Pusat jajanan oleh-oleh paling terkenal di kota garut jawa barat

Pusat janjanan oleh-oleh di jawa barat - Pernahkah anda tersirat untuk berbelanja jajanan oleh-oleh?, misalnya untuk sekedar selamatan dirumah, hajatan, bahkan untuk menu kemilan di Hari Raya Idul Fitri. Untuk saat ini, banyak orang khususnya para ibu hanya ingin mendapatkannya dengan praktis tanpa ketimbang harus membuatnya sendiri.

Ada salah satu pusat jajanan oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang, selain harganya yang murah rasanya pun enak. Bahkan ditempat tersebut anda bisa memesannya langsung jenis makanan dan kue apa yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan anda, itu jika anda memesan dalam jumlah yang banyak. Maka dengan begitu jenis jajanan selesai diabuat mereka akan mengantarkannya sampai kerumah anda.

Pusat jajanan yang bisa anda temukan di garut ini, bukanlah suatu tempat yang mewah bukan seperti jenis jajanan garut yang sudah banyak beredar di supermarket, atau ditempat-tempat lainnya. Adapun pusat jajanan berupa oleh-oleh yang ada di kota garut adalah sebuah pasar tradisional yang banyak sekali menjual jajanan oleh-oleh dari berbagai macam.

#Pusat jajanan oleh-oleh paling terkenal dan enak di kota garut jawa barat.
Selain untuk kebutuhan selamaan maupun hajatan, anda pun bisa membelinya dalam partai kecil, maka salah satu pusat jajanan yang harus anda datangi di kota garut ini, tepatnya di desa limbangan lintasan antara jakarta menuju tasik malaya melalui utara.

terkenal di kota garut jawa barat

Pasar tradisional limbangan garut ini merupakan sebuah jalur perlintasan jakarta ke tasik dan sebalaiknya, disinilah pusat jajanan oleh-oleh paling terkenal di kota garut, salah satunya dodol. Salah satu bukti kepopuleran dodol garut, saat ini oleh-oleh dodol sudah beredar luas dipasar-pasar maupun di supermarket yang dikemas sedemikian bagusnya, begitu juga harganya yang sangat mahal dibandingkan dengan yang ada dipasar limbangan.
Baca juga : TEMPAT PERBELANJAAN PAKAIAN TERNAMA YANG SAYA REKOMENDASIKAN UNTUK ANDA
Keberadaan dan kondisi pasar tradisional limbangan ini, sudah menjadi sebuah pasar yang modern, akan tetapi mengenai soal oleh-oleh jajanan masih tetap seperti yang dulu, yaitu dengan menyediakan jajanan pasar yang hingga saat ini masih diburu pembeli untuk sekedar makanan cemilan, maupun makanan kemilan yang disuguhkan diacara-acara tertentu. Selain dari jajanan dodol garut, dipasar limbangan ini masih tersedia macam jenis oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang. Anda bisa membeli dalam jumlah sedikit, atau dalam jumlah besar sekalipun, jenis olah-olah terkenal yang lainnya selain dodol antara lainnya :

#Macam-macam jenis oleh-oleh terkenal dari kota garut.
Masih banyak jenis makanan oleh-oleh paing terkenal di kota garut selain dari dodol garut, meski dari namanya tidak meninggalkan nama asal, namun soal rasanya sama-sama mempunyai citarasa yang berbeda dan enak. Maka selain dodol, anda juga bisa mencoba oleh-oleh jananan seperti :

- Chocodot.
Chocodot ini jenis makanan terbuat dari coklat, atau jika dalam istileh kerennya "chocolate with dodol garut", perbedaan sendiri dengan dodol garut, jika chocodot ini bahan dominannya adalah krem coklat, sedangkan dodol tanpa mengunakan bahan coklat.

terkenal di kota garut jawa barat

Soal rasa tidak di sanksikan lagi, jika anda ingin mendapatkan jajanan ini anda bisa membeli dengan jumlah sedikit saja. Atau anda bisa memborongnya untuk keperluan persa misalnya, sebab chocodot ini jenis jajanan yang paling cocok disuguhkan diacara-acara pesta, rapat, hajatan bahkan sebagai pelengkap meja disaat Hari Raya Idul Fitri tiba. Chocodot merupakan makanan dodol yang dibalut coklat dan teksturnya yang dubuat agak berbeda dengan bentuk dodol garut.

#Dodol ketan/ wajit
Untuk yang satu ini sejenis oleh-oleh dodol yang terbuat dari ketan, terbayangkan betapa nikmatnya dodol ketan ini, belum lagi didalamnya ditaburi dengan bubuk wijen yang rasanya akan menabah warna tersendiri.

terkenal di kota garut jawa barat

Ada dua jenis makanan seperti ini, yang satunya dikemas menjadi berbentuk bulat panjang, sebutan namanya pun hampir tidak ada perbedaan, yaitu dodol tepung.

terkenal di kota garut jawa barat

Meski dari kedua jenis makanan ini memiliki bentuk yang berbeda, namun keduanya ini memiliki citarasa yang sama-sama enak, belum lagi jajanan ini dikemas melalui bungkus kulit jagung kering, dengan begitu akan menambah kealamian citarasanya yang selalu utuh dan tahan lama.

#Borondong khas garut.
Umumnya borondong terbuat dari jagung, namun untuk borondong yang satu ini terbuat dari ketan yang dipanggang sehingga akan mirip dengan popcorn yang isi didalamnya ketan.

terkenal di kota garut jawa barat

Proses pembuatannya sendiri tidak menggunakan kompor maupun gas, borondong garut ini hanya bisa dibuat dengan menggunakan bahan kayu bakar saja, sehingga rasa borondong ini mempunyai ciri khasnya bahwa borondong ini khas dari garut. Citarasa borondong ini banyak sekali diminati masyarakat dari lura garut, ada yang sengaja datang dari luar kota, misalnya bandung, tasik malaya dan ciamis, tidak sedikit orang yang memborong nya untuk keperluan acara tertentu.

#Dodol khas garut.
Jenis warna dan bentuk dodol yang satu ini kemasannya dan juga teksturnya berbeda dengan dodol garut yang sering anda jumpai.

terkenal di kota garut jawa barat

Dodol khas garut, kemungkinan yang seirngkali anda jumpai memiliki warna yang bermacam-macam, dodol yang satu ini sering menjadi incaran orang-orang kota luar kota garut sebagai suguhan diacara selamatan dan hajatan. Dodol yang satu ini sangat laku keras, sehingga banyak masyarakat atau warga yang datang untuk memesan langsung dalam jumlah yang banyak untuk acara-acara resmi.

#Ladu garut.
Ladu sejenis makanan yang terbuat dari beras ketan, teksturnya yang agak sedikit kasar dan kenyal saat digigit serta rasanya yang manis, seringkali ladu garut ini menjadi buruan para pembeli untuk disuguhkan para tamu dirumah.

terkenal di kota garut jawa barat

Awal kepopuleran ladu garut ini, sebetulnya datang dari malangbong atau seringkali orang menyebutnya ladu malangbong. Makanan ini sudah banyak beredar luas di beberapa daerah di Indonesia, dan salah satunya daerah paling terkenal dan banyak menghasilkan jajanan oleh-olah berbahan ketan hanya dari kota garut jawa barat, misalnya wajit dan dodol garut.

Semua jenis jajanan oleh-olah ini sangat aman untuk dikonsumsi, selain enak makanan ini tidak dibuat dengan campuran bahan pengawet, meski demikian kesemua jenis jajanan ini bisa bertahan sampai berminggu-minggu, jadi buruaaannn..borong untuk suguhan keperluan anda dirumah.

Demikian kiranya informasi mengenai pusat jajanan oleh-oleh paling terkenal di kota garut jawa barat ini, silahkan anda mampir dan membeli yang banyak jika kebetulan melintas didepan pasar limbangan. Pasar tradisional limbangan tepat berada dipinggir jalan akses menuju kota jawa barat lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
January 11, 2017 delete

karena pemilik Chocodot adalah rekan bisnis, maka ketika masuk ke kota Garut tiada lain pasti ke Chocodot

Reply
avatar
January 11, 2017 delete

wah bos cileumbu, nuhun ah
ngan mun loba teuing sok gtir ku amisna kang...
saya ti limbangan kang

Reply
avatar
January 11, 2017 delete

Dodol garut memang udah terkenal sejak dari saya masih kecil.

Reply
avatar
January 11, 2017 delete

sama, dodol garut memang populer

Reply
avatar