Al-quran, yang menjadi permasalahannya, bahwa Al-quran tidak dipergunakan untuk melaksanakan sumpah seperti ini, sungguh aneh dan celakalah seseorang yang melaksanakan ritual sumpah pocong ini.

- Perbedaan ritual aneh dan unik
Kenapa saya katakan bahwa ritual seperti sumpah pocong ini saya katakan "ANEH", jelas aneh..!, tanda kutip dari kalimat aneh, yang berarti sebuah kejadian yang diluar nalar manusia, dan tanpa dilandasi dengan Agama keyakinan, sedangkan jika kalimat "Unik", dimana sebuah sesuatu yang masih menyimpan unsur seni, keindahan, dan lain-lain, perlu kita ketahui juga bahwasanya Allah pun sangat mencintai seni, salah satunya keindahan.

- Adakah ritual aneh sumpah pocong dalam Islam
Kasus-kasus ritual sumpah pocong seringkali dilaksanakan pada saat seseorang tersangkut sebuah masalah yang terbilang runit, yakni seseorang yang mendapati tuduhan sebagai dukun santet, melakukan pesugihan, atau seseorang yang mendapatkan tuduhan telah berbohong mengenai harta wasiat dan juga mengenai soal utang piutang tanpa adanya bukti tertuliskan.

Dengan demikian, apakah boleh melakukan ritual aneh sumpah pocong dalam islam jika mendapati masalah seperti diatas ?, tentu tidak..!, kenapa? :
"Di Islam sendiri tidak mengenal dengan apa yang namanya sumpah pocong, pasalnya sumpah pocong bukan semata datang dari Islam, adapun dilaksanakannya sumpah yang aneh ini oleh sebagian orang Islam, bahwasanya ritual ini bukan suatu Dalil, yaitu menilai sebuah kebenaran, yakni sebuah kebenaran hanya terdapat di Al-kitab dan juga As sunnah". 
Mengenai sumpah  ini sebetulnya ada didalam Islam, yaitu dimana kita tidak diperbolehkan melakukan sumpah terkecuali atas nama Allah, bahwasanya Rasululloh Saw telah bersabda :
"Siapa saja melakukan sumpah dengan selain dari Allah, maka seseorang sudah melakukan kekufuran dan syirik". (HR Tirmidzi melalui Umar Ibnu Khattab)
Bahwa sumpah pocong ini yakin asalnya dari daerah jawa, yaitu jawa timur kota yang tidak saya sebutkan namanya. Dimana kota tersebut banyak sekali terdapat santri-santri dan menobatkannya salah seorang kiyai salah satu tokoh yang menjadi panutan bagi masyarakat setempat, yang dimana seorang kiyai itu seringkali ditunjuk untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau mengenai sengketa.
Sumpah Pocong Jenis Ritual Aneh

Melaksanakan ritual sumpah pocong, adalah suatu kebudayaan orang-orang pedesaan yang sering kali dilaksanakan dengan kondisi badan dibaluti dengan sebuah kain khusus orang yang sudah mati, bahkan sering juga dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, umpamanya dengan seseorang yang melakukan sumpah ini, namun hanya dikenakan krudung dari kain orang mati dalam kondisi terduduk dengan dilibatkannya beberapa orang sebagai saksi.

Secara logika, nama pocong selalu diidentikan dengan orang yang sudah meninggal dunia, meunurut pandangan orang yang miskin ilmu agama seperti saya ini, saya memberikan pandangan yang sangat masuk akal, yaitu "bahwasanya seseorang yang melaksanakan ritual sumpah pocong, sama halnya dengan seseorang yang meminta kesaksian kebenaran terhadap orang yang sudah mati", bagaimana menurut pandangan sobat semua tentang hal ini?.

Apakah kita percaya dengan pernyataan dan kesaksian dari seseorang yang sudah mati. Seseorang yang rela melakukan sumpah pocong tak ubahnya seperti mayat hidup yang sedang menjalankan persidangan extreem yang suatu saat akan mencelakainya sendiri, sebab ritual melaksanakan sumpah pocong ini sudah dibilang mendekati bid'ah atau syirik, yang dimana sebuah pernyataan kebenaran didapatkannya hanya melalui seseorang yang berkostum pocong.



- Sebab Dilaksanakannya sumpah pocong
Jika kita cermati melalui permasalahan yang ada, bahwa adanya masalah yang dimana sangat meragukan sekali pernyataan kebenarannya, adapun masalah mengenai bid'ah dan fitnah yang ditujukan terhadap seseorang, atau juga masalah mengenai persengketaan.

  • Adapun masalah-masalah yang timbul yang sudah diklaim oleh Imam dilingkungan setempat, bahwa masalah tersebut sudah sepatutnya dilaksanakan sumpah pocong, maka seseorang yang merasa di fitnah rela melaksanakan sumpah pocong guna menyampaikan kesaksian kebenarannya secara serius, namun masih ada saja sekelompok orang yang sulit mempercayainya, maka langkah akhir untuk membuktikan kebenarannya itu hanya melalui ritual sumpah pocong. Dengan begitu pelaku juga sumpah pocong akan dengan leluasa menyampaikan kesaksian kebenarannya.
- Saksi-saksi
Pada saat berjalannya ritual sumpah pocong, pada umumnya orang yang melaksanakan (pelaku sumpah pocong) ini, menghadirkan beberapa saksi-saksi, untuk menyaksikan pernyataan kebenaran yang diucapkan pelaku sumpah, diantaranya :
Sumpah Pocong Jenis Ritual Aneh
  • Keluarga dari Pelaku Sumpah Pocong
  • Para Ulama
  • Tokoh Masyarakat setempat
Kiranya hanya sedikit ulasan dari saya, yaitu mengenai ritual aneh sumpah pocong ini, adapun kesalahan dalam penulisan disini, saya mohon maaf.