Keindahan wisata kampung naga di tasikmalaya yang mirip dengan suku baduy

Keindahan wisata kampung naga di kota tasik malaya ini, hampir memiliki kesamaan dengan kampung wisata dari ujung kulon suku baduy. Baik mulai dari pemandangan sawahnya yang hijau membentang, suasana kampung dan juga ciri khas artitektur rumahnya yang sama-sama memiliki keunikan tersendiri.

Kampung naga seringkali dikunjungi para mahasiswa yang melaksanakan studi tour, atau wisatawan-wisatwan lokal yang sengaja datang untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai sejarah berdirinya kampung naga yang hingga sanpai saat ini masih tetap terjaga utuh.

Adat istiadat di kampung naga tasik malaya ini juga memiliki kesamaan dengan suku baduy, antar warga saling hidup rukun, ikatan kekeluargaannya yang terjaga.

Sama halnya warga suku baduy yang tidak pernah goyah dengan kemoderenan orang-orang kota. Mungkin jarang sekali anda menemukan sebuah kampung yang memiliki kesamaan antara satu dan lainnya dengan kampung yang jauh seperti baduy pedalaman.

Bagi anda yang penasaran seperti apa kondisi dan suasana di kampung naga tasik malaya ini, baiklah kali ini saya akan mencoba mengupasnya sedikit-demi sedikit mengenai kampung naga tasik malaya.

#Destinasi keindahan wisata dikampung naga tasik malaya
Keramahan warga masyarakat kampung naga terhadap para pendatang sangat welcome dan bersahaja, tidak jarang para pendatang yang kemalaman, disuruhnya menginap dan makan malam bersama seadanya.
suku baduy
Kampung naga tasikmalaya memiliki tempat yang sangat strategis dan tidak teramat jauh dari keramaian kota, akan tetapi masyarakat kota dan kampung naga ini memiliki perbedaan yang sangat jauh, masyarakat kampung naga ini masih tetap teguh memegang amanat dari karuhun, atau para leluhur mereka.

Semua masyarakat kampung naga ini, masih mempercaai hal-hal yang terbilang PAMALI atau istilah interennya masih tetap percaya hal-hal yang TABU. Pamali bisa juga diartikan sebagai sesuatu hal yang pantang untuk dilakukan, yaitu mengenai adat istiadat ketentuan-ketentuan yang tidak tertulis dan sangat wajib dijunjung tingi, di patuhi oleh semua warga kampung naga dalam kehidupannya sehari-hari, terlebih lagi mengenai hal yang bersangkutan aktifitas kehidupannya.
Baca juga : KEINDAHAN 5 OBJEK WISATA YANG HARUS ANDA KUNJUNGI DI KOTA GARUT
Dibawah ini, sebuah gambar yang memiliki keunikan tersendiri sekaligus kemiripan bangunan rumah adat kampung naga dan suku baduy.

suku baduy

suku baduy

Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya hanya pada bagian atap rumahnya, jika kampung naga rumah-rumahnya kesemuanya terbuat dari tumpukan injuk yang seringkali anda lihat untuk menyapu lantai, sedangkan adat rumah suku baduy terbuat dari daun erih yang sudha kering, yang pasti atap rumah dari keduanya memiliki perbedaan.

#Adat istiadat di kampung naga
Sama halnya dengan suku baduy, di kampung naga memiliki adat istiadat yang selalu terjaga hingga saat ini, salah satu istiadat yang tidak pernah tertinggal yaitu sebuah upacara "hajatan sasih kampung naga".

suku baduy

Salah satu kegiatan yang tidak pernah terlewatkan dikampung naga, yaitu upacara sasih kampung naga atau sebuah ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan YME yang banyak memberi kenikmatan dan juga hasil panen padinya yang melimpah.

Tidak sedikit yang mereka lakukan pada saat upacara berlangsung, antara lainnya dengan mengganti semua pagar bambu yang mengelilingi bumi ageung, memandikan benda pusaka, bersih-bersih dan mandi di aliran sungai ciwulan, membersihkan kuburan leluhur eyang singparna.
Baca juga : TUJUAN WISATA ALAM YANG WAJIB DIKUNJUNGI BAGI KELUARGA YANG TINGGAL DI DKI
Tidak sedikit orang yang datang untuk menyaksikan langsung upacara tersebut, maka jika anda ingin melihatnya anda bisa datang setiap tanggal 26 sampai 28 muharam tepatnya di bulan maret, 10,12 sampai14 maulud mei, 16 sampai 18 jumadil Akhir (Juli),14-16 ruwah september,1-3 syawal november, 10 sampai 12 rayagung/ lebaran haji Januari.
Baca juga : INDAHNYA OBJEK WISATA PUNCAK GALUNGGUNG YANG BELUM BANYAK DIKETAHUI ORANG
#Kerukunan antar warga dan kenyamanan rumah tradisionalnya.
Tali ikatan kerukunan antar warga kampung naga ini seperti dalam satu ikatan keluarga yang tetap dijaga sampai sekarang. Jiwa tenggang rasa dimiliki oleh semua warga kampung naga, sehingga ada satu saja aktifitas yang dilakukan, maka warga yang lain ikut membantunya tanpa harus diperintah terlebih dahulu.

suku baduy

Maka jika sampai salah satu warga yang kurang ada keccocokan satu sama lain bisa memecah belah warga antar kampung, kerukunan yang terjalin merupakan salah satu warisan turun temurun yang harus dijaga sampai kapanpun. Maka tidak heran seseorang yang datang kesini menganggapnya bahwa ini sebuah kampung surga di tasikmalaya, berbeda dengan kehidupan orang kotanya sendiri.

#Rumah tradisionalnya yang memberikan kedamaian.
Rumah tradisional dengan bentuknya yang sangat sederhana seringkali membawa ketentraman dan kedamaian.

suku baduy

Bagi anda yang datang ke kampung naga tasikmalaya ini, anda akan menemukan surga yang sesungguhnya, belum lagi dengan kesejukan angin yang datang dari hamparan sawah yang ada disekitar, dan kolam-kolam ikannya yang bisa anda ambil ikannya untuk sekedar bakar-bakar, namun anda harus minta izin terlebih dahulu yang pastinya sipemilik kolam akan memperbolehkannya, apalagi anda seorang tamu jauh.
Nahh..bagi anda yang berniat ingin menjelajahi wisata kampung naga ini, tempatnya sangat mudah untuk anda temukan. Pastikan bahwa tujuananda menuju ke kota tasikmalaya, lalu menuju desa singaparna, maka setelah anda sampai di singaparna ini, jarak antara kampung naga dan singparna tidak lah terlalu jauh, atau anda bisa minta petunjuk kepada warga singaparna untuk bisa mengantarkan anda sampai pada tujuan.

Kiranya hanya sedikit informasi untuk anda mengenai keindahan wisata kampung naga di tasikmalaya yang mirip dengan suku baduy ini, selamat berwisata ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »