Tempat wisata paling banyak menyimpan sejarah di kota cilacap jawa tengah

Tempat wisata yang terdapat di jawa tengah ini banyak sekali yang bisa anda datangi, tapi tempat yang paling banyak menyimpan sejarah dan seringkali menjadi salah satu tempat dijadikannya sebagai momen mengerikan yaitu di Nusa Kambangan Cilacap jawa tengah ini.
Salah satu kabupaten dijawa tengah yang memiliki luas 2.124.47 Km2 ini, juga mempunyai desa atau kota-kota administratif sekaligus terdiri dari 24 kecamatan yang terbagi menjadi desa dan kelurahan, dan sebuah desa yang tersebar di 24 kecamatan ini antara lain :

kota cilacap jawa tengah

#Inilah Tempat wisata paling banyak menyimpan sejarah di kota cilacap jawa tengah 
- Dayeuhluhur - Wanareja - Majenang - Cimanggu - Karangpucung - Sidareja - Gandrungmangu - Kedungreja - Patimuan - Cipari - Bantarsari - Kawunganten - Jeruklegi - Kesugihan - Maos - Sampang - Kroya - Adipala - Binangun - Nusawungu - Kampung Laut - Cilacap Utara - Cilacap Tengah - Cilacap Selatan.
Meski kabupaten ini masih terbilang kota kecil, namun mampu banyak orang memalingkan matanya untuk mengetahui lebih banyak mengenai sejarah, atau tempat-tempat wisata yang di nusa kambangan ini. Mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui lembaga pemsayarkatan nusa kambangan saja. Akan tetapi di nusa kambangan ini ada beberapa titik tempat wisata seringkali didatangai oleh banyak orang karena sebab sejarahnya mengenai tempat tersebut.
Baca juga : KEUNIKAN LAPAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN NUSA KAMBANGAN CILACAP YANG HARUS ANDA KETAHUI
Jadi bagi anda yang datang ke kota cilacap, sebaiknya anda langsung menuju ke pulau nusa kambangan yang dimana anda akan menemukan tempat-tempat wisata paling banyak menyimpan sejarah.

Disana anda akan menemukan pengalaman baru mengenai sejarah yang ada di titik tempat-tempat tersebut. Sesampainya anda di Pulau Nusa Kambangan, maka anda jangan hanya melihat narapidana yang ada dialam lapas tersebut, ada tempat-tempat yang bisa anda kunjungi disana, antara lainnya yaitu :

#Inilah beberapa tempat wisata di nusa kambangan paling banyak menyimpan sejarah-sejarah kelam.
Selain terkesan sangat menyeramkan, pulau nusa kambangan ini memiliki destinasi wisata paling indah dan menarik untuk anda kunjungi, diantaranya :

#Guha Ratu Nusa Kambangan.
Guha ratu merupakan sebuah guha yang memiliki kedalaman mencapai 4.5 Km, dan ujung guha ini bisa langsung tembus ke area pantai selatan. Tapi guha ini ada larangan untuk jangan menelusuri kedalam guha lebih dari 100 meter, sebab jika sudah melebihi batas tertentu, oksigen didalam guha akan semakin menipis dan bisa membahayakan jiwa seseorang.

kota cilacap jawa tengah

Ada terdapat stalakmit dengan memiliki tekstur yang sangat menarik untuk anda lihat disana, selain itu anda bisa menemukan batu gondho mayit, yang dimana batu tersebut akan tercium bau orang yang sudah mati dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Menurut orang-orang setempat, guha ratu ini banyak sekali dihuni mahluk halus. Namun anda tidak perlu khawatir untuk bisa datang ketempat ini anda akan ditemani juru kunci yang menetralisir tempat ini sehingga perjalanan anda akan tetap aman dan baik-baik saja.

#Lokasi Pantai Cimiring Nusa Kambangan.
Pantai cimiring nusa kambangan ini dahulunya merupakan sebuah benteng kuno bekas peninggalan portugis, dimana didalamnya masih menyimpan alat tempur seperti meriam kuno yang masih tetap terjaga utuh.

kota cilacap jawa tengah
Baca juga : SEJARAH DARI BENTENG PENDEM CILACAP
Selain dari lokasi wisata pantai cimiring, anda bisa berjalan-jalan menelusuri pinggiran pantai dan mengunjungi tempat-tempat lapas yang sudah tidak beroprasi sejak lama. Selain lembaga pemsayarakatan yang sekarang, bahwasanya masih ada lapas-lapas lainnya yang sudah tidak terpakai, antara lainnya adalah : lapas karanganyar, lapas karang tengah, lapas gliger, lapas limus buntu. Bagi anda yang ingin datang ketempat tersebut, ada fasilitas yang bisa mengantarkan anda untuk melihat-lihat beberapa bagunan lapas yang sudah tidak terpakai.

#Benteng Karang Bolong Nusa Kambangan.
Pada jaman penjajahan belanda masuk ke Indonesia, ada sebuah bangunan benteng peninggalan portugis yang saat ini dinamakan benteng karang bolong. Lalu benteng ini pernah dikuasai pasukan belanda, benteng yang hingga kini masih tetap berdiri kokoh dan bisa anda datangi untuk lebih mengenal lagi mengenai sejarahnya.

kota cilacap jawa tengah
Baca juga : KEINDAHAN YANG TERSIMPAN DI LOKASI WISATA BATURADEN JAWA TENGAH
Meskipun kondisi benteng yang sudah tidak terawatt, benteng ini masih tetap memancarkan pertahannya yang begitu kuat. Benteng yang dibangun sekitar tahun 1837 sampai 1855 sekarang sudah banyak ditumbuhi akar-akar pepohonan yang besar sebagai symbol benteng ini memiliki sejarah. Benteng ini dibangun dan dibagi menjadi tiga bagian, ada tiga bangunan paling uama luasnya mencapai 6000 mtr dan dibagi menjadi beberapa ruangan, antara lain barak prajurit, ruangan penjara, aula dan juga ruangan tempat penyiksaan yang bersebelahan dengan tempat amunisi.

#Lokasi Wisata Segara Anakan.
Lokasi wisata segara anakan merupakan destinasi dari pulau nusa kambangan yang wajib anda kunjungi. Arus air segara anakan yang tenang, serta dipenuhi dengan pohon mangrove, belum lagi dengan adanya guha-guha, sudah pasti kesemuanya bisa memuaskan pandangan mata anda.

kota cilacap jawa tengah

Selama anda berada di nusa kambangan, jangan sampai anda meninggalkan momen paling indah dalam hidup anda dengan menelusuri hutan mangrove dengan menggunakan perahu sekaligus memandangi guha-guha yang ada dipinggiran segara anakan ini. Bahkan yang lebih menakjubkan, anda akan melihat aksi ikan pesut dengan lincahnya menari diatas permukaan air. Belum lagi anda akan dimanjakan dengan kehadiran selat bernama Indralaya, yang dimana bisa mempertemukan kedua jenis air yang berbeda, antara air tawar dan air laut bertemu.

Masih banyak tempat-tempat wisata di pulau nusa kambangan cilacap jawa tengah ini yang tidak mungkin saya ulas satu-persatu. Jika anda penasaran anda bisa langsung menuju kabupaten cilacap dan kemudian anda akan menaiki kapal feri yang menghantarkan anda ke pulau nusa kambangan.

Demikian kiranya apa yang bisa saya informasikan untuk anda semua, semoga tempat wisata paling banyak menyimpan sejarah di kota cilacap jawa tengah menjadikan anda lebih mengetahui akan sejarah-sejarah yang ada di indonesia tercinta ini, selamat berkunjung ke cilacap.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »