Tutut jenis makanan khas asli indonesia

Jenis makanan khas asli indonesia - Satu lagi makanan yang mempunyai nama sedikit unik dan sangat khas ini, yaitu tutut..sudah pernah mendengarkah nama makanan yang satu ini..?,
makanan khas indonesia asli
makanan khas indonesia

Pasti semua orang indonesia sudah mengenalnya, dari rasanya yang gurih, sedap dan agak pedas ini bisa dijadikan sebagai kuliner yang harus direferensikan ke publik.

Makanan jenis tutut ini memang agak sedikit susah dicari, apalagi untuk warga masyarakat DKI, bahkan seseorang yang sengaja menjajakan makanan tutut khsusnya didaerah jakarta ini akan sulit kita temui, tapi enggak perlu khawatir apabila kalian sangat ingin menikmati makanan tutut ini, bisa kita temui dikawasan pulogadung, orang yang sengaja menjajakan tutut ini hanya berjualan dihari minggu sore.

Makanan tutut ini merupakan makanan yang terbuat dari keong sawah, kebanyakan orang menyebutnya sebagai krece, namun keong sawah ini apabila diolah oleh tangan-tangan kretif dengan mendominasikan bahan rempah-rempah, maka rasa tutut ini berubah menjadi seperti seaffod nya indonesia. Memang kepopuleran makanan tutut ini masih dibilang urutan paling bawah jika dibandingkan dengan jenis makanan kerang, tapi soal citarasa sama sekali tidak bisa kita ungkapkan dengan kata.

Dari cara mencicipi atau memakan daging tututnya yang sedikit unik, yaitu hanya dengan menyedot dagingnya melalui buntut yang sudah dipaprasnya sebelum dimasak, selain dari rasanya yang sedap tutut juga sangat banyak sekali mengandung protein nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh manusia.


Tutut merupakan binatang yang berkembang biak diswah-sawah dan selalu hidup dalam sebuah lumpur, dan makanan tutu sendiri ia hanya mengkonsumsi dari tanaman air, misalnya lumut maupun ganggang, dari bentuknya yang unik banyak sekali orang-orang yang mencarinya disawah-sawah.


Kandungan Nutrisi dari daging tutut
Kandungan nutrisi yang tersimpan dalam daging tutut ini meliputi ; ada 65 energi 12,5 gm protein, 6,1 kandungan lemak, 3.5 grm kandungan karbhohidrat, 300grm kandungan khalsium, dan masih banyak kandungan-kandungan nutrisi lainnya yang tersimpan dari makanan khas asli indonesia ini.

Dari banyaknya kandungan nutrisi dari jenis makanan tutut ini bisa juga sebagai alnternatif pengganti lauk sebagai campuran nasi, dari dagingnya yang teramat kecil tutut juga sangat ampuh untuk mengatasi jenis penyalkkit diabetes, liver, bila kita mau mengkonsumsinya secara teratur koesterol tinggi pun bisa diatasi hanya dengan tutut. Sudah banyak orang yang mengakui bahwa tutut sangat manjur untuk mengatasi jenis penyakit seperti yang saya singgung diatas ini.

Cara mengolah tutut

Naah..untuk kalian yang memang ingin mencoba jenis makanan tutut ini, kalian bisa juga membuatnya dirumah, adapun langkah-langkah sebelum tutut diolah dengan bumbu-bumbu, langkah awal untuk membuatnya terlebih dahulu ;
  • Kalian harus merendam tutut dalam air selama satu malam, air rendaman pun harus kita ganti 3-4 kali, guna untuk mengeluarkan isi kotaran dalam tutut,
  • Setelah proses endapan selama satu malam, kulit tutut kita bersihkan terlebh dahulu untuk membuang lumut yang masih menempel dalam cangkang tutut.
  • Kemudian tepat dibagian buntut tutut kurang lebih dari ukuran 5mm dipotong sebagai tempat dimanan daging tutut kita crucup atau disedot menggunakan mulut monyong kita, hehehe.
Bumbu-bumbu diantaranya :
  1. bawang merah sebanyak 9 biji
  2. bawang putih 7 biji
  3. kunir 9 cm saja
  4. kemiri 7 buah
  5. gunakan daun salam secukupnya saja
  6. daun sreh secukupnya
  7. garam secukupnya
  8. gula secukupnya
  9. pakai daun bawang sebanyak 5 batang
  10. air sebanyak 1liter
Cara mengolah tutut :
  • Kita tumiskan semua bumbu-bumbu, usahakan sampai bebau harum
  • Kemudian disusul bahan-bahan seperti daung bawang, gula, dan garam diaduk secara merata
  • Lalu masukan tutut yang sudah bersih, sampai air tumisan mendidih (bisa dikira-kira.
Demikianlah sedikit ulasan tentang makanan khas asli indonesia ini yaitu tutut, mudah-mudahan ulasan ini bisa bermanfaat untuk semua.

Jenis makanan dengan nama unik tongseng ini, wajib dicoba

Makanan tongseng - Untuk menjadikan makan siang anda, dari namanya yang unik hampir mirip dengan nama cina, padahal tongseng merupakan makanan khas dari jawa.
Kuliner masakan dengan nama unik
makanan tongseng

Tongseng salah satu kuliner khas indonesia yang sudah sangat terkenal sekali oleh seluruh masyarakat indonesia, dari rasa serta tekstur daging kambing nya yang begitu empuk dan juga rasanya yang sangat gurih membuat selera makan menjadi bertambah jika menyantap tongseng kambing.

Kuliner masakan jenis tongseng ini sudah bisa kita temui dibeberapa daerah, salah satunya warung tenda yang kita temui dipinggir-pinggir jalan dijakarta, rasa serta kenikmatannya pun tidak kalah enaknya dengan tongseng asal kelahirannya yaitu tongseng solo.

Sedangkan aemua para pecinta tongseng untuk saat ini bukan hanya dari kalangan orang tua saja namun keberadaan kuliner tongseng sudah banyak sekali diminati oleh kalangan remaja sampai anak-anak kecil sekalipun, membuktikan bahwa keberadaan tongseng diindonesia bisa membawa segala generasi untuk menikmatinya.

Biasanya tongseng selalu ada sebagai pengisi dihari raya idul adha, maka daging qurban yang didapat bisa dijadikan menu makan siang dan dubuat menajdi masakan tongseng, biasanya seperti ini dilakukan oleh orang-orang jawa, contohnya saya sendiri ini, hehe..kenapa enggak, momen hari raya idul adha merupakan momennya umat islam, maka semua warga akan mendapatkan daging kambing secara cuma-cuma, selain untuk dibakar menjadi sate manfaatkan juga dengan membuat masakan tongseng.


Untuk kuliner yang satu ini, apabila diantara sobat semua belum pernah mencobanya, sobat juga wajib coba untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah, cara pembuatannya tidak terlalu ribet dan juga sangat gampang untuk ditiru, agar rasanya bisa menjadi nikmat senikmat tongseng dari asalnya yaitu dari solo.

Di kota solo sendiri masakan kuliner dengan nama unik ini akan sangat mudah ditemui, kalau menurut orang-orang solong bilang, "jangan pernah mengaku pernah datang ke kota solo, apabila belum mencicipi kuliner tongseng", begitu kira-kira yang keluar dari mulut orang-orang solo.

Baiklah..pada kesempatan ini saya akan bocorkan resep-resepnya, jika diantara sobat semua belum berkunjung kekota solo bisa juga untuk mencoba membuatnya dirumah, adapun baha-bahan yang dibutuhkannya, dan juga bumbu-bumbunya, sekaligus cara pembuatannya bisa sobat lihat petunjuk seperti dibawah ini :


Bahan-bahan tongseng kambing :

400 grm daging kambing4 sihung bawang merah iris tipis3 sdm kecap manis1 tomat merah, dipotong800 ml santen dari 1/2 biji kelapa3 lembar daun salam2.5 cm lengkuas, dimemarkan5 cabe rawit merah, dicacah sepanjang 2 cm1000 ml 1 liter air3 daun bawang, potong dicacah 2 cm150 grm kol, potong kotak-kotak4 Sdm minyak untuk menumis1 batang serai, ambil putihnya, lalu dimemarkan
Bumbu halus tongseng :
1 sendok teh ketumbar4 biji lada2 sendok teh garam3 kemiri, kemudian disangrai3 biji bawang putih3 cm kunyit, lalu dibakar2 cm jahe4 biji bawang merah
Cara memasak tongseng :
Rebuslah daging kambing secukupnya, tunggu daing menjadi empuk, lalu potong-potong manjdai kecil-kecil.
Rebuslah santan, lalu bumbu-bumbu halus, dan daun salam, kemudian lengkuas juga serai sambil diaduk, tunggu sampai mendidih. sudah mendidin lalu sisihkan.
panasi minyak, kemudian tumislah bawang merah, cabe dan campurkan daging kambing yang sudah dipotong-potong.
Campurkan koldi dalam tumisan, lalu tumislah kol sampai menjadi layu.
Lalu masukan kecap manis, aduk hingga rata.
Tuangkan kuah santan, tunggulah sampai mendidih.
Setelah kuah santannya sudah mendidih, kemudian tambahkan dari daun bawang dan juga potongan tomat, lalu dimasak hingga matang, dan langsung sajikan hangat-hangat.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai kuliner masakan dengan nama unik tongseng wajib dicoba ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat, semoga hasil masakan sobat semua sama persis seperti tongseng solo.

Kerak telor jajanan enak dan nikmat khas betawie

Jajanan enak dan nikmat  - Bagi warga ibu kota, siapa yang tak pernah mendengar jenis makanan kuliner yang khas dari betawi, yaitu kerak telor, orang bule yang berkunjung ke ibu kota pun sangat menyukai makan jenis kerak telor.
enak dan nikmat khas betawie
Kerak telor

Kita yang orang indonesia malahan enggak pernah mencicipi kenikmatan makanan kerak telor, kan aneh..siapa bilang gua enggak suka kerak telor, guamah paling doyan ama makanan jenis kerak telor, enak dan gurish sichh, malu dong cing ama orang bule.

Keberadaan kerak telor bisa mengalahkan makanan-makanan khas lainnya sejenis gado-gado betawi, soto betawi, asinan betawi, dan lainnya. Disaat jaman kolonial belanda mekanan khas betawi kerak telor merupakan makanan yang bisa dibilang elite serta citarasa kenikmatan dari kerak telor itu, namun seiring tekhnologi dan kemajuan zaman makanan jenis kerak telor ini semakin kurang didengar kepopulerannya.

Kelezatan dari kerak telor melebihi makanan khas batawie yang lainnya, selain dari kenikmatannya yang tiada duanya, cara penyajiannya pun bisa dibilang sangat unik, dimana baha-bahan yang diadonkan diatas sebuah Tungku, serta lambayan kipas agar barah api tetap menyala.


Makanan kerak telor ini banyak sekali kita jumpai dijakarta pusat, yaitu daerah kemayoran tepatnya di prj, makanan kerak telor ini bisa bersaing dengan makanan-makanan lainnya, dengan rasanya yang khas sehingga banyak para peminat yang mencari makanan kuliner khas betawie kerak telor.

Prj alias Pekan Raya Jakarta diwarnai oleh para penjual kerak telor, itu menandakan bahwa kerak telor bisa menyaingi makanan-makan enak lainnya. Dari rasanya yang khas, makanan kerak telor ini bisa dijadikan juga sebagai oleh-oleh apabila kalian datang ke jakarta untuk sekedar menemui saudara atau untuk sekedar bermain.

Kerak telor sangat cocok dipadukan dengan minuman es teh manis dingin, rasa yang begitu menggoda lidah kita serta teksturnya yang begitu memancing perut untuk selalu mencicipinya, pokonya rasa dan kelezatannya tidak bisa diungkap dengan sebuah kata, tidak ada kata lain selain "pengin nambah", ucapan sperti itulah yang sering terlontar dari para peminat kerak telor ini.


Walaupun cara menjajakan kuliner seperti kerak telor dengan cara dipikul dan selalu berjalan kaki, namun para pembeli tidak merasa jiji atau gengsi, para pembeli bukan mau manikmati kelezatan dari panggulan tersebut, melainkan ingin menikmati makanan khas kerak telor dari kelezatannya. Para penjual kerak telor biasanya kita jumpai dipusat-pusat kota jakarta.

Kerak telor pun dinikmati bukan dari kalangan bawah saja, bahkan penghuni rumah mewah sekalipun sangat menyukai makanan khas betawie  ini, maka tidak heran bila kita menjumpai penjual kerak telor hanya dipusat-pusat kota.

Sejarah kerak telor
Makanan khas betawie ini, sudah ada dari dahulu kala, disaat jakarta masih bernamakan batavia, serta sawah-sawah yang masih hijau, pohon-pohon kelapa yang masih tegak berdiri di semua arah, ada beberapa kawanan orang-orang menteng yang sekedar iseng membuat ketan campur kelapa hasil parutan serta beberapa bumbu dapur lainnya lalu kemudian ia olah menjadi sebuah makanan sehingga banyak orang yang meminati makanan tersebut,
Hingga ditahun 70han kawanan orang-orang menteng yang tadinya sekedar iseng akhirnya mencoba menjual makan unik serta mempunya citarasa yang khas ini, merekapun menjajakan kerak telornya disekitaran monas, dan akhirnya makanan kerak telor itu banyak sekali diburu para pembeli. Saya berharap sekali makanan kerak telor ini bisa bertahan dengan banyaknya persaingan.
Demikianlah sedikit ulasan mengenai kerak telor kuliner khas dari betawi yang harus dicoba, sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Baso cuanki makanan terkenal khas sunda

Baso terkenal khas sunda - Satu lagi makanan yang sangat khas asal sunda ini, yaitu baso cuanki, baso cuanki ini merupakan makanan asal sunda yang sangat populer dikalangan masyarakat khususnya bagian bandung.
Baso cuanki makanan terkenal khas sunda
baso cuanki

Untuk saat ini makanan jenis baso cuanki bisa kita jumpai selain dari daerah sunda, bahkan cuanki sudah beredar luas sampai DKI dengan cara menggunakan gerobak dan juga dipanggul cara menjajakannya.

Dari rasa ataupun wanginya. Baso cuanki ini juga sangat mempunyai citarasa yang sangat khas, bahkan kenikmatannya bisa dibandingkan dengan baso-baso biasa yang sering kita jumpai dimana saja.

Walaupun bahan-bahan jadi hanya dengan beberapa bahan saja yang disajikan tanpa adanya mie seperti baso-baso pada umumnya, namun banyak sekali para peminat yang menantikan kapan datangnya siakang penjual cuanki tersebut.


Cuanki yang berartikan dengan "cari uang jalan kaki", maka disebutlah menjadi nama sebuah makanan alakadarnya akan tetapi mempunyai citarasa yang sangat tinggi dan khas, bahkan cuanki sekarang sudah menyebar luas orang yang menjajakan makanan khas asal sunda yaitu dari bandung.

Untuk didaerah jawa barat, makanan jenis baso cuanki ada empat jenis cuanki yang sangat terkenal didaerah itu, dari keempat baso cuanki bukan membedakan jenis makanannya, akan tetapi yang menjadi sangat terkenal dengan nama toko yang berada didaerah itu sendiri, disitu menandakan bahwa baso cuanki ini sangat banyak diminati dan dicari banyak orang.


#Cuanki Jakarta
  • Baso-baso cuanki yang kita jumpai dari luar daerah bandung, misalnya jakarta biasanya orang yang menjajakan baso cuankinya dengan menggunakan pikulan, dengan bok yang sangat kecil, ada juga yang menjajakannya dengan menggunakan gerobak besar, namun soal rasa dan nikmat dari baso cuanki, sedikitpun tidak berbeda dengan yang menjajakannya hanya menggunakan pikulan biasa.
  • Seperti yang kita lihat gambar diatas ini, seseorang yang menjajakan baso cuanki menggunakan sebuah pikulan bisa kita jumpai di DKI, walaupun hanya dengan menggunakan sebuah pikulan, soal rasa sudah tidak diragukan lagi, dari gurih, pedas yang khas, serta dengan sedikit racikan bumbu, sebuah pikulan kecil itu memberikan aroma dan nikmatnya rasa baso cuanki tersebut, dan kalian bisa mebuktikan keaslian baso cuanki tersbut apabila seseorang yang menjajakannya dengan menggunakan bahasa sunda, sudah tidak meragukannya lagi tentang kenikmatan dari baso cuanki itu.
#Cuanki bandung
  • Ada beberapa tempat yang menjual baso cuanki dibandung, semua dari tempat-tempat yang berbeda itu, semua cita rasa yang didapatnya sama sekali tidak ada bedanya dengan cuanki ditempat lain. Naah.bagi kalian yang memang selalu berkunjung ke bandung, kalian akan menemukan makanan baso cuanki yang dimana cara menjajakannya sangat berbeda dengan yang dari luar daerah bandung.
  • Kita akan mudah mendapatkan baso cuanki dibandung, bahkan tempat untuk kita menikmati baso cuanki ini sangat membuat kita ingin kembali lagi kekota bandung, dengan toko yang didesain semenarik mungkin sehingga para pembeli tidak bosan untuk balik lagi sekedar menikmati cuanki itu.
  • Jenis makanan baso cuanki ini sangat cocok untuk direfernsikan sebagai kuliner khas bandung, dari citarasa dan kenikmatn yang tiada dua ini, tidak sedikit orang-orang yang mengunjungi tempat yang menjual cuanki, misalnya datang dari kota garut, dll..
Demi melengkapi perjalanan anda kekota bandung, kunjungilah tempat-tempat kuliner yang unik dan nikmat yaitu baso cuanki, sebab jika orang-orang bilang "jika belum mencicipi baso cuanki bandung, jangan pernah kalian pernah berkunjung kebandung", ya memang betul, ngapain sich kita bperegian kesuatu tempat, tanpa menikmati fasilitas yang tersedia ditempat itu, kan enggak lucu jika pulang dari kota garut tapi tak membawa makanan dodol khas garut, hehe..itu seumpamanya saja.

Kita bisa menemukan dengan mudah baso cuanki dibandung, maka dari itulah, apabila kalian mendatangi kota bandung segera sempatkan untuk menikmati baso khas bandung yaitu cuanki, baiklah kiranya sedikit informasi ini yang saya suguhkan, mengenai baso cuanki makanan yang sangat terkenal khas sunda ini, sekian.

Pengin jajan murah dan enak? siomay solusinya

jajanan murah dan enak? - siapa orangnya yang tidak pernah mencicipi kelezatannya dari siomay ini, dari semua bahan yang digunakannya semua bertekstur lembut dan dengan siraman saus bumbu siomay menambah wangi aroma yang khas.


Pengin jajan murah dan enak?
siomay
Citarasa dari adonan yang sedikit kenyal akan semakin lebih lezat disantap disaat masih panas, campuran saus kacang yang pedas juga gurih, serta wangi dari aroma jeruk nipis, menciptakan kuliner sejenis siomay ini akan semakin sedap rasanya. Siomay juga bisa sebagai alternativ untuk mengisi perut lapar.


Kuliner yang satu ini bisa dikategorikan sebagai makanan jenis dimsum, dari bentuknya yang bulat serta adonannya yang berbungkusdan ditipiskan, sehingga jenis makanan seperti siomay ini bisa beraneka ragam rupanya, ada berupa siomay ayam, dan juga siomay udang. Dari aromanya yang wangi serta rasanya yang gurih, kenyal tapi lunak sehingga makanan seperti siomay sangat banyak diminati orang banyak.

Awal mula tercetusnya makanan siomay ini berawal dari bandung, kebanyak siomay-siomay yang kita jumpai selain dibandung merupakan peradaptasian antara siomay asli dan yang bukan, jujur saja untuk membedakan sioamy asli bandung dengan yang bukan akan susah sekali, karena keduanya mempunyai citarasa yang seimbang lezatnya.

Sejenis siomay yang sering kita jumpai selain dibandung ada juga yang telah dirubah cera penggunaan bahan-bahannya, misalnya menggunakan ikan tenggiri, tepung kanji dengan campuran sayuran kentang yang dikukus, pare dan tahu.

Makan siomay tidak harus dalam kondisi cuaca panas, bahkan akan lebih terasa nikmat jika cuaca dingin, cara penyajiannya yang mempunyai unsur seni, dimana seseorang yang meracik bahan dan juga bumbunya, maka ia harus pandai bermain kecepatan tangan, dengan bahan yang harus dipotong-potong, lalu tidak lupa memeras jeruk nipisnya, menyiramkan saus cabai, belum lagi kol, pare dan juga kentang, walaupun siomay hanya sebagai makanan selingan, bisa juga dijadikan makan siang yang cepat dan lezat.

Memang makanan jajanan jenis siomay ini pada umumnya kita jumpai dengan berkeliling maupun seseorang yang mengkal, rasa dari siomay yang sering kita jumpai semuanya nikmat namun bagi pecinta kuliner seperti siomay ini bisa merasakan kelezatan serta citarasa dari siomay yang khas serta asli bandung, lidah memang tidak bisa untuk berbohong.

Naah..jika anda memang ingin sekali menikmati siomay dengan rasa yang khas dari bandung, anda bisa membuatnya sendiri, dan berikut dibawah ini merupakan bahan-bahan untuk membuat siomay yang khas dan rasanyapun asli siomay dari bandung, simak bahan-bahnya serta cara pembuatannya ;

#Membuat siomay rasa bandung asli ;
Bahan-bahan ;
Sediakan penyedap rasa secukupnya
250 grm tepung kanji
2 sdk teh garam
3 sihung bawang putih
500 grm tepung terigu
air secukupnya
Bahan Isiannya
250 Grm ikan tenggiri
Bahan-bahan sebagai saus
Air secukupnya
5 Caba kriting
Garam secukupnya
5 Cabai merah
3 jeruk nipis
100 Grm gula merah
dan 250 Grm kacang tanah
Cara Mengolahnya:
Membuat siomay rasa asli bandung, pertama-tama campurkan tepung terigu-bumbu yang sudah dihaluskan-air-tepung kanji.
Diaduk kesemuanya sampai betul-betul bumbu menjadi satu hingg abentuk menjadi kalis
Sesuaikan adonan siomay sesuai keinginan
Casmpurkan ikan tengiri dalam bulatan adonan
Persiapkan panci yang terisi air
Letakan bulatan adonan didalam air mendidih
Tunggulah beberapa saat, hingga bulatan dari adonannya muncul dipermukaan air yang mendidih
Cara Membuat Saus Kacang:


Tumbuk halus kacang tanah, yang telah digoreng
Haluskan cabai merah, bawang putih , cabe kriting dari kesemuanya bahan telah digoreng dahulu
Tambah gula merah dan garam secukupnya
Kenudian aduk sampai rata
Tambah air dan perasan dari jeruk nipis
Berikut diatas ini merupakan bahan-bahan untuk membuat siomay asli bandung, kiranya hanya sediiit ulasan mengenai siomay jenis kuliner terpopuler indonesia ini yang bisa saya suguhkan, mudah-mudahan bermanfaat, selamat mencobanya..

Doyan sambal gurih dan pedas? anda wajib mencicipi sambal ini

Rajanya sambal gurih dan pedas - Jenis sambal ini sudah sangat terkenal sekali didaerah jawa barat, khususnya digarut.
anda wajib mencicipi sambal ini
Sambal khas garut

Untuk menjelajahi kuliner-kuliner terkenal dari jawa barat ini mungkin tidak ada habisnya untuk ceritrakan satu-persatu, dan bagi seseorang yang pernah menikmati sambal dengan citarasa yang khas ini anda hanya bisa menemukannya digarut.

Sambal cibiuk yang aslinya berasal dari kampung cibiuk yang berada dikota garut sudah sangat familiar sekali diseluruh indonesia, dari mulai citarasa serta tekstur yang sedikit agak unik ini, dimana semua bahan-bahannya tidak harus diulek hingga halus, cukup hanya bagian inti sarinya saja yang keluar dari bumbu-bumbunya, maka teciptalah citarasa yang khas yaitu sambal cibiuk menurut orang-orang garut menyebutnya.

Diantara kalian yang sangat menggemari pedasnya sambal, atau sangat hobi sekali dengan jenis kuliner sebagai perpaduan antara nasi, lauk pauk dan sambal ini, hanya sambal khas garut ini yang sangat cocok dilidah kalian. Keberadaan tentang sambal cibiuk saat ini masih menjadi buruan para penggemar sambal, enatah itu yang sengaja datang dari luar daerah garut sendiri.


#Asal-usul sambal cibiuk digarut
Keberadaan jenis kuliner yang satu ini (sambal cibiuk), awal mula populernya sambal cibiuk digarut ini mulai dari tahun 1990, hingga sampai saat ini sambal cibiuk masih menjadi makanan faforit untuk masyarakat sunda. Tidak sedikit beberapa rumah makan besar yang terdapat garut, selalu menyimpan menu andalannya salah satunya dengan menyediakan sambal cibiuk ini.

anda wajib mencicipi sambal ini
Selain dari citarasanya yang sangat khas ini, keberadaan sambal cibiuk ini merupakan keterkaitannya dengan salah satu sosok ulama terkenal dari kota garut yaitu Syeh Ja'far Shidiq. Syeh Ja'far Shidiq sangat terkenal dengan sebutan nama mbah wali.

Konon katanya beliau merupakan salah satu ulama penyebar agama islam digarut, mbah wali ini tokoh yang selalu memberikan inspirasi tentang ekonomi terhadap masyarakat garut.

Mbah wali selalu menekankan kepada masyarakat garut betapa pentingnya berwira usaha serta menggali kemampuan diri khususnya ilmu pangan.

Hingga pada akhirnya Syeh Ja'far Shidiq (mbah wali) dengan kebiasaannya memberikan penjamuan terhadap para tamunya, kemudian beliau menyuruh terhadap anak perempuannya yaitu nyimas ayu fatimah untuk membuat sambal, yaitu yang sampai saat ini dinamakannya dengan sebutan sambal cicbiuk, lalu nyimas ayu fatimah pun tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diajari ayahnya hingga pada akhirnya sambal cibiuk dikembangkan dari generasi berganti hingga saat ini.



Pada awalnya mulai berkembangnya sambal cibiuk untuk masyarakat garut, kuliner sambal cibiuk didapat dengan mengunakan bahan-bahan dari timur tengah (arab), dan sambal cibiuk dihidangkan khusus untuk para tamu istimewa saja, konon katanya saat pembuatan sambal cibiuk ini ada sedikit unsur mantra serta doa-doa agar supaya sambal cibiuk ini bisa menjadi sebuah makanan yang enak juga lezat.

Bagaimana..apakah anda sudah mencobanya sendiri kelezatan dari sambal cibiuk ini..jangan pernah mengaku pernah mengunjungi garut, sebelum mampir dirumah makan sambal cibiuk ini, heheh atau rute perjalanan menuju arah garut yaitu akses jalur menuju tasik malaya.

Satu-satunya rumah makan yang menyediakan sambal cibiuk bisa anda jumpai melewati arah jakarta menuju bandung kemudian langsung menuju arah kota tasik malaya, sebelum menjumpai desa limbangan, satu-satunya kuliner sambal cibiuk khas garut bisa dijumpai persis sebelah kiri jalan menuju kota tasik, atau jika anda ingin mencobanya membuat sendiri sambal cibiuk ala sendiri, ada beberapa jenis bahan-bahan yang harus digunakan meliputi ;

- 1/2 Sdk teh gula merah
- 1/2 Sdk garam
- 1/2 Sdk terasi bakar
- 3sihung bawang merah
- 2.5Cm kencur
- 6 lembar kemangi
- 3-4 tomat ijo, potongan kasar
- 10 cabe rawit hijau

"Caranya ;
- Haluskan cabe rawit hijau, bersamaan dengan ;
- garam, gula merah, terasi bakarnya, bawang merah
- Uleg tidak terlalu halus
- Campurkan tomat
- Daun kemangi
- Siap dihidangkan berikut campuran lauk pauknya yang menggoda selera makan kita,   diantaranya perpaduan antara nasi liwet, petay, tahu + tempe, ikan asin dan yang lainnya menurut keinginan, selamat mencobanya.
Demikianlah ulasan mengenai sambal cibiuk kuliner khas dari garut, mudah-mudahan sedikit artikel ini bisa menambah wawasan kita tentang kuliner-kuliner yang terdapat diindonesia ini, sekian.

Kuliner unik nasi kucing versi bandung

Nasi kucing - Keberadaan tentang kuliner yang khas dan unik ala bandung ini nasi kucing, bahasa populernya dengan sebutan nasi ponggol.
Kuliner unik nasi kucing
nasi kucing

Nasi kucing yang kemas menjadi versi bandung ini memang tidak sepopuler nasi kucing dari jawa, yaitu nasi kucing angkringan, namun soal citarasa dari nasi kucing versi bandung ini tidak kalah enak dan nikmat seperti nasi kucing angkringan yang sudah sangan terkenal itu.

Kuliner sejenis nasi kucing merupakan sebuah perkataan dari nasi bungkus dan campuran lauk pauknya yang sederhana, lauk pauk yang terdapat dari nasi bungkus itu diantaranya hanya berisikan sambal dan bihun saja.

Disaat tahun 2004-2005 nasi kucing ini dijual dengan harga kisaran 1000 perak saja/ bungkus, hanya dengan isi nasi hanya sekepal tangan serta lauk pauk tidak terlalu banyak ragam, dengan kemasan sekecil itu mungkin hanya untuk dalaman isi perut kucing saja, maka tidak heran jika sampai sekarang kuliner tersebut sangat terkenal dengan sebutan nasi kucing.

Untuk nasi kucing yang terdapat di bandung, memang agak berbeda dengan cara menjajakannya seperti nasi kucing yang dijumpai di yogyakarta dengan cara menjajakannya yang khas serta unik dengan berderet dipinggir-pinggir jalan. Nasi kucing ala bandung ini ada berbagai macam ragamnya, ada nasi kucing begana, nasi pecel, nasi ponggol, nasi uduk, dan nasi kuning.


Nasi kucing yang kita jumpai dibandung, isi lauk pauknya pun sangat berbeda dengan nasi kucing dari yogya, lauk pauk yang terdapat dinasi kucing versi bandung ini diantaranya ; sperempat telur ayam dan pindang, kerupuk, tumis kacang merah dan juga sambal, namun citarasanya sangat khas sekali dan berbeda dengan nasi kucing dari jawa, namun kepopulerannya masih dibilang kalah dengan nasi kucing angkringan yang dari jawa.

Untuk kuliner nasi kucing versi bandung ini tidak seterkenal dengan kuliner-kuliner khas dari bandung, masih banyak kita jumpai makanan yang wajib kita coba dengan beberapa kuliner khas dari kota bandung ini, diantaranya ;


Lotek
Kuliner unik nasi kucing versi bandung
lotek
Kuliner seperti lotek ini, merupakan makanan yang paling banyak dicari dibandung, dengan bahan-bahan yang digunakannya sebagian besar menggunakan bahan-bahan mentah serta banyak mengandung protein, misalnya kangkung, kacang panjang, toge, engkol yang diaduk dengan bumbu kuah terbuat dari kacang dengan aromanya yang wangi kencur sangat menggugah selera makan kita.

Khusus didaerah bandung sendiri, orang-orang yang menjajakan jajanan lotek ini bisa dengan mudah kita jumpai, bukan hanya kios-kios besar sebagai penjual lotek dibandung, namun banyak juga yang kita jumpai dipinggir jalan dengan mengunakan gerobak, namun soal citarasa jika dibandingkan dengan seseorang yang menjajakan dari kios, rasa dari lotek yang dijual dari sebuah gerobak tidak kalah nikmat dan segarnya.

Orang-orang bandung menyebutnya dengen "kemedokan dari paduan bumbu kuah berbahan kacang betul-betul terasa dilidah", dengan harga perporsi yang bisa terjangkau, cuma 15. 000 saja, sejenak kita bisa beristirahat dari perjalanan dengan menikmati lotek yang kita jumpai diperjalanan selama dikota bandung. Masih banyak lagi kuliner-kuliner khas bandung ini, dari mulai baso tahu, batagor, cuanki, kuliner seperti yang saya sebutkan ini sudah banyak merambah kekota-kota besar misalnya jakarta.



Nasi chomot nasi kucing versi bandung
Kuliner unik nasi kucing versi bandung
nasi chomot khas bandung
Untuk nasi kucing khas bandung ini, ada beberapa daerah tepatnya masih dari bandung yaitu didaerah dipatiukur tidak jauh dari kampus UNPAD. Untuk sebutan nasi kucing yang kita temui didaerah dipatiukur ini yaitu "nasi comot".

Keberadaan nasi kucing alias nasi comot menjadi makanan pokok para mahasiwa dari kampus UNPAD, dengan harganya yang sangat murah untuk kalangan mahasiswa pendatang, harga nasi comot ditempat itu sangat pareatif dan pas dengan isi kantong, yaitu dengan 4500-500 perak saja, perut sudah kenyang.

Awalnya nasi kucing atau nasi comot yang terdapat didaerah bandung tepatnya di dipatiukur ini hanya untuk kalangan mahasiswa saja, dengan merebaknya serta kabar dari mulut kemulut akhirnya keberadaan tentang nasi comot ini banyak sekali warga masyarakat yang salah satunya sebagai konsumen tetap, bahkan untuk kalangan mahasiswa sendiri sudah mempunyai jadwal tersendiri yang diberikan sebagai service dari sipenjual. 

Nasi kucing yang khas dengan sebutan nasi comot ini bisa juga disebut sebagai kuliner yang patut untuk direferensiken ke masyarakat luas. 

Demikian sedeikit informasi mengenai kuliner unik serta khas yaitu nasi kucing versi bandung ini, selamat berkunjung kebandung, sekian.

Kemilan pedas tahu gejrot yang wajib anda coba

Kemilan pedas tahu gejrot - Tahu gejrot, nama kuliner khas cirebon ini mempunyai nama sedikit unik, namuan keberadaan tahu gejrot sudah merambah ke ibu kota.
tahu gejrot yang wajib anda coba
tahu gejroot

Kuliner ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat cirebon dan juga masyarakat ibu kota jakarta, dari rasanya yang khas ini, keberadan tahu gejrot di ibukota bisa meramaikan persaingan-persaingan makanan terkenal lainnya di jakarta, misalnya kerak telor, dan lain sebagainya.

Kuliner khas cirebon ini salah satu makanan yang banyak sekali dinanti kehadirannya oleh masyarakat ibu kota, dari namanya yang unik ini keberadaan tentang tahu gejrot banyak sekali diminati orang-orang yang bukan hanya dari kalangan bawah saja, namun tahu gejrot juga sangat diminati oleh kalangan atas juga.


Baca juga : Nasi jamblang makanan yang unik dan khas cirebon jawa barat
Dari cara menjajakannya dengan cara dipikul ada juga yang menggunakan gerobak, cara menjajakan tahu gejrot seperti inilah yang sering kita jumpai di jakarta.

Dari cita rasanya yang khas, serta cara penyajiannya yang sedikit unik, tidak sedikit warga masyarakat ibu kota yang menggemari tahu gejrot, meliputi anak-anak sekolah, mahasiswa, guru-guru sekolah dan lain sebagainya. Pada umumnya orang yang menjajakan tahu gejrot yang kita temui di ibu kota ini, biasanya mereka selalu mengkal didepan sekolahan, komplek perumahan maupun kantor-kantor di ibu kota.

Dari mulai generasi selanjutnya keberadaan tentang makanan atupun kuliner khas cirebon ini, patut untuk dikembangkan atau sangat tepat untuk direferensikan sebagai kuliner yang mempunya sitarasa khas nusantara, hanya sedikit saja menggunakan bumbu-bumbu kuah serta bahan lainnya, tahu gejrot mampu memancing hati seseoarang untuk mencicipi tahu gejrot ini.

Disaat sekarang ini nama makanan tahu gejrot sudah sampai tersiar kenegara tetangga, karena cara pembuatan serta bahan baku nya yang sangat mudah, sehingga tidak sedikit orang-orang yang sengaja membuatnya untuk sekedar menyambut teman-teman atau untuk tamu yang berkunjung kerumah.

Siapa orangnya yang tidak menyukai tahu gejrot ini, dari rasanya yang memberikan sensasi dilidah dan juga membuat seluruh wajah menjadi basah kuyup yang disebabkan rasa pedas, gurih dan nikmat dari tahu gejrot ini, sehingg banyak sekali orang-orang yang menunggu kehadiran situkang tahu gejrot berkeliling.

Nutrisi yang tersimpan dalam tahu gejrot

Tahu gejrot, dari rasanya memang sangatlah pedas serta menyegarkan, namun dalam tahu gejrot ini ada beberapa manfaat jika kita mengkonsumsinya, berikut kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk badan. Telah dikutip oleh beberapa sumber, bahwa tahu gejrot banyak sekali menyimpan kandungan nutrisi meliputi ;
  • Protein tahu 7,7 grm
  • Kandungan kalisium mencapai 125 grm
  • Kandungan lemak 0,5 grm
  • Kalori 36 grm
  • Zat besi 0,7 grm
  • Kandungan Vit. C sebanyak 28 Mg
  • Kalsium mencapai 45 mg -
belum lagi kandungan yang terdapat dari campuran kecap sebagai bahan campuran rasa nikmat dari tahu gejrot ini. Dari beberapa bahan-bahannya yang mengandung banyak nutrisi yaitu dari campuran bawang merah, yang sangat ampuh untuk mengatasi gejala masuk angin.

Naah, bagaimana dengan anda semua, apakah anda sudah mencoba kuliner yang satu ini.?, anda akan banyak menjumpai kios-kios penjual tahu gejrot jika anda sedang mengadakan perjalanan menuju utara yaitu cirebon, mungkin anda ingin mencoba berimajinasi membuatnya sendiri tahu gejrot dirumah..ok kalau begitu kalian ikuti petunjuk serta bahan-bahan apa sebagai campuran tahu gejrot ini :

Bahan-bahan tahu gejrot :
Persiapkan terlebih dahulu beberapa tahu kosong, tahu sumedang
25 ml air
3.5 sendok makan air asam
2,5 sendok makan kecap asin
Garam secukupnya
Gula merah sebanyak tiga sendok makan, atau setengah gandum
Bumbu ulek 
Cabai rawit (disesuaikan dengan kebutuhan)
4 sihung bawang merah
3 sihung bawang putih
Caranya :
Campurkan dari mulai air sampai garam
Kemudian rebus sampai mendidih
Kemudian campurkan kuah dengan bumbu ulek
Campurkan semua tahu sumedang dan sirami dengan kuah sambalnya, selesai..dan siap disantap
Demikianlah sedikit informasi mengenai kuliner tahu gejrot, makanan khas indonesia ini, semoga artikel ini bisa berguna untuk semua,sekian.

Oleh-oleh paling populer dari kota kembang peyeum bandung

Oleh-oleh paling terkenal  - Peyeum, jika kebanyakan orang-orang jawa bilang "tape atau puyum" oleh-oleh khas yang satu ini memang asli bandung, dijawa barat nama peyeum bandung sudah sangat terkenal sekali, peyeum bandung selain makanan terkenal dari bandung, keberadaan peyeum bandung ini merupakan ikonnya kota kembang yaitu bandung.
kota kembang peyeum bandung
peyeum bandung

Hati-hatilah jika berkunjung ke kota kembang bandung, jika orang-orang bandung bilang, " kamu jangan pernah mengaku pernah datang kekota bandung, jika pulang tidak membawa oleh-oleh khas bandung, yaitu peyeum bandung", itu yang sering terlontar dari mulut orang-orang bandung, makanya jika berkunjung kekota bandung ini, yaitu dengan melengkapi perjalanan dikota kembang ini wajib membawa oleh-oleh khas bandung ini.

Peyeum bandung bisa juga direferiensikan sebagai kulinernya kota kembang, selain teksturnya yang sedikit unik, serta penuh dengan warna putih seperti tepung namun citarasa yang didapat dari peyeum bandung ini, berdeba sekali dengan peyeum atau tape, tekstur dari tape sendiri bentuknya terpotong-potong serta agak lembek dan juga rasanya sedikit asam, sedangkan peyeum bandung ini mempunyai tekstur utuh masih berbentuk singkong, keras serta rasanya manis dan gurih.

Dari cara menjajakan peyeum khas bandung ini memang serbilang sangat unik, sehingga seseorang yang belum mengetahui tentang peyeum ini, dan juga tidak sedikit seseorang yang penasaran ingin mencicipi peyeum bandung.


Naah, ..peyeum bandung ini banyak sekali dijumpai didaerah bandung bagian cibaduyut, pasteur, dan masih banyak lagi daerah-daerah jawa barat yang menjajakan oleh-oleh khas bandung ini, kalian bisa melihat dijalur bandung menuju tasik malaya.

Biasanya selama munuju perjalanan ketimur yang melintas jalur bandung ini, tidak sedikit orang-orang yang menjajanakknya dipingir-pinggir jalan, jika anda melihat sebuah singkong dengan warna keputih-putihan, serta dengan cara digantung, itulah peyeum bandung, alias tape singkong khas bandung, peyeum bandung yang sering kita jumpai dipinggir-pinggir jalan seperti gambar dibawah ini.


kota kembang peyeum bandung

Biasanya peyeum khas bandung yang kita jumpai dipinggir jalan ini, selalu menyediakan jenis makanan-makanan khas lainnya berupa ubi cilembu, dodol, dan lain sebagainya. Untuk memastikan asli dan tidaknya peyeum bandung, jika yang kita lihat peyeum masih berbentuk seperti singkong dan jika dimakan tidak lembek, itulah peyeum bandung asli.
Baca juga : Kuliner unik nasi kucing versi bandung
Asal mula peyeum bandung
Setiap makanan atau jenis kuliner oleh-oleh yang lainnya, biasanya selalu ada saja sejarahnya, naah..jika menurut cerita awal mulanya tercipta peyeum bandung ini, pada jaman dahulu kala tepatnya dikota kembang bandung masih terdapat pohon-pohon singkong begitu luas, akan tetapi seiring berkembangnya kemajuan jaman, lahan tanah untuk sekedar menanam singkong semakin jarang, sehingga oleh-oleh khas bandung ini banyak dibuat dari luar daerah bandung namun lebel masih tetap menggunakan "bandung"

Walaupun untuk sekarang ini peyeum bandung seringkali dibuat dari luar daerah bandung, akan tetapi daerah tersebut masih menghargainya sebagai makanan khas bandung dengan memberikannya lebel bandung, itu menandakan bawha pencetus pertama peyeum bandung ini adalah dari kota bandung.

Cara membuat peyeum bandung


Dari kepopuleran peyeum bandung tidak sedikit seseorang yang membuat untuk sekedar menyambut tamu rumah, cara pembuatan peyeum bandung pun tidak terlalu susah, naaah..jika diantara kalian memang ingin membuatnya sendiri dirumah, simak ulasannya seperti dibawah :
  • Pertama-tama sediakan singkong beberapa biji (1 kilo saja)
  • Kupas bersih bagian kulit
  • Rendam dalam air beberapa saat
  • lalu direbus, dan kemudian didinginkan
  • Lumuri singkong secara merata dengan ragi
  • Kemudian simpan dalam tempat kedap udara selama 1 hari-1 malam
  • Gantung dan ikat ditempat ruangan selama dua malam
Naah, setelah mengikuti langkah-langkah seperti diatas kalian bisa langsung mencicipi peyeum bandungnya dirumah sendiri. Kiranya hanya sedikit ulasan mengenai oleh-oleh khas bandung ini, selamat mencobanya.

Nasi jamblang makanan yang unik dan khas cirebon jawa barat

Makanan khas cirebon - kenapa makanan nasi jamblang ini dibilang unik.
Nasi jamblang makanan yang unik dan khas cirebon jawa barat
Sega/ nasi jambalng khas cirebon

Jika seseorang hendak menyantap nasi jamblang, maka makanan tersebut sudah tersedia didepan mata kita cara penyajian yang sedikit mirip seperti dalam meja perasmanan orang hajatan, dana apa sih khasnya..?, karena untuk mendapatkan nasi jamblang ini kita tidak akan mendapatkannya selain yang asli penjual dari cirebon.

Jika mendengar orang-orang cirebon mengatakan, "wes mangan sega jamblang rung.".?, sudah makan nasi jamblang belum..?, jangan pernah mengaku pernah mengunjungi kota cirebon jika belum mencoba makanan nasi jamblang ini, kepopuleran serta kenikmatan dari nasi jamblang ini merupakan sebuah ikon kota cirebon.

Cara penyajian hanya dengan menggunakan alat atau wadah lauk pauk yang sederhana, namun keberadaan nasi jamblang ini bisa dikategorikan sebagai kuliner terkenal dari cirebon, dari beberapa macam lauk pauk yang diletakan dengan bebas diatas meja, sehingga pembeli tidak perlu membutuhkan pelayan untuk sekedar mengambil lauk pauk yang telah tersedia, akan tetapi tetap masuk hitungan kalkulator, atau tidak gratis..tis..tis..hehe.


Sejarah nasi jamblang cirebon
Nasi jamblang atau sega jamblang menurut orang-oran cirebon menyebutnya. Bila kita mau menelusuri awal mula tentang keberadaan sega atau nasi jamblang yang awal mulanya muncul kepermukaan datang dari sebelah ujung kulon kota cirebon yaitu dari seseorang yang menjajakan makanan nasi jamblang ini.

Dari citarasa yang nikmat serta sajiannya menggunakan dari sebuah daun jati hingga menambah aroma wangi dari nasi jamblang itu.

Dengan cara penyajiannya yang dibilang unik, dengan acara prasmanan sehingga seseorang yang menyantap nasi jamblang ini tidak akan merasa bosan, dan mereka bisa memilih lauk pauknya sendiri, dari mulai lauk pauk yang telah tersedian didepan mata, diantaranya lauk pauk yang memancing kita untuk segera mencicipinya, yaitu dengan  tersedianya ; sambal goreng, pedas maupun manis, semur hati yang menggoda perut kita, sayur tahu, dadar telor, semur asam, dan masih banyak yang lainnya.


Lauk pauk untuk campuran nasi jamblang semuanya jenis makanan yang sangat mempunyai citarasa yang khas, serta kenikmatan dan juga kepuasan yang kita dapatkan setelah menyantap nasi jamblang ini, bisa dibedakan dengan menyantap nasi selain dari nasi jamblang khas cirebon ini. Dengan adanya ikon tentang nasi jamblang ini, bisa mengalahkan jenis makanan-makanan yang terkenal lainnya yang terdapat dari kota cirebon.

Sebetulnya nasi jamblang khas cirebon ini hanyalah untuk dimakan oleh para pekerja-pekerja disaat zaman penjajahan belanda beberapa tahun yang silam.

Konon katanya para pekerja itu sedang mengerjakan pembuatan jalan menuju akses menuju anyer hingga ke panarukan dimana akses tersebut harus dilaluinya dari cirebon, karena nasi jamblang sangatlah disukai oleh para pekerja disaat penjajahan hingga akhirnya nasi jamblang bisa tetap bertahan dan menjadi populer sampai saat ini, dan nasi jamblang ini merupakan warisan kuliner yang begitu lekat dan khas dari cirebon.

Nasi jamblang akan lebih terasa nikmat, apabila menyantapnya disaat bulan ramadhan tiba, dan kita berkumpul bersama keluarga tercinta untuk sekedar menunggu bedug maghrib lalu berbuka bersama keluarga dengan menyantap hidangan nasi jamblang, terbayang akan kenikmatannya apabila kita berkumpul ditempat jualan nasi jamblang dengan keluarga.

Demikianlah sedikit informasi mengenai kuliner yang khas dan nikmat dari cirebon jawa barat ini, yaitu nasi jamblang, mudah-mudahan sedikit artikel ini bisa menjadi referensi tujuan kuliner anda, terimakasih.

Dodol oleh-oleh terkenal dari garut

oleh-oleh terkenal dari garut
Oleh-oleh jawa barat
Oleh-oleh terkenal dari garut - nama makanan cemilan ini sudah sangat familiar ditelinga masyarakat indonesia, jika anda menemukan makanan jenis dodol ini, pastinya kalian akan lengsung mengingat kota pasundan dijawa barat yaitu kota garut, dari teksturnya yang agak kenyal ini mampu memberikan citarasa yang sangat nikmat untk dikonsumsi.


Oleh-oleh asal garut inilah yang wajib kita bawa, jangan pernah mengunjungi kota garut jika pulang tidak membawa oleh-oleh khas garut yaitu dodol garut. Walapun nama jenis makanan seperti ini kita temukan digarut tapi masih saja orang-orang menyebutnya dengan sebutan dodol garut, ini membuktikan bahwa dodol garut ini merupakan satu-satunya oleh-oleh yang banyak diminati orang-orang indonesia.

Hampir minoritas dari warga garut mereka mendapatkan penghasilannya dari memproduksi dodol, dari mulai industri besar sampai industri menengah, mereka semua berlomba-loma membangun citarasa yang sempurna. Walaupun sebagian masyarakat garut masih memproduksinya dengan cara manual tapi soal rasa tidak diragukan atau bisa dibilang tidak kalah dari produksi dari industri besar sekalipun.


Kepopuleran dodol garut ini bisa dibuktikan dengan merambahnya dodol-dodol yang kita temui di ibukota, akan tetapi dodol yang kita jumpai diibukota misalnya dijakarta, jenis dodol ini sedikit berbeda dari segi kemasannya. Dodol yang kita jumpai dispuermarket atau toko-toko besar dodol tersebut sudah dengan kemasan bagus serta berlebelkan dodol picnic.

Garut banyak sekali memproduksi beberapa macam jenis dodol, dari mulai pembuatan secara tradisional, maupun citarasa dodol yang bermacam-macam aroma meliputi dodol durian, dodol rasa kacang, dan dodol yang sangat sering diproduksi sendiri yaitu dodol dengan citarasanya yang khas yaitu dodol wijen, heheeh..bukan promosi hanya buat cemilan sendiri.

Sejarah dodol garut.
Dodol oleh-oleh terkenal dari garut
Oleh-oleh dodol garut ialah salah satu Komoditas yang membuat nama kota garut adalah sebagai pencetus atau kota yang berpenghasilan dari memproduksi dodol ini.

Oleh-oleh khas garut ini sudah sejak tahun 1926 yang silam, dimana pencetus pertama adalah seseorang dengan tangan kreatifnya, yaitu ibu karsinah, dialah orang pertama yang membuat makanan dodol ini menjadi terkenal orang-orang indonesia. Sampai turun temurun sepak terjang ibu karsinah ini masih exsis dan berkembang sampai saat ini.

Selain dari garut, banyak sekali kita jumpai oleh-oleh yang khas ini, misalnya dodol betawi, subang, atau daerah-daerah lainnya yang terdapat di indonesia. Mereka semua menciptakan sebuah citarasa yang khas menurut daerahnya masing-masing, namun soal citarasa maupun kepopuleran makanan khas ini dodol garutlah yang paling banyak dicari, hingga nama dodol garut ini mampu dikenal sampai mancanegara sekalipun.

Walaupun hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana dan tanpa menggunakan bahan kimia atau menggunakan pengawet, akan tetapi dodol garut ini sangatlah aman untuk dikonsumsi. Dari cara pembuatannya yang sangat tradisional, namun keberadaan dodolgarut ini bisa merambah sampai keluar daerah bahkan disupermarket sekalipun kita bisa menemukan oleh-oleh khas garut ini.

Hingga saat ini keberadaan dodol garut masih tetap bertahan dan tidak sedikit seseorang yang mencari dodol untuk sekedar oleh-oleh untuk keluarga tercinta dirumah, disisi lain cara mendedikasikannya selalu mengutamakan citarasa yang khas, meliputi ;
  • Oleh-oleh ini sangat lekat dari citarasa yang khas dibanding yang lainnya
  • Dari harganya yang bersaing, dan juga masih bisa dijangkau masyarakat kecil sekalipun
  • Cara mengolah maupun pembuatan sangatlah sdrhana, serta bahan-bahan yang mudah didapat
  • Tanpa bahan pengawet sedikitpun
  • Oleh-oleh khas yang satu ini, bisa bertahan 3 bulan lamanya
Dengan cara seperti inilah, dodol yang merupakan oleh-oleh khas garut ini bisa bertahan hingga saat ini, demikianlah sedikit informasi tentang oleh-oleh khas dari garut ini, sekian dan terimakasih atas kunjungannya.