Kesenian tradisional jawa tengah yang hingga kini masih tetap exist

Kesenian tradisional jawa tengah - Pernahkah anda menjelajahi daerah jawa tengah sampai ujung wetan kota semarang?, tentunya anda sudah mengetahui kesenian apa saja yang masih sampai saat ini terjaga dan tetap berkembang, bahkan menjadi salah satu hiburan yang dinanti-nanti warga masyarakat perkampungan.


Disetiap daerah pastinya memiliki kesenian tradisional masing-masing, salah satu kesenian yang masih exist hingga saat ini, dimana kesenian itu bisa menghibur masyarakat pada acara-acara hajatan, atau hari-hari besar nasional seperti 17 agustus. Maka pada hari-hari besar seperti hari kemerdekaan republik indonesia kesenian tradisional kuda lumping selalu diadakan disetiap kecamatan di beberapa dusun.

Kesenian kuda lumping ini masih mengandung unsru mistis, sebab semua anggota kuda lumping ini akan hilang kesadaranya dengan bantuan sang pawang. Ingin tau lebih dalam lagi tentang kesenian tradisional kuda lumping dari jawa tengah ini?, banyak sekali hal-hal unik dan menegangkan yang harus anda ketahui didalam kesenian ini.
masih tetap exist

#Kesenian tradisional jawa tengah yang hingga kini masih tetap exist dan terjaga
Jika orang yang belum pernah menyaksikan langsung kesenian kuda lumping ini, mungkin orang akan menyangka bahwa semua pemain kuda lumping hilang keasadarannya hanya dibuat-buat. Hilang kesadaran yang dialami oleh semua para peserta kuda lumping ini pada saat pertunjukan kuda lumping setelah melakukan aksinya yang pertama.
Baca juga : TRADISI UNIK PERANG ADU API OBOR DARI DESA TEGAL SAMBI
masih tetap exist

Biasanya kesenian kuda lumping akan mulai berjalan menjelang jam 12 siang, antara jam 10 sampai waktu istirahat jam 12 siang, tepat pada waktu Dzuhur. Pada waktu pertunjukan pertama, sang pawang hanya akan diam dan tidak berbuat apa-apa. Maka jika anda menyangka bahwa para peserta bisa hilang kesadarannya karena dibuat-buat, anda bisa perhatikan, pada pertunjukan yang kedua setelah jam istirahat selesai dan mulai berjalan lagi pada jam satu siang.

#Pertunjukan kuda lumping setelah istirahat

Memang masuk akal sekali, mengapa setiap peserta pemain kuda lumping bisa hilang kesadarannya, siang hari bolong setelah dzuhur, banyak orang bilang lagi banyak-banyaknya setan keluyuran.

Maka setelah jam istirahat dan kuda lumping beraksi kembali, anda bisa melihat adanya sang pawang yang akan memanggil makhluk halus untuk mendiami semua para peserta kuda lumping ini.
Baca juga : TRADISI UNIK SEDEKAH LAUT DI CILACAP JAWA TENGAH
masih tetap exist

Tanda-tanda dari setiap peserta kuda lumping akan hilang kesadarannya, anda bisa perhatikan mulai dari lagu atau musk yang dibawakan sudah mulai membawa para peserta berputar-putar, begitu juga dengan dan si pawang yang berdiri ditengah atau dipinggir area permainan. Selain kekuatan mistis yang dimiliki sang pawang, musik pun sangat membantu mempercepat satangnya makhluk halus yang nantinya mendiami para peserta kuda lumping.

#Bermacam-macam keinginan para peserta kuda lumping

Makhluk gaib yang mendiami kesemua peserta ini banak sekali macamnya, begitu juga dengan permintaan para peserta kuda lumping yang sudah hilang kesadarannya akan bermacam-macam. Bahkan tidak jarang peserta yang menginginkan daging ayam mentah, kemudian ia mengejar salah satu ayam yang berada disekitar area permainan.

masih tetap exist

Jika keadaan kondisi semua peserta sudah benar-benar tidak wajar, maka kesemuanya tidak ingin menggunakan kuda lumpingnya masing-masing. Namun perlu anda ketahui semua, bahwa sekian banyaknya peserta kuda lumping tidak semuanya bisa seperti ini, atau gampangannya "gagal fokus". Maka pemain yang tetap sadar biasanya hanya akan menonton sampai pertunjukan kuda lumping berakhir.
Baca juga : TRADISI PALING UNIK SEKALIGUS EXTREME SUKU MENTAWAI
Bermacam-macam prilaku yang ditunjukan peserta kuda lumping ini, ada yang berprilaku diam saja, ada yang garang, ada yang manja, bahkan ada yang mampu menghibur penonton dengan lawakan-lawakan humor sampai berinteraksi dengan para penonton. Pertunjukan pada saat-saat semua peserta kondisinya seperti ini, maka kira-kira jam 4 sampai 5 sore, dengan sendirinya mengatakan "pulang, balik, balik".

#Sang pawang kuda lumping disaat memulangkan kembali
Pada saat-saat sang pawang akan mengembalikan mereka biasanya pemain disuruhnya untuk menunggang kembali kuda lumpingnya masing-masing, terkecuali yang tidak hilang kesadarannya.

masih tetap exist

Anda bisa lihat pada gambar diatas, peserta yang akan dikembalikan kondisinya seperti semula, sang pawang memberikan mantra-mantra agar makhluk halus yang berada ditubuh peserta pulang dengan segera. Tapi tidak sedikit juga para peserta yang tetap saja bandel dan tidak mau untuk dipulangkan, maka tugas sang pawang biasanya akan oleh iringan musik dan juga bantuan air kembang. Setelah keadaan kembali normal, semua peserta akan terkulai lemas dan lupa apa yang sudah terjadi.

Demikian, apa yang saya informasikan untuk sobat semua, mudah-mudahan kesenian tradisional jawa tengah yang hingga kini masih tetap exist ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »