Kesenian tradisional indonesia yang populer dan mengandung unsur mitos

Kesenian tradisional indonesia - Dari sekian banyak nya keanekaragaman budaya tradisional diindonesia ini sangat beragam keunikan yang terdapat didalamnya, bahkan dari mulai budaya tentang kesenian tradisional yang sangat populer sekalipun sangat erat kaitannya dengan sebuah mitos.


Dari ke 4 kesenian-kesenian yang terdapat diindonesia ini merupakan budaya kesenian turun-temurun, dan salah satu kesenian warisan para leluhur mereka masing-masing. Hingga saat ini budaya tentang kesenian tradisional yang masih mengandung unsur mitos masih banyak kita jumpai didaerah-daerah jawa, mitos dari 4 kesenian tradisional populer diindonesia diantaranya seperti dibawah ini :

1. Kesenian Tari Seblang
mengandung unsur mitos
kesenian tari seblang
Kesenian tradisional dari tari seblang ini berasal dari daerah banyuwangi tepatnya didesa gelagah, kesenian tari seblang selalu digelar disetiap bulan syawal dan hanya dimainkan oleh seorang gadis yang masih perawan tulen.



Kesenian tari seblang berawal dari sebuah cerita legenda Ki Saiman, beliau salah satu orang terkemuka dan sakti yang sedang mengobati harimau dengan kondisi badannya yang luka parah, lalu kemudian Ki Saiman membawa harimau tersebut kesebuah mata air yang dinamakan sebagai mata air penawar.

Harimau tersebut disuruhnya berendam dalam air penawar, dengan kejadian yang sangat tidak diduga tiba-tiba harimau tersebut berubah wujudnya menjadi bidadari cantik dan juga sangat gemulay sekali dalam menari, akhirnya Ki Saiman pun menaruh hati kepada bidadari itu dan akhirnya mereka menikah dan menjadi sepasang suamu istri. 

Tidak lama kemudian ibu kandung Ki Saiman meninggal dunia dan menurut cerita bahwa roh dari ibu kandung Ki Saiman selalu masuk ketubuh anaknya yang masih gadis sampai akhirnya ia menari-nari tak karuan, dan disitulah awal mula munculnya kesenian tari yang dinamakan tari seblang, lalu tari seblang diturunkan terhadap keturunan Ki Saiman.

2. Kesenian Bambu Gila
mengandung unsur mitos
bambu gila
Selain disebut sebagai kesenian, bisa juga disebut sebagai permainan bambu gila, kesenian ini berasal dari daerah maluku. Setiap orang yang menggelar kesenian ini selalu dilakukan para laki-laki dewasa dan juga berbadan kekar.



Kesenian bambu gila dimainkan oleh 7 laki-laki, yang melawan sebuah bambu yang berukuran 2.5 mtr, mungkin bagi seseorang yang masih awam, tidak akan pernah merasakan adanya unsur mistis dam permainan bambu gila ini, dari ke 7 laki-laki tersebut melawan sebatang bambu yang sudah berisikan sebuah mantra sehingga dari ke 7 laki-laki tersebut merasakan sesuatu yang sangat berat dari sebuah bambu tersebut.

Kalian bisa melihatnya dari gambar diatas, bahwa dari ke 7 laki-laki dan kesemuanya berbadan kekar tidak kuat menahan beratnya bambu yang sudah berisi sebuah mantra. Salah satu pawang yang berdidi tepat didepan ke 7 laki-laki itulah yang mengisikan sebuah mantra terhadap bambu tersebut.

Kesenian bambu gila ini sangat populer dengan sebutan buluh gila (bambu gila), permainan bambu gila bisa dijumpai didaerah desa liang, kecamatan salahatu, dan juga didesa mamala dikabupaten maluku, kesenian bambu gila ini merupakan kesenian budaya khas dari maluku dimana kesenian tersebut ada berbau unsur mistis didalamnya.

3. Kesenian tarian berdhaya ketawang
mengandung unsur mitos
tarian berdhaya ketawang
Kesenian dari tarian bedhaya ketawang merupakan sebuag tarian yang sangat sakral sekali, dan kesenian ini hanya diperbolehkan digelar dalam waktu 1 tahun sekali saja. Menurut cerita bahwa kesenian tradisional yang sudah sangat populer ini ada keterkaitannya dengan ratu nyi roro kidul, bahkan bila dilihat dengan mata batin nyi roro kidul juga ikut menari demi menghormati raja mataram.

Dari sebuah buku kitab Wedbapradangga yang merupakan pencipta dari kesenian tari bedhaya ketawang yaitu sultan agung 1613 sampai 1645 raja pertama juga terkenal dari mataram begitu juga dengan kanjeng ratu kencanasari yaitu tidak lain dari kanjeng ratu kidul, sebelum kesenian ini berlangsung sultan agung memerintahkan kepada ahli-ahli pembuat alat musik yaitu membuat sebuah gendhing yang dinamakannya ketawang.

Disaat kesenian berlangsung akan terasa sekali suasan berbeda dengan suasana biasanya, apalagi lantunan suara yang keluar dari rebab yang nantinya mengawali para penari yang memasuki ruangan kekeratonan, dengan dalem ageng prabasuyasa lalu menuju ke pendopo.

4. Kesenian tari sintren
4 kesenian tradisional
Tari sintren
Kesenian dari tari sintren ini, dikalangan masyarakat jawa tengah sudah sangat populer sekali, dimana seorang wanita didandani, kemudian dimasukan terlebih dahulu kedalam kurungan, dengan iringan sebuah nyanyian tidak lama kemudian diangkatlah sebuah kurungan tersebut, maka wanita itu sudah mengenakan pakaian tradisional lengkap dengan aksesoris seperti kaca mata.

Kesenian sintren ini dikenal juga dengan sebutan lais, kesenian sintren memang sangat populer dan dikenal sebagai kesenian yang masih mengandung unsur mitos, karena kesenian sintren ini tidak jauh dari bantuan para makhluk halus.

Seseorang yang menjadi salah satu penari atau yang menjadi sintren harus dilakukan oleh gadis yang masih suci, dengan bantuan sang pawang, serta alunan musik tradisional gending sebanyak enam orang, dan hingga saat ini kesenian sintren menjadi salah satu hiburan kebudayaan tradisonal, tidak ketinggalan juga adanya seorang bodor dari kalangan laki-laki yang mendampingi si sintren, dan semuanya dalam keadaan tidak wajar alias mereka berdua telah dirasuki makhluk halus.

Demikianlah ulasan mengenai mitos dari 4 kesenian tradisional dan populer diindonesia ini, mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita terhadap kesenian-kesenian yang terdapat diindonesia ini.

Mitos yang terjadi dengan munculnya fenomena gerhana bulan

Munculnya fenomena gerhana bulan - Tentang munculnya fenomena gerhana bulan seringkali dikait-kaitkan dengan sebuah mistis, masalah benar atau tidaknya itu cuma masalah waktu saja yang bisa menjawabnya.
munculnya fenomena gerhana bulan
Munculnya fenomena gerhana bulan

Sebagai makhluk bumi, ya kita-kita ini semua entah kapan dan hari apa pasti akan mengalami terjadinya gerhana bulan. Jika dilihat dengan mata kepala kita sendiri, fenomena tentang gerhana bulan itu agak sedikit menakutkan, karena dimana seluruh bentuk bulat dari bulan akan tertutup dengan bayangan bumi, yang tersirat dalam benak kita pasti sekan-akan bumi akan kiamat.

Terjadinya gerhana bulan sebetulnya  proses diantara bulan dan matahari dalam satu posisi tepat saling berhadapan, akibatnya sinar dari matahari tidak bisa menjangkau bulan dikarenakan penghambatan dari bumi.

Oleh sebab itulah adanya sebuah fenomena gerhana bulan, bentuk bulan sendiri akan terlihat sangat gelap namun tidaklah berbahaya bagi manusia. Jika menurut islam apabila kita melihat semata-mata terjadi gerhana bulan, sangatlah disunnahkan untuk melaksanakan shalat gerhana maupun shalat khusuf.

Berbeda pandangan jika menurut ilmiah, seringkali terjadinya gerhana bulan pasti ada keterkaitannya dengan sebuah mistis atau mitos, walaupun jaman sudha dibilang jaman modern, namun soal keterkaitan sesuatu pasti selalu dikait-kaitkan denganhal-hal yang mistis, dan mitos yang marak didengar tentang munculnya fenomena gerhana bulan, diantaranya ;


Seekor Naga Murka
munculnya fenomena gerhana bulan
Naga murka
  • Menurut masyarakat cina sangat mempercayai terhadap munculnya fenomena gerhana bulan dikarenakan ada seekor naga angkasa yang sedang marah, sehingga mampu menelan bulan bulat-bulat dan jika menurut bahasa umum dicina disebut sebagai CHIH, yang berarti sedang memangsa.
  • Maka demi menyelamatkan bulan kemudian manusia menciptakan sebuah kekacauan dibumi dengan maksud supaya naga angkasa mengeluarkan kembali bulan dari perutnya caranya dengan memainkan sebuah alat musik perkusi, atau juga membakar sebuah petasan yang sangat besar sehingga mengeluarkan suara yang sangat bising sekali, konon tradisi ini masih berlaku dinegara cina.
RACUNNYA DEWA-DEWA
  • Berbeda lagi jika menurut orang-orang jepang, munculnya gerhana bulan adalah dimana para dewa-dewa sedang menaburkan benih racun hitam diseluruh sudut dunia. Racun dengan warna hitam pekat itu sehingga malam menjadi tertutup gelap total.

Orang-orang jepang dijaman dahulu disaat gerhana bulan tiba mereka langsung menjaga sumur-sumur mereka dengan memberi tutup dengan barang apa saja, dan untuk para laki-laki selalu berjaga-jaga didepan sumur mereka masing-masing dilengkapi senjata berupa samurai sampai gerhana bulan sudah betul-betul berlalu.
Baca juga :  Fakta mitos tentang munculnya fenomena gerhana matahari
SETAN TURUN KE DUNIA
  • Pendapat tentang fenomena gerhana bulan menurut orang prancis, ada salah satu raja dengan nama Raja Louis (entah louis keberapa) meninggal dalam keadaan histeris serta rasa takut yang teramat sangat. Ketakutan yang disebabkan terbangunnya dari tidur dengan tiba-tiba dalam kondisi gelap gulita.
Apalagi disaat ia terbagun serta menatap dari sebuah jendela ia sama sekali tidak melihat adanya sesosok bulan terang, louis sebelumnya meninggal ia sempat berteriak kencang bahwa akan adanya setan yang turun kedunia.

PELAYAN DEWA
munculnya fenomena gerhana bulan
pelayan para dewa
  • Seluruh dunia pasti telah mengetahui colombus, sepak terjangnya yang sangat dikenal sebagai penjaja lautan. Didalam pelayarannya colombus terombang-ambing sampai daratan jamaika disebabkan kapalnya mengalami rusak parah. Selama proses perbaikan kapalnya, anak buah dari colombuspun tidak hanya berfokus kekapal, mereka pun harus mencari perbekalan makanan selama perbaikan kapalnya berlangsung.
  • Proses perbaikan kapal menjadi terhambat, disebabkan anak buah dari colombus perlu mencari makanan selama keberadaannya di jamaika. Saat itu pas bertepatan dengan munculnya fenomena gerhana bulan, dan akhirnya colombus mempergunakan pengetahuannya untuk mengelabuhi para crew kapal agar cepat-cepat mencarikan makanan sebelum para dewa junjungan marah dan bisa menelan bulan bulat-bulat.
Pada awalnya para crew mempercayainya, akan tetapi disaat bulan betul-betul menghilang dari pandangan mata semua crew ketakutan, akhirnya secara bersamaan masyarakat jamaika itu sendiri dengan sukarela membantunya hinga akhirnya colombus pun bisa melangsungkan perjalanan pelayarannya itu.

Raksasa Bathara Kala
munculnya fenomena gerhana bulan
Bathara kala
  • Sesosok raksasa bathara kala sangat dipercaya masyarakat jawa bahwa ia pemangsa anak balita. Disebuah desa disaat gerhana bulan datang, dengan terburu-buru semua para lelaki memberikan kode kentong menginformasikan warga setempat agar selalu berjaga. Bahkan ada petua warga yang menghujamkan senjata keris ajian didepan rumahnya, dan untuk para ibu dan nenek-nenek mereka hilir mudik sibuk menyembunyikan anak balita mereka masing-masing kedalam sebuah gentong.
Mitos seperti diatas ini, hanyalah beberapa saja yang terkait dengan fenomena gerhana bulan, sebetulnya jika mengungkap mitos tentang terjadinya fenomena gerhana bulan ini masih sangatlah banyak untuk diulas. Namun sebuah mitos memang tidak lepas dari sebuah budaya maupun tradisi masing-masing dan sesuatu yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai mitos tentang munculnya fenomena gerhana bulan, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua.

Destinasi keindahan objek wisata hutan pinus dilereng merbabu

wisata hutan pinus dilereng merbabu
Destinasi objek wisata hutan - Objek wisata hutan pinus dilereng merbabu terletak dikabupaten magelang jawa tengah ini sangat berpotensi sekali sebagai objek wisata alam yang sangat besar.

Bukan hanya tempat wisata dari gardu pandang ketep pass saja yang saat ini populer dikalangan masyarakat setempat, ada beberapa tujuan wisata yang mungkin belum dijamah masyarakat luar yaitu hutan pinus dilereng merbabu.


Akhir-akhir ini objek wisata lereng merbabu banyak sekali dikunjungi wisatawan-wisatawan lokal maupun asing untuk sekedar mengabadikan foto-foto mereka dilereng merbabu. Lereng merbabu merupakan hutan pinus yang terlihat bersih, serta panorama pemandangannya yang begitu menawan sehingga tidak sedikit para pengunjung mengabadikan foto-fotonya dengan berselfie bareng teman-teman mereka.

Objek wisata hutan pinus jarak ke tempat objek wisata ketep pass tidaklah jauh, jarak yang harus ditempuh bisa juga dengan berjalan kaki sambil melihat-lihat panorama-panorama yang sangat mengagumkan disekitar lereng merbabu, jaraknya yang mencapai 5Km ini tidak akan terasa cape karena berpalingnya pandangan kita kesekitar panorama yang mengagumkan dilokasi tersebut.
Objek wisata ketep pass
Ketep pass
Tepatnya disebuah dusun kragilan, desa pogalan kecamatan pakis kabupaten magelang, objek wisata dari hutan pinus dilereng merbabu ini merupakan tujuan wisata yang terbilang masih baru, namun soal keindahan dan kesejukan dari hutan pinus dilereng merbabu ini tidak kalah dengan tempat wisata yang cukup terkenal yaitu ketep pass

Hutan pinus dilereng merbabu
Objek wisata hutan pinus dilereng merbabu
Hutan pinus dilereng merbabu
Dari keindahan panorama yang khas dari hutan pinus lereng merbabu ini, sehingga tidak sedikit dalam sehari wisatawan lokal yang berkinjung ke hutan pinus tersebut, mereka sangat bergembira sekali jika sesampainya dihutan pinus itu.

Para pengunjung yang baru tiba dihutan pinus, mereka tidak menyia-nyiakan momen yang bagus ini untuk sekedar memanfaatkan keindahan hutan pinus dengan berselfie bersama teman-teman, momen seperti inilah yang dinanti-nantikan oleh semua para wisatawan yang ingin berkunjung  ke hutan pinus lereng merbabu.

Resmi menjadi tempat wisata.

Objek wisata hutan pinus ini telah diresmikan menjadi salah satu objek wisata dilereng merbabu tepatnya dibulan mei tahun 2015, menurut warga masyarakat setempat mereka telah menjadi kandidat sebagai salah satu yang mengelola objek wisata hutan pinus, disamping itu mereka-merekalah yang setiap harinya datang ketempat hutan pinus dilereng merbabu

Sekarang tempat wisata hutan pinus ini sudah tertata dengan baik, sehingga para pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan sendiri tidak bingung lagi mencari tempat parkir, dengan tertatanya tempat wisata hutan pinus, maka volume para pengunjung yang datang dari luar daerahpun semakin bertambah dalm perharinya.

Untuk mencapai puncak tujuan menuju hutan pinus, maka para pengunjung lebih memilih untuk berjalan kaki, dari perjalanannya yang bisa dibilang melelahkan, namun dengan akses jalan yang tidak terlalu tinggi kebanyakan para pengunjug tidak merasakan lelah sama sekali.

Dari samping kanan kiri banyak sekali pohon pinus yang sangat tinggi menjulang, sehingga membuat kondisi terasa sejuk, dan juga rindangnya daun-daunan pohon pinus sangat memunculkan aura alaminya hutan pinus sehingga banyak sekali dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar berselfie ria, hasil dari foto itupun akan terlihat lebih natural pas dengan suasana yang terdapat dihutan pinus lereng merbabu itu.
Demikianlah sedikit informasi mengenai objek wisata hutan pinus dilereng merbabu ini, mudah-mudahan bermanfaat, dan selamat berkunjung.
Selamat berkunjung...

Belajar Mensyukuri Nikmat Allah Bisa Melalui Alam Semesta Ini

Belajar Mensyukuri Nikmat Allah
Alam Semesta
Cara Mensyukuri nikmat - Kenapa saya katakan "Belajar?", sebab proses pembelajaran hidup tidak akan pernah ada habisnya. Bagaimanapun, mensyukuri nikmat Allah itu, adalah suatu pekerjaan yang teramat sulit. Kenapa demikian?, sebab manusia terlahir dengan memiliki keterbatasan lahiriah atau batiniah. keterbatasan ini seperti inilah yang kerap kali menjadikan manusia lupa akan fitrahnya sebagai manusia yang lalay bahwasanya Dia yang sudah menjadikan semua isi bumi ini untuk kita miliki sebagai makhluk-Nya, Allah juga memberikan kita semua apa yang menjadi isi bumi beserta isi langit.


Persoalan manusia hanya mengenai proses mensyukuri, memikirkan dan juga menikmati, terlebih lagi jika mampu meniru alam semesta, dengan begitu kesejahteraan maupun kesenangan akan dengan mudah kita dapatkan.

Kita semua bisa renungkan dengan benda-benda, ataupun makhluk-makhluk-Nya yang telah diciptakan-Nya, namun janganlah mencoba untuk merenungkan apa yang sudah menjadi Dzat Allah (apa dan seperti apa bentuk Allah), sebab bisa-bisa kita semua akan celaka. (Hr. Abu Syaikh), tidak lah kami memberikan ilmu, terkecuali sedikit.

#Pembelajaran Melalui Mekanisme Alam

Ada banyak sekali mekanisme alam yang patut kita pelajari dan kita tiru. Namun kita sebagai manusia selalu tertinggal jauh, sebab manusia tidak akan mampu menandingi kuasa-Nya dan diantara tanda-tanda kebesaran-Nya. Salah satu contoh kebesaran Allah yang wajib kita takuti dan kita syukuri yaitu antara lain :
  • Allah telah menciptakan kilat (petir) yang mampu memberikan rasa takut dan harapan kepada setiap manusia.
  • Allah bisa menurunkan hujan yang sangat lebat dari langit, lalu kemudian bisa menghidupkan seisi bumi dengan air hujan tersebut.
Dan sebenarnya Hakekat seperti itu hanya ada tanda-tandanya melalui orang-orang beriman, bagi orang yang sudi menggunakan akal sehatnya. Dialah yang membentangkan seisi bumi, menjadikannya gunung-gunung, mengalirkan air di sungai-sungai. Ciri-ciri orang yang mampu mensyukuri nikmat Allah bisa juga datang melalui mekanisme alam seperti dibawah ini :
  • Bumi (alam semesta) banyak sekali ladang anggur yang bukan semata-mata tumbuh sendirinya.
  • Pohon kurma dari yang mulai bercabang dan yang tidak, bukan semata-mata jadi sendirinya.
  • Aku hidupkan dengan air yang sama, begitu juga Aku lebihkan mengenai rasanya yang berbeda-beda.
Hal semacam ini merupakan tanda kebesaran-Nya bagi manusia yang mau berfikir (ra'ad:4), sungguh bahwa alam semesta itu sangat kaya dengan contoh-contoh dan juga tamsil (perumpamaan) yang sangat tinggi sekali ilmu beserta manfaatnya.


#Tamsil (Perumpamaan) yang wajib dipelajari.
Tamsil atau suatu perumpamaan itu, bukan sekedar untuk manusia kagumi, akan tetapi untuk dipelajari dan bisa ditiru mekanismenya bagi semua kesejahteraan umat manusia. Kita semua bisa memperhatikan dari mulai hal yang seringkali terjadi didekat kita, sebagai contohnya :
"Kita semua tau, seberapa besarnya mata yang dimiliki seekor katak. Akan tetapi mata tersebut mampu memberikan perintah terhadap otaknya guna memilah-milah atau bagian mana yang berfaedah bagi kehidupannya. Matanya mampu melihat pada saat seekor lalat yang bergerak persis didepan ujung jangkauan lidahnya, dan katak hanya memangsa serangga-serangga yang menunjukan gerak-geriknya bahwasanya serangga tersebut masih hidup".
"Dan apabila seekor katak melihat ratusan atau ribuan lalat yang tidak menunjukan gerak-geriknya, tidak akan mungkin seekor katak akan memangsanya, oleh sebab katak paham benar dengan apa yang menjadi ciri khas musuhnya. Sementara katak akan menutup pandangannya dari apa-apa saja yang tidak ia takuti".
Dengan begitu katak juga bisa dijadikan sebagai pembelajaran alam yang begitu berarti bagi manusia, dia tidak pernah memakan musuhnya yang sudah mati. Lalu bagaimanakah dengan kita?, bahwasanya Allah menuntut banyak kepada semua umatnya, dan Dia telah berpesan :
Sekalian bangsa manusia dan jin, apabila kalian sanggup menembus dan melintasi langit dan bumi, maka lintasilah!. Tapi ada yang harus kalian ingat, kamu tidak akan mampu melintasi terkecuali dengan izin-Nya, (rakman:33). 

Artinya ada tuntutan kewajiban yang harus manusia penuhi, dan ada ilmu yang harus kalian pelajari. Tapi bersyukur manusia sudah mampu menciptakan roket-roket dengan segala kemampuannya telah berhasil membuat radar yang mampu menditeksi sesuatu dari manapun, akan tetapi tidak akan mampu menditeksi ketelitian Allah maupun kebesaran-Nya dalam hal mencipta.

Sebagai manusia, kita bisa melihat banyak apa-apa yang harus diamati dengan baik. Penciuman kupu-kupu, kerja manusia dengan ototnya, kerja manusia menggunakan otaknya yang teramat rumit dan pelik, dan masih banyak yang lainnya. Demikianlah sempurnanya Allah merancang, menciptakan, sekaligus memelihara alam semesta. Dan Allah menciptakan alam semesta ini bukanlah sebagai hasil untuk main-main atau kelakar semata :
"Tidaklah Aku ciptakan langit dan bumi ini bukanlah untk sekedar bermain-main, kami ciptakan keduanya dengan maksud dan tujuan tertentu".
Namun tidak dipungkiri, kebanyakan dari kita semua (manusia) tidak pernah mau tau, seolah-olah manusia sangat terkesan dengan keraguan, sebagaimana sabda Allah yang berbunyi :

- Apakah sama, orang yang buta dan yang tidak buta, tidak sama dengan kegelapan dan gemerlapnya cahaya, tidak akan sama dengan teduh dan terik, tidak akan sama orang mati dan hidup, yang sesungguhnya kami mampu mendengar siapa saja yang dikehendaki.
Konsepsi diatas ini merupakan sebuah pengakuan mengenai fakta, pasalnya manusia sangat erat hubungannya dengan alam, dan salah satu cara memanfaatkan alam sebagai sumber kekuatan manusia bukan hanya diperoleh dengan napsu serakah. Supaya apa yang sudah menjadi ciptaan Al-Qur'an dan apa yang sudah menjadi kewajiban manusia bisa dilaksanakan sebaik mungkin.

#Petunjuk atau isyarat Allah.


Bahwa Allah telah mengisyaratkan, dalam setiap pengamatan maupun analisa harus dibarengi dengan persepsi fuad (perasaan hati) apa yang telah menjadikan ciptaan-Nya merupakan sesuatu yang sangat indah, misalnya : menciptakan manusia hanya dari tanah, kemudian Ia turunkan melalui air mani, lalu Ia menjadikannnya ciptaan paling sempurna

Dia hembuskan ruh-Nya, kesempurnaan pendengarannya, diberikan-Nya penglihatan dan hati, tidak sedikitpun Allah merasa menghutangkannya kepada manusia, namun sebagai manusia masih ada saja yang lupa mensykurinya (As sajdah:7-9), lalu nikmat manakah yang akan kita dustai lagi?. Maka agar nikmat selalu bertambah, senantiasalah kita mensyukuri segala nikmat yang telah tercurah, janganlah khianati nikmat-Nya, agar semua yang sudah kita miliki tidak terkuras.

Sumber isnpirasi : Mutiara Jum'at (formula Rabbani)

Demikianlah sedikit ulasan mengenai belajar mensyukuri nikmat Allah yang bisa didapatkan melalui alam semesta ini, semoga bermanfaat.