Beberapa jenis penyakit yang harus di antisipasi lebih dini

Beberapa jenis penyakit
antisipasi lebih dini
Jenis penyakit yang harus tangani lebih awal - Melakukan aktifitas Palang Merah Remaja atau PMR, tentunya pernah kita lakukan disaat duduk dibangku SD sampai SMP, ada beberapa pengetahuan paling dasar mengenai pengobatan seperti penanganan pertama terhadap kecelakaan atau juga yang disebut sebagai P3K, tentunya hal ini harus kita miliki untuk keluarga kita.



Melalui pengetahuan paling dasar, tentunya kita faham bagaimana cara mengatasi kondisi darurat sekalipun, ada beberapa jenis penyakit yang dengan mudah bisa kita atasi sendirian dirumah.

Penanganan dengan memberikan pertolongan pertama tentunya sangat baik ketimbang berlanjut kesesuatu hal yang tidak kita inginkan, namun tidak lupa untuk selalu menghubungi ahlinya jika sesuatu hal terjadi lebih lanjut mengenai penyakit kita.

Disamping untuk mengetaui keterampilan mengenai penanganan posisi darurat, ada baiknya juga kita mempelajari tentang bagaimana mengatasi jenis-jenis penyakit ringan, yang kemungkinan kita alami, sekaligus untuk mengatasi penyakit yang muncul lebih dini, ada beberapa jenis-jenis penyakit yang harus kita tangani lebih dini dirumah, diantaranya jenis-jenis penyakit yang ditimbulkan seperti dibawah ini ;

1. Penyakit flu
  • Flu biasanya muncul disaat-saat kondisi badan kita kurang sehat, atau juga disebabkan perubahan musim. Menurut penuturan dari salah seorang dr. Rusdian Utama Roeslani, penyakit flu merupakan jenis penyakit yang akan hilang dengan sndirinya hingga 5 sampai 7 hari saja. Jenis penyakit flu memang suatu saat akan hilang sendiri, akan tetapi walau demikian, supaya penyakit tersebut bisa cepat reda, ada beberapa hal yang harus kita lakukan supaya penyakit flu bisa dengan cepat sembuh lebih awal.
2. Penyakit mata merah
  • Dari rasa perih serta diikuti air mata merupakan salah satu mata merah, bisa juga disebut belek. Apabila diantara kalian mengalami seperti ini, yang harus kalian lakukan adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat, menurut penuturan Kathleen Romito MD melalui St Luke’s Hospital, jika mengalami mata merah yang diakibatkan alergi, segeralah untuk mengompres dengan air hangat atau dingin, dan apabila sampai berlanjut infeksi, segeralah kompres menggunakan air hangat.
  • Disaat mau membersihkan mata merah, awali mulai dari bagian sudut yang mendekati lubang hidung, bisa dengan menggunakan kapas atau kain bersih yang beda untuk masing-masing mata serta pastikan terlebih dahulu kapas maupun kain harus betul-betul terbebas dari kuman.
  • Yang pertama harus kita lakukan yaitu dengan mengembalikannya kondisi tubuh dengan memperbanyak meminum air putih, banyak mengkonsumsi makanan bergizi, buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, dan istirahat yang cukup.
3. Sakit kepala
  • Penuturan dari para ahli William Blahd, MD melalui the American board of emergency medicine menyimpulkan bahwa meliputi beberapa upaya untuk mengatasi sakit kepala walau tanpa obat sekalipun, bahkan menurut doctor yang konon ktanya pernah menjadi doktor langganan dari bekas Presiden Amerika Gorge H. W, Bush telah menerangkan bahwa ada piliahan untuk mengatasi sakit kepala, diantaranya ;
  1. Mengompres menggunakan es dibagian kepala yang sakit, bisa juga dengan ditempelkan melalui dahi, leher bagian belakang dan pelipis mata. 
  2. Sebelum beranjak tidur siang, usahakan mandi terlebih dahulu menggunakan air hangat. 
  3. Bisa juga melalui bantuan keluarga dengan cara memijit-mijit disekitar leher atau punggung, bisa dilakukannya dengan cara membaringkan melalui ruangan yang agak remang. Lakukan dengan cara menutup mata serta mengendorkan ketegangan-ketegangan pada bagian punggung, bahu ataupun bagian leher. 
Dengan melakukan cara-cara seperti diatas, maka akan berkurang rasa sakit dari kepala walaupun tanpa dengan meminum obat.

4. Batuk-batuk
  • Terserang jenis penyakit batuk tentunya sangat mengganggu sekali, apalagi pada waktu malam telah tiba, pastinya kurangnya istirahat malam jadi sangat berkurang, akan tetapi bukan berarti hal ini tidak bisa kita sembuhkan, ada cara untuk mengatasi batuk melalui metode yang sangat sederhana sekali menurut pakar yang bernama Mark Yoder, MD, yang merupakan Asisten Professor di Rush University Medical Center in Chicago. 
  • Bahwasanya ada beberapa cara yang terbilang sangat tradisional sekali mengatasi batuk, yaitu dengan cara meminum teh hangat dengan sedikit campuran madu akan dengan cepat mengatasi batuk. Ada bukti klinis bahwa selain dari minum teh dicampur madu, bisa juga dengan mengatasinya dengan mandi dibawah percikan shower melalui air hangat.

Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa jenis penyakit yang harus di antisipasi lebih dini ini, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk semua.

Waspadai jenis penyakit yang timbul dari sprei tempat tidur anda

sprei tempat tidur anda
sprei tempat tidur anda
Jenis penyakit dari sprei tempat tidur anda - Jika mata sudah terasa sangat lelah dan ngantuk, tentunya rasa ingin cepat tidur selalu menghantui anda. Tanpa berpikir panjang lagi, jika sudah tidak tertahankan, dimana ada tempat tidur sudah pasti akan langsung berbaring.


Tidak bisa terelakan, memang siapa saja bila mata sudah sangat berat untuk terus terbuka, sudah pasti dimana ia menemukan tempat yang empuk atau nyaman, pasti akan cepat-cepat membaringkan tubuhnya tanpa suatu beban penyakit yang bakal menimpanya melalui tempat tidur tersebut, bahwasanya sangat penting sekali untuk selalu menjaga kebersihan tempat tidur, khususnya sprei yang seringkali kita gunakan sebagai selimut ataupun lapisan diatas kasur.

Salah satu jenis penyakit yang muncul melalui tempat tidur disebut sebagai Skabies, yang dimana penyakit ini merupakan bakteri yang menyerang permukaan kulit kita. Jenis penyakit kulit skaebis merupakan salah satu corak penyakit kulit yang datang dari sebuah Sensitisasi terhadap parasit tungau yang sangat kecil yang hampir tidak bisa dilihat oleh mata.

Mata sudah terasa sangat berat, dan ingin segera cepat-cepat untuk ditidurkan. Sehingga dengan melihat tempat yang terlihat bersih, empuk langsung saja membentangkan tubuh diatas tempat tidur itu. Memang tempatnya terlihat sangat bersih, walau kemungkinan sudah beberapa hari belum mengganti sprei. Pada umumnya, walau sudah sampai 2-3 hari seprei belum diganti, tidak akan menimbulkan bau yang aneh, atau terlihat adanya bintik noda. tapi semua itu hanya sebatas penglihatan kita dengan segala kekurangan.

Tanda-tanda penyakit skaebis


Anda bisa buktikan dengan sebuah alat untuk melihat benda yang sangat kecil, maka akan terlihat jelas adanya binatang kutu yang banyak berkeliaran, dan juga tungau yang akan menyerang dan bisa mengakibatkan infeksi terhadap kulit manusia. Seperti yang saya katakan diatas, ingin tahu lebih jelas, apa itu skaebis?, dibawah inilah merupakan tanda-tandanya, diantaranya :
  • Akan timbul bintil yang mirip lesi atau luka, akan sedikit sama dengan jerawat yang kecil
  • Rasa gatal-gatal yang selalu membuat tidak nyaman dimalam hari.
  • Akan diketemukan tungau, atau dalam bahasa jawanya "tengu" dalam bentuk telur, ataupun dengan bentuk sudah jadi.
  • Timbul bintil disela-sela jari anda, prgelangan tangan, atau pada sisi lengan bagian bawah, siku, lipat ketiak, pusar, puting, bokong, perut dan bagian kelamin.
Maka dari itu selalu menjaga tempat tidur anda, apalagi dengan seprei tempat tidur anda. Usahakan dalam setiap 2 hari sekali seprei harus diganti dengan yang baru atau stok, jika anda belum paham bagaimana cara merawatnya bisa dengan menyimak sedikit kiat seperti dibawah :
  1. Selalu mencuci sprei atau bed cover yang selalu anda pergunakan, dengan rutin
  2. Apabila anda tidur dengan kasur terbuat dari kapuk, usahakan selalu rutin untuk menjemurnya dibawah terik matahari panas
  3. Hindari menggunakan pakaian dengan orang lain
Demikian sedikit ulasan tentang pentingnya me waspadai jenis penyakit yang timbul dari sprei tempat tidur anda ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua.