Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu Yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan android sebagai salah satu jenis OS yang paling banyak diminati oleh masyarakat dunia, kini kehadirannya pun terus mengalami perkembangan. Jika semula OS android hadir dengan versi 1.1 saja, maka untuk saat ini OS tersebut pun hadir dengan pilihan yang lebih beragam. 

Tidak hanya itu saja, setiap versi terbaru yang dimilikinya hadir dengan beragam kelebihan berbeda. Karena itulah OS android dikenal sebagai jenis OS yang terus mengalami perkembangan atau pembaruan dari waktu ke waktu.

Bagi anda yang ingin mengetahui info lebih lanjut terkait perkembangan jenis-jenis OS android tersebut dengan lebih lanjut, sebaiknya anda perhatikan uraian singkat dari penjelasan di bagian bawah ini :

#Perkembangan os android dari waktu ke waktu
- Android versi 1.1 
Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu
Untuk OS android versi pertama ini mulai dirilis pada tanggal 9 Maret 2009 lalu dan dilakukan oleh pihak Google. Dalam versi yang satu ini OS android tersebut dilengkapi dengan layanan service dari google mail, dan juga beberapa pembaruan aplikasi yang dimilikinya. Kemudian OS android pertama ini juga hadir dengan bagian jam alarm voice search, sistem pengiriman pesan email dengan menggunakan gmail, kemudian ada pula pemberitahuan email dan juga pemberitahuan estetis.
Baca juga : Cara paling mudah menguji keaslian smartphone android
- Android versi 1.5 (Cupcake)
Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu


Tidak jauh berbeda dengan OS android di bagian atas tadi, untuk versi yang satu ini ia juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih lainnya, seperti halnya layanan upload video yang dilakukan ke dalam youtube, kemudian upload gambar yang dapat dilakukan langsung ke picasa dari smartphone yang anda miliki, serta kehadirannya yang juga dilengkapi dengan bluetooth versi A2DP yang telah terintegrasi dengan baik.
Baca juga : Tutorial Sederhana Membuat Aplikasi Sederhana Di Androdi Studio
- Android versi 1.6 (Donut)
Untuk OS android dengan versi 1.6 ini seringkali disebut sebagai OS Donut. Jenis OS android donut memiliki tingkat kecanggihan yang cukup berbeda dengan OS android sebelumnya, hal ini berkaitan dengan layanan aplikasi yang ditonjolkan olehnya, seperti halnya jenis aplikasi standart yang salah satu fungsinya bertujuan untuk memudahkan sistem pencarian.

Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu

Dalam OS android donut, fitur galery yang dimilikinya pun tertata dengan lebih rapih. Tidak hanya itu saja, ia pun tampil dengan layanan user friendly, sehingga memudahkan para penggunanya.

Hal ini juga didukung dengan resolusi layar yang menggunakan tingkat WVGA. Dengan adanya peningkatan android market, OS android ini juga dapat melakukan upgrade menuju OS android versi selanjutny atau 2.1

- Android versi 2.1 (Eclair)
OS android eclair adalah jenis OS versi 2.1 dan menjadi generasi keempat dalam perkembangan yang dimilikinya. Dalam versi yang satu ini terdapat penambahan lainnya, seperti halnya penggunaan google maps. Tidak hanya itu saja, android eclair juga hadir dengan beberapa fitur yang lebih canggih lainnya, dimulai dari fitur kamera dengan ukuran 3,2 pixel dan juga telah didukung dengan bantuan flash.

Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu

Kemudian terdapat bagian daftar kontak istimewa, penggunaan sistem HTML5 yang juga mendukung adanya perubahan User Interface, khususnya dengan jenis browser baru. Sedangkan untuk bagian terakhir, OS ini dilengkapi pula dengan fitur bluetooth versi 2.1 yang tentunya memiliki tingkat kecepatan jauh lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.

- Android versi 2.2 (Froyo)
Jika generasi OS android pertama diluncurkan pada tahun 2009 lalu, maka untuk versi 2.2 yang lebih dikenal dengan sebutan android froyo ini justru hadir di tahun 2010. Dalam kehadirannya, versi android yang satu ini pun dilengkapi dengan beberapa bentuk perkembangan selanjutnya, dimulai dari penggunaan flash dengan tingkat kecepatan mencapai 5 kali lipat dibandingkan dengan tingkat kecepatan sebelumnya. 

Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu

Kemudian ia juga hadir dengan fitur kamera terbaru yang tentunya dapat merekam video dalam bentuk HD. Selain itu, android froyo juga dilengkapi dengan aplikasi yang dapat digunakan untuk menyimpan memory card serta memiliki kemampuan untuk melakukan auto update pada android market yang dimilikinya.

- Android versi 2.3 (Gingerbread)
Untuk versi yang satu ini, ia dikenal dengan kelebihannya yang dapat meningkatkan performa dari smartphone yang anda miliki, seperti halnya ketika memulai permainan game, menyalakan sistem audio, video, atau bahkan menggunakan kamera dan lain sebagainya.

Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu

OS android yang satu ini juga dilengkapi dengan keyboard virtual dan juga world selection, app control yang dilengkapi kamera yang dibuat menyatu, kemudian ada power management, serta hadir dengan user interface hemat energi, sehingga baterai yang dimilikinya pun dapat bertahan jauh lebih lama.

- Android versi 3.1 Honeycomb
Berbeda dengan beberapa jenis OS android di bagian atas tadi, untuk versi terbaru ini justru pembuatannya dikhususkan untuk penggunaan perangkat tablet. Karena itulah ia tidak dapat digunakan pada ponsel. 

Selain itu, berkaitan dengan desain khusus yang dimilikinya, tingkat kecanggihan dari OS android ini pun jauh lebih maksimal. Karena itulah banyak diantaranya perangkat tablet yang mampu berfungsi dengan lebih optimal apabila menggunakan versi androdi yang satu ini.


- Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Android yang satu ini adalah OS pertama yang memiliki fitur dari pembuka kunci dengan sistem pengenalan wajah. Selain itu, ia juga dapat menghasilkan interface dengan tampilan yang lebih baik dan halus dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur lainnya yang juga dimiliki android versi 4.0 ini adalah penggunaan font.

- Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Dengan beberapa fitur yang juga diperbarui dari versi sebelumnya, android yang satu ini mampu melakukan pencarian dengan sistem pengenalan suara. Sehingga informasi pun bisa anda dapatkan dengan lebih cepat. Selain itu, ia pun dilengkapi dengan keyboard virtual; yang jauh lebih sempurna, hingga pekembangannya pun berlanjut menuju versi 4.3.

Selain penjelasan singkat dari beberapa versi OS android di bagian atas tadi, ada pula beberapa versi selanjutnya yang bisa anda temukan di website terpercaya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »