Prosesi penguburan mayat paling beda dibandingkan dengan daerah lain

Prosesi penguburan mayat  - Di indonesialah, tempat dimana orang bisa menemukan hal-hal aneh dan unik yang belum pernah dijumpai dimanapun. Seperti halnya mengenai prosesi penguburan mayat paling unik dan aneh yang ada didesa tagelan tepatnya dikabupaten bali.


Di bali ini, ada terdapat adat istiadat paling unik pada saat prosesi mengubur mayat, mungkin yang sebagian orang tau hanya prosesi pembakaran mayat atau yang seringkali disebut ngaben, sama halnya seperti prosesi yang terjadi di india. Selain dari kampung trunyan dibali, ataupun prsesi pembakaran mayat rupanya masih ada lagi keunikan dan keanehan-keanehan yang belum pernah anda lihat bagaimana prosesi penguburan mayat pada umumnya.

Prosesi penguburan jenazah yang terdapat di desa tagelan kabupaten bali ini, sangat menyimpan seribu misteri dan hanya orang sekitar sajalah yang tau pasti. Setiap daerah memang memiliki adat istiadat yang berbeda-beda, karena perbedaan kultur dan juga perbedaan mengenai warisan para leluhur meraka masing-masing daerah. Sebelum saya melangkah ke topik awal, saya akan sedikit juga mengulas prosesi pemakaman mayat dibali tepatnya dikampung trunyan.

Pulau dewata bali ini, selain telah dianugrahi alamnya yang begitu indah, tidak ketinggalan kebudayaan keseniannya yang menawan, serta pantai-pantainya yang terkenal eksotis ini, bahwasanya pulau dewata bali ini dinobatkan sebagai salah satu pulau yang memiliki seribu candi yang banyak sekali menyimpan tradisi paling unik sekaligus menjadikannya sebagai daya tarik bagi para wisatawan manca negara yang datang.

Salah satunya daerah dibali yang sampai saat ini memegang erat tradisi warisan para leluhur yaitu di kampung trunyan, dimana masyarakatnya menggambarkan bali kuno.

Prosesi unik penguburan mayat di kampung trunyan bali
beda dibandingkan dengan daerah lain
Penguburan mayat di kampung trunyan (Bali)

Selain dari desa tegalan, bahwa adat istiadat dikampung trunyan ini mempunyai cara sendiri dalam hal prosesi penguburan mayat untuk masyarakat setempatnya. Dikampung trunyan ada terdapat tiga macam kuburan yang diperuntukan khusus untuk 3 jenis kematiannya yang berbeda-beda. Adapun beragam perbedaan yang menyebabkan kematian seseorang meliputi :

Pertama: 
  • Jika masyarakat trunyan meninggal dengan cara yang kurang wajar, kemudian mayatnya akan ditutupi dengan kain kafan putih, lalu diletakan diatas tanah tepat dibawah pohon besar, kemudian mengadakan ritual upacara.
Kedua: 
  • Apabila yang meninggal masih kalangan anak-anak, bayi baru lahir, kalangan remaja dan dewasa akan tetapi belum menikah, maka mereka akan ditempatkan di sema muda. Meski demikian semua mayat yang mulaim membusuk semuanya tidak mengeluarkan aroma bau menyengat.
Ketiga: 
  • Adapun mengenai warga masyarakat yang matinya tidak wajar seperti kecelakaan, dibunuh orang, bunuh diri, maka jenazahnya akan diletakan ditempat berbeda dalam satu lokasi kampung trunyan, tepatnya nama tersebut sema bantas.
Prosesi penguburan jenazah unik dan aneh didesa tegalan bali
Prosesi penguburan mayat paling unik
Sumber : https://www.youtube.com/Prosesi penguburan mayat

Kematian bagi warga masyarakat di tegalan kabupaten bali ini, agak sedikit ada kesamaan dengan daerah-daerah lainnya pada saat melakukan penguburan mayat. Prosesi penguburannya sama seperti biasa, mereka membawa mayatnya dengan menggunakan keranda mayat, kemudian dikubur seperti pada umumnya.

Jadi apa yang menjadikannya keunikan atau keanehan pada prosesi ini?, yang paling aneh dan unik. Seperti yang anda lihat pada gambar diatas ini, berapakah umumnya kedalaman tanah untuk menguburkan mayat?.

Yang menjadinya aneh didalam prosesi penguburan mayat ditegalan ini, pada saat mayat dibawa menuju pemakaman menggunakan keranda, mayat tersebut tidak ditutupi dengan sebuah kain, bahkan kerandanya pun hanya sebatas dua bambu dan tatakan tempat diletakannya mayat dengan cara diikat ke sebuah bambu untuk menggotong keranda tersebut, dan sesampainya ditempat penguburan, seperti biasa mayat dimasukan kedalam lubang dengan kedalaman hanya sampai betis orang dewasa kemudian semua bekas keranda mayatnya pun ikut dimasukan kelubang penguburannya.

Sebelum tanah galian dimasukan kembali untuk mengubur dan menutup liang kuburnya, bahwa masih ada hal yang aneh yang dilakukan orang yang mengurus mayat tersebut, sebelum liang kembali diurug dengan tanah, bahwa masih ada barang-barang yang harus diikutsertakan kedalam liang kubur tersebut, diantaranya :


  • Barang-barang yang pernah dipergunakan almarhumah/ almarhum
  • Meninggalkan beberapa jenis makanan 
  • sesaji untuk ikut dikubur bersama mayat
  • Dan meletakan selembar pecahan uang recehan
Bahwa prosesi penguburan belum selesai sampai disitu saja, kemudian setelah liang kubur sudah tertutup kembali dengan tanah, lalu tepat diatas kuburannya diletakan beberpa jenis makanan komplit dengan sayur mayurnya. Maka setiap orang yang menghadiri prosesi penguburan semuanya mengelilingi kuburan dengan meletakan satu orang satu porsi makanan.

Setelah semua yang hadir berkumpul ditengah kuburan, ada seseorang yang berdoa dan menyiprat-nyipratkan air disekeliling kuburan, kemudian setiap orang menaruh daun sirih diatas telapak tangan terbalik untuk meletakan beberapa sesaji. Untuk selengkapnya anda bisa menyaksikan tayangan video youtube.

Sumber : www.youtube.com

Demikian sedikit ulasan mengenai prosesi penguburan mayat paling unik dan aneh didesa tegalan bali ini, mudah-mudahan bisa menambah wawasan mengenai tradisi di indonesia yang paling unik.

Tradisi budaya jawa barat Tatarucingan, tebak-tebakan (sunda-indonesia)

Tradisi budaya jawa barat Tatarucingan - tebak-tebakan
Urang Sunda Asli
Tradisi budaya jawa barat  - Tradisi budaya jawa barat, kaya akan lelucon dan guyonan yang menghibur. Sore menjelang malam, orang-orang khususnya para kawula muda selalu bersenda gurau bersama.

Sudah pernahkah anda mengenal tradisi budaya orang-orang sunda dengan nama tatarucingan, atau jika dalam bahasa indonesia tebak-tebakan. Tatarucingan atau tebak-tebakan ini menjadi salah satu hiburan yang menyenangkan bagi masyarakat sunda. Dari semua kalangan bahwa orang sunda itu memiliki jiwa humoris yang sangat tinggi, maka tidak heran jika ngobrol dengan orang jawa barat selalu saja akan menemukan kata-kata yang diplesetkan.

Dimanapun dan setiap anda berjumpa orang yang asli suku sunda, anda akan dengan mudah menebaknya, dari mulai perkataannya seringkali terdengar agak lucu. Apalagi jika anda bertemu seseorang yang tidak bisa mengatakan "love", dan yang dia ucapkan eken terdengar menjadi "lope", dengan begitu sudah tidak salah lagi bahwa itulah orang dari suku sunda. Naah jika anda ingin lebih dalam lagi apa itu sebenarnya tatarucingan itu, nanti akan saya jelaskan satu persatu.


Baca juga : Tradisi permainan adu panggal yang kian terlupakan
Tatarucingan adalah sebuah tebak-tebakan, sebetulnya bukan dari daerah sunda saja yang selalu iseng tebak-tebakan, namun yang menjadi keunikan tebak-tebakan yang seringkali dilakuan orang sunda, mereka dengan sengaja berkumpul bersama, entah dikalangan anak-anak muda, bahkan sampai orang yang sudah tuapun tidak ketinggalan untuk bergabung, jadi tatarucingan seperti apa saja yang seringkali diucapkan oleh orang-orang sunda ini?.
Baca juga : Tradisi unik adu muncang dari jawa barat
Setiap kalimat dan ucapannya tidak jauh berbeda dengan bahasa sehari-hari, namun tatarucingan atau tebak-tebakan yang selalu keluar dari ucapannya itu tidak jauh seperti kalimat seperti dibawah ini:

#Tebak-tebakan sunda - indonesia
Sunda - Mun monyet naek kana tangkal, terus tinggal naon? jawabannya : tinggal turuna hungkul
Indonesia - Kalau monyet naik pohon, lalu tinggal apanya? : tinggal turunnya saja.
Sunda - Tasbeh naon coba?, Jawabannya : nya ce
Indonesia - Tasbe apaan coba, ya C
Sunda - Hayam naon nu sukuna loba?, jawabannya : hayam keur miluan konpoy
Indonesia - Ayam apaan yang kakinya banyak, ayam lagi ikutan konfoy
Sunda - Leutik, hideng, jeung pikasieunan?, jawabannya : sirem nempel dina huntu singa
Indonesia - Kecil, hitam dan sangat menakutkan, semut yang nempel di gigi singa.
Sunda - Kumaha carana ngabedaken hulu jeng buntut cacing?, jawabannya : keletekan heula, nuseuri berarti eta huluna
Indonesia - Bagaimana cara membedakan kepala dan buntut cacing, klitikan dulu, yang tertawa itu kepalanya
Sunda - Sapi naon nu bau pisan?, jawabannya : sapiteng
Indonesia : Sapi apa yang sangat bau, sapiteng
Sunda - Hayam rintik ngacung kalangit?, jawabannya : danas
Indonesia - Ayam brintik menjulang kelangit : buah danas
Sunda - Lauk, lauk naon nu bisaen hiber?, jawabannya : lauk indosiar
Indonesia - Ikan apa yang bisa terbang, ikan Indosiar.
Sunda - Hideung, letik, kesangan?, jawabannya : semut lagi push-up
Indonesia - Hitam, kecil, berkeringat, semut lagi push-up
Sunda - Hideung, kecil, hente ngesang?, jawabannya : semut ekeur ngaso
Indonesia - Hitam, kecil, tidak berkeringat, semut lagi istirahat
Sunda - Sapi naon nu bisa lempang dina tembok?, jawabannya : sapiderman
Indonesia - Sapi apa yang bisa berjalan ditembok, sapiderman
Sunda - Sapi naon nu jalana gancang? jawabannya : sapida balap
Indonesia - Sapi apa yang jalannya cepat, sapida balap
Sunda - Buah naon nu tukangna pake huruf K?, jawabannya : nangka buruk, apel buruk, salak buruk, duren buruk
Indonesia - Buah apa yang belakangnya menggunakan huruf K, nangka busuk, apel busuk, salak busuk, duren busuk.
Sunda - Naon bedana ucing jeng ucring? jawabannya : mun ucing sukuna opat, mun ucring sukuna oprat
Indonesia - Apa beda dari kucing sama kucring, kucing kakinya empat, kalau kucring kakinya emprat.
Sunda - Sebutken lima ngaran buah, naon wae, jawabannya ; Rujak
Indonesia - Sebutkan lima nama jenis buah, rujak
Sunda - rupa na buled panjang, hareupna pake hurup K, ari tukangna L, naon cing?, jawabannya : KapsuL
Indonesia - bentuknya bulat pangjang, depannya pakai huruf K, kalau belakang L, apakah itu, KapsuL
Dari semua keterangan diatas, sebenarnya tidak ada perbedaan dengan dengan menggunakan bahasa indonesia. Namun memang,  jika anda artikan artinya akan ada sedikit ketidak cocokan atau kurang singkronnya dari setiap kalimat sunda dan bahasa indonesia. Selain dari tatarucingan, masih banyak lagi tradisi atau kesenian-kesenian sunda yang tidak kalah menariknya jika ditelusuri keseluruhan, itulah jenis tatarucingan yang dijadikan sebagai tradisinya orang jawa barat.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai budaya jawa barat tatarucingan atau tebak-tebakan, sunda-indonesia ini yang bisa saya suguhkan kehadapananda semua, mudah-mudahan sedikit artikel ini bisa sedikit menghibur sobat dimanapun berada, haturnuhun.

Kandungan mitos magic yang tersimpan didalam tapal kuda

Kandungan mitos magis dalam tapal kuda
Mitos magic didalam tapal kuda
Kandungan magic tapal kudaSebetulnya kalau kita telaah baik-baik, apasih keistimewaan dari tapal kuda bekas, dengan bentuk yang penuh karat apalagi tapal kuda bekas tersebut sama sekali tidak dipergunakannya lagi oleh sipemilik kuda, dimana sebenarnya letak keistimewaan tapal kuda bekas tersebut.


Dikampung saya digarut masih banyak dari seseorang yang memelihara kuda untuk dijadikan alat transportasi jarak dekat saja, tapi saya sendiri belum pernah mendengar kandungan magis dalam tapal kuda bekas tersebut, apalagi tapal kuda yang sampai mampu menghalau dan mengatasi serangan dari belakang atau santet.

Apa memang betul demikian sehingga kandungan tentang magis dalam tapal kuda bekas masih dirahasiakan oleh sipemilik kuda tersebut, akan tetapi ditempat saya tinggal sekarang (jakarta) harga dari tapal kuda bekas tersebut mencapai 50.000 rupiah perbiji, disitulah saya semakin yakin bahwa dari tapal kuda bekas tersebut memang tersimpan mitos magic dalam tapal kuda itu.


Mungkin untuk seseorang yang awam tentang magis, apabila untuk memperhatikan tapal kuda bekas tersebut dilihatnya hanya sebagai bentuk dari besi tua dan karatan, akan tetapi memang betul adanya magis yang tersimpan dalam tapal kuda bekas tersebut, seperti yang telah saya dengar dari beberapa sumber bahwa magis yang tersimpan dalam tapal kuda bekas itu, sangat beraneka ragam manfaatnya.

Menurut para sumber yang mempercayai adanya mitos magis dalam tapal kuda tersebut, tapal kuda bekas akan lebih mempunyai nilai positiv apabila tapal kuda yang terlepas dari kaki kuda dengan sendirinya, bukan sengaja dilepaskan oleh sipemilik kuda tersebut, dan akan lebih bagusnya lagi apabila tapal kuda yang terlepas dengan sendirinya dihari jumat, sehingga dengan terlepasnya dari kaki kuda dihari jumat, maka aura posotiv dalam tapal kudanya akan semakin kuat.
Baca juga : Mengungkap mitos khasiat mistis pohon bambu kuning dan tebu ireng
Dan berikut dibawah ini ulasan mengenai kandungan mistis magic yang terdapat melalui tapal kuda yang sudah tidak dipergunakan lagi dan sudah berkarat, simak kandungan mistis selain dari ulasan seperti diatas :

- Magis dalam tapal kuda bekas
  • Penuturan dari beberapa sumber, bahwa tapal kuda yang terlepas dengan sendirinya akan sangat berguna untuk melancarkan proses kelahiran untuk seorang perempuan, caranya hanya direndamkan ke air dalam gelas, maka proses kelahiran yang tadinya menemukan banyak masalah akan mudah teratasi.
  • Tidak sedikit seseorang yang telah memakai tapal kuda bekas tersebut yang memang sengaja untuk menjaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan, dan apa saja kira-kira magis yang tersimpan dalam tapal kuda, serta apa kegunaannya dari tapal kuda tersebut, ayo..kita simak baik-baik, mitos magis apa kiranya yang terdapat dalam tapal kuda tersebut.
- Menangkal ilmu hitam
  • Penuturan sumber berasal dari wonogiri pernah mengulas trik perusahaannya dari penolakan dari gangguan jin yang selalu menghampirinya.
  • Cara serta penggunaannya tidak harus melalui proses tirakat atau proses lainnya yang sering dilakukan pada umumnya, katakan saja apabila kita menginginkan keselamatan berkendara, simpanlah tapal kuda bekas tersebut dalam kendaraan kita atau kita pasang dalam kerangka kendaraan kita.
- Menangkal santet
  • Kita bisa memasang tapal kuda dipintu masuk, guna menghindari aura negativ yang kerap mengganggu semua penghuni isi rumah, caranya hanya memakukan diatas pintu masuk pertama, atau bisa kita pasang ditengah-tengah ruangan tamu.

Banyak sekali kandungan magic dalam tapal kuda bekas tersebut, selain kegunaan seperti diatas tapal kuda bekas bisa untuk menyuburkan pertumbuhan anak serta bisa untuk mengatasi sawan, percaya enggak percaya memang seperti itulah kenyataannya. Karena manusia memang diciptakan untuk berfikir, akan tetapi apa yang saya ulas disini bukan berarti kita harus mempercayainya 100%, akan tetapi kita sebagai manusia biasa diwajiban untuk selalu berusaha, betul...

Kiranya sedikit ulasan mengenai kandungan mitos magic dalam tapal kuda saya akhiri sampai disini, mudah-mudahan artikel ini bisa menarik untuk disimak.

Mengupas mitos tentang arti dari mimpi disaat tidur

Arti dari mimpi disaat tidur  - Mimpi merupakan kembangnya tidur, namun tidak terlepas bahwasanya mimpi pada saat tidur selalu diidentikan dengan sebuah kejadian yang bakalan menimpa bagi yang mimpinya.
arti dari mimpi disaat tidur
 arti dari mimpi disaat tidur 



Mengupas mitos arti dari tabir mimpi. Akan tetapi kang alip bukan untuk mengajak kalian untuk mempercayai hal-hal yang diluar logika ya..yang saya kupas hanya untuk sekedar pengin tau saja, sekaligus untuk bahan obrolan menarik sehari-hari.

Dalam hal tidak ada sifat mengajak untuk mempercayai hal-hal seperti itu, tapi ada sebagian orang yang percaya juga apa arti mimpi tersebut, baiklah jika kalian ingin tau arti dari mimpi-mimpi tersebut, berikut dibawah ini daftar-daftar mimpinya yang selalu dikaitkan dengan mitos.


#Mitos tentang arti dari mimpi disaat tidur

  • Darah di ranjang : akan mengalami kesusahan 
  • Diberi dompet : akan mengalami kesusahan dalam tugas 
  • Menemukan dompet kosong : akan mendapat berita yang sebenarnya anda tak ingin mendengarnya 
  • Menemukan dompet berisi : akan mendapat kebahagiaan 
  • Melihat orang berdasi : akan mendapat eberuntungan 
  • Memakai dasi : akan mendapatkan penyakit 
  • Mendapat gaji : akan mendapat kepercayaan dari atasan 
  • Melihat bos membagi-bagikan gaji : akan mendapakan tugas baru 
  • Menolong orang yang terkena gempa : akan mengalami keberuntungan dalam usaha 
  • Merasa ada gempa : akan pindah dari tempat tugas semula 
  • Ada salah satu gigi tanggal : akan ada salah seorang keluarga meninggal 
  • Sakit gigi sambil menangis : akan mendapat halangan 
  • Melihat gunung meletus : akan mendapatkan kedudukkan terhormat 
  • Menaiki gunung yang terjal dan berhasil sampai kepuncak : kan mencapai kemajuan dalam usaha 
  • Bertemu guru : akan memperoleh karunia 
  • Tengah berguru : akan memperoleh ilmu 
  • Melihat orang membuang sampah di depan rumah : akan mengalami kesuksesan dalam karier 
  • Membeli sayur sayuran : usaha yang dirintis akan membuahkan hasil 
  • Makan sayur sayuran : rumah tangga akan kurang baik 
  • Menanam sayur sayuran diladang : akan mendapatkan berkah dari Allah 
  • Menjawab salam orang : harus berhati-hati jika mau keluar rumah 
  • Memberi salam : akan mendapatkan pernghargaan dari orang-orang di sekitarnya 
  • Melihat ada burung dalam sangkar : akan memperoleh pendamping hidup 
  • Melihat burung buas dalam sangkar : akan mendapat warisan 
  • Menderita sakit : akan mendapat rejeki yang banyak 
  • Sakit gigi : akan mendapatkan kebahagiaan sepanjang hari 
  • Melihat orang sakit dirumah sakit : akan dijauhi oleh teman 
  • Menolong orang sakit : akan mendapatkan pertolongan dari orang lain 
  • Makan sabun : akan mendapatkan kesulitan dalam mencari rejeki 
  • Melihat pohon runtuh : kesehatan akan menurun 
  • Membeli rokok : akan mendapat bantuan dari orang berpangkat 
  • Sedang merokok : akan mendapat keberhasilan dalam pekerjaan 
  • Melihat bulan purnama : akan mendapatkan keuntungan besar 
  • Melihat rembulan jatuh : akan mengalami kesusahan 
  • Melihat burung kuntul atau blekok : akan selalu salah dalam bicara 
  • Memegang burung merpati : akan mendapatkan kabar atau berita 
  • Mendengar burung berkicau : akan mendapatkan uang 
  • Melihat burung kenari berkicau di sangkar : akan mendapatkan kebahagiaan 
  • Melihat burung gereja : akan merencanakan sebuah usaha 
  • Melihat bintang menyinari kita : akan naik pangkat 
  • Melihat bintang jatuh : akan mendapat berkah dari Tuhan 
  • Melihat bintang kemukus jatuh ke rumah anda : akan mendapat kebahagiaan 
  • Melihat buaya masuk rumah : akan mendapat keuntungan 
  • Melihat buaya : ada orang yang diam-diam hendak mencelakai anda 
  • Melihat buaya masuk kekali : akan memperoleh kesuksesan 
  • Membagikan bunga pada teman : akan berpisah dengan teman 
  • Bercinta dengan kekasih : cinta yang anda bina akan tumbuh subur 
  • Baru mulai bercinta : akan cekcok dengan kekasih 
  • Putus cinta : akan Mampu membina cinta dengan baik
Naah, berikut diatas adalah daftar-daftar apa arti dari mimpi-mimpi tersebut, disini kangalip bukan untuk mengajak kalian untuk mepercayai tentang apa arti mimpi tersebut, ya ini cuma untuk sekedar rasa ingin atu saja, LOGIKANYA kan, " Manusia tanpa berusaha, mustahil tujuannya akan tercapai", betuuul..,

Manusia diberikan akal bukan untuk mempercayai hal-hal yang diluar logika, teruslah berusaha, baiklah sobat semua demikian sedikit suguhan saya, mengupas mitos arti dari tabir mimpi semoga bisa menarik untuk dibacanya, terimakasih atas kunjungannya, wassalam..

Arti dari mitos telinga berdengung nging-nging

Arti dari telinga berdengung nging-nging
telinga berdengung
Arti telinga berdengung  - Setiap orang pernah merasakan telinganya berdengung dan mengeluarkan suara berdengung nging-nging. Biasanya selalu dikait-kaitkan dengan suatu kejadian ataupun sebuah peringatan secara halus atau goib.


Memang mengartikan dari arti semua itu sangat sulit untuk diprediksinya secara benar, atau jika memang semua itu benar, apa dari arti suara yang keluar di telinga mungkin kebetulan, atau bisa jadi memang itu kenyataannya.


Tidak sedikit dari seseorang yang masih mempercayai hal-hal yang demikian, akan tetapi itu semua hak mereka dalam meng artikan arti dari telinga berdengung nging-nging tersebut. Setiap orang berhak untuk menentukan atau mengartikan sesuatu yang terjadi dari tubuh, ataupun sesuatu yang seperti saya singgung diatas tersebut, dan saya yakin semua orang pernah mengalami hal seperti demikian. Memang akan menjadi cerita yang seru dan menarik, apabila kita membahas tentang hal diatas dengan teman-teman kerja, ataupun bersama-sama sahabat diluar rumah maupun ditempat bermain.

Baiklah sobat semua, apabila diantara kalian semua ingin tau lebih jelas tentang dari arti dari mitos telinga berdengung nging-nging, disini saya akan sedikit mengupasnya untuk kalian ketahui.
"Baca juga : Mengupas mitos tentang arti dari mimpi disaat tidur
#Arti dari telinga berbunyi nging-nging:

Ok..sobat semua, jika hanya sekedar ingin tau apa dari arti semua itu, dibawah ini ada beberapa ulasan tentang telinga yang selalu berdengung nging-nging, simak dibawah ini :



1.
Jika bunyi telinga sekitar jam 6 sore sampai jam 8 malam.
Artinya : akan ada seseorang yang memanggil anda


2.
Jika Telinga anda berdengung jam 6 sore sampai jam 8 malam.
Artinya : Anda akan kedatangan tamu


3.
Jika berdengung telinga kanan antara jam 8 ba'da isya sampai jam 10 malam. Artinya : anda akan diundang ke tempat keramaian


4.
Jika Telinga kanan anda berdengung diantara jam 10 sampai 12 malam. 
Artinya : anda akan kehilangan uang oleh karena itu anda harus hati-hati dan untuk ini anda harus sabar jika sampai terjadi.
"Baca juga : Mitos tentang sifat-sifat bayi menurut hari kelahiran
5.
Jika telingan kiri anda berdengung jam 12 sampai jam 2 tengah malam.
Artinya : anda akan berselisih faham dengan seseorang. 


6.
Jika telinga kanan anda berdengung dari jam 12 sampai jam 2 tengah malam
Artinya : anda akan terlibat suatu perkara, dan anda dianjurkan untuk membaca yasin sebanyak 7 kali, dari mulai ayat pertama sampai sembilan


7.
Jika telinga kiri anda berdengung diantara jam 2 malam sampai jam 4 pagi.
Artinya :  buruk bagi anda, anda akan kehilangngan uang dicopet atau dicuri orang.


8.
Jika telinga kanan anda berdengung dari jam 2 malam sampai jam 4 pagi.
Artinya : sesuatu tidak baik akan menimpa anda, dan pada suatu saat akanada kerusakan atau bahaya menimpa


9.
Jika Telinga anda berdengung dari mulai jam 4 pagi sampai jam 6 pagi.
Artinya : Anda akan diundang untuk menghadiri perjamuan


10.
Jika telinga kanan anda berdengung diantara jam 4 sampai jam 6 pagi.
Artinya : anda akan kedatangan tamu.


11.
Jika telinga yang kiri berdengung di antara jain 6 pagi sampai jam 8 siang.
Artinya : anda akan bepergian yang jauh keluar kota atau keluar negeri
tapi jika kuping kanan anda yang berdengung, artinya. anda akan kedatangan tamu.


12.
Jika telinga kiri berdengung antara jam 8 sampai jam 10 siang. 
Artinya : anda akan terlibat di dalam suatu urusan.


13.
Jika telinga kanan anda berdengug antara jam. 8 pagi sampai jam 10 slang.
Artinya : anda akan mendapat rejeki.


14.
Jika telinga kiri anda berdengung antara jam 10 dampai jam 12 siang.
Artinya : anda akan menerima surat dari lain tempat


15.
Jika telinga kanan anda berdengung antara jam 10 sampai jam 12 siang.
Artinya : anda akan mengalami sakit

Demikian sobat semua, ulasan tentang arti dari mitos telinga berdengung nging-nging, buat untuk sekedar tau saja..mudah-mudahan artikel ini bisa sedikit bermanfaat untuk semua.

Tabir mistis yang terdapat dibenteng pendem ngawi

Benteng pendem ngawi - sangat menggemparkan semua warga setempat yang berdekatan dengan benteng pendem tersebut. Benteng pendem yang terdapat dingawi tidak seperti benteng pendem yang berada didaerah cilacap, konon katanya benteng pendem dingawi ini merupakan benteng yang sangat terkenal dengan keangkerannya.

Selain dari masa kelam yang terdapat dibenteng pendem dingawi ini, sering kali seseorang warga setempat melihat kemunculan makhluk-mahluk gaib yang berkeliaran ditempat itu, seperti apa kira-kira mistis yang berada di benteng pendem ngawi ini, simak ulasan lengkapnya dibawah ini ;


Sejarah Benteng Pendem Ngawi 
Dari bangunan gedungnya yang kokoh serta sedikit agak berlumut ini, menurut cerita yang beredar bahwa benteng pendem ini mempunyai nama dari benteng Van Den Bosch yang berada dijawa timur tepatnya didesa Palem.

Benteng yang bernama Van Den Bosch ini merupakan sebuah bangunan tempat pertahannya para kolonial belanda yang dipimpin langsung oleh Johannes Van Den Bosch, yang ia bangun hampir tidak menyisakan ruang tanah, sehingga dari kejauhan yang terlihat hanya sebuah benteng pendem saja.

Situs dari keberadaan benteng pendem sendiri kira-kira didirikan pada tahun 1839 hingga selesai pada tahun 1845 yang silam. Dikala itu benteng pendem adalah tempat perlindungan khusus untuk para pasukan belanda disaat berperang melawan semua prajurit-prajurit dari pangeran diponegoro, benteng pendem yang terdapat dingawi ini sempat menjadi objek wisata sejarah, lokasi yang tidak terlalu jauh jaraknya dari sebuah pemakakan para pahlawan yang terdapat dingawi.

Kuburan Misterius 
Tabir mistis yang terdapat dibenteng pendem ngawi
kuburan misterius
Ada salah satu kuburan yang terdapat didalam bagian ruangan benteng pendem. Dengan adanya kuburan yang berada tepat didalam benteng merupakan suatu bukti bahwa ada seseorang yang telah meniggal dan dikuburkan diarea bagian dalam benteng pendem.

Menurut dari beberapa sumber, bahwa kuburan yang terdapat dibenteng pendem tersebut adalah kuburan mendiang Muhammad Nursalim, Beliau merupakan salah satu kiyai dan juga pejuang dari pihak Pangeran Diponegoro yang gugur dan dikuburkan didalam benteng pendem itu. 

Muhammad Nursalim sepak terjangnya sangat terkenal sekali oleh semua masyarakat ngawi, dengan ilmu kanuragan yang ia miliki maka akhirnya pasukan kolonial belanda menangkap ia secara hidup-hidup lalu dibawanya kedalam benteng pertahanan yaitu benteng pendem tersebut. Tidak lama kemudian setelah kejadian penangkapan Muhammad Nursalim, berselang waktu yang tidak begitu lama bahwa beliau telah meninggal dunia dlam sebuah tahanan dengan cara dikubur hidup-hidup didalam benteng pendem oleh para pasukan belanda.

Sejarah sumur tua
Tabir mistis yang terdapat dibenteng pendem ngawiDidalam lokasi benteng pendem yang terdapat dingawi ini, bukan hanya kuburan dari Kiyai Muhammad Nursalim saja, ada juga sebuah sumur yang menyimpan banyak sejarah, konon katanya sumur tua digunakan sebagai tempat pembuangan para mayat para tenaga rodi yang bekerja pada pasukan belanda. Padahal mayat-mayat tersebut dimasa hidupnya adalah seseorang yang ikut membantu berdirinya benteng pendem tersebut. 
Usia dari bangunan benteng pendem yang telah mencapai usia setengah abad ini masih sangat kokoh serta terksturnya sedikit megah ini, akan etapi banyak sekali kejadian-kejadian aneh yang terdapat dilokasi benteng, tidak sedikit seseorang yang sengaja berkunjung dibenteng itu mendapati hal-hal yang tidak wajar atau aneh, misalnya dengan adanya penampakan yang seringkali muncul disitu, diantaranya ;

- Hantu Tentara Belanda Tanpa Kepala
  • Memang terdengar agak lucu, adanya sesosok makhluk gaib secara bergerombol menampakan dirinya dengan berpakaian lengkap militer dan sering sekali menampakannya tanpa adanya kepala, mitos yeng beredar ini hampir mirip dengan makhluk gaib yang terdapat di lawang sewu.
- Hantu siluman ular


  • Dengan munculnya secara tiba-tiba, serta dilihat bah seperti sebuah bayangan yang melesat cepat ini sehinga menimbulkan ketidak nyamanannya para pengunjung, apalagi yang dilihat bukan makhluk biasa merupakan jelmaan dari ular berkepala manusia. Seringkali kedatangannya keluar dari celah-celah bangunan mungkin hanya sekedar numpang lewat saja, walapun secara tidak langsung bukan berniat untuk mengganggu namun kehadirannya membuat ketakutan bagi seseorang yang melihatnya.
- Manusia Berwujud Kelelawar
  • Selain dari munculnya makhluk-makhluk gaib seperti diatas, ada lagi sosok makhluk gaib yang dibilang sangat menyeramkan, yaitu sesosok kelelawar besar menyerupai tubuh manusia dan sering berdiam diri diatas gedung benteng pendem. 
Kemungkinan makhluk ini merupakan makhluk gaib yang telah lama menghuni ruangan benteng Van Den Bosch, makhluk yang satu ini seringkali dikait-kaitkan dengan makhluk gaib asal belanda yaitu vampire.

Dari kesemua mahkluk gaib yang berada ditempat ini, merupakan cerminan sejarah dari benteng pendem dingawi ini, masih banyak lagi tabir-tabir mistis yang terdapat ditempat benteng pendem ini, semoga ulasan mengenai tabir mistis yang terdapat dibenteng pendem ngawi, bisa menambah pengetahuan dan pemahaman sejarah.