4 hal ini yang menyebabkan komputer berjalan lemot atau berat

Komputer berjalan lemot atau berat?, kemungkinan banyak hal yang tidak pernah anda ketahui, mengapa komputer sering terasa sangat berat pada saat di operasikan. Pada umumnya, atau yang sering saya alami ada 5 hal yang seringkali saya lupakan mengenai pengontrolan terhadap pc komputer.
Kasus seperti ini sudah biasa terjadi oleh semua pengguna komputer, maka wajar saja jika komputer menjadi lemot dikarenakan sudah menumpuknya data-data, baik berupa video, musik dan juga file-file dokumen lainnya.
komputer berjalan lemot atau berat
Komputer lemot

Selain itu, ada hal yang harus anda lakukan untuk membiasakan melihat atau mengecek keadaan pc dantidak menutup kemungkinan bahwa ada virus yang masuk kedalam pc komputer anda. Adapun masalah yang muncul kenapa komputer menjadi sangat lemot pada saat di operasikan, dan berikut ini 4 masalah mengapa komputer berjalan sangat lemot dan berat, diantaranya :

4 hal ini yang menyebabkan komputer berjalan lemot atau berat
1. Tidak pernah membersihkan debu didalam PC/ CPU
Debu yang kian menebal didalam cpu merupakan salah satu pemicu komputer menjadi sangat berat dioperasikan. Dengan banyaknya debu-debu didalam cpu akan menghambat kinerja kipas prosesor, yang dimana kipas prosesor merupakan komponen paling vital yang berfungsi sebagai pendingin jalannya kinerja prosesor tersebut. Prosesor adalah sebagai otaknya semua pengoprasian komputer.

Baca juga : Cara melakukan perawatan rutin terhadap komputer sendiri

2. Komputer disusupi virus
Jika komputer sudah terserang virus ini akan sangat membahayaan bila tidak segera diatasi, bila virus sudah menjalar kemana-mana maka pengoprasian komputer akan sanga terhambat. Bahkan sewaktu-waktu komputer bisa mati dengan sendirinya.
Pada umumnya, jika komputer sudah demikian, ada dua pilihan bagi pengguna agar komputer bisa kembali normal seperti biasa, menginstal ulang atau memberikan pengaman terhadap pc, misalnya anti virus, dan juga memasang deep freeze yang berfungsi efektif mengunci sistem komputer agar tidak bisa disusupi virus.

3. Terlalu banyak tampilan tab baru
Mungkin semua pengguna internet dan komputer seringkali membuka tab-tab baru, dengan membuka tab baru tidak menutup kemungkinan sistem pengoprasian komputer akan sangat berat. Maka saya sarankan untuk semua para pengguna, hindari menggunakan komputer dengan terlalu banyak membuka tab baru dan pergunakanlah sesuai kebutuhan saja.

4. Kipas prosesor tidak berfungsi
Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa kipas prosesor bisa dibilang komponen penting dalam komputer anda. Masalah seperti kipas prosesor mati dan tidak bisa berfungsi lagi salah satu penyebab utama komputer berjalan sangat lemot bahkan sangat berat. Kipas prosesor memang seringkali tidak pernah terkontrol, sedangkan soket penyimpanannya pun terhalang oleh kabel-kabel komponen yang lain.

Maka jika anda mendapati masalah seperti ini alangkah baiknya anda segera membuka cpu anda untuk melihat keadaan kipas prosesor apakah masih menyala dengan baik atau mati. Jika keadaan prosesor mati, sampai kapanpun komputer akan terasa sangat berat dioperasikan, dan secepatnya anda menggantinya dengan yang baru.

Kiranya hanya segelumit ulasan yang saya suguhkan kehadapan sobat semua, yaitu mengenai ada 4 hal ini  kenapa komputer berjalan lemot atau berat, mudah-mudahan bermanfaat.

Anda bingung membuat konsep presentasi, ini solusinya

Cara membuat konsep presentasi - Presentasi sangat identik dengan materi atau konsep, dan didalam sebuah konsep dibutuhkan juga sebuah design bahan mentah melalui microsoft power point. Tidak sedikit para mahasiswa atau pekerja kantoran menyewa jasa tukang design untuk membuatkan anda sebuah konsep presentasi dengan mengeluarkan biaya cukup mahal.
Padahal untuk sekarang ini anda tidak perlu lagi membayar jasa kepada tukang design, sebenarnya membuat konsep presentasi bisa anda lakukan sendiri dengan manual, tapi semua itu dibutuhkan ketelitian agar tidak terjadi kegagalan pada saat presentasi berlangsung.

membuat konsep presentasi
Pretentation

#Langkah pertama membuat konsep presentasi.
  • Yang harus anda lakukan pada saat anda mulai membuat materi konsep presentasi adalah dengan memilih tema yang sesuai dengan materi presentasi anda. Maka langkah-langkah yang harus anda lakukan dengan menetapkan warna maupun design kedalam slide maupun tema dengan keinginan anda. Perhatikan petunjuk gambar dibawah ini :
membuat konsep presentasi
Thema Presentasi
  • Sesuaikan terlebih dahulu ukuran kertas dan untuk memilih sebuah tema, didalam aplikasi power point sudah banyak tersedia beberapa thema untuk anda jadikan bahan presentasinya yang bisa anda temukan melalui panel design tepat sebelah kanan menu drop down. Thema tersebut merupakan thema yang sudah disediakan secara otomatis didalam power point tersebut.
Tapi saya sudah menyediakan thema sendiri?, jika anda sudah menyediakan thema yang sesuai dengan materi, saya sarankan anda mengambil melalui panel atau menu insert, lalu klik menu photo album. Cari dimana anda simpan thema yang sudah anda persiapkan sebelumnya, tapi jika demikian anda harus membuat thema slide secara manual maka alangkah baiknya menggunakan thema yang sudah tersedia.

#Merubah warna thema presentasi sendiri.
Jika anda masih kurang pas dengan warna thema, maka anda bisa merubahnya sendiri melalui tab tampilan power point. Meskipun thema sudah bawaan, tapi jika anda ingin merubah dan mengganti warna thema, font. Maka anda bisa menggantinya melalui pengaturan.

Warna menyediakan empat warna latar belakang atau font, 6 warna aksen dan juga 2 warna hiperlink. Untuk lebih jelasnya lagi anda perhatikan petunjuk gambar dibawah :
membuat konsep presentasi
Sumber : support.office.com
  1. Cari tab tampilan.
  2. Pilih slide master.
  3. Lalu warna >> kemudian kostumisasi warna.
dan perlu anda ketahui, bahwa warna melalui tab seperti diatas masih merupakan thema persentasi bawaan, maka melalui kotak pengaturan diatas yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :
  • Klick tombol disamping nama thema warna elemen (misal:, aksen satu atau hyperlink) yang ingin anda rubah, lalu pilih warna di bawah warna tema, atau
  1. Klick warna yang lain, dan lakukanlah satu hal berikut ini:
  2. Pada tab standar, memilih salah satu warna.
  3. Pada tab kostum, masukan angka rumus warna untuk warna persis yang ingin anda terapkan.
  4. Ulangi untuk semua elemen apabila warna tema yang ingin anda rubah.
  5. Kemudian melalui kotak NAMA, ketiklah nama sesuai keinginan anda, lalu klick simpan.
#Cara mengganti thema font.
Jika masih ingin merubah tampilan dan jenis font, anda bisa melihat didalam tab tampilan. Perhatikan petunjuknya seperti dibawah :
membuat konsep presentasi
Sumber : support.office.com
  • Tampilan >> Slide master >>, melalui slide master pilihlah Font >> konsumisasi font
  • Kotak pertama "Corbel", tentukan jenis font thema anda
  • Kotak kedua -#- tentukan font materi presentasi anda
  • Tulis pada kotak Nama dengan keinginan anda >> simpan
#Perpaduan efek pilihan thema anda.

Materi presentasi anda akan lebih profesional lagi jika dipadukan dengan efek-efek yang sudah tersedia didalam power point. Cara penggunaannya pun tidak sulit dan menu efek anda akan melihatnya melalui menu design>> geser sebelah kanan, tepat seperti gambar ini :
membuat konsep presentasi
Sesuaikan jenis pengaturan yang menggambarkan dengan konsep presentasi anda, baik mengenai pewarnaan, efek font dan efek baground latar belakang presentasi.

Catatan :
Berikut ini merupakan thema yang bisa anda kerjakan didalam aplikasi power point 2013 dan 2016, atau lebih baik anda membuatnya secara online di www.support.office.com, dengan begitu hasil konsep presentasi anda akan lebih memuaskan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang pembuatan konsep presentasi, mudah-mudahan bermanfaat.