4 Jenis nama kuliner jajanan jawa yang memiliki keunikan sendiri

Kuliner jajanan asal jawa ini, selain enak rasanya dan juga ada jenis makanan ringan dengan memiliki nama unik bahkan bisa menggelikan jika disebutkannya. Kenuikan nama kuliner jajanan ini bisa anda dapatkan hanya di cilacap jawa tengah.

memiliki keunikan sendiri

Meski demikian, nama jajanan kuliner yang satu ini kemungkinan agak terdengar asing ditelinga anda, namun soal rasanya tidak diragukan. Jika anda bepergian ke daerah jawa tengah pastinya anda akan dengan mudah menemukan jajanan-jajanan yang memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan tekstur empuk dan kenyal.


Kemungkinan jenis makanan ini bisa anda temui di daerah anda sendiri, namun dengan berbeda nama. Disetiap daerah sudah pasti memiliki jajanan kuliner yang khas, seperti halnya dengan jenis makanan yang ada di kota cilacap, khususnya didaerah perbatasan antara jawa barat dan jawa tengah, tepatnya di kota wanareja anda akan menemui jenis-jenis makanan yang mempunyai nama-namanya yang bagitu unik dan menggelikan.

Baiklah..jika anda penasaran seperti apakah jenis makanan yang punya nama unik, berikut dibawah ini kuliner jajanan yang memiliki nama yang unik.

#Kuliner jajanan jawa yang memiliki nama-nama yang unik dan aneh.
Rupanya perbedaan daerah ini mampu merubah segala jenis nama-nama, dan inilah jenis makanan jajanan jawa yang bisa anda temui dipasar-pasar tradisional, diantaranya :

- Turuk Mingkem.
Mungkin sebagian orang-orang jawa akan beranggapan jorok, tapi kenyataanya turuk mingkem ini merupakan nama jenis makanan yang sudah terkenal dari daerah jawa tengah bagian barat.

memiliki keunikan sendiri


Turuk mingkem ini sebutan untuk nama jajanan dadar gulung, sedangkan untuk didaerah jawa tengah bagian barat, seringkali orang menyebutnya "turuk mingkem".

Untuk nama dadar gulung sendiri mungkin didaerah anda tinggal sudah tidak asing dan aneh. Namun ada keunikan perbedaan mengenai nama makanan ini yang bisa anda dengar langsung dari orang-orang jawa, khususnya jawa tengah bagian barat tepatnya yaitu kota kecil wanareja alias kota kelahiran saya sendiri.

Siapa orangnya yang tidak suka dengan jenis makakan dadar gulung ini, mulai dari rasanya yang enak dan manis, dan juga memiliki tekstur yang agak kenyal empuk. Seringkali jajanan ini disiguhkan ditempat-tempat hajatan, kumpulan para guru-guru dan juga menjadi makanan kotak sebagai oleh-oleh. Entah apa sebutan nama jenis makanan jajanan ini jika didaerah anda sendiri.

- Chiwel.
Chiwel adalah sejenis makanan yang terbuat dari tepung, gula lalu ditaburi dengan parutan kelapa, dari rasanya yang manis, chiwel mamiliki tekstur yang sedikit agak kenyal.

memiliki keunikan sendiri

Chiwel ini jenis makanan yang banyak dijual dipasar-pasar tradisonal di daerah anda, dan pastinya saya tidak akan menemukan makanan ini jika yang saya cari dengan menyebutkan "chiwel". Sudah pasti didaerah anda sendiri namanya berbeda, atau kemungkinan sama.

Untuk saat ini, makanan chiwel sudah dikemas menjadi beberapa jenis warna, sehingga orang akan lebih leluasa dan memilih dengan sesuka hatinya. Meski perbedaan soal warna, namun makanan ini akan tetap memiliki citarasa yang sama, sebab untuk mempertahankan ciri khasnya makanan itu sendiri.

- Tahu Berontak
Pada umumnya orang menyebut nama tahu berontak ini sebagai "tahu isi, gehu", tapi untuk sebutan nama makanan untuk dari daerah jawa tengah ini, seringkali atau umumnya menyebut dengan nama tahu berontak.

memiliki keunikan sendiri

Untuk jenis makanan yang satu ini, tentunya sudah tidak asing bagi semua orang. Tahu berontak ini merupakan makanan sebagai pengganjal perut dikala perut dalam keadaan keroncongan. Tapi tidak sedikit juga, tahu isi ini seringkali dijadikan alternative sebagai lauk teman nasi sarapan dipagi hari.

- Grontol
Grontol salah satu jenis makanan yang terbuat dari rebusan jagung yang sudah terlepas dari batangnya yang sudah ditaburi gula pasir dan parutan kelapa.

memiliki keunikan sendiri

Makanan grontol ini banyak sekali dijajakan oleh para pedagang dengan menggunakan gerobak roda dua. Grontol juga bisa dijadikan alternative sebagai sarapan pagi sebagai pengganjal perut kosong, anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah dirumah. Bahan-bahan yang digunakannya pun tidak merepotkan, cukup menyediakan beberapa batang jagung, gula pasir dan kelapa untuk diparut.

Untuk saat ini, jenis makanan grontol ini bisa anda temui di supermarket dengan nama yang berbeda, begitu juga citarasanya yang begitu nikmat. Nama jenis makanan grontol yang bisa anda temui di supermarket ialah "Jakesu". Kenapa menjadi jakesu, sebab paduan rasa yang begitu nikmat ini muncul dari singkatan "jagung keju susu", bisa anda bayangkan betapa enaknya rebusan jagung muda lalu dicampur keju dan susu..waaw.















Demikian kiranya sedikit artikel mengenai 4 jenis nama kuliner jajanan jawa yang memiliki keunikan sendiri ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
January 09, 2017 delete

Nama makanannya unik-unik ya kang, tapi rasanya juga tak kalah sama makanan modern, patut di lestarikan....

Reply
avatar
January 09, 2017 delete

bener pisan kang, enggak ada nama makanan kaya sebutan untuk dadar gulung selain di cilacap..heheh

Reply
avatar