Mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia

Mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia
Manusia Purba
Sejarah munculnya manusia purba - Manusia pada jaman dahulu tentunya memiliki sil-silah yang sangat menarik untuk diulas, selain itu kita juga bisa mengetahui silsilah awal mulanya manusia dijaman prasejarah. Pembelajaran yang mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia sudah seringkali dilakukan.


Dijaman prasejarah indonesia telah menyambangi lebih dalam mulai periode pleistonik mulai dari empat abad yang silam, yang sebetulnya  masyarakat kutai menciptakan sebuah prasasti dari batu yang pertama kali diindonesia.

Lain halnya yang dari eropa dan juga negara timur tengah. Suatu perbedaan prasejarah antara eropa dan indonesia teramat sangat tabu untuk diulas. Dengan demikian kira-kira yang disebabkannya oleh suatu situasi dari geografis indonesia yang banyak beragam pulau-pulau, hingga menimbulkan terisolasinya daerah-daerah terluar misalnya daerah jawa.



#Perkembangan jaman purba diindonesia
sejarah manusia purba diindonesia

  • Terungkapnya tentang sejarah manusia purba diindonesia ini merupakan adanya sebuah penelusuran melalui kronologi dimasa hidup mereka pada jaman prasejarah sejak dijaman paleolitikum. Pada saat era tersebut, kira-kira masih dinamakan sebagai homoerectus yang ditemui secara bersama dengan sebuah peralatan batu paleolitikum dan alat yang terbuat dari cangkang, yang dimana ditemukan didaerah sangiran dan juga ngandong.
  • Dari sebuah penelitian arkeolog telah menemukan fosil, yang dimana fosil tersebut merupakan sebuah sayatan 18 kali yang dimana sayatan tersebut menggunakan alat pecahan sebuah cangkang kerece/ kerang tepat sayatannya berada di 2 tulang bofid.
  • Yang melakukan sayatan tersebut tidak lain dari manusia purba disaat sedang mengadakan perburuan besar-besaran kira-kira 1,6 juta tahun yang silam dan bukti hasil sayatannya pun masih diabadikan serta dijadikan dokumen pertama dlam penggunaan perkakas disangiran, dari cangkang kerang itulah menjadi salah satu pemakaian perkakas yang pertama didunia menggunakan dari sebuah cangkang krece/ kerang.
  • Seuah penelitian tersebut guna untuk mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia yang dilanjutkan kejaman nelolitikum. Sedangkan dimasa era neolitikum diindonesia tidak banyak diketahui hanya selain dari alat-alat yang terbuat dari batu asah yang dibentuk menjadi sebuah kampak batu, serta cangkul dari sebuah batu yang dilestarikannya oleh manusdia purba yang dinamakan sebagai austronesia.
  • Era pun berlanjut kesalah satu jaman prasejarah yang sangat fenomenal diindonesia yang disebut era megalitikum. Disaat pada waktu jaman dari era megalitikum diindonesia, terdapat banyak sekali sebuah situs struktur, yang dimana teramat membantu demi mengupasnya sejarah manusia purba yang terdapat diindonesia, dan salah satu situs yang diketemukan adanya beberapa tempat yang mirip dengan sebuah bangunan piramida tangga-PUNDEN BERUNDAK dari daerah sunda, jawa, sulawesi dan juga sumatera.
  • Namun tidak lama kemudian era megalitikum berakhir dengan hadirnya pembudidayaan dari dong son, dimana era tersebut memberikan pembelajaran tentang trik cara menggunakan sebuah alat dari perunggu, serta cara menyulam dengan cara ikat.
  • Disaat melakukan sebuah penelitian, telah diperlihatkannya sebuah system kepercayaannya masih menggunakan animisme, atau bisa dikatakan masih melenceng. Dimana pada era tersebut dinataranya masih memerlukan sesembah terhadap arwah ataupun sebuah roh manusia yang meninggal yang disebabkan kepercayaan mereka terhadap yang telah mati, bahwa ia bisa membantu manusia-manusia yang masih hidup, perkembangan manusia purab diindonesia terbilang sangat unik, dari mulai memburu dihutan demi kebutuhan mereka sampai akhirnya beranjak sampai menyulam serta mengolah keramik.


#Manusia prasejarah diindonesia
  • Disaat mengadakan sebuah pembongkaran guna mengungkap tentang manusia purba diindonesia, telah diketemukannya fosil manusia purba dengan sebutan nama java man - HOMO ERECTUS, kira-kira telah diketemukan melalui pulau jawa kisaran tahun 1891-1892. Pada saat pembongkaran yang diketuai langsung oleh salah satu ilmuan yang bernama Eugene Dubois, yang dimana hasil temuannya sebuah fosil tengkorak yang masih tumbuh gigi, sebuah tulang bagian paha dan diketemukan dipinggiran sebuah kali didaerah solo.
  • Fosil tersebut merupakan sebuah bukti nyata bahwa adanya manusia prasejarah/ manusia purba diindonesia. Hal ini sering kali menjadi bahan debat, karena fosil tersebut masih ada beberapa bagian yang kurang lengkap, misalnya fosil dari binatang kera atau manusia yang disebut sebagai anthorpopithecur erectus.
  • Beselang kemudian selain telah diketemukannya fosil manusia purba dari java man, ada seseorang panteologis asal berlin yang bernama g.h.r. von koenigswald telah mendapatkan beberapa fosil manusia purba diindonesia masih dari daerah jawa. pada tahun 1931-1933, bahwa g.h.r. von koenigswald juga telah menemukan fosil yang diberi nama SOLO MAN, tepat dilokasi area kali bengawan solo, fosil tersebut diantaranya dari batok kepala yang diberi nama mojokerto child.
  • Ada sebuah penemuan yang sangat mencengangkan sekawanan ilmuwan, yaitu fosil homo floresiensis yang konon katanya fosil tersebut merupakan dari manusia purba sejenis hobbit, dengan ketinggiannya yang hanya 1,1 meter ini telah diketemukan ditahun 2003 tepatnya disebuah pulau flores. Adapun barang bukti dari fosil manusia hobbit hanya berjumlah sembilan tengkorak parsial dan juga satu tengkorak hobbit yang masih lengkap, sisa fosil ini berlanjut kesebuah riset guna membuktikan fosil tersebut apakah benar dari species yang berlainan dari manusia purba pada umumnya.
  • Bersamaan dengan ditemukannya tengkorak hobbit, ada juga sebuah alat perkakas dari batu yang umurnya mencapai 94000-13.500 tahun yang silam, bahkan dari beberapa ilmuwan sangat mempercayai tentang adanya sebuah manusia hobbit, mungkin masih ada keterkaitannya dari kabar mitos tentang EBU GOGO dari flores.
Demikianlah sedikit artikel yaitu mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia ini, mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita terhadap sejarah yang terdapat diindonesia ini, dan pastinya bermanfaat untuk semua.

Sejarah dari guha surocolo yogyakarta

Sejarah dari guha surocolo yogyakarta
Guha surocolo
Guha surocolo yogyakarta - Sejarah yang terdapat diindonesia ini, tidak bisa kita hitung dengan hitungan jari, rupanya banyak sekali kehidupan dijaman dahulu kala yang banyak meninggalkan sebuah prsasti sampai jaman masuk ke era kemoderenan ini, ternyata semua situs maupun sebuah simbol tentang adanya sejarah, salah satunya dari guha surocolo yang terdapat dibantul yogyakarta.


Keberadaan tentang sejarah guha surocolo ini tepatnya didesa poyahan, kabupaten bantul. Guha surocolo tersebut, jarak dari kota yogyakarta mencapai 20.3 Km jauhnya, guha ini merupakan guha dari sunan mas karena disaat jaman dahulu guha tersebut selalu dipergunakan tempat bersembunyinya sunan amangkurat 3, karena disaat itu sunan amangkurat selalu berselisih faham dengan kolonial belanda, hingga akhirnya ia selalu bersembunyi disebuah tebing pegunungan tidak jauh jaraknya dari desa poyahan, yaitu di guha surocolo.

Guha tersebut merupakan tempat persembunyian sunan amangkurat 3, dimana beliau selalu menyendiri didalam guha dalam waktu yang cukup lama, dari kedalaman guha yang mencapai 6 sampai 7 meter ini, dan ukuran pintu guha yang mencapai 1.5 meter x 1m ini, sunan amangkurat bisa bertahan hidup dengan ketinggian guha yang mencapai 7meter. Selain terdapat guha surocolo ditempat itu, ada beberapa guha lagi yang hingga sampai saat ini nama dari guha tersebut sangat populer yaitu guha kendil, guha kenek dan juga guha tawas.

Sejarah dari guha surocolo
Kondisi serta keutuhan dari guha surocolo memang sudah terbelah, akan tetapi situs-situs sejarah yang terdapat diguha surocolo masih terlihat sangat jelas, diantaranya dari gambar sebuah wayang bhatara gana dan belali yang sedang mengangkat kedua tangannya saat membawa tempat yang berisi air, tidak terlepas keterkaitannya dari guha surocolo ditahun 1976 telah ditemukan sebuah arca berbahan perunggu yang sampai saat ini masih tersimpan apik dipusat kota yogyakarta tepatnya di bp3 pusat.

Sejarah dari guha surocolo tidak terlepas dari kisah seorang sunan mas, atau legih kenalnya dengan sebutan amangkurat 3, hingga sampai saat ini tidak diketahui tanggal kelahirannya, dan beliau meninggal di srilanka pada tahun 1734. Beliau merupakan seorang raja dari kasunanan kartasura yang mempunyai peran penting pada tahun 1703 sampai 1705.

Konon menurut cerita bahwa guha surocolo atau guha sunan mas, banyak sekali tersimpan misteri-misteri ghaib terkait dengan keraton naga raja dan juga tempat upacara pesugihan. Mungkin yang selama ini kita ketahui dari guha surocolo hanya sebagai asal-usulnya nyi ridho seorang ibu yang mepunyai anak teramat sakti yaitu joko umar. 

Namuan disaat hebohnya tentang Trunojo pada tahun 1674, beliaulah seseorang yang meruntuhkan keraton mataram hadiningrat didaerah Plered, kemudian bocah sakti (Joko Umar) menciptakan sebuah guha dengan hanya menggerukannya sebuah batok kelapa. Dari kesaktiannya itulah akhirnya joko umar mendapatkan gelar muliya dijadikannya sebagai tumenggung serta demang diwilayah mataram.

Istana ghaib
Guha surocolo saat ini sedang gencar-gencarnya perencanaan upaya dijadikannya sebuah tempat wisata, keterlibatannya dari beberapa waga masyarakat setempat, guha surocolo yang mempunyai sebuah arca yang sangat antik serta kuno ini, hingga saat ini sumber keberadaan dari arca tersebut belum diketahui.

Sejarah dari guha surocolo yogyakarta

 Ada beberapa sebagian orang berpendapat tentang keberadaan arca di guha surocolo ini, merupakan bentuk dari sebuah nyamuk , ada juga sebagian yang mengatakan keberadaan arca di guha sorocolo ini hanyalah sebuah bongkahan patung gajah.

Sejarah adanya tentang arca yang terdapat di guha sorocolo dari sebagian orang mengatakan bahwa arca tersebut ada keterkaitannya dengan gaib, antara perpaduan arca naga dan penunggu gaib yang terdapat dikawasan guha surocolo. Dari sebuah sumber, dimana merupakan sebuah saksi mata yang telah melakukan pertapaan bahwa guha surocolo merupakan sebuah wujud dari sebuah istana yang sangat megah.

Konon cerita dari seseorang yang melakukan tirakat atau bertapa lengkap dengan sesaji pisang sanggan, maka setelah memakan sesaji tersebut ia akan melihat wujud asli dari guha surocolo merupakan bentuk dari istana yang berhiaskan emas, serta segala benda yang tersentuh oleh seseorang yang melakukan tirakat ditempat itu, maka semuanya akan berubah menjadi sebuah emas.

Demikian sedikit ulasan mengenai sejarah dari guha surocolo yogyakarta, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk semua.

Mengulas sejarah tentang yunani kuno

Mengulas sejarah tentang yunani kuno
Yunani kuno
Jika mengulas tentang sejarah yunani kuno ini, akan banyak sekali bahan perbincangan terkait dengan sejarah pada jaman yunani kuno ini.


Diawal era archhaic tepatnya diabad 8-6 pra masehi yang berlanjut ke pertengahan era bizantium. Sedangkan dijaman era yunani kuno sendiri masih dalam kategori yunani klasik pada masa jaya-jayanya diabad yang ke 4 sampai ke 5, yang konon pada awal terhalangnya dengan masuknya persia yang dipimpin athena.

Disaat abad delapan pra masehi, yunai sedang mengupayakan sebuah kebangkitannya dari kegelapan yang diikuti hancurnya mycenaean, dengan demikian masuarakat yunani tidak merestui yunani kuno yang menjadi tumpah darahnya musnah begitu saja, akhirnya masyarakat yunani mengambil alfabet phoenicia serta merubah menjadi alfabet yunani yang dimana sejarah ini tertulis mulai abad ke 9.

Menurut sumber yang ada bahwa sejarah awal mula periode dari yunani kuno merupakan dari sebuah peperangan dengan sebutan lelantine ditahun 710 sampai 650 pra masehi. Peperangan ini meliputi daerah dari yunani kuno yang bersekutu dengan ereteria tepat di euboea. Perang ini terjadi lantaran memperebutkan masalah tanah di lelantine yang terdapat dipulau euboea tersebut. Kabar berita peperangan ini sudah terdengar oleh masyarakat luas, yang pada akhirnya chalcislah yang menag dalam peperangan tersebut.

Sejarah perkembangan yunani kuno

Seiring dengan kemajuan jaman akhirnya yunani telah masuk dibabak awal yang baru kira-kira tengah-tengah abad ke 6, kemudian mereka akhirnya mengenal sebuah koin ditahun 680 pra masehi. Pengetahuannya tentang koin untuk digunakan sebagai fasilitas dagang membuat semua aristokrat menjadi marah lantaran dengan adanya kon tersebut maka mereka menjadi bentuk pemerintahan bagi sekelompok poleis tersebut.,

Mengulas sejarah tentang yunani kuno

Ada sebagian yang berpendapat dengan adanya pedagang-pedagang yang kaya dan berniat menghancurkan bisnis para aristokrat ditahun 650 pra masehi samap seterusnya, maka aristokrat pun memperjuangkan supaya bisnis mereka tidak hancur yang nantinya diganti para tiran-tiran populis, dan menurut tiran sendiri hal seperti ini ialah sebuah geseran dari yunani, yang berarti bahwa tyranos bukan satu-satunya penguasa yang sah, bahkan kepemimipinannya bisa dibilang baik dan juga jelek.

Seiring bertambah populasi serta kurangnya sebuah tempat untuk bertempat tinggal, maka masuklah sebuah permasalahan yang baru bagi semua masyarakat yang tidak mampu juga yang mampu sekalipun. Contohnya datang dari sparta, terjadinya sebuah peperangan massenia dan akhirnya runtuhlah messenia juga dijadikannya para masyarakat messenia seorang budak-budak diabad yang ke 8.

Kemudian masyarakat yang menjadi budak ini dinamakannya sebagi HELOT, merekapun diharuskan untuk bekerja sebagai petani, yang dimana dari setiap kaum laki-laki dari sparta wajib menjadikan dirinya sebagai tentara. Kesamaan yang menciptakan masyarakat kaya atau miskin kemudian digunakan sarana pemberhentiannya sebuah perang sosial, reformasi yang dipimpin langsung Lycurgus asal sparta, sangat besar harapannya kira-kira reformasi akan segera ditetapkan ditahun 650 pra masehi.

Diakhir abad ke 7, akhirnya athena kembali diguncang krisis, dimana sebuah lahan serta agraria datang kembali membentuk peperangan antar masyarakat sipil. Kemudian hal ini tentu sangat memicu pola fikir dari Archon Draco, untuk segera menciptakan sebuah perbedaan secara fenomenal terhdap dibangunnya sebuah peraturan-peraturan pada tahun 621, asal mula perubahan inilah menjadikan asal bahasa inggris DRACONIAN walau disaat itu sebuah pilihan yang diambil draco tidak bisa untuk memberhentikannya sebuah perang.

Mulai abad ke 6 banyak sekali kota-kota bermunculan yang salah satu menjadi sebuah kota yang utama dari sejarah yunani kuno tersebut, adapun daftar kota yang bermunculan diantaranya dari kota thebes, corinth, athen dan juga sparta. Dari kota tersebut masing-masinnya diputari dengan lokasi Rural salah satu kota kecil yang menjadi kendalinya. Untuk kota athen dan juga corinth menjadi salah satu kota dengan berkekuatan berdagang dan juga persatuan maritimnya yang terkenal tangguh.

Tepat diabad ketujuh sampai delapan, terjadilah sebuah populasi sangat besar yang mengakibatkan emigrasi secara massal dari warga yunani guna menciptakan koloni di magna grecia, yang merupakan kota italia bagian selatan dan juga sisilia, asia minor sampai akhirnya ketempat lebih yang jauh.

Proses emigrasi

Emigrasi yang terjadi salah satunya sebagai pemicu antar kota yunani disisilia, khususnya syracuse melawan carthaginian, konflik yang kemudian memicu roma untuk ikut masuk dalam sebuah aliansi mamertines guna melerai tirani yang sangat kejam oleh syracause hierro 2, dan juga carthaginian sendiri. Hal ini menjadikannya sebuah kekuatan roma untuk melawan orang yunani disisilia dan  juga carthaginian melalui supermasi area sekitar.

Disaat masa peperangan punic, banyak sekali perkembangan masalah ekonomi diyunani, serta dari koloni luar negerinya yang mulai berkembang pesat melalui sektor manufakturnya dan juga segi komersialnya. Disaat era seperti inilah perkembangan besar mulai menemukan titk teranguntuk para masyarakat. Menurut dari sebuah penelitian telah membuat estimasi akan rata-rata dari ukuran rumah di yunani ditahun 300 sampai 800, telah meningkat pesat, dan pertandanya dari menambahnya volume penduduk yang meningkat.

Demikianlah ulasan singkat suguhan saya, postingan yang mengulas sejarah tentang yunani kuno, mudah-mudahan bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan kita tentang sejarah yang ada didunia.