Cara menulis artikel seo yang benar-benar akurat dan efektif

Cara menulis artikel seo - Ingin menulis artikel yang mudah dicari serp engine tentunya tidak semudah seperti menulis surat lamaran kerja.
artikel seo yang benar dan efektif
artikel seo

Surat lamaran sekali kita kirimkan bisa langsung dibaca atasan, namun untuk artikel yang seo, sekali kirim belum tentu bisa dibaca langsung oleh mesin pencari. Naah jika anda menginginkan artikel anda bisa dengan mudah ditemukan atau dirayapi mesin pencari simak penjelasan tentang seo seperti dibawah ini :

Cara Kerja SEO
SEO atau search Engine Optimization adalah cara untuk memaksimalkan website agar bisa berada di peringkat atas dalam mesin pencari. Mesin pencari, seperti google, memiliki perhitungan sendiri dalam menentukan peringkat suatu website. Dengan membuat artikel yang disesuaikan dengan ‘perhitungan’ mesin pencari, maka artikel dalam website kita akan berada di peringkat atas.

Dari data yang dirilis oleh mesin pencari Google, website yang berada pada urutan 3 teratas mendapatkan klik sebesar 50%. Itu berarti mencapai puluhan ribu pengunjung setiap harinya. Itulah kenapa menulis dengan teknik SEO menjadi hal yang sangat penting. Apalagi bagi anda yang memiliki bisnis online.

SEO merupakan salah satu teknik pemasaran yang terbukti sukses pada era modern ini. Masyarakat kerap mencari segala sesuatu melalui mesin pencari. Dari situlah anda bisa mendapat kesempatan yang besar untuk memasarkan produk atau jasa yang anda jual.

SEO merupakan teknik dasar yang akan sangat membantu anda untuk memperkenal website ataupun konten yang anda miliki. Bagaimana tidak? Mesin pencari seperti Google dan Bing dikunjungi oleh ratusan juta orang di Indonesia, dan miliaran orang di dunia. Maka jika anda menginginkan traffic yang besar, pelajarilah cara menulis SEO.

Biasanya SEO dipelajari oleh para blogger profesional, orang yang memiliki website usaha, pemilik toko – toko online, pngembang software, dan juga pengusaha dalam bidang apapun yang ingin melakukan pemasaran secara online.


Tips Menulis Artikel SEO
1. Beri Judul Menarik

Judul yang menarik tentu akan menarik pembaca untuk melanjutkan membaca isinya. Berdasarkan riset, dari 100 orang yang mengunjungi website, hanya 20 orang yang melanjutkan untuk membaca isinya. Artinya 80 orang hanya membaca judul artikel.

Dari riset tersebut dapat kita lihat betapa pentingnya sebuah judul dalam menentukan akan dibaca atau tidaknnya artikel yang anda tulis. Tak perlu jauh – jauh, saat melakukan pencarian di mesin pencari seperti google, apa yang membuat anda menentukan artikel mana yang akan anda buka? Tentu judul yang lebih menarik, bukan? Nah, itulah kenapa kita harus membuat judul yang dapat menarik minat pembaca untuk membaca lebih jauh.

Sebagai tips judul yang menarik ialah judul yang menggambarkan manfaat yang bisa pembaca dapatkan dari artikel tersebut. Contoh: Memutihkan Wajah dengan Bengkoang. Judul tersebut akan semakin menarik dengan adanya tambahan angka. Contoh: 5 Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang.

2. Pahami Psikologis Pembaca
Untuk dapat menulis artikel SEO yang baik, terkadang seorang penulis harus rela meninggalkan pikiran – pikiran dan ego pribadinya. Mengapa? Karena penulis harus bisa menyesuaikan diri dengan pembacanya. Pembaca akan lebih berminat untuk membaca tulisan yang sesuai dengan pola pikir dan kejiwaannya.

Sebagai contoh, jika anda menulis untuk artikel fashion anak muda, sesuaikanlah pola pikir dengan pola pikir anak muda masa kini. Gunakanlah gaya bahasa yang santai. Dengan demikian mereka akan lebih tertarik untuk membaca artikel anda sampai selesai.

3. Perhatikan Format Penulisan
Semenarik apapun suatu artikel, tetap tidak akan dibaca tuntas jika format penulisannya sulit untuk dibaca. Hal apa saha yang harus anda perhatikan dalam menulis suatu artikel agar nyaman dibaca?
Pertama, gunakan font yang mudah dibaca. Misalnya Arial, Open Sans dan Calibri. Kedua, atur ukuran huruf antara 14 sampai 22. Jangan lupa atur jarak antar baris sekitar 1,5 m.
  • Jika artikel yang anda tulis cukup panjang, gunakan beberapa sub judul supaya artikel bisa terbagi menjadi materi – materi yang lebih sempit. Atau bisa juga gunakan list dengan angka agar pembaca bisa dapat langsung melihat poin – poinnya.
4. Kuasai Materi Artikel
Dalam menulis artikel apapun, kualitas konten menjadi hal yang paling penting. Untuk dapat memberikan konten artikel yang berkualitas tentu anda harus benar – benar memahami materi yang anda tulis. Bagaimana bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca jika anda hanya menulis sebatas permukaan saja?

Agar dapat lebih memahami materi artikel yang anda tulis, ada baiknya anda meluangkan waktu untuk terlebih dahulu mempelajari materi tersebut. Anda bisa membaca referensi dari berbagai sumber. Buku, majalah, karya tulis, maupun jurnal – jurnal ilmiah.

5. Gunakan keyword LSI
LSI yang merupakan kepanjangan dari Latent Semantic Index adalah cara yang digunakan oleh mesin pencari untuk dapat memahami maksud dari sebuah artikel. Mesin pencari akan dapat membedakan arti kata satu dengan lainnya dengan membaca kata – kata lain yang ada di sekitar kata tersebut.

Sebagai contoh, kata ”Jellybean” memiliki arti platform android atau bisa juga permen untuk anak – anak. Mesin pencari akan bisa membedakan dengan membaca kata – kata sebelum kata “jellybean”. Jika kata-katanya ‘anak kecil sangat suka makan jellybean’ tentu yang dimaksud adalah jellybean permen.

6. Lakukan Optimasi
- Meta description

  • Inti dari meta description ialah rangkuman dari artikel yang anda tulis. Anda harus menulisnya semenarik mungkin agar calon pembaca akna mengklik website anda saat berada di halaman mesin pencari.
- Lampirkan gambar
  • Gambar pendukung yang dilampirkan dalam suatu artikel juga berpengaruh dalam menentukan menarik atau tidaknya artikel tersebut. Gambar – gambar yang ada akan membuat pembaca tidak mudah bosan.
- Beri link ke website lain
  • Dengan adanya link dalam website anda, akan membuat navigasi pengunjung web anda menjadi lebih mudah. Selain itu anda juga akan bisa mendistribusikan kekuatan salah satu (karena banyak dikunjungi) ke link lain.
Itulah beberapa tips untuk dapat menulis artikel SEO friendly. Namun jika anda telah berhasil membuat artikel berdasarkan SEO, dan berhasil menempatkannya dalam posisi atas dalam mesin pencari, jangan berpuas diri. SEO tidak hanya dilakukan 1 kali dalam seumur hidup. SEO merupakan usaha berkelanjutan agar website anda dapat selalu berada di urutan atas dalam mesin pencari.

Jangan lupa untuk selalu melakukan analisis apakah website anda masih berada dalam urutan teratas dalam mesin pencari. Juga lakukan pemeriksaan berkala untuk melihat apakah ada error pada website anda, ada link yang rusak ataupun ada duplikat.