2 Jenis minuman tradisional yang ampuh mengatasi suara yang serak

mengatasi suara yang serak

Jenis minuman tradisional yang ampuh mengatasi serak - Suara serak biasanya disebabkan setelah melakukan teriakan-teriakan keras. Atau juga kondisi pada saat pita suara anda mengalami perubahan yang kurang normal sehingga menyebabkan suara menjadi serasa sangat pelan, berat dan parau.


Dari berbagai faktor yang bias menyebabkan suara menjadi serak, salah satu hal yang paling umum dikarenakan adanya infeksi disaluran pernapasan yang disebabkan virus yang berdampak pita suara mengalami inflamasi, disamping itu juga suara yang serak bias ditimbulkan akibat dari :
  1. Kanker pita suara
  2. Batuk yang tidak kunjung berhenti
  3. Iritasi saluran nafas
  4. Terkena gangguan tiroid
  5. Paparan asap rokok
  6. Masa puber (jika seorang pria)
  7. Alergi
  8. Teriak-teriak terlalu berlebihan
  9. Dan lain sebagainya.
Menjaga hal-hal yang tidak diinginkan penyebab suara menjadi serak.

Untuk menjaga hal yang tidak kita inginkan, sebab suara serak yang berkepanjangan tidak menutup kemungkinan bias menjadi salah satu penyakit vital. Alangkah baiknya segera untuk mengkonsultasikannya ke dokter, terlebih lagi suara serak yang diderita melebihi dari jangka waktu 10 hari (untuk dewasa), dan lebih dari 7 hari (kalangan anak-anak).

Maka dengan memeriksakan segera ke dokter, dokter akan bisa segera memberikan diagnosa dan faktor-faktor yang bisa mengakibatkan suara menjadi serak melalui pemeriksaan lewat fisik anda. Selain itu, dokter akan meminta keterangan informasi mengenai pola hidup maupun riwayat tentang kesehatan diri anda. Selanjutnya dokter akan bertanya gejala apa yang ditimbulkan pada saat suara anda menjadi serak.

Cara yang ampuh mengatasi suara yang serak

Untuk mengatasi suara yang serak dengan mudah ini, tergantung dari penyebab yang menjadi salah satu pemicunya. Umumnya apabila kondisi yang mendasari suara yang serak ini akan lebih mudah ditangai, misalnya dokter akan memberikan obat antibiotik virus terhadap suara yang serak yang disebabkan laringitis.

Adapun serak yang disebabkan trauma, kanker pita suara ataupun polip, maka dokter akan mengambil tindakan operasi sebagai penanganannya. Tapi jika suara yang serak yang disebabkan karena teriak-teriak atau aktifitas bernyanyi, anda bisa mengambil jalan alternative dengan membuat jenis minuman yang mampu mengatasi suara yang serak. Naah dibawah inilah jenis minuman paling ampuh mengatasi suara serak selain serak yang disebabkan seperti keterangan diatas kecuali keterangan yang nomor 8, antara lain :

2 jenis minuman yang sangat ampuh menghilangkan suara yang serak.
Ulasan yang akan saya sampaikan disini, hanya berbagi mengenai cara mengatasi suara serak yang disebabkan karena teriak-teriak atau bernyanyi sangat keras. Bahwa ada jenis minuman yang sangat manjur yang bisa mengatasinya, diantaranya :

1. Jeruk nipis.
Perasan jeruk nipis mampu memberikan kesegaran terhadap tenggorokan yang mengalami suara serak. Air perasan jeruk nipis dengan sedikit campuran gula dan diminum hangat-hangat mampu memberikan rasa nyaman ke tenggorokan dan sedikitnya bisa meredam suara anda yang serak.

2. Minuman tradisional dari asem.
Jenis minuman tradisional ini asem ini, sudah banyak dipercaya orang, dan menurut pengalaman saya, minuman asem ini memang sangat ampuh mengatasi suara yang serak. Mungkin karena kandungan zat kimia kah, sehingga asem ini sangat manjur menghilangkan suara yang serak. Kimia yang terdapat melalui asem ini sangat bagus bagi kesehatan, adapun kandungan senyawa lainnya yaitu, lemak, protein, kalori, karbohidrat, zat besi, kalsium, begitu juga kaya akan vitamin a-c.
Kiranya hanya sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai 2 jenis minuman tradisional yang ampuh mengatasi suara yang serak ini, mudah-mudahan bermanfaat.