Kenali Cara Paling Mudah Menghapus Cache Pada Android

Cara paling mudah menghapus cache pada android - Cache adalah file yang penggunaannya dikhususkan untuk penyimpanan data sementara dari berbagai macam bentuk website atau bahkan aplikasi yang digunakan dalam smartphone android. 


Dengan kata lain, cache memiliki fungsi yang cukup utama bagi smartphone tersebut yang mana dapat mempercepat proses loading dari halaman web hingga mempercepat performa aplikasi yang dimiliki dan tengah anda gunakan. 

Kehadiran cache juga membantu anda dengan tidak lagi melakukan pengunduhan data dari bagian website. Itulah mengapa proses loadingnya pun akan berjalan dengan lebih cepat.

Tidak hanya berlaku bagi penggunaan website saja, penggunaan aplikasi dan juga game pada smartphone android juga dapat lebih dipercepat jika penyimpanannya dilakukan pada cache yang dimilikinya.

Meksipun dikenal dengan kelebihannya tersebut, cache pun memiliki beberapa kekurangan, salah satunya dapat mempersempit ruang memori yang anda gunakan. Hal ini berkaitan dengan berbagai macam jenis file yang disimpan olehnya, yang semakin lama akan bertambah semakin banyak pula. meskipun pada dasarnya setiap aplikasi akan menghapus cache dengan otomatis dalam jangka waktu tertentu. Namun tetap saja, terkadang timbul beberapa masalah yang membuatnya tidak dapat terhapus secara otomatis.
Cara Paling Mudah Menghapus Cache Pada Android


Karena itulah berikut ini admin akan sajikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus cache dengan lebih mudah dari android yang anda miliki. Namun sebelumnya kangalip akan jelaskan dulu beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan membersihkan cache di android tersebut lebih dahulu, berikut penjelasannya :
  1. Manfaat atau keuntungan pertama yang bisa anda rasakan adalah ruang penyimpanan pada bagian memory smartphone yang dapat berubah menjadi lebih leluasa, sehingga ruang penyimpanan pun dapat anda gunakan untuk menyimpan aplikasi lainnya. 
  2. Dapat meningkatkan performa pada smartphone android yang lambat 
  3. Membantu memperbaiki aplikasi pada android yang seringkali mengalami masalah 
  4. Memberikan tampilan dari halaman web baru yang lebih baik.

#Menghapus cache dari satu jenis aplikasi
Bagian yang satu ini sangat tepat untuk anda lakukan, utamanya jika aplikasi yang anda miliki seringkali menghadapi masalah. Berikut adalah beberapa tahapan langkah yang bisa anda ikuti dalam menghapus cache tersebut, diantaranya :
Baca juga : Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu Yang Harus Anda Ketahui
  1. Mulailah dengan membuka menu setting, kemudian masuk pada bagian apps/ aplication manager pada perangkat android lainnya. 
  2. Bagian kedua pilihlah aplikasi yang sering mengalami masalah yang juga ingin anda hapus bagian cache yang dimilikinya. 
  3. Setelah hal tersebut selesai anda lakukan, dan bagian aplikasi tersebut pun terbuka, maka tampilan cache pun akan terlihat, termasuk ukuran cache yang dimilikinya. Untuk membersihkan cache tersebut, tekanlah tombol clear cache yang kemudian akan menghapus bagian cache tersebut secara otomatis. 
  4. Cara yang satu ini juga dapat anda lakukan untuk menghapus cache dari bagian aplikasi lainnya.
Cara Paling Mudah Menghapus Cache Pada Android
source : carisinyal.com
#Menghapus cache pada keseluruhan aplikasi 
Berbeda dengan hal di bagian atas yang mana hanya satu bagian cache aplikasi saja yang anda hapus, maka pada bagian yang satu ini seluruh aplikasi tersebut akan dihapus bagian cachenya, Hal ini cukup penting untuk anda lakukan apabila smartphone yang anda miliki mulai terasa lemot. Akan tetapi, untuk cara penghapusan cache yang satu ini umumnya hanya dapat dilakukan pada android dengan versi 4.2 (Jelly Bean) hingga versi selanjutnya. Caranya sendiri cukup mudah untuk anda lakukan, diantaranya :
Baca juga : Cara paling mudah menguji keaslian smartphone android
  1. Hal pertam yang harus anda lakukan adalah membuka menu setting pada bagian smartphone anda dan kemudian masuk kembali pada bagian storage. 
  2. Setelah memasuki bagian tersebut, anda akan dihadapkan dengan berbagai macam bentuk informasi dari sistem penyimpanan data, termasuk cache yang telah anda gunakan. Kemudian hal selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah melihat informasi pada bagian cached data, yang kemudian menghadirkan tampilan pop up berupa peringatan untuk menghapus cache dari semua bagian aplikasi yang terdapat di dalam smartphone tersebut. 
  3. Jika anda ingin melakukan penghapusan cached itu tadi, maka anda pun tinggal menekan tombol OK dan cached pun akan terhapus dengan otomatis.

#Penggunaan app cached cleaner

Selain beberapa cara di bagian atas tadi, anda juga dapat melakukan proses pembersihan cached dengan menggunakan aplikasi pembersih cached.

Aplikasi yang satu ini dikenal sebagai jenis aplikasi terbaik yang berfungsi membersihkan cached hingga benar-benar berada dalam keadaan bersih. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini, anda juga dapat menghapus cached dari setiap aplikasi yang terdapat di dalam smartphone anda, baik itu dilakukan secara satu persau atau bahkan dilakukan secara sekaligus dengan hanya mengklik satu tombol saja.

Cara Paling Mudah Menghapus Cache Pada Android


Dikenal dengan fungsinya yang dapat membersihkan cached secara otomatis, aplikasi yang satu ini juga memiliki fitur menarik, yang berfungsi sebagai pengingat untuk mengingatkan anda dalam menghapus cached yang dimilikinya.

Sistem pengingat ini akan hadir ketika ukuran cached yang terdapat dalam smartphone anda telah melebihi batas ukuran yang dimilikinya, atau bahkan untuk jenis cached yang disimpan terlalu lama.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga tampil dengan fitur menarik lainnya, yaitu proses pembersihan cache yang dapat dilakukan dengan lebih mudah karena menggunakan layanan otomatis. Seperti halnya sistem pembersihan yang dilakukan secara otomatis ketika aplikasi dibuka dan akan tertutup secara otomatis pula jika proses pembersihan cached tersebut telah selesai dilakukan. Berdasarkan keseluruhan fitur yang dimilikinya, aplikasi pembersih cached yang satu ini menjadi jenis aplikasi yang baik untuk digunakan oleh perangkat android lawas.

Demikian ulasan singkat sebelum anda kenali dan juga cara paling mudah menghapus cache android anda, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »