Manfaat dan cara menerapkan strategi SEO

Strategi SEO - Bagi anda yang sudah mengenal dunia website, pasti sudah tahu apa yang dimaksud dengan SEO atau Search Engine Optimization.
menerapkan strategi dalam SEO
Strategi seo

SEO merupakan usaha yang dilakukan oleh web master di sebuah website dengan tujuan agar bisa meningkatkan visibilitas dari halaman website tersebut menjadi lebih baik lagi di mesin pencari, khususnya Google.

Sebuah halaman website yang mempunyai ranking terbaik di mesin pencari Google akan mempunyai peluang untuk memperoleh lebih banyak pengunjung potensial secara terus menerus dan gratis. Jika anda mengetik kata kunci di mesin pencari Google, maka anda akan melihat daftar website yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. 

Halaman blog atau website yang dioptimasi dengan baik dan berada di urutan yang paling atas biasanya akan memperoleh pengunjung yang lebih banyak dibandingkan dengan website yang ada di daftar terbawah pada hasil pencarian. Website yang mempunyai optimasi baik dari segi SEO merupakan website yang menempati urutan paling atas dalam pencarian organik dan bukan website yang menggunakan iklan di Google Ads.

Keuntungan SEO dalam Bisnis
Setiap bisnis pasti mempunyai keuntungan. Ada banyak cara yang dilakukan oleh pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Cara pemasaran melalui online maupun offline ditempuh oleh pengusaha tersebut. Berikut ini merupakan keuntungan SEO yang digunakan dalam pemasaran online untuk sebuah bisnis:

- Menciptakan traffic yang potensial untuk website bisnis
Halaman website yang sudah dioptimasi dengan baik dari segi SEO akan memperoleh peringkat yang bagus pada mesin pencari yakni Google. Semakin bagus posisi dari website yang anda buat maka semakin besar website anda untuk memperoleh pengunjung yang sangat potensial. Pengunjung yang potensial ini yang akan menjadi calon pelanggan untuk bisnis anda. 

Mengapa traffic di Google dapat dikatakan potensial? Karena tidak semua traffic dapat memberikan keuntungan yang besar untuk bisnis anda. Apalagi pengunjung yang berasal dari website auto surf. Traffic ini tidak akan berguna untuk perkembangan usaha anda. Orang yang menggunakan Google akan mengetikkan keyword unik saat mencari informasi untuk memecahkan permasalahan mereka atau mencari produk yang sedang mereka perlukan. 



Ketika pengguna tersebut menemukan website anda lewat Google yang selalu memberikan hasil pencarian yang didasarkan pada keyword, maka orang tersebut berpeluang besar menjadi pelanggan karena orang-orang tersebut memakai kata kunci yang sesuai dengan usaha anda. Traffic yang potensial ini bisa datang secara terus menerus secara gratis dan meningkatkan jumlah pengunjung serta penjualan produk anda.

- Meningkatkan brand awareness pada usaha anda
Brand awareness merupakan kemampuan dari calon konsumen untuk mengingat atau mengenali sebuah merek. Merek yang terkenal pasti akan mempunyai penjualan yang besar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness dalam sebuah usaha. 

Salah satunya menggunakan SEO. Saat pengguna internet sedang mencari informasi yang berkaitan dengan niche melalui Google dan ternyata mereka menemukan informasi tersebut di website anda, maka peluangnya besar pengguna tersebut akan mengingat alamat website yang anda miliki. Semakin banyak orang yang mengunjungi website anda, maka merek usaha anda juga akan menjadi terkenal di kalangan pemakai internet.

- Memperoleh data pelanggan secara gratis

Banyak pengusaha yang telah mengeluarkan banyak biaya untuk memasang iklan di berbagai jenis media iklan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data seperti alamat, nomor telepon, email, dan lain sebagainya dari calon pelanggan setia usaha mereka. Data tersebut diperlukan agar ketika perusahaan mengeluarkan produk terbaru mereka bisa dengan mudah menawarkan produk kepada pelanggannya. 

Intinya perusahaan bisa terhubung dengan pelanggan setiap saat. Jika website anda ada di posisi paling atas di mesin pencari, maka anda bisa dengan mudah untuk memperoleh data pelanggan tersebut dengan gratis. Anda memerlukan layanan lain yang bisa digunakan untuk menyimpan data pelanggan, misalnya fasilitas auto responder untuk membuat daftar email pelanggan anda. Masih ada banyak keuntungan yang anda peroleh dari SEO untuk usaha anda.

Strategi SEO
Mungkin anda takut menulis SEO karena terlihat rumit, tetapi sebenarnya cara mengerjakan SEO ini sangat mudah dan sederhana. Ada dua hal yang sangat penting dan harus dikerjakan oleh internet marketer sebagai berikut:

- SEO On Page
Ini adalah usaha untuk optimasi sebuah website yang dilakukan pada sisi website tersebut. Usaha optimasi yang dilakukan pemilik website dengan cara mendesain website yang memenuhi syarat dari SEO Friendly. Elemen penting yang ada dalam SEO On Page adalah sebagai berikut:
  • Melakukan riset keywords dengan Google Keyword Planner agar bisa menemukan kata kunci pendukung dan kata kunci utama yang paling sesuai dengan tema website yang akan anda buat.
  • Membangun website yang mempunyai struktur yang baik, loading cepat, dan tampilan yang menarik.
  • Membuat title tag yang tepat untuk judul konten dan homepage.
  • Memberikan deskripsi yang sesuai dengan website yang telah anda buat.
  • Membuat konten yang bermanfaat untuk pembaca.
  • Mengatur permalinks atau URL yang memenuhi syarat SEO Friendly.
  • Membuat heading yang baik.
  • Mengatur pencarian website dengan baik.
  • Membuat internal links.
  • Menambahkan kata kunci pada nama gambar, dan lain-lain.
- SEO Off Page
Ini adalah usaha optimasi website yang dilakukan di luar website yang telah dibuat. Halaman website yang mempunyai SEO On Page yang bagus harus didukung optimasi yang berasal dari luar website tersebut. Optimasi ini dilakukan dengan membuat back links yang berasal dari situs lain dan menuju ke website yang telah dilakukan optimasi. Berikut ini merupakan jenis link yang dapat dibangun untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari:
  • Link yang berasal dari media sosial.
  • Link yang berasal dari web 2.0 properties.
  • Link yang berasal dari forum online.
  • Link yang berasal dari situs social bookmark.
  • Link yang berasal dari blog walking atau memberikan komentar pada blog milik orang lain.
  • Link yang berasal dari website yang menerima blogger tamu, dan lain-lain.
Itulah penjelasan tentang pengertian SEO, cara untuk menerapkan teknik SEO, manfaat SEO bagi usaha anda serta strategi yang dilakukan dalam teknik SEO.