Panduan lengkap dan benar bagaimana cara menginstal windows7

Cara menginstal windows7Menginstal windows tujuh tidak lah terlalu sulit untuk dilakukan, dan ada baiknya kita harus mengetahui secara detail bagaimana cara menginstal windows tujuh milik kita. 
Panduan yang akan saya ulas disini mengenai cara menginstal windows tujuh di komputer ataupun windows tujuh laptop anda. Sudah sangat diketahui secara luas, bahwa windows tujuh adalah suatu system operasi yang sangat banyak dipergunakan oleh semua orang.

Windows7 mulai rilis dan dipergunakan oleh masyarakat umum pada tanggal 22 oktober ditahun 2009, walaupun sudah bermunculan versi baru selain windows tujuh, yaitu dengan adanya versi baru dari windows10 dan juga windows 8, namun keberadaan windows tujuh masih tetap menjadi faforit untuk semua orang, selain mudah digunakan disamping itu windows tujuh memiliki daya tahan yang kuat.
bagaimana cara menginstal windows7
cara menginstal windows7

Naah untuk sobat semua yang masih memakai windows tujuh, bahkan sobat tidak tau bagaimana cara menginstal windows tujuh, saya akan memberikan panduan lengkap cara menginstal windows tujuh milik anda semua, simak dan perhatikan panduan lengkap dibawah ini ;
  1. Siapkan dvd windows 7 terlebih dahulu, karena kita akan belajar cara menginstall windows 7 dari Dvd  Rom.
  2. Setting Bios agar booting dari cd/ dvd.
  3. Backup data-data penting terlebih dahulu
Kemungkinan yang ingin sobat instal laptop, apabila memang betul demikian, tidak lupa untuk selalu mencolokan charger laptop, apabila proses menginstal mulai berjalan, untuk menginstal dalam versi laptop maka kekauatan tidak akan bertahan lama sebelum charger mendapatkan power.

#Setting bios supaya booting melalui cd/dvd 

Pada umunnya laptop maupun komputer akan booting disaat pertama kali dimulai dari HDD, dari itulah perlu kita setting terlebih dahulu melalui cd/ dvd
  • Pertama-tama hidupkan atau merestart komputer/ laptop sobat, kemudian secara bersamaan tekan  Del / deletedan akan masuk kedalam menu Bios, maka tombol yang benar untuk digunakan ialah Del, f1, f2, atau fn+f2, tergantung dari manufacturer laptop atau motherboard sobat semua.
  • kemudian akan muncul pemberi tahuan seperti tampilan menu bios seperti gambar petunjuk di bawah ini. dan kemudian, pindah ke tab boot dengan menggunakan tombol ◄ ►.
  • Selanjutnya sobat akan melihat gambar tampilan seperti dibawah ini. Seperti yang anda lihat pada gambar berikut, bahwa device yang berada di urutan teratas ialah HDD, jadi komputer atau laptop sobat akan segera melakukan booting yang pertama kali melalui HDD tersebut.
  • Supaya bisa booting melalui Cd atau Dvd, sobat perlu menempatkan Cd-Rom drive berada di urutan teratas, caranya dengan memilih Cd-Rom drive, lalu kemudian geser menggunakan tombol +/- sampai pada urutan teratas seperti gambar dibawah.
  • Jangan lupa untuk memasukkan DVD windows 7 nya pada DVD ROM. Kemudian tekan tombol F10 untuk menyimpan hasil setting sekaligus keluar dari menu bios.
Tidak semua komputer/ laptop memiliki jenis bios yang sama. Bisa jadi bios yang anda gunakan juga tidak sama dengan yang saya gunakan pada tutorial kali ini. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel saya mengenai pengertian, fungsi dan macam-macam bios.
Baca juga : Bahayanya software komputer yang lama atau kadaluarsa
#Panduan lengkap cara menginstal windows tujuh
Lakukan terlebih dahulu setting bios supaya booting cd/ dvd sampai selesai, maka proses menginstal windows tujuh sedang mulai berjalan, proses dimulai dari sesuai dengan panduan dibawah ini :

Maka setelah langkah-langkah diatas selesai, tentunya dengan menekan YES, akan keluar lagi control panel seperti dibawah ini, setelah petunjuk melalui gambar diatas ini muncul, dan untuk melangsungkan proses mengistal, sobat semua boleh menekan sembarang tombol melalui keyboard, dan setelah sobat menekan sembarang tombol maka akan keluarlagi control panel seperti dibawah ini, dan perhatikan baik-baik ;

Setelah control panel muncul seperti gambar diatas ini, sobat bisa langsung menekan next, dan kemudian akan muncul pemberitahuan lagi seperti gambar petunjuk dibawah ; 

bagaimana cara menginstal windows7

Didalam control panel yang muncul seperti gambar diatas ini, berarti sobat harus mengikuti petunjuknya yaitu dengan langsung install now, sesuai dengan kotak biru, dan selanjutnya akan muncul lagi keterangan melalui control panel, yang memberikan sebuah intruksi diantaranya ;
  1. Updates
  2. Supplements
  3. Internet-Based services and
Dan sobat akan melihat sebuah kotak kecil yang berbunyi I accepted the license terms, lalu Next, centang saja kotak kecil tersebut, lalu kemudian klik next, setelah itu akan muncul control panel lagi, yang memberikan keterangan sebagai berikut :

bagaimana cara menginstal windows7

Setelah muncul pemberitahuan control panel seperti gambar diatas, lalu klik sesuai petunjuk dalam kotak biru, sesuai dengan panduan yang berbunyi custom (advanced). Pnduan lengkap cara menginstal windows tujuh yang saya ulas disini tidak termasuk saya cantumkan panduan untuk partisi disk. 

Selanjutnya masuk ke panduan lengkap menginstal windows7, proses berjalan bisa memakan waktu sampai 25 menitan, maka disaat proses mengistal berjalan komputer secara otomatis mereoot atau meresetratr sendiri untuk beberapa kali, lihat gambar petunjuk proses menginstal nya :

bagaimana cara menginstal windows7

Disaat proses berjalan sesuai dengan petunjuk gambar diatas ini, yang harus sobat perhatikan baik-baik disini, tunggu tanda centang warna hijau didalam kotak biru itu memngisi semua kalimat petunjuk dibawahnya, maka dari itu jangan sampai sobat menekan tombol apapun, kemudian akan muncul panduan seperti petunjuk gambar dibawah ini, sobat langsung menekan next, maka setelah itu sobat disarankan membuat password baru, simak panduan nya dibawah :

bagaimana cara menginstal windows7

Setelah sobat semua mengikuti panduan untuk membuat password dan kemudian next, maka akan muncul lagi pemberitahuan melalui control panel, yang dimana sobat semua harus mengisikan pruduct key windows tujuh yang sobat miliki, sobat bisa saja melewati panduan tersebut, akan tetapi selama 30 masa trial nya akan habis, setelah sobat mengisikan product key kemudian next, maka muncul control panel seperti gambar dibawah ;

bagaimana cara menginstal windows7

Setelah muncul gambar panduan seperti diatas, pilih menu sesuai dengan kotak hijau, sobat bisa saja memilih menu dari use recomended setting, apabila windows sobat semua asli dan oroginal. Setelah sobat mengikuti semua petunjuk panduan seperti diatas, maka untuk melangsungkan proses menginstal, saya akan persingkat ulasannya, maka setelah proses panduan diatas, selanjutnya sobat setting antara lain seperti dibawah ;
  1. zona waktu, dan pilih (UTC+07:00) bangkok, hanoi, jakarta.
  2. selanjutnya tentukan lokasi dan pilih public network.
  3. kemudian isikan pasword sobat
  4. Dan panduan menginstal selesai..!
Demikianlah ulasan singkat mengenai panduan lengkap cara menginstal windows7, mudah-mudahan sedikit panduan ini bisa bermanfaat untuk semua.