Kebiasaan unik dari beberapa negara pada saat hari Raya Idul Fitri tiba

Kebiasaan aneh dan unik  - Momen Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momen paling dinanti oleh semua umat muslim didunia. Selan sebagai momen, hari Raya Idul Fitri ini adalah hari kemenangan bagi semua umat Muslim selepas menjalankan ibadah Puasa selama satu bulan penuh lamanya.


Tidak terasa Hari Raya umat Islam di seluruh dunia begitu cepatnya berlalu, namun ada yang harus tetap kita jalankan walau Hari Raya sudah berlalu, yaitu dengan kebiasaan saling memaafkan diantara sesama. Saat ini mungkin yang telah menuju kampung halaman atau tepatnya mudik, sudah kembali lagi berangkat pergi ke perantauan setelah sekian lamanya berpisah dari keluarga tercinta dikampung halaman masing-masing.

Tentunya disaat-saat Haru Raya banyak sekali kebiasaan unik yang seringkali dilakukan oleh semua orang, salah satunya di indonesia selalu saja ada kebiasaan mudik, bagi THR kepada sanak saudara, kebiasaan sungkem bersama orang tua. Tidak ketinggalan juga makanan yang disajikan pada Hari Raya Idul fitri yang membuat rindu semua anggota keluarga dengan kebersamaannya.

Rupanya kebiasaan unik seperti yang terjadi di momen Hari Raya Idul Fitri tiba ini, dialami juga oleh masyarakat dari beberapa negara, kira-kira negara mana sajakah yang selalu melakukan kebiasaan unik di Hari Raya Idul Fitri, mari kita intip kebiasaan unik yang selalu dilaksanakan pada momen Hari Raya dari beberapa negara, diantaranya :

Raya Idul Fitri di Cina

Kebiasaan unik
Idul Fitri di Cina
  • Di cina bagian tiongkok ada terdapat rasis mencapai 65 golongan, dan ada 10 diantaranya memeluk agama Islam, misalnya seperti didaerah dengan mayoritas penduduknya beragama islam, yaitu yunan, xianjing. Mereka semua melakukan sungkeman silaturahmi selepas melaksanakan Shalat ied.
  • Yang jadi keunikan di cina pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba, yaitu dengan kostum yang khas khusus lebaran, sedangkan untuk para kaum laki-lakinya mengenakan pakaian jas yang khas lengkap dengan kopeah warna putihnya dan bagi para wanitanya menggunakan pakaian tebal dan berjilbab. 
  • Mereka sama seperti orang-orang indonesia, selalu beramai-ramai berkunjung ke kuburan para leluhur, dan mereka semuanya mendoakan untuk semua para umat muslim yang mati pada jaman pemerintah dipimpin oleh dinasty qing dan juga pada masa revolusi kebudayaan.
Hari Raya di Arab Saudi

Kebiasaan unik
Idul Fitri Di Arab Saudi
  • Jika Hari Raya Idul Fitri tiba, khususnya dinegara bagian timur tengah arab, selau identik dengan pertunjukan islami, misalnya : theater, puisi, musik, tari-tarian dan lain sebagainya, tidak lupa juga dengan hiasan yang menghiasi seluruh rumah warga dengan dekorasi khas Hari Raya.
  • Selepas melaksanakan Shalat ied, biasanya yang mereka lakukan yaitu dengan menyantap daging domba sebagai lauk bercampur nasi dan juga sayur tradisional khas Arab Saudi. Setelah mereka menyantap hidangan Hari Raya, baru mereka melakukan silaturahmi dan mendatangi sanak saudaranya yang berada didalam kota.

Idul Fitri di negara Turki

Idul Fitri Di Turki
  • Ada satu hal yang paling menarik dan unik jika Hari Raya tiba di turki, yaitu selalu ada vestifal gula atau yang disebt sebagai Seker Bayram. Biasanya pada saat Hari Raya tiba, dari semua masyarakat setempat selalu silih berganti datang dan saling bertukar manisan ke setiap para tetangga dekat.
  • Kebiasaan unik seperti mengantarkan manisan pada saat Hari Raya, mereka melakukannya selepas sungkeman bersama keluarga tercinta, sama halnya yang dilakukan orang Islam di indonesia, saling meminta maaf dan memaafkan, sembah sujud terhadap kedua orang tua, lalu orang tua akan membalas ciuman sebagai tanda rasa sayang kepada anak atau cucunya.
Idul Fitri di Negara Amerika
Kebiasaan unik
Hari Raya Idul Fitri Di Amerika
  • Salah satu yang menjadikan keunikan tersendiri pada saat Hari Raya di negara adi daya ini, bukan semata-mata hidangan hariu Rayanya ataupun tradisi, melainkan masalah menentukan waktu tiba Hari Raya. Jika di Indonesia Hari Raya ditentukan tiba pada 1 syawal yang diumumkan langsung melalui rapat isbat para ulama dan juga Kementerian Agama.
  • Untuk dinegara Amerika, penentuan waktu seperti itu tentunya tidak berlaku, mungkin masih minoritasnya orang muslim yang ada di amerika. hari Raya Idul Fitri di amerika biasanya mendapatkan informasi ketetapan waktu 1 syawal hanya melalui saudaranya yang menginformasikannya lewat telepon dan email. Maka selepas itu mereka melaksanakan shalat ied bersama.
  • Momen seperti inilah, merupakan bagian paling penting dan dinanti-nantikan pada saat Hari Raya untuk masyarakat dari Negara maerika. yang lainnya hampir sama seperti kebiasaan seperti seusai melaksanakan Shalat Ied, kemudian tidak beranjak cepat-cepat karena selalu mendengarkan Khotbah, saling berpelukan, berjabat tangan, saling mengucapkan Hari Raya. 
  • Yang lebih uniknya lagi setelah mereka beranjak dari tempat Shalat Ied, mereka kembali mengenakan pakaian khas negara asalnya, sebab masih banyak orang-orang pendatang yang bermigrasi dinegara amerika tersebut.
Demikian sedikit ulasan mengenai kebiasaan unik dari beberapa negara pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba.