Begini cara mengatasi alergi kulit tanpa menggunakan obat

Cara membasmi alergi kulit - Pada saat ada suatu benda-benda tertentu menempel dikulit kita, bahwasanya sistem kekebalan yang ada didalam tubuh kita akan merasakan respon, bahwa benda tersebut adalah benda yang membahayakan. Maka secara otomatis imun didalam tubuh akan memberikan efek dengan rasa perih, gatal-gatal, bahwasanya Imun didalam tubuh kita akan mengakibatkan ruam kulit menjadi berwarna kemerah-merahan.
Seringkali jika kulit telah bersentuhan dengan suatu benda, biasanya langsung digaruknya tanpa memikirkan akibatnya apa setelah digaruk. Bukan rasa gatalnya menjadi hilang justru rasa gatal semakin menjadi dan juga menyebabkan kulit menjadi merah. Sebetulnya ini suatu masalah yang terbilang sangat spele, andaikan saja kita tidak menggaruknya kemungkinan besar kulit akan tetap terjaga dari munculnya ruam kulit yang kemerah-merahan.
cara mengatasi alergi kulit
alergi kulit

Maka kondisi seperti ini yang dapat memicu ke reaksi radang, oleh sebab kulit menyentuh suatu benda tidak dikenal yang disebut juga sebagai Dermatitis Kontak Alergi. Rasa gatal karena alergi dikulit kita bisa disebabkan oleh beberapa suatu benda. Setiap orang pastinya mempunyai respon yang berlainan terhadap salah satu benda aau lainnya. Mungkin dibawah ini beberapa benda yang biasanya berdampak Alergen yang mampu menyebabkan kulit menjadi gatal dan alergi, diantaranya :
  • Produk-produk pembersih
  • Jenis-jenis tanaman tertentu
  • Minyak wangi dan juga parfum
  • Obat anti nyamuk semprot dan tabir surya
  • Bahan-bahan logam, yang selalu dipergunakan sebagai kancing celana, jaket, aksesoris perhiasan
  • Obat yang dioleskan dikulit, antibiotik dan juga krem anti gatal
  • Sampoo, sabun mandi, bahan kosmetika
  • Dan lain sebagainya...
Baca juga : Waspadai 7 jenis penyakit kulit yang mengancam nyawa.
#Mengatasi alergi kulit tanpa menggunakan obat

Pada saat-saat kita terserang gatal yang disebabkan alergi pada kulit, pasalnya ada beberapa langkah-langkah yang wajib kita lekukan dari pada repot-repot memanggil dokter, jadi langkah apa saja kira-kira yang haru kita kerjakan, meliputi :
#Mengompresnya dengan air dingin
  • Pada saat mengatasi gatal-gatal alergi, sementara bisa kita atasi dengan mengompresnya terlebih dahulu tanpa mengunakan air yang hangat. Usahakan menutup bagian-bagian kulit yang terasa sangat gatal dengan menggunakan bahan perban yang sudah basah dengan air es. Kenapa haru dengan air dingin?, sebab rasa dingin mampu meredam rasa gatal dikulit kita.
Melalui temperatur air yang sangat dingin, yaitu mampu dan sekaligus memberikan dampak terhadap syaraf timbulnya kulit menjadi gatal-gatal. Pastinya dengan menggunakan strategi ini, tidak menutup kemungkinan bahwa rasa gatal dikulit akan hilang.
Baca juga : Cara-cara mudah dan alami mengatasi alergi kulit
#Hindari menggaruk kulit yang gatal alergi
  • Dengan menggaruk tidak mungkin rasa gatal akan menjadi reda, mungkin juga malah bertambah melebar kemana-mana. Dengan menggaruk tepat pada bagian kulit gatal, bisa mengakibatkan Iritasi, maka agar kita bisa menahan rasa ingin menggaruk, sementara pada bagian kulit yang gatal bisa ditutupi dengan bahan kain-kain yang bersih dan lembut. Usahakan juga untuk tidak merawat kuku-kuku, dan gunakanlah sarung tangan pada saat anda beranjak tidur pada malam hari (jika tetap memaksa untuk tetap memelihara kuku)
- Mandi dengan air hangat
  • Disamping anda harus mengompres dengan air dingin, bahwa dengan mandi menggunakan air hangat kuku akan sangat terbantu untuk mengatasi alergi kulit. Maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pada saat mandi air hangatnya bisa dicampuri backing soda secukupnya serta menggunakan bahan-bahan seperti Oatmeal Koloid (sementara anda bisa mencari tau Oatmeal Koloid melalui internet) hasil tumbukan dan tuangkan bersamaan dengan air hangat tersebut.
#Gunakan pakaian berbahan katun lembut
  • Tidak menutup kemungkinan juga, bahwa rasa gatal bisa ditimbulkan dari bahan pakaian yang kita gunakan dan menyebabkan iritasi kulit. Cara untuk menghindari kulit gatal lebih awal dan sekaligus meminimalisir alergi kulit, maka pergunakanlah selalu pakaian-pakaian dengan bahan lembut dan juga halus, usahakan juga pakaian tersebut tidak terlalu sempit dibadan kita.
Walaupun langkah seperti diatas sudah kita atasi dengan benar, bukan berarti anda tidak lagi melakukan upaya yang lain, bahwasanya penting juga kita  mencari tau apa sebetulnya penyebab yang bisa menyebabkan alergi kulit pada tubuh kita, selanjutnya kita bisa mengkonsultasikannya ke dokter jika alergi berlanjut.

Kiranya hanya sedikit ulasan yang saya sampaikan disini, yaitu mengenai cara mengatasi alergi kulit tanpa menggunakan obat, mudah-mudahan bermanfaat.