Pengertian tentang maksiat melalui mata

tentang maksiat mata
maksiat melalui mata 
Pengertian maksiat melalui mata  - Segala perbuatan tentang maksiat, tentunya akan diperhitungkan olehNya. Kita sebagai umat mempunyai aturan-aturan yang harus kita patuhi selama didunia, sebab semata-mata semua yang ada didunia merupakan sebuah cobaan semata, termasuk harta benda yang kita miliki, dan saya yakin, sobat semua bisa memanfaatkan apa semua yang kalian miliki, ilmu, uang dan lain sebagainya dipergunakan sebaik mungkin.


Adapun ulasan disini saya awali dengan dosa-dosa yang seringkali kita lakukan, baik disengaja ataupun tidak disengaja, bahwasanya kita sebagai manusia yang jauh dari kesempurnaan, tentunya sering melakukan dosa yang kita anggap remeh, yaitu tentang maksiat mata kita dan juga lisan kita.

Sebagai contoh dengan maksiat mata adalah kaum pria yang melihat wanita ajnaby, yang bukan Mahramnya dan juga bukan Istri tanpa adanya suatu penghalang. Begitu juga dengan kaum perempuan yang melihat priaselain suaminya, tanpa sedikit halangan, memperhatikan aurat, walaupun sama jenis peria dan juga perempuan, maka diharamkan untuk setiap kaum pria yang memperhatikan sesuatu melalui tubuh seorang wanita ajnaby selain dari istrinya sendiri, begitu juga sebaliknya.



Keterangan-keterangan
Adapun melalui keterangan-keterangan yang harus kita pelajari mengenai pengertian maksiat mata, antara lain :
  • Diharamkan memperhatikan Aurat, bahwasanya dengan selalu melihat aurat bisa menyebabkan Fitnah sekaligus membangkitkan Syahwat, maka oleh sebab itu Hukum Syara (berupa peraturan-peraturan yang sudah ditentukan Allah) akan ditutup pintu Syahwat, sebagaimana dengan Firman Allah, yang artinya :
"Katakanlah terhadap kaum pria mukmin, secepatnyalah agar senantiasa bisa memalingkan penglihatan dari seorang perempuan dan jagalah kemaluannya. Dengan demikian akan menjadi lebik baik atau juga lebih Suci dari Mereka, dan ucapkanlah terhadap para perempuan Mukmin, segeralah mereka dapat menahan penglihatan dari seorang pria, atau jagalah kemaluannya dan jangan sampai dari mereka memperlihatkan semua perhiasan itu, terkecuali yang sudah terbiasa terlihat darinya. Lalu cepatlah untuk menutupi dengan Kain Kerudung tepat didadanya dan jangan memperlihatkan perhiasan, terkecuali terhadap Suami, sampai kapanpun” (S an nur. 30-31)
  • Khusus untuk semua para suami boleh memperhatikan semua tubuh sang istri, terkecuali jika dengan melihat Farjinya (kemaluannya), apabila melihat Farji dengan disengaja dari istri sendiri maka Hukumnya Makruh, sebagaimana dari sabda Nabi, yaitu : dengan melihat farji istrinya bisa menyebabkan buta, walaupun dari anaknya sendiri yang akan segera lahir
  • Terkecuali jika dalam proses kesembuhan melalui pengobatan, naah untuk yang mengobatinya boleh Melihat Aurat pasiennya hanya sekedar melalui bagian yang ditanganinya 

Diharamkan untuk semua perempuan yang memperlihatkan sesuatu melalui anggota tubuh didepan seorang pria yang juga haram melihatnya, dan haram juga bagi seorang pria dan juga kamu perempuan memperlihatkan anggota tubuh antara pusat dan juga bagian Lutut didepan seseorang yang dapat memperhatikan auratnya, baik mau sama jenis pria dan juga pria, atau sebaliknya perempuan dan perempuan.

Diharamkan bagi perempuan yang memperlihatkan qubul (kemaluan bagian depan tempat dimana keluarnya air seni), atau juga pada bagian belakang, yaitu melalui duburnya, diperbolehkan asal didalam kamarnya yang dimana suatu kepentingan, misalkan mengobati luka, gerah, mengganti pakaian yang kotor, terkecuali bagi suaminya sendiri.

Boleh-boleh saja sekedar hanya lihat tubuh orang lain, selain dari anggota badannya yang berada diantara pusat atau juga bagian lututnya, dan jika semua itu tanpa adanya dorongan dari rasa nafsu syahwat, baik yang dilihatnya itu merupakan Mahram dan juga antara sama jenis atau juga dari anak yang masih kecil sekalipun yang masih belum sah untuk dicintainya.

Diperbolehkan melihat anggota badan orang lain, jika seseorang yang dilihatnya masih kalangan anak ingusan dan dibawah Tamyiz (lima tahun kebawah), namun masih ada juga yang tidak boleh, yaitu dengan melihat Kemaluannya dan juga farjinya apabila anak-anak tersebut seorang wanita, terkecuali ibu kandungnya sendiri.

Diharamkan bagi seseorang yang memperhatikan orang-orang muslim dengan cara melihatnya yang ketus (sinis), melihat kondisi rumah orang tanpa seizin pemiliknya dan juga barang-barang apapun yang memang rahasia dalam penyimpanannya.

Haram pula memperhatikan yang Mungkar, jika tidak segera untuk mengingkari atau juga sebab Udzur Syara (tidak sanggup untuk melenyapkan) dan juga bisa segera pergi dari tempat itu , tentunya sangat berarti sekali ingkar terhadap memperhatikan kemungkaran itu, segeralah menghindar.
Demikianlah sedikit ulasan dari saya, mudah-mudahan ulasan mengenai pengertian tentang maksiat mata ini bermanfaat untuk semua.

Pengertian Tentang Menjalankan Puasa Dibulan Ramadhan

 Menjalankan Puasa Dibulan Ramadhan
Puasa bulan Ramadhan
Tentang Puasa Dibulan Ramadhan - Saya mungkin masih terlalu pagi untuk membicarakan mengenani hal-hal menjalankan puasa dibulan ramadhan, tak terasa sebentar lagi kita akan menjalani puasa satu bulan penuh, dimana bulan tersebut merupakan bulan penuh ampunan bagi semua umat muslim.

Namun saya sangat yakin, bahwasanya, baik pengertian atau tata cara pada saat menjalankan puasa itu berlaku seumur hidup, maka saya beranikan diri untuk mengulasnya saat ini.

Wajib hukumnya menjalankan puasa dibulan ramadhan untuk semua umat muslim yang merdeka, dewasa, baliq atau berakal. Namun bagi seorang perempuan yang mendapati halangan Haid atau Nifas (Puerperium dimulai saat 1 jam seusai lahirnya Plasenta sampai dengan 6 minggu), maka tidak diwajibkan bahkan tidak sah menjalankan puasa, maka dengan demikian mereka harus mengqadanya nanti sehabis bulan ramadhan.

Adapun tata cara didalam membatalkan puasa yang diperbolehkan pada saat bulan ramadhan yaitu, apabila seseorang yang sedang diperjalanan dengan syarat yaitu perjalanan Qashar (sebuah perjalanan yang dilakukan untuk maksiat kebaikan), dan juga jarak perjalanan yang ditempuh antara 48 Mil atau mencapai 76,9 Km, baik sedang didalam menjalankan puasanya itu tidak lah terasa melelahkan akan tetapi diperbolehkan membatalkannya. Diperbolehkan juga membatalkan untuk seseorang yang sedang sakit, menyusui atau hamil, jika memang terasa sangat berat pada saat menjalankan puasanya, maka kewajiban pada saat membatalkan harus ditunaikannya nanti.

#Mengqadha puasa bulan ramadhan
Apakah wajib hukumnya mengqdha puasa ramadhan yang sudah terlewat, dan kapan semestinya harus melakukannya ?


Tentunya sangat wajib untuk melunasi hutang-hutang membayar puasa yang tidak terlaksana, secepatnyalah untuk melaksanakan qadha puasa ramadhan, dengan begitu akan lebih baik ketimbang harus menundanya, sebab kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi besok terhadap diri kita, ataukah sakit dan mungkin juga mati. Dengan melaksanakan mengqdha utang puasa pada saat ramadhan, tentunya akan lebih afdol bahwasanya kita membuktikan semangat kita terhadap perkara-perkara kebikan, ada suatu hadits aisyah yang artinya :
“Dulu aku mempunyai tanggungan hutang berpuasa dibulan ramadhan, kemudian aku tidak bisa membayarnya terkecuali pada bulan sya’ban” (Hr Al-bukhari)
Tentunya melalui hadits ini, bahwasanya membuktikan, siapa saja yang mempunyai tunggakan hutang berpuasa ramadhan maka secepatnyalah untuk tidak menundanya hingga ramadhan yang ke2, memang harus demikian pengertiannya mengenai hutang puasa dibulan ramadhan. Seseorang yang mempunyai kewajiban Mengkadha Puasa Ramadhan tidak diperbolehkan untuk menunda-nunda hingga bulan ramadhan yang berikut, terkecuali pada saat Udzur (halangan), misalkan kondisi sedang sakit hingga tak memiliki kekuatan, dan juga wanita menyusui dimana tidak sanggup melaksanakan puasa, maka dengan begitu diperbolehkan mengqdhanya hingga bulan ramadhan yang ke2.

Kwajiban untuk setiap seseorang yang puasa, adalah niatnya pada setiap malam sekaligus juga dengan tentukan maksud dari puasanya, misalkan Ramadhan dan juga Nazar, Sunat dihari Arfah dan lain-lain. Bahwasanya niat-niat seperti itu harus dilaksanakannya disetiap hari kita menjalankan puasa, dan diwajibkan pula untuk menahan Nafsu (brsetubuh) dan secara sengaja keluar air maninya, dengan sengaja memuntahkan sesuatu dari mulut, dan bisa menjaga dari kemurtadan. Diwajibkan juga untuk tidak melakukan memasukan suatu benda terhadap bagian tubuh, terkecuali dengan menelan ludah yang betul-betul asli dari ludah sendiri, masih keadaan Suci dan juga dikeluarkan melalui tempatnya, (mulut).

Adapun hari yang tidak diperbolehkan dan tidak sah menjalankan puasa, yaitu jika melaksanakan puasa pada 2 hari raya sekaligus, yaitu Tasyriq (ketetapan Syari’at atau membentuk perundang-undangan peraturan hidupnya manusia ) dan pertengahan diakhir bulan sya’ban (antara bulan rajab dan bulan ramadan).

Dan barang siapa merusak dan membuat batal puasa dibulan ramadhan yang dimana disebabkan karena zima, maka akan dosa besar maka diwajibkan untuk mengqadha secepat mungkin setelah selesainya hari raya idul fitri, lalu membayarkan Kifarat uzhma (sanksi yang wajib dibayar yang disebabkan oleh suatu perbuatan-perbuatan dosa), dengan cara membebaskan Hamba Sahaya (budak) muslim dan berpuasa secara terus-menerus, jika memang sanggup, kemudian memang jika tidak sanggup maka harus memberikan makanan terhadap enam puluh orang-orang kurang mampu.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pengertian tentang menjalankan puasa dibulan ramadhan ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua.

Beramal shaleh tidak menjamin masuk surga – Baca Dulu!!

Beramal shaleh tidak menjamin
Amal shaleh tidak menjamin  – Sobat kangalip yang diRahmati Allah, salah satunya kebaikan yang akan kita bawa nanti, tidak lain hanyalah amal sholeh. Perlu kita ketahui semua, bahwasanya semua apa yang kita miliki merupakan sebuah amanah, baik berupa harta, jabatan, tidak terkecuali juga dengan anak-anak kita.
Saya yakin, sobat-sobat semua adalah seseorang yang selalu beramal shaleh. Amal shaleh yang akan saya maksudkan disini, merupakan amalan-amalan yang mencakup dari semua segi kebaikan yang senantiasa mendapatkan keridhaan-Nya, bukan berarti merupakan suatu jaminan jika seseorang yang rajin dan tekun amal ibadahnya bakal masuk surganya Allah.

#Beramal shaleh bukan jaminan masuk surga
Seseorang yang dapat melangkahkan kakinya ke surga, bukan semata-mata bias ditentukan dari Amal Ibadahnya, namun sebab dari mendapatkan Rahmat dan ridha Allah, rahmat ataupun ridha Allah, hanya bisa didapatkan melalui ketaatan dari semua segala perintahNya sealigus menghindari semua larangan-larangan-Nya. Sehingga Rasululloh sendiri tidak bisa memberikan jaminan terhadap orang untuk menjamin masuk surga.


Sama apa yang sudah di riwayatkan Abu hurairah, melalui sabda Rasululloh, yang artinya :
“tidak ada satupun diantara kalian yang Amalnya bisa memberikan keselamatan dirinya”
Kemudian semua sahabat Rasululloh Tanya :
“apakah kamu juga tidak dapat memberikan keselamatan.?,
kemudian Rasululoh menjawabnya :
“ya..aku juga tidak dapat menyelamatkan, terkecuali jika Allah memberikan kelimpahan ampunanNya atau RahmatNya”.
Bahwasanya Abu hurairah telah meriwayatkan dan menyatakan melalui sabda Rasululloh, “tidak terdapat Amal shaleh seseorang dari kalian semuanya yang dapat menjamin masuk surgaNya”, dari setiap para sahabat-sahabat Rasululloh bertanya, jawabannya tidak pernah berubah, yaitu : “terkecuali apabila Allah senantiasa memberikan kelimpahan Anugerah dan juga Rahmat-Nya".

Jabir telah mengatakan, bahwa aku telah mendengarkan Rasululloh melalui sabda-sabdanya :
"aural salah satu yang kalian miliki tidak dapat menjaminkan untuk masuk ke suarganya Allah, dan juga bukan jaminan terdamparnya keneraka, dan akupun tidak bisa terkecuali hanya dengan Rahmat Allah Swt”
Bahwasanya melalui hadits yang didapatkan seorang Abdurahman bin auf dari seorang aisyah r.a, yang dimana beliau merupakan salah seorang Istri Nabi SAW melalui sebuah ucapannya bahwa Rasululoh pernah bersabda :
“istiqomahlah kalian semua, bertaqarublah dan senantiasa bergembira, bahwa tidak ada Amal dari seseorangpun yang mampu menjamin untuk dapat masuk ke surganya Allah”
Kemudian rasa penasaran datang dari para sahabat-sahabatnya dan berkata, apakah engkau termasuk salah satu yang tidak bisa ya rasul?, iapun langsung menjawabnya : "aku sendiri pun tidak mampu, terkecuali jika Allah selalu memberikan limpahan RahmatNya, oleh sebab itu beramalah kalian semua, bahwa sebetulnya amalan yang dicintai Allah ialah berupa amal shaleh yang Langgeng walaupun hanya sedikit. 
Baca juga : Astaghfirullah hal adzim-ucapan yang sering terlupakan manusia
Dengan begitu, kalian atau seseorang tidak bisa berharap untuk Mengandalkan Amal Ibadah salah satu penjamin kalian dan seseorang nantinya akan masuk surga-Nya, sebab hanya melalui Rahmat dan juga Ridha Allah yang dapat menjamin kalian semuanya bisa masuk ke surganya Allah.

Maka dari itulah, disetiap kita semua melakukan Amal Ibadah harus disertai rasa ikhlas dan semata hanya mengharapan ridha-Nya, bukan yang lainnya, dan apabila yang kita cari hanya berupa surga, maka suatu saat nanti kita bisa terjebak dengan perbuatan-perbuatan Riya atau selalu Takabur. Perlu juga kita ketahui, seseorang taat beramal shaleh tidak menjamin akan masuk surge, lebih-lebih yang tidak pernah melakukannya, dijamin sebagai salah satu penghuni nerakanya Allah

Kiranya hanya sedikit ulasanmengenai beramal shaleh tidak menjamin masuk surga, mudah-mudahan sobat dan kita semua bisa terhindar dari perbuatan riya, sedikit artikel tentang beramal shaleh tidak menjamin masuk surga ini saya berharap dapat bermanfaat untuk semua, terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian Antara Syirik Dan Zuhud

Antara Syirik Dan Zuhud
Antara Syirik Dan Zuhud - Pengertian antara syirik dan zuhud - Syirik yang seringkali kita dengar, mungkin bentuk dari seseorang yang tidak mampu memiliki sesuatu dan akhirnya timbul rasa cemburu karena sebab dia tidak mampu mendapatkan maka timbulah rasa kesal dalam diri manusia, atau dengan kata lain ialah Cemburu Sosial.
Syirik terbagi menjadi dua bagian, adapun syirik secara lahir, dan juga syirik batin, jika seseorang memiliki sifat syirik secara lahir, maka orang tersebut cenderung mamuja terhadap patung-patung dan juga berhala. Sedangkan sifat syirik secara batin, dia akan selalu bergantung terhadap Makhluk yang selalu memerhatikannya, entah melalui Kemudharatan, dan juga Kemakrifatan.

#Pengertian Zuhud

Semua manusia tentunya sudah ditakdirkan mempunyai Dunia, akan tetapi ada sebagian manusia yang tidak bisa merawatnya dan juga tdak menyayanginya, bahwasanya manusia mempunyai Dunia, namun Dunia tidak tidak memiliki dia. Ada juga Dunia sangat mencitainya, namun manusia tidak tidak cinta Dunia, Dunia berlari dari belakang, tapi dia tidak mengejarnya, ingin memanfaatkan Dunia namun dia tidak mampu, adapun seseorang yang berhasil menjauhkan dirinya dari Dunia, namun Dunia senantiasa mendekatinya.

Seseorang yang zuhud sudah betul-betul mendapatkan hidayah kebaikan yang sudah menyatu dengan jiwanya dari Allah azza wajalla, sehingga Dunia pun tidak bisa menghancurkan. Hanya orang yang Zuhudlah yang mampu mengatasi Dunia, begitu juga sebaliknya duniapun tak bisa mengatur seseorang yang Zuhud.


Sebagaimana Rasululluloh melalui sabda-sabdanya : “sebaik-baiknya harta dunia yang berguna ialah harta dunia yang dimiliki orang-orang yang shaleh. Tidak aka pernah ada kebaikan didunia ini terkecuali dari mulut seseorang yang senantiasa berucap “Begini dan Begitu”. Bahwa beliau sudah mengisyaratkan, jika seseorang memisahkan dirinya dengan Dunia dari tangannya dari berbagaimacam kebaikan. Segerakanlah kalian mengabaikan Dunia ditanganmu itu selalu dalam kebaikan yang disukai oleh hamba-hambaNya.

Maka buanglah semua dunia dihatimu, sampai dunia tidka akan mengancamu, dan janganlah knikmatan duniawi serta gemerlapnya perhiasan akan selalu menipu, sebab dalam waktu yang tidak lama lagi kalian pasti pergi sedangkan Dunia akan pergi menjauh pada saat engkau pergi nanti.

Maka dari itulah jauhkan juga sifat-sifat kesombongan, bahwasanya kesombongan itu akan menghancurkan jalan kita kelak, begitu juga jagalah selalu sifat zuhudmu, seseorang yang kaya akan tetapi tidak memiliki sifat zuhud bagaikan pohon yang hidup ribuan tahun namun tidak pernah berbuah.

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian antara syirik dan zuhud ini, mudah-mudahan sobat semua tidak memiliki sifat syirik, dan mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk semua.

Pemahaman Tentang Rijqi dan Tuntutan Nafsu

Tentang Rijqi dan Tuntutan Nafsu
Pemahaman tentang rijqi - seringkali diartikan banyak manusia merupakan hal yang lumrah dan wajar. Perlu kita ketahui semua, bahwasanya rijqi yang selalu kita dapatkan itu tidak semuanya mendapatkan ridha Allah jika tidak dibarengi dengan rasa syukur.


Telah dikatakan oleh Imam Al-ghazali: “jika hanya untuk mengurusi masalah rijqi, sebetulnya kalian hanya cukup untuk tawakal dengan sungguh-sungguh, yaitu selalu berpasrah diri terhadap Tuhan yang maha Esa didalam mangatasi sumber-sumber rijqi sekaligus yang menjadi kebutuhan hidupmu, didalam kondisi seperti apapun.”

Setiap manusia yang berakal tentunya diwajibkan mencari rijqi, namun ada konteks yang seharusnya difahami oleh setiap muslim, bahwasanya disetiap mencari rijqi seharusnya yang diridhai Allah untuk mencapai keberkahan, sebab semata-mata rijqi melimpah ruah, namun tidak akan menjadi berkah jika Allah tidak meridhainya.

#Tentang tawakal
Imam Al-ghajali pun telah menerangkan, ada 2 macam kenapa sebagai manusia kita wajib tawakal terhadap Allah Swt, dan berikut dibawah ini 2 keterangan yang sahih melali Imam Al-ghajali :
Supaya kalian dapat konsentrasi didalam melaksanakan ibadah sekaligus berbuat baik, sebab seseorang yang tidak pernah tawakal (selalu berserah diri), sudah barang tentu Lahir atau batin akan menjadi lebih disibukan terhadap rijqi dan juga kebutuhan dunia yang lain ketimbang harus menjalankan ibadahnya karena Allah.
Setiap harinya, semua anggota badannya hany untuk bekerja guna mendapatkan nafkah, akan tetapi hati senantiasa diliputi dengan rasa cemas sebab yang tersirat dalam fikirannya hanya memikirkan tentang rijqi.
Bahwa sejatinya melakukan ibadah, dibutuhkan suatu konsentrasi penuh dari hati atau badan, maka untuk sementara rasa kekonsentrasiannya bisa didapatkan apabila seseorang yang tulus berserah diri terhadap-Nya.
Jika ketawakalan seseorang sampai hilang, tentunya sangat membahayakan keimanannya, dan bukannya Allah sudah mensertakannya rijqi terhadap semua makhluk-makhlukNya..? dan jagalah selalu ketawakalan terhadap-Nya yang dimana Ia Sang maha hidup kekal dan tidak akan pernah mati”. (Qs Al-furqan. 85) 
“Hanya kepada-Nya lah engkau selalu bertawakal, dan apabila engkau seseorang yang memiliki iman”, (Qs Al-maidah. 23), dan siapa saja yang tidak bisa mengartikan ayat seperti ini, bahwasanya ia seseorang yang selalu kurang dengan janji-janji Allah, maka sebagai jaminannya Allah akan selalu memberikan rasa cemas berkepanjangan, tidak akan pernah merasa kenyang dari pembagian rijqi-Nya”.
“Kemudian, Allah selalu memberikan rasa lupa ingatannya untuk selalu beribadah, akan melupakan tentang hukumanNya, dan tentunya sobat semua bisa melihat sendiri, bagaimana nantinya orang-orang seperti ini, cobaan apakah yang akan menimpanya oleh sebab melupakan perkara-perkara yang diperintahkan-Nya.”
Perkataan dari Rasululloh yang ia ucapkan terhadap Abdullah bin umar r.a “bayangkan bagaimana jadinya apabila engkau menetap bersama-sama dengan kaum yang sangat gemar menyimpan seluruh hartanya dalam kurun waktu 1 tahun, sebab rasa kurang percayanya atau tidak selalu menggantungkan dirinya terhadap Allah.?”
Baca juga : Pemahaman tentang pembagian rezeki dan rahasia tawakal
Kemudian hasan al-bashri mengatakan : “ bahwa Allah akan melaknat terhadap para kaum-Nya yang kurang mempercayai janji-janji Allah didalam masalah rijqi”.

Telah diriwayatkan yaitu akan ada seseorang sebagai tukang menggali kubur yang sudah taubat oleh sebab abu yaziid al-busthami, kemudian abu yaziid bertanya tentang keadaannya yang kemudian tukang gali kuburpun menjawabnya :
“aku sudah melakukan penggalian 1000 Liang Lahat, dan akupun tak pernah dilihatkan bahwasanya wajah-wajah yang mati dihadapkan kearah kiblat, terkecuali hanya ada 2 seorang laki-laki”.
Lalu abu yaziid berkata dengan penuh perasaan :
 “betul-betul sangat kasihan, bahwa wajah diantara mereka bisa dipalingkannya kearah Kiblat, oleh sebab ragu terhadap rijqi yang diberikan oleh-Nya”
Kiranya hanya sedikit ulasan mengenai yang saya sampaikan disini, yaitu tentang pemahaman tentang rijqi dan tuntutan nafsu ini, mudah-mudahan sobat semua tergolong umat yang selalu diberkahi, dan sedikit ulasan ini semoga bermanfaat untuk semua.

Pemahaman tentang pembagian rezeki dan rahasia tawakal

Pemahaman tentang pembagian rezeki  – Bahwa sudah saya sampaikan juga ulasan tentang pembagian rijqi dan tuntutan nafsu. Artikel yang akan saya ulas disini ada hampir kemiripan dengan ulasan mengenai rijqi dan juga tuntutan nafsu.


Bahwa ulasan yang akan saya postingkan ini, masih berhubungan mengenai rijqi dan juga tentang rahasia tawakal, tawakal terhadap perlikau, keyakinan, dan juga tawakal tunduk terhadap semua yang sudah ditentukan Allah. Dan menurut penuturan imam al-ghazali, bahwasanya sifat bertawakal harus dipergunakan melalui 3 posisi, yaitu diantaranya :

Tempatkan 3 posisi tawakal


Pertama : bertawakal terhadap semua perintah Allah, apa yang dimaksudkan dengan perintah yaitu, bahwasanya kita wajib mempunyai suatu keyakinan yang sungguh-sungguh serta selalu mendyukuri dengan semua kputusan seperti apapun juga yang datang dari Allah Swt.

Bahwasanya hukum Allah tidak akan pernah bisa dirubah sedikitpun, sebagaimana yang sudah dituliskan didalam Al-quran atau juga hadits.

Kedua : tawakal terhadap semua pertolongan-pertolongan dari Allah. Kita semua seharusnya memang harus mensandarkan atau lebih percaya terhadap semua prtolongan-Nya. Maka jika kita selalu bersandar terhadap semua pertolongan-Nya, baik itu melalui Dakwah atau juga berjuang demi Agama Allah, Insya Allah Dia akan senantiasa memberikan pertolongan-Nya.



Ketiga : bertawakal yang ada hubungannya mengenai masalah rijqi yang diberi dari Allah, bahwa sejatinya kita wajib membangun keyakinan, oleh sebab Allah Swt senantiasa mencukupkan Nafkah sekaligus kebutuhan manusia setiap hari.

Ada sebuah sabda Rasululloh yang berbunyi :
“apabila kalian tawakal terhadap Allah secara sungguh-sungguh, Niscaya Ia akan senantiasa memberikan rijqi, seperti Ia memberikan rijqinya terhadap burung.
Pada saat burung pergi dari sarangnya sewaktu pagi, tentunya burung masih dalam kondisi perut yang lapar, namun setelah kepulangannya diwaktu sore, keadaan perut sudah terasa kenyang dan banyak terdapat makanan”. (Hr imam ahmad, At- tirmidzi, An-nasa-i, Ibnu majah, Ibnu hibban dan Al-hakim)
Imam Al-Ghazali telah mengatakan :
“bahwa rijqi terdapat 4 macam bentuknya, yaitu : rijqi yang dipunyai, rijqi untuk diberikan, sebuah rijqi yang dijamin, dan juga rijqi yang telah di janjikan dari Allah Swt.”
Sebuah rijqi yang di jamin langsung terhadap suatu makanan, atau juga dari semua apa yang sudah menjadi tuntutan tubuh atau juga jiwa. Jenis-jenis rijqi ini tidak ada hubungannya dari sumber yang lain yang ada didunia, bahwasanya jaminan mengenai rijqi seperti ini akan diberikan langsung melalui Allah Swt, dan tawakal lah selalu terhadap rijqi seperti inilah yang diwajibkan, sebagaimana yang sudah diterangkan melalui dalil-dalil Aqli atau juga Syar-i

Karena Allah Ta’ala sudah membebani manusia untuk selalu tunduk terhadap-Nya sekaligus taat terhadap-Nya dengan segala kemampuan dari dalam tubuh kita, Dia pastinya sudah menjaminkan apa yang selalu dibutuhkan guna dijadikannya sumber kekuatan terhadap tubuh manusia, supaya kita bisa melakukan apa yang sudah menjadi keputusan-Nya.

Suatu rijqi yang sudah dibagikan Allah, merupakan sesuatu yang telah dibagi-bagikan Allah sebagaimana yang telah tertuliskan di Lauwhun Mahfuzh (semua yang telah ditakdirkan Allah) secara keseluruhan. Ditiap-tiap rijqi yang diberikan, sudah pas dengan apa yang sudah ditentukan-Nya begitu juga waktunya yang sudah ditetapkan-Nya, tak kurang tak lebih, tidak maju ataupun dimundurkan, semuanya sudah sesuai dengan apa yang sudah dituliskan.

Nabi Muhammad Saw telah bersabda :
“Bahwasanya rijqi sudah dibagikan semua, tiada takwa dari semua orang yang mampu menambahkan, tiada juga kejahatan seseorang yang berbuat kejahatan bisa mengurangi.”
Apabila suatu rijqi yang memang dipunyai itu merupakan sebuah harta dunia kepunyaan seseorang yang dimana sudah sesuai dengan apa yang telah ditakdirkan-Nya semata-mata hanya miliknya orang itu, dengan begitu rijqi tersebut yang datangnya dari Allah semata.

Melalui firman-firman Allah : “pergunakanlah rijqimua dijalan Allah dari beberapa bagian rijqi yang sudah kami serahkan terhadapmu”. (Qs Al-baqarah.254)
Walaupun ada rijqi yang memang sudah dijanjikan merupakan apa yang sudah dijanjikan-Nya terhadap semua hamba-Nya yang tawakal dan juga Syarat Ketakwaan. Salah satu rijqi yang diridhai Allah, adalah sesuatu yang didapatkannya dengan kerja keras, bahwa Allah telah berfirman :
“siapa saja yang selalu ketakwaannya hanya untuk Allah semata, maka niscaya Allah akan senantiasa melipatgandakan bagian rijqinya, rijqi akan selalu datang dengan tanpa diduga-duga.” (Qs Ath-thalaq. 2 sampai 3)
Kiranya hanya sedikit ulasan mengenai pengertian tentang pembagian rezeki dan rahasia tawakal ini, maka diwajibkan bagi kita semua memelihara ketawakalan mengenai rijqi yang telah dijaminkan oleh-Nya, mudah-mudahan sedikit artikel ini bermanfaat untuk semua.

Yuk.. Kita Cari Perbedaan Antara Madu dan Racun Dosa

Perbedaan madu dan racun dosa sudah tentu seringkali dilakukan oleh setiap manusia yang hidup dibumi Allah ini. Sebab bahwasanya suatu dosa kebanyakan masih disukai oleh semua umat sehingga belum merasakan bagaimana paitnya dosa.

Perbedaan Antara Madu dan Racun Dosa
Setiap manusia pernah melakukan kekhilafannya sampai racun dosa pun seringkali membelenggu dihati, manusia memang diciptakan sebagai makhluk paling sempurna dibanding yang lainnya, namun jika racun sudah dijadikannya sebagai teman, maka pahitnya racun bisa melebihi rasa pahit dari binatang sekalipun.

Kesempurnaan hanya milik Allah, akan tetapi jika manusia ingin mempelajari kesempurnaan hidup maka tidak ada salahnya kita semua untuk memahami perbedaan antara madu dan racun dosa. Untuk saat ini saya akan sedikit mengulas mengenai perbedaan antara madu dan racun yang ada didalam dikehidupan dibumi ini.

#Perbedaan Antara Madu dan Racun Dosa

Jika menurut penuturan Imam Al-ghajali didalam sebuah cerita Israiliyat ( sebuah riwayat yang dinisbahkan terhadap kaum yahudi), bahwa Allah telah berfirman :
"demi kemuliaan atau kebesaranKu, apabila semua para penghuni langit dan juga bumi meminta Syafaat untuknya, maka Aku tidak akan pernah mengabulokan taubatnya, sebab indahnya berbuat Dosa yang dilakukan masih meninggalkan bekas didalam hatinya"
Kemungkinan rasa naluriah dihatimu akan berkata, bahwa berbuat dosa itu kebanyakan masih disukai, lalu bagaimanakah dia bisa merasa pahitnya. Imam Al-ghajali memberikan persepsinya yang begitu bagus : 
"ada seseorang yang meminum madu yang dimana madu tersebut ada mengandung racun, namun untuk saat itu ia tidak merasakan sesuatu apapun, bahkan ia merasakan sangat nikmat. Lalu dikemudian hari, dengan tidak diduga-duga ia sakit cukup lama lantaran dari akibat dampak racun itu, sehingga menyebabkan kerontokan pada rambut dan semua anggota tubuh menjadi lumpuh".
Jika dalam kondisi yang demikian, kemungkinan apabila ia disuguhkan dengan jenis madu lagi, bahwasanya ia pasti akan menolaknya, walaupun sudah berkali-kali dijelaskan bahwa madu yang ini sudah tidak ada racunnya sama sekali.

Kemudian ia pasti akan memberikan alasan, bahwasanya itu sama-sama madu dan pastinya akan ada racunnya sama seperti madu yang aku minum. Jadi begitulah apabila diibaratkan dari seseorang yang sudah taubat dari dosanya. 
Ia sudah merasakan bagaimana rasa pahit dari dosa tersebut, lebih-lebih apabila ia sudah menyadari dari setiap melakukan dosa yang rasanya seperti madu, akan tetapi dampaknya ialah sebuah racun yang sangat mematikan. Dengan bertaubat, belumlah bisa dikategorikan sebagai rasa taubat dengan tulus apabila tidak adanya landasan keyakinan seperti diatas.

Seseorang yang meiliki rasa keyakinan seperti ini tentunya sangat langka dan jarang ditemui, maka tidak heran masih banyak manusia yang sudah melewati jalan yang salah, namun masih saja dilewatinya. Hal seperti inilah yang menyebabkan manusia selalu berpaling jauh dari Allah SWT.

Bahwasanya selalu menganggap remeh dosa, sekaligus kerasnya kepala sehingga secara terus-terusan dilakukannya. Apa yang saya ulas disini bukan madu atau racun dengan bentuk makanan dan minuman, saya yakin sobat semua dapat mengatikannya sendiri, apa sebetulnya perbedaan antara madu dan racun dosa.

Baiklah sobat semua, kiranya hanya sedikit ulasan yang sampaikan disini mengenai perbedaan antara madu dan racun dosa, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua.

Telaga di Dunia lebih kecil Dibandingkan Telaga kautsar di Surga

Telaga kautsar di Surga
Telaga di dunia lebih kecil dibandingkan telaga kautsar di surga - Pernahkah anda semua membayangkan bagaimana keindahan telaga yang ada disurga, dan pernahkah anda berfikir bagaimana rasanya jika anda sampai bisa meraihnya dan bisa singgah di telaga itu?.



Manusia hanya bisa membayangkan saja. Bahwasanya di surga juga terdapat sebuah telaga yang sangat indah tiada duanya. Bila telaga yang terdapat didunia merupakan sebuah telaga atau danau tak lebih seperti kubangan air yang luas dan lebarnya melebihi luasnya sebuah danau saja, namun luasnya dari telaga kautsar yang terdapat disurga tiada satu orangpun yang dapat mengira-ngira melalui hitungan secara nyata.

Sungguh luar biasa jika semua umat bisa sampi meminum air telaga kautsar ini, Subahanalloh..pasalnya telaga kautsar ini merupakan sebuah Fasilitas yang terdapat di Surga dan hanya untuk persinggahan Nabi Muhammad Saw yang telah diberikan oleh Allah langsung.

Nabi kita Muhammad selalu memanfaatkan telaga kutsar ini, yaitu dengan mengambil airnya guna minum dan diberikan terhadap umatnya, telaga kautsar ini sangat diistimewakan sekali, dan mempunyai mukzizat tersendiri, maka apabila setiap umat Nabi Muhammad Saw minum dari air telaga itu, dia tidak akan merasa haus selama-lamanya.

Indahnya telaga kautsar di surga.


Luas dan juga jernihnya air telaga kautsar ini tidak ada bandingannya, dari semua bentuk yang dipunyai para Nabi yang lain, terlebih lagi jika disetarakan dengan telaga-telaga yang terdapat di dunia, bahwasanya Anas R.a. telah meriwayatkan dari sabda Rasululloh, yaitu : 
"Telaga kautsar merupakan sebuah sungai yang langsung diberikan Allah di surga, serta debu-debunya yang terbuat dari misik, dan air telaganya lebih putih dari air susu, dan rasanya melebihi manisnya madu". Subahanalloh..
Luasnya dari telaga kautsar ini tak satupun yang mampu menandingi, pasalnya luas dari telaga kautsar ini lebih dari jumlah ratusan kilometer luas maupun lebarnya dan terbuat dari intan permata, perak, emas. Maka sebagai salah satu bukti kewahnya dan juga keagungan-Nya, sehingga air yang jernih itu mampu menambah rasa nikmat tersendiri bagi siapa saja seseorang yang meminumnya.

Makan dalam hal ini, Rasululloh Saw telah bersabda :
"jaraknya antara kanan dan kiri telaga miliku itu, sama halnya jarak antara shan-a dan madinah, dan setara dengan jarak antara madinah dan am-man"
Seseorang yang bisa singgah ditelaga kautsar, dan seseorang yang tertipu.
Adapun untuk seseorang yang berharap sesuatu yang kemungkinan bisa tercapai, yaitu harapan dari seorang petani, meliputi :

  • setelah mereka menebarkan biji padinya
  • kemudian membersihkan tanah-tanahnya dari rumput liar
  • senantiasa menjaganya dari hama
  • serta menyirami supaya tanamannya menjadi tumbuh subur.
Lalu kemudian, ia senantiasa duduk dibawah lindungan serta mengharapkan karunia-Nya semata, agar semua tanamannya bisa membuahkan hasil panen yang melimpah pada waktunya tiba. Ini merupakan gambaran orang yang berharap dapat singgah di telaga kautsar, yaitu seorang yang tekun beribadah, brtaqarrub terhadap Allah Swt, tidak pernah melanggar apa yang menjadi larangan-Nya.

Sedangkan seorang yang tertipu, merupakan orang yang selalu berharap, namun tidak pernah tercapai, sama halnya dengan seseorang yang tidak pernah mau hidup bertani, atau meliputi 
  • tidak mau bercocok tanam
  • tidak pernah mau membersihkan tanah garapannya dari serangan rumput liar
  • tidak mau menyirami tanamannya
  • tidak pernah menjaga tanamannya dari serangan hama
bahwasanya seseorang semacam ini, hanya mengharapkan karunia-Nya serta bisa memetik buah dan juga memanen tanamannya, ia tidak akan pernah bisa menyadari, bahwa ialah seseorang yang tertipu, berharap sesuatu namun tidak pernah tercapai. 

Seringkali manusia tidak menyadari, bahwa semua makhluk hidup didunia adalh ciptaan-Nya, termasuk tanaman, maka jangan pernah anggap remeh tanaman yang tumbuh disekitar kita, lebih-lebih menjaga tanaman padi.

Demikianlah, hayalan dari orang yang menginginkan bisa meminum air telaga kautsar, namun tidak pernah mau berusaha melalui jalan Ibadah serta menjauhkan dari segala bentuk maksiat. Pasalnya ia sudah termakan bujur rayuan oleh angan-angannya sendiri yang mustahil akan terjadi. harapan-harapan hampa seperti ini tidak sedikit dilakukannya oleh banyak manusia, tertipunya seseorang yang dungu. Semoga Allah Swt senantiasa memberi perlindungan terhadap kita semua dari bujuk dan rayu setan serta kelalaian kita.

Kiranya hanya sedikit ulasan yang saya sampaikan, mudah-mudahan ulasan mengenai telaga kautsar di surga ini bisa bermanfaat untuk semua.

Berapa Rakaatkah Melaksanakan Shalat Jumat

Rakaat melaksanakan shalat jumat - Diwajibkan bagi laki-laki muslim menjalankan shalat berjamaah dihari jumat, ada banyak sekali keutamaan-keutamaan yang didapatkan melalui shalat jumat.
Berapa Rakaatkah Shalat Jumat

Bukan saya merasa paling tau tentang agama, namun masih ada saja orang yang belum mengetahui berapa rakaatkah didalam melaksanakan shalat jumat, memang bagi seseorang yang belum mengetahui, pastinya akan menjawab 2 rakaat. Itu wajar-wajar saja oleh sebab ketidak tahuannya, atau mungkin juga bagi kalangan anak-anak, yang ia ketahui berapa jumlah rakaat shalat jumat pastinya hanya 2 rakaat saja.

Keutamaan-keutamaan melaksanakan shalat jumat
  • Inti dari melaksanakan shalat jumat, bukanlah semata-mata yang akan saya ulas disini, yaitu mengenai jumlah rakaatnya, akan tetapi niat untuk beribadah terhadap Allah SWT. Bahwasanya Allah sudah memberikan banyak karunia yang begitu besar terhadap kita semua dengan melaksanakannya shalat jumat. Diantara keutamaan shalat jumat ini, yaitu mampu menghapus segala dosa-dosa atau kekhilafan, sekaligus mengangkat drajat seseorang mukmin.
  • Siapa saja yang mandi dihari jumat, sebegaimana melakukan mandi janabah, kemudian pergi menuju masjid, maka kautamaan yang didapatkannya, pasalnya dia telah berqurban satu ekor unta. Dan barang siapa diniatkan datang pada kesempatan (saatnya), maka dialah orang yang mendapatkan keutamaan melakukan qurban 1 ekor sapi. begitu juga seterusnya dari mulai keutamaan ke 4, bahwasanya dia sudah berqurbah 1 ekor ayam dan seterusnya. Lebih-lebih lagi pada saat Imam keluar dan membawakan khutbah, maka malaikat akan datang dan ikut serta mendengarkan lantunan Dzikir khutbah tersebut. (Hr bukhari No. 881 dan Muslim . 850)

Berapa Rakaatkah Shalat JumatAdapun keutamaan yang lain, yaitu dari melangkahkan kaki menuju masjid akan mendapatkan suatu pahala berlimpah seperti mendapat ganjaran berpuasa dan juga shalat selama satu tahun. Dari Aus bin Aus, bahwa ia telah mengatakan Rasulullah Saw telah  bersabda : 
"Dan barangsiapa mandi dihari jumat dan sekaligus membersihkan bagian kepala serta anggota tubuh yang lain, dan kemudian ia menuju masjid dan pergi mendengarkan khutbah yang pertama, lalu mendekati Imam, mendengarkan khutbah dengan sungguh-sungguh. Maka disetiap langkah kaki sudah masuk hitungan Allah sama halnya sudah melaksanakan puasa ataupun shalat selama satu tahun"
Berapa Rakaatkah Shalat Jumat

Didalam mengikuti shalat jumat tentunya semua orang harus mendengarkan apa yang sedang dibicarakan khotib, dan begitu juga sebaliknya seorang khotib harus bisa memenuhi persyaratan dan memahami rukun khutbah pada saat shalat jumat, apabila persyaratan tidak bisa terpenuhi maka batal ataupun tidak sahnya melaksanakan shalat jumat.

Pada saat-saat seorang khotib sudah berada diatas mimbar dan mulai berkhotbah dengan benar, maka kita wajib mendengarkan khotbahnya, sebab salah satunya menjalankan ibadah shalat jumat itu, pasalnya jika kita senantiasa mendengarkan khotbah dengan sungguh-sungguh dan berdiam diri.


Setiap mukmin yang baik tentunya menginginkan kesempurnaannya didalam menjalankan ibadahnya, termasuk melaksanakan shalat jumat, kenapa?, sebab pada intinya melaksanakan shalat jumat sebetulnya ada 4 rakaat, maka apabila kita tidak bersungguh-sungguh mendengarkan khotib khotbah, kesempurnaan shalat jumat pun tidak akan ada artinya, oleh sebab dari 4 rakaatnya shalat jumat tersebut, maka 2 rakaatnya lagi pada saat kita mendengarkan khotbah dengan sungguh-sungguh dan berdiam diri.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan, kekurangan dan juga kelebihan didalam penulisan artikel ini, saya mohon maaf, mudah-mudahan sedikit ulasan mengenai berapa rakaatkah shalat jumat ini bisa bermanfaat untuk semua.

Astaghfirullah hal adzim-ucapan yang sering terlupakan manusia

Ucapan yang sering dilupakan - Kalimat seperti inilah yang seringkali terlupakan kebanyakan manusia, sesungguhnya jika manusia mau mengkaji, apa sesungguhnya kaidah dan makna dari kalimat  Astaghfirullah hal adzim ini?
ucapan yang sering terlupakan manusia
Istghfar

Tentunya banyak sekali arti dan makna dari sebuah kalimat yang sering kita anggap remeh ini, namun bukan berarti hanya dengan menyebutnya saja, tapi juga harus ditunjang dengan melaksanakan ibadah Shalat. Tidak sedikit juga seseorang yang selalu menyebutkan kalimat seperti apa yang saya bahas, akan tetapi jika hanya dalam keadaan terkejut saja, dan mudah-mudahan sobat semua tidak tergolong manusia yang seperti itu.

Keistimewaan yang paling utama dalam menyebutkan kalimat Astaghfirullah hal adzim ini, yaitu memohon segala ampunan dosa, sebab tidak menutup kemungkinan bahwasanya manusialah yang paling banyak disinggahi syton, sehingga tidak sedikit manusia yang terjerumus akibat laknatnya sayton.

Keistimewaan yang lain dari ber istighfar

  • Sebagaimana yang telah diriwayatkan Hr. Bukhori. Bahwasanya Nabi Saw telah bersabda : " istighfar yang paling utama adalah pada saat kalian membacakan" : Allahumma anta robbi, laa haillaa anta.., dengan istighfar menandakan seseorang memohon ampunan atas dosa-dosanya yang pernah dilakukan, secara sengaja atau pun tidak, kita ketahui ataupun tidak.
  • Bahwa Allah pun telah memerintahkan kepada semua manusia untuk selalu mengucapkan Istighfar oleh sebab dari akibat perbuatan dosa. Menyebut kalimat istighfar cukup hanya dengan mengeluarkan lafadz "Astaghfirullah hal adzim, yang berarti "aku memohon ampunan terhadap Allah Swt".
  • Akan tetapi harus sesuai dengan hadits Nabi Saw, kalimat Istighfar yang paling utama ialah Syaidul istighfar, serta keistimewaan istighfar selain dari sebuah doa memohon ampunan dosa sebagaimana yang sudah diriwayatkan Hr Bukhori yaitu : " jika istighfar seperti ini (syaidul istighfar), bahwasanya ia salah satu dari penghuni surga-Nya, dan jika ia membacanya pada saat pagi kemudian ia meninggal pada saat itu, begitu juga ".
  • Seseorang yang senantiasa menyebut istighfar penuh dengan tawadhu, maka surgalah sebagai jaminannya kelak, sebab istighfar tanpa didorong dengan rasa tawadhu, semuanya akan sia-sia belaka, selain dari keutamaan memohon ampunan dosa, adapun keutamaan-keutamaan serta manfaat lainnya dari ber istighfar, diantaranya :
- Keutamaan dan  manfaat Istighfar
Istighfar ialah suatu tanda ketaatan seseorang kepada Allah Swt, bahwa suatu hamba yang taat adalah hamba yang senantiasa memohon ampunan kepada Allah, pasalnya dari sekian banyaknya perintah dan anjuran didalam Al quran sendiri, ialah paling banyak memerintahkan terhadap para hamba-hamba-Nya agar selalu ber istighfar.

- Istighfar adalah awal mula diampunkannya dosa-dosa
Istighfar ialah sebab terampunkannya suatu dosa, penyebab datangnya hujan, mendapatkan suatu harta, anak dan juga menjadikan manusia bisa menjadi penghuni surga. Bahwa Nabi Nuh telah melakukan dakwahnya didepan para kaumnya dan sebagaimana dari firman Allah, yang artinya :
"lalu aku sampaikan ke hadapan mereka, memohonlah ampun terhadap rabbmu, karena sesungguhnya Dia maha pengampun, Dia akan senantiasa menurunkan hujan terhadapmu dengan begitu lebatnya. Begitu juga akan memberimu harta yang banyak, anak-anakmu sekaligus memberikan kebun, sungai" (Q.s Nuh. 10-12)
- Istighfar mampu menambah kekuatan
Jika seseorang yang senantiasa ber istighfar namun tak juga datang kekuatan dalam dirinya, sesungguhnya manusia itu kurannya Mujahaddah (kesungguhan yang datangnya dari hati), bahwasanya Allah telah berfirman dan begitu juga dengan Hud telah mengatakan :
"wahai semua kaumku, memohonlah ampunan terhadap Allah, kemudian bertaubatlah terhadap-Nya, maka niscaya Dia senantiasa akan mendatangkan hujan deras, serta akan memberikan kekuatan terhadap kekuatanmu, maka janganlah engkau memalingkan dirimu dari segala perbuatan dosa" (Q.s Hud. 52)
- Istighfar menyebabkan memperoleh kebahgiaan
Istighfar merupakan sebab-sebab mendapatkan suatu kesenangan dan juga kebahgiaan, sekaligus menjadikannya masing-masing orang untuk mempunyai keutamaan, bahwa Allah Swt telah berfirman, yang artinya :
"Bergegaslah kamu memohon ampunan terhadap-Nya, serta taubatlah terhadap-Nya, maka apabila kamu melakukan hal demikian, niscaya Allah akan senantiasa memberikan kenikmatan secara terus menerus, begitu juga kebahgiaan akan kamu dapatkan pada saat waktu yang telah ditetapkan. Allah akan memberi kepada setiap orang yang memiliki keutamaan, balasan-keutamaannya" (Q.s. Hud. 3)
- Istighfar mampu menghindarkan azab Allah
Bahwasanya Allah tidak akan pernah memberikan azab terhadap hamba-hambanya yang selalu istighfar, bahwa Allah telah berfirman, yang artinya :
"Dan tidak pula Allah akan mengazab diantara mereka, sedangkan mereka selalu memohon ampunan-Nya" (Q.s. Al Anfal . 33)
- Istighfar penyebab turunnya rahmat Allah
Dengan ber istghfar makan Allah akan menurunkan rahmatnya, sebagaimana apa yang telah difirmankan Allah Swt, yang artinya :
"Cepatlah kamu memohon ampunan kepada Allah Swt, dan niscaya Allah akan memberikan rahmat-Nya terhadapmu" (Q.s An naml. 46)
Selain dari keutamaan diatas, istighfar merupakan salah satu kaffarat atau sebagai penebus dosa-dosa yang pernah dilakukan oleh suatu majlis, disamping itu istighfar ialah salah satu sunnah nabi, bahwasanya barang siapa yang melakukannya maka ia sudah mengikuti suri tauladan junjungan Nabi kita Muhammad. Pasalnya ia selalu beristughfar didalam majlis sebanyak 70 x.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai  Astaghfirullah hal adzim ini, bahwa hanya sedikit kalimat ini sering kali terlupakan oleh banyak manusia, mudah-mudahan bermanfaat.

Inilah musisi-musisi cadas yang hijrah ber tauhid

musisi cadas yang hijrah ber tauhid
Musisi cadas yang ber tauhid - Setiap manusia pastinya akan melalui proses didalam hidupnya, baik itu proses yang diawali dengan kebaikan, ataupun sebuah proses buruk dimana proses itu menuju kearah yang lebih baik.


Tentunya kita semua tau, bahwa proses pembelajaran demi menuju jalan kebaikan akan banyak menemui krikil-krikil yng sangat tajam sekali, bahkan tidak sedikit juga seseorang yang menjalankannya akan selalu dihalang. Akan tetapi karena kekuatan hati serta hidayah yang Allah turunkan tidak sanggup untuk mengurungkan niatnya untuk ber tauhid semata-mata karena Allah semata.

Tayangan video ini akan menjadi sumber inspirasi untuk anda sebagai seorang muslim, dimana video ini merupakan video kisah nyata seorang pemuda kaya yang rela meninggalkan semua hartanya demi Islam, tonton tayangannya :

Semua itu pasti akan ada masa-masa jenuh, bosan, apasich sebetulnya yang kita cari didunia ini selain ilmu yang bermanfaat, karena pada hakikatnya, bahwa junjungan Nabi besar kita Muhammad tidak pernah mewariskan Dirham maupun Dinar terhadap semua umatnya melainkan hanya mewariskan ilmu kahirat.

Hidayah yang turun bukan semata-mata yang dihafalkan saja, melainkan cahaya yang turun langsung ke dalam hati kita, seperti halnya Hidayah yang diturunkan terhadap para musisi-musisi band cadas ini yang hijrah demi menentukan arah hidupnya demi kemenangan nanti. Jadi siapa-siapa sajakah para musisi band papan atas yang melakukan hijrahnya di jalan Allah, diantaranya :

#Derry Sulaeman Gitaris betrayer
Mungkin nama derry sulaeman masih terdengar kurang populer ditelinga masyarakat luas, namun berkat Hidayah yang Allah turunkan terhadapnya, nama derry sulaeman ini semakin dikenal karena seringnya membawakan syiar-syiarnya.

musisi cadas yang hijrah ber tauhid

Derry Sulaeman ini merupakan salah seorang mantan musisi band cadas yang namanya sudah tidak asing ditelinga anak-anak muda era nya. Beliau salah satu mantan gitaris band cadas BETRAYER, yang sempat megeluarkan album singgelnya yang berjudul "Hukuman Mati". Namun bukan hukuman mati yang derry terima, akan tetai hidayahlah yang ia dapatkan dari Allah Swt.

Memang jika kita renungkan baik-baik, bahwasanya manusia paling dekat dengan maut atau kematian, semakin kita mengejar dunia maka semakin jauh juga dunia meninggalkan kita. Pada suatu saat salah seorang teman Derry yang bernama Irfan selalu menceramahi dia, seorang pria yang lahir di saniang baka Sum-bar 78 ini selalu menjalani kerisauan dalam hidupnya, berkat irfanlah dia mulai menetukan tujuan hidupnya. Sampai saat inipun Derry masih tetap bernyanyi namun hanya membawakan lagu-lagu religy dan berdakwah.

#Irfan vocalis rotor
Dari namanya memang kurang dikenal, tapi jika mendengar nama band trash metal dengan nama ROTOR pasti semuanya sudah mendengar.

musisi cadas yang hijrah ber tauhid

Irfan Sembiring, beliaulah salah satu orang pertama pencetus sekaligus sebagai motor dari band cadas ROTOR ini. Pendiri band cadas ini sekarang sudah menentukan jalan hidupnya menjadi salah seorang pendakwah. Ia sudah tidak lagi perfom dengan kostum yang serba hitam ataupun dengan menggunakan jeans kusut, melainkan dengan mengenakan kafayeh dan juga sorban dikepala, itulah hidayah jika Allah sudah memilih hambanya untuk bertaubat, maka tak satupun yang mampu menghalanginya.

#Ombat Nasution vocalis band tengkorak
Berbeda lagi dengan salah seorang vocalis band Tengkorak ini, pasalnya Ombat nasution tetap membawakan lagu-lagu greencore, namun dari setiap lagu-lagunya tersimpan sebuah penyampaian yang sangat dalam tentang agama.

musisi cadas yang hijrah ber tauhid

Walau jenis musiknya terbilang sangat keras, yaitu jalur grencore, namun Tengkorak selalu menghadirkan lirik lagunya yang dia ambil melalui ayat-ayat Al-quran dan juga Hadits salah satu menu-menu andalannya. Ombat nasution juga pernah menjadi salah satu kuasa hukum masalah terorisme muhammad jibril.

Sebetulnya masih banyak lagi eks musisi-musisi yang lebih dahulu terjun kedunia dakwah, misalnya seperti Hari Mukti, Gito Rolies, Rayhan nine ball, Sakti eks shela on 7, bahkan sampai drumer noah Reza. Ulasan ini hanya untuk sekedar menginspirasi sobat semua, tidak ada salahnya toh jika berbagi tentang kebaikan, ayo kita semua buang jauh-jauh rasa syuhbat (meragukan perkara yang baik-baik) yang masih tersimpan dihati kita masing-masing, mereka bisa masa kia tidak.

Kiranya hanya sedikit ulasan yang saya sampaikan di bulan penuh Rahmat dan ampunan ini, yaitu mengenai musisi-musisi cadas yang hijrah ber tauhid, mudah-mudahan bermanfaat, ingaat..kemenangan bukan berarti mengalahkan banyak musuh, namun kemenangan yang sejati apabila kita mampu melawan hati kita sendiri.

Pengertian Tentang Maksiat Dari Badan

Pengertian Tentang Maksiat Dari Badan
Pengertian maksiat - Ulasan yang akan saya bahas ini, merupakan sebuah berita baku "jika istilah anak-anak muda jaman sekarang ini", tp enggak ppalah, itu cuma masalah persepsi saja tentunya arti dan makna yang sebetulnya mereka tau, Insyaallah.


Didalam islam banyak sekali peraturan-peraturan mengenai perbuatan yang harus dan wajib kita hindarkan, dan tentunya jika dijalankan dengan Ikhlas, semuanya akan terasa menenangkan hati dan fikiran. Seperti yang akan saya kupas disini yaitu mengenai topik Islami yang mengajarkan mengenai pengertian maksiat yang dilakukan manusia dari badan.

Perlu kita pelajari semua, bagaimana pentingnya mengetahui pengertian-pengertian tentang maksiat yang keluar dari anggota badan kita. Bahwasanya kemaksiatan bisa menggilas umur kita semua hanya dalam sekejap mata. Maksiat merupakan sebuah larangan yang wajib kita hindari didalam ajaran Agama Islam, maka alangkah baiknya saya ingatkan, selagi kita masih diberi oksigen gratis, selama kaki masih berpijak dibumi hendaklah selalu menjauh dari apa yang namanya maksiat, sebab dari semua tingkah dan perbuatan kita mungkin dimata Allah kita sudah melakukannya.

Pengertian maksiat dalam Islam, mungkin agak sedikit berbeda dengan kemaksiatan yang saya tuliskan diatas, dan bagaimana memaknai tentang pengertian maksiat didalam Islam sendiri?, ayo kita simak bersama-sama ulasannya dibawah ini.

Tentang maksiat badan

Ada beberapa maksiat badan adalah, menyakiti kedua orang tua kita, dan juga seseorang yang lari dari medan pertempuran, sebagai mana melalui sabda Nabi, yang artinya :
"Disetiap dosa, siksaannya akan ditangguhkan Allah sampai pada hari kiamat tiba sesuai dengan apa yang menjadi kehendak-Nya, terkecuali jika menyakiti kedua orang tua, maka siksaannyapun akan dipercepat pada saat dia masih hidup didunia, "riwayat Hakim"
Seseorang yang memutuskan tali kekeluargaan dan silaturahmi, menjolimi tetangga, dengan jarak ukuran antar tetanga yang mencapai  40 rumah dari setiap penjuru, walaupun orang tersebut kafir namun masih dilindungi negara, serta orang yang melakukan penyemiran rambut agar menjadi lebih hitam.

Adapun seorang laki-laki yang menyerupai perempuan, begitu juga sebaliknya, serta dengan menggunakan pakaian-pakaian, begitu juga akhlak yang gerak-geriknya mampu menonojolkan kesamaran, adapun beberapa jenis kemaksiatan lainnya seperti :

  • Memanjangkan pakaiannya, celana dan juga kain yang menyentuh ketanah (kesombongan)
  • Menggunakan Inai atau pacar dibagian kedua tangannya dan kakinya tanpa ada niat suatu kebutuhan, misalkan berobat atau lainnya.

Jika sobat semua belum tau apa yang namanya inai atau pacar, pacar itu sejenis tanaman yang bisa dipergunakan sebagai pewarna pada kuku yang banyak dijumpai disekeliling pelatran rumah, seperti gambar dibawah inilah bentuk dan juga hasil pewarna untuk kukunya :

Pengertian Tentang Maksiat Dari Badan

Seseorang yang membatalkan ibadah fardhu tanpa udzur syar'i dan juga ibadah haji atau umrah sunat, dan juga meniru suara atau perbuatan orang-orang mukmin dengan niat mengolok-olokkannya, dan juga selalu memperhatikan aib orang lain atau kesalahan manusia pada umumnya.

Membuat tatoo pada bagian anggota badan, serta memusuhi orang muslim melebihi waktu dari 3 hari, terkecuali dalam keadaan udzur syar'i "berhalangan" ( misalkan seseorang yang dimusuhinya seseorang yang memang fasik) yang selalu duduk-duduk bersama orang-orang bid ah dan fasik sebagai pecandu alkoholserta meninggalkan kewajiban dan sebagainya) dengan tujuan menghibur dirinya sendiri.

Seseorang yang mengenakan perhiasan, diantaranya seperti kalung, gelang emas dan perak bagi kaum laki-laki, sutera dan juga suatu perhiasan yang banyak terbuat dari sutera, bagi seorang laki-laki yeng sudah baliq, terkecuali menggunakan cincin perak. Hal seperti ini selain telah melakukan maksiat, didalam Islam pun jika seorang laki-laki mengenakan perhiasan yang terbuat dari emas diharamkan terkecuali cincin perak saja.

Memusuhi waliyullah, menolong kemaksiatan, membelanjakan uang palsu dan mempergunakan peralatan rumah tangga dari emas atau perak dan menyimpannya. Meninggalkan pekerjaan-pekerjaan fardhu atau dengan cara mengerjakannya dengan meninggalkan salah satu rukun-rukunnya, persyaratannya atau juga mengerjakannya namun membatalkannya.

Meninggalkan kewajiban ibadah
Maksiat yang diperbuat manusia bukan meliputi kemaksiatan antara perpaduan badan saja, namun jenis kemaksiatan yang memang didalam Islam ialah seperti seseorang yang lari dari tanggung jawah ibadahnya, contohnya seperti :
"seseorang yang meninggalkan shalat jumat dan juga kewajiban-kewajiban jumatnya, walau ia sendiri mengerjakan shalat dzuhur, dan juga penduduk kampung yang pergi meninggalkan shalat berjamaah melalui shalat fardhu"
"Seseorang yang mengakhiri shalat fardhu dari waktunya tanpa adanya suatu halangan, melemparkan binatang dengan benda-benda berat yang menyebabkan kematian, serta binatang yang salah satu sasarannya, misalkan dalam keadaan berlatih menembak" 

Bentuk-bentuk kemaksiatan badan 
Bentuk kemaksiatan dalam Islam banyak sekali macamnya, sudah barang tentu seseorang yang melakukan maksiat dengan berduaan dengan selain pasangan mahramnya, ada banyak diantaranya jenis-jenis bentu maksiat badan meliputi :

  • Seorang wanita janda yang tidak menetap dirumahnya sendiri tanpa suatu udzur, dan jika memang dalam keadaan udzur misalnya dalam keadaan : berobat, menyelamatkan diri dari suatu kecelakaan, dengan begitu diperbolehkan. Serta seorang wanita yang ditinggal mati suaminya oleh sebab suaminya tidak dalam keadaan berkabung selama Iddah (seorang wanita yang menunggu diceraikan suminya, baik dalam keadaan hidup atau mati)
  • Menajisi Masjid dan mengotori walaupun dengan suatu benda yang sangat suci, dan juga seseorang yang melupakan ibadah pergi haji sedangkan ia salah seorang yang mampu melaksanakannya
  • Meminjamkan sesuatu terhadap seseorang yang jelas-jelas tidak mampu membayarnya, sedangkan orang yang meminjamkannya tidak pernah mengetahui keadaannya, misalnya terhadap orang yang fakir meminjam dengan barang yang begitu banyak.
  • Tidak memberikan tempo terhadap orang yang miskin yang berhutang terhadapnya 
  • Mempergunakan harta demi kemaksiatan
  • Menghina mashaf Quran serta buku-buku yang berisikan tentang ilmu syara

Baca ulasan lengkapnya mengenai pengertian maksiat dari badan, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua.

Safa'at dari Nabi Muhammad SAW yang diberikan kepada para umatnya

Safa'at Nabi Muhammad SAW  - Untuk sekarang ini bahwasanya seorang anak laki-lakilah yang nantinya akan memberikan safaat terhadap kedua orang tuanya kelak, jika anak itu benar menjadi seorang yang sholeh.

Safa'at dari Nabi Muhammad SAW

Maka wajib hukumnya memberikan ilmu  terhadap seorang anak laki-laki untuk bisa menjadi seseorang yang baik dan sholeh, sebab anak laki-laki disetiap doanya akan langsung sampaikan oleh Allah Swt terhadap kedua orang tuanya, jika dibandingkan dengan seorang anak perempuan.

Begitu juga dengan safaat dan juga pertolongan nanti akan diberikan langsung oleh Nabi Muhammad pada hari kiamat untuk menyelamatkan semua umatnya dari panasnya api neraka. Telah dikisahkan sebelum para nabi atau shiddiqin memberikan safaat, kemudian Rasulluloh merupakan orang yang pertama kalinya yang akan memberi safaat terhadap semua umatnya.

#Mencari safaat yang datang pada hari kiamat
Dihari kiamat nanti, pada saat semua manusia terkumpul disuatu tempat yang dinamakan "padang makhsyar", matahari akan didekatkan, dan pada saat itu manusia akan mendapati sebuah kesulitan, kesengsaraan yang sangat pedih rasanya. Maka diantara mereka saling berusaha untuk mendapatkan orang yang dapat menjadi perantara guna memohon ampunan Tuhan, sekaligus mengurangi kesulitannya.
Lalu mereka datang berbondong menuju tempat Nabi Adam, sebab Nabi Adam adalah bapaknya para umat manusia, sehingga diantara mereka ada yang mengganutungkan nasibnya kepada Nabi Adam guna memberikan safaatnya, lalu agar menmgajukan kepada Allah supaya hisab mereka berjalan cepat, akan tetapi Nabi Adam menyruhnya untuk datang ke Nabi Nuh.

Akhirnya mereka bergegas menuju tempat Nabui Nuh a.s untuk memohon yang sama pula. Tapi Nabi Nuh menjawab sama seperti Nabi Adam, kemudian Nabi Nuh memberikan saran untuk mendatangi Nabi Ibrahim a.s. Dari kesemuanya itu diantara mereka yang meminta permohonan, selalu ditolaknya, maka Nabi Ibrahim a.s menyarankan untuk datang menemui Nabi Musa a.s.

Mereka pun menuruti apa kata dari Nabi Ibrahim, yaitu untuk mendatangi tempat Nabi Musa a.s, akan tetapi setiap nabi yang mereka datangi selalu mendapatkan jawaban yang sama juga, dari semua nabi yang didatangi selalu mengatakan bahwasanya mereka tidak bisa memberikan safaat kepada mereka. Lalu Nabi musa memerintahkan untuk datang ke Nabi Isa a.s.

#Safaat dari Nabi Muhammad SAW untuk umatnya
Jawaban yang diterima dari Nabi Isa a.s pun sama seperti dari jawaban nabi lainnya, maka Nabi Isa a.s mengusulkan untuk datang ketemnpat Nabi Muhammad Saw yang dimana beliau merupakan kekasih Allah. Kemudian secepatnya mereka menuju tempat Nabi Muhammad, dengan memohon seraya berkata :
"Wahai Muhammad, engkau merupakan utusan Allah, penutup dari semua para Nabi dan Allah sudah mengampuni dosamu yang lalu ataupun yang akan datanng, maka memohonlah safaat buat kami terhadap Tuhanmu (Tuhan kita) dan bukankah engkau telah memandang, bahwasanya kami tidak sepantasnya dalah hal seperti itu"
Kemudian Rasulluloh SAW bersabda :
"lalu aku pergi menuju arasy, dibawah arasy kemudian aku sujud kepada Tuhanku dan Allah membukakan diri terhadapku, yang belum pernah dibuka kepada satu orangpun sebelum aku, dan Allah berfirman :
"Wahai Muhammad, tegakanlah dan angkat kepalamu, memohonlah!, lalu permintaanmu akan dikabulkan, berilah syafaat dan kamu sudah diberikan safaat"" Kemudian aku mengangkat kepalaku dan mengatakan : "umatku..umatku..wahai Tuhanku" 
Kemudian Allah berfirman :
 "Wahai Muhammad, ijinkanlah masuk semua umatmu yang tidak dihisab lagi dari mereka melewati pintu sebelah kanan, dari beberapa pintu surga dalam keadaan bergerombol, sedangkan selain dari mereka dapat memasuki melalui dari beberapa pintu surga yang lain"
Demikianlah sedikit ulasan tentang safaat Nabi Muhammad untuk para umatnya ini, mudah-mudahan kita semua termasuk yang dari golongan manusia yang mendapatkan safaat dari beliau.