Kapan pertamakali munculnya dajjal ke muka bumi

munculnya dajjal ke muka bumi
Munculnya dajjal ke muka bumi - Bahwa dajjal saat ini sudah turun kedunia, hanya saja manusia tidak akan pernah menyadarinya, bagaimana bentuk dan perilaku dajjal di muka bumi ini.


Telah terjadi beda pendapat dikalangan musyafir mengenai situasi munculnya dajjal ini, bahwa ada juga yang mengatakan dajjal akan keluar dari melalui negeri khurasan tepatnya dari wilayah bagian iran. Ada juga yang menyimpulkan bahwa dajjal ini akan muncul dari negeri antara wilayah syiria dan irak. Bahwa pendapat-pendapat yang terakhir kalinya ini, didasari dari  sebuah hadits yang berbunyi :

Disuatu ketika pagi buta Rasululloh menerangkan tentang dajjal, bahwa ia selalu meninggikan suara dan merendahkan, sehingga seolah-olah sangat dekat dengan sekumpulan binatang lebah, dengan kata lain, maksudnya kurang mampu memahami tentang yang telah dikemukakan oleh Rasulluloh SAW. Kemudian saat waktu sudah petang, kami bertemu Nabi Muhammad dengan maksud ingin menanyakan, dan beliau sudah mendahuluinya, dan berkata :

"Ada perlu apa?, maka kami menjawab :
"ya Rasululloh, pada saat pagi tadi engkau sudah menceritrakan mengenai dajjal, dan engkau menyampaikannya dengan suara yang kadang-kadang berubah sehingga kami merasa sangat dekat dengan segerombol binatang lebah, atau kami kurang memahami maksud pembicaraanmu ya Rasul.


Lalu Rasulluloh pun berkata : "selain dari dajjal, bahwa ada yang sangat aku khawatirkan bahayanya terhadap kamu semua, tentunya akuyang akan mempertahankan kalian terhadap dajjal. Maka pada saatnya dia datang dan aku tidak ada bersama kalian, kemudian semua orang pastinya akan membela diri dan Allah akan menggantikan aku untuk mempertahankan semua muslim di muka bumi.

Kemunculan dajjal di muka bumi
Yang sesunguhnya dajjal adalah salah seorang pemuda yang memiliki rambutnya yang kriting, dan matanya yang jelek seakan-akan aku menyerupakan dengan abdul uzza bin qathan. Maka siapa saja diantara kamu yang menemui dajjal, segeralah untuk membacakan surah Al-kahfi. Sesungguhnya ia akan muncul dari tempat antara syam, syiria dan juga iraq, kemudian dia akan merusak bagian sebelah kanan lalu kebagian kiri.

Wahai hamba Allah, maka teguhkanlah selalu pendirianmu, lalu kami seraya bertanya : "Ya Rasulluloh, pada hari yang bersamaan setahu ini, apakah cukup bagi kami melaksanakan Shalat 1 hari lima waktu", 


lalu Nabi menjawabnya : "tentu tidak!, kamu kira-kira saja ukurannya itu?
Kami bertanya kembali : "Ya Rasulluloh, berapa cepatkah perjalanan dajjal untuk bisa sampai kemuka bumi".
Nabi Muhammad mejawab : "Seperti halnya hujan yang ditiup angin kencang".
Kami bertanya : "Ya Rasulluloh, berapa lamakah dajjal akan tinggal dibumi ini?
Nabi menjawabnya : "selama empat puluh hari. Bahwasanya akan ada hari yang sama dengan waktu satu bulan, ada juga yang sama dengan satu tahun, kemudian ada juga waktu yang sama dengan sepekan dan juga hari yang sama selebihnya sama halnya dengan hari-hari biasa".

Maka dari itulah, untuk semua kaum muslimin harus selalu memperhatikan mengenai perputaran waktu, terlebih lagi pada jam-jam saatnya Shalat tiba. Hal ini sangat penting sekali supaya didalam melaksanakan ibadah Shalatnya selalu istiqamah. Oleh sebab pada saat-saat ramainya fitnah yang digembar-gemborkan dajjal maupun setan, tidak akan ada lagi tempat perlindungan terkecuali dengan mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha esa, yaitu dengan cara melakukan segala perintahnya serta menjauhi semua larangan-Nya.


Selalu melaksanakan aktifitas beribadah dengan cara Taqarrub terhadap Allah, sebab hanya Dia-lah yang bisa dan sanggup memberikan pertolongan dari semua gangguan-gangguan dan fitnah dajjal itu.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai kapan pertamakali munculnya dajjal ke muka bumi ini, mudah-mudahan keterangan mengenai dajjal ini bermanfaat untuk semua pembaca setia kangalip, terimakasih.