Tips jitu syarat-syarat cara berjualan online untuk memikat para konsumen

Tips cara berjualan online - Cara berjualan online yang baik dan benar untuk lebih memikat para konsumen, tentunya dibutuhkan kiat-kiat yang bisa meyakinkan para konsumen.


Apapun jenisnya, jika orang yang berjualan secara online itu bisa juga dikatakan sebagai marketing, baik marketing berbentuk barang, jasa, konten-konten . Dalam istilah nyentriknya disebut sebagai Digital Marketing.

Sebagai seorang marketing tentunya anda dituntut agar mampu berinteraksi dengan para konsumen-konsumen anda. Bagaimana cara anda menyapa, meyakinkan, mau mendengarkan keluhan konsumen, bisa menepati janji. Tuntutan tersebut tergantung produk apa yang akan anda jual terhadap para konsumen anda.

Dengan cara apa anda menyuguhkan produk-produk dagangan anda, itu semua tergantung anda, bisa melalui situs blog anda, atau melalui toko-toko online yang banyak di internet dengan cara anda mengiklankan produk dagangan anda tanpa harus dipungut biaya, seperti contohnya di toko online OLX.


Memang untuk jaman sekarang ini, barang yang anda miliki, baik yang baru atau bekas bisa anda uangkan kembali melalui media internet dengan mudah. Meskipun anda menjualnya melalui online, bukan berarti dagangan anda akan laku murah.

Intinya jika ingin berjualan secara online ini, setidaknya anda mempunyai kesempatan besar bahwasanya produk yang anda tawarkan melalui online bisa dengan cepat dilihat orang banyak, berbeda dengan cara menjualnya dari mulut ke mulut, metode seperti itu berlaku pada saat jaman batu kali ya..


Meski barang yang anda jual bisa dengan cepat dilihat orang banyak, bukan berarti anda tidak memperhatikan para pembeli yang ingin melihat barang yang anda jual. Anda sebisa mungkin tetap menjaga pasalnya seorang konsumen itu layaknya raja. Maka agar semua bisnis yang anda jalankan secara online bisa sukses, berikut ini kiat-kiat dan tips pada saat anda menjual produk barang anda secara online.
Baca juga : TIPS CARA MEMBELI BARANG ATAU PRODUK-PRODUK MELALUI TOKO ONLINE
#Tips jitu cara berjualan online untuk memikat semua para konsumen.
Tidak semua orang yang berjualan online ini bisa mendapatkan banyak konsumen, tanpa adanya komunikasi antara sipenjual dan pembeli, maka dari itulah, anda sebagai seorang pedangan harus bisa membawa konsumen anda berlama-lama melirik produk yang anda jual dengan cara-cara dibawah ini :

memikat para konsumen

- Syarat-syarat yang utama berjualan online.
Syarat utama menjadi seorang pedagang, yaitu memiliki jiwa suppel terhadap semua konsumen, selain itu anda bisa meyakinkan konsumen terhadap produk barang terkait apa yang anda jual tersebut. Selain anda harus suppel, adapun jenis-jenis barang yang anda tawarkan harus sesuai dengan yang anda tawarkan, istlahnya enggak ada tipu-tipu terhadap konsumen.

Contohnya :
Misalnya anda menjual produk gadget smartphone, maka semua informasi mengenai produk tersebut harus sesuai dengan kondisi pada saat pertama kali anda jual. Adapun mengenai speck gadget harus anda informasikan didalamnya, meliputi :

memikat para konsumen

- menginformasikan kekurangan dan kelebihan gadget.
- sudah berapa lama anda memilikinya.
- sejauh mana tingkat masalahnya (jika ada trouble).
- sudah atau belum pernah anda service.
- Ada atau tidaknya aksesories gadget

Intinya jika anda berjualan produk gadget secara online ini, semuanya harus anda informasikan mengenai kondisi yang saat ini sedang anda tawarkan ke banyak orang melalui online guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan para konsumen.

- Menjalin komunikasi dan kepercayaan terhadap para konsumen.

memikat para konsumen

Berjualan melalui online ataupun offline, dibutuhkan komunikasi berkepanjangan terhadap para konsumen, maka tanpa adanya komunikasi yang terjalin, kemungkinan besar konsumen akan merasa kurang yakin terhadap si penjual barang. Metode berjualan dengan menjalin komunikasi ini, akan lebih tepat bagi para penjual yang memiliki situs blog sendiri.

Salah satu contoh menjalin komunikasi kepada konsumen anda, yaitu dengan cara menyediakan panel chatting, kemudian apa yang saya maksudkan dengan komunikasi yang berkepanjangan ialah dimana anda bisa berbicara seperti layaknya seorang sales profesional. Ramahnya pelayanan si penjual dan mau memberikan detail informasi barang terhadap konsumen, maka disitulah letaknya, dimana konsumen akan bisa merasakan kenyamanan dan juga akan merasa lebih dekat dengan anda sebagai seorang penjual online.

Untuk lebih meyakinkan lagi terhadap konsumen, memang tidak semua komunikasi melalui chatting ini tidak bisa anda jawab sepenuhnya, maka anda harus menampilkan keterangan-keterangan sebagai berikut :

- Kirimkan pesan-pesan anda ke email ini......
- Keterangan lebih lanjut telepon ke nomor ini .....
-  dan lain sebagainya.

Maka jika dari kedua pesan-pesan yang anda sampaikan diatas ini bisa anda respon dengan cepat, sudah otomatis konsumen akan semakin percaya kepada anda. Anda sebagai seorang pedagang harus tetap konsekuen dan selalu siap melayani para konsumen, baik yang hanya bertanya-tanya saja, ataupun konsumen yang akan membeli produk anda. 

Disamping itu jika anda berjualan secara online pastinya anda harus tetap stand by, atau anda ada kesibukan lain, maka salah satu cara agar komunikasi tidak terputus dengan para pembeli alangkah baiknya anda tinggalkan pesan seperti diatas.

- Membuat kolom daftar harga yang bersaing.
Sebagai seorang customer, kebanyakan akan menanyakan mengenai harga barangnya terlebih dahulu, terkadang masalah harga ini yang menjadikan salah satu ganjalan bagi konsumen maupun dari si penjual.

memikat para konsumen


Jika sudah mengenai masalah harga, tidak sedikit penjual dan pembeli menginginkan harganya yang bersaing, atau malah justru akan jauh berbeda dengan harga-harga pada umumnya. Maka dari itulah, anda sebagai seorang penjual harus pandai-pandai memberikan harga terbaik sesuai dengan jenis produk yang anda jual. Enggak perlu anda menjual dengan harga tinggi, sedangkan produk yang anda jual jauh sekali kualitasnya dari harga tersebut. Maka tidak heran banyak orang yang mengatakan "harga tidak akan berbohong".

Jadi supaya pelangan atau konsumen anda tidak berpaling dari anda, jika perlu anda memberikan kesempatan terhadap konsumen anda secara baik-baik untuk membandingkan harga dengan tempat-tempat yang lain, misalnya :
- Pa, harga yang saya buat disini murah pa, bapak boleh pergi ketempat yang lain untuk membandingkan harga dari saya apakah lebih mahal dari tempat lain, atau lebih murah.
Sebelum anda melakukan tindakan seperti ini, tentunya anda terlebih dahulu sudah mengetahui harga-harga dari tempat yang lain, guna menghindari kerugian-kerugian. Jangan anda menurunkan harga yang begitu murah, namun anda tidak mendapatkan untuk sama sekali, kesimpulannya jadi, enggak apalah anda hanya mengambil untung sedikit tapi tidak rugi. Salah satu trik paling jitu dalam berjualan, tidak ada salahnya anda melakukan tindakan seperti itu terhadap konsumen.

Mungkin untuk kali ini, hanya ini yang bisa saya sampaikan kepada semua sobat setia kangalip dimanapun berada, mudah-mudhan ulasan mengenai tips jitu dan syarat-syarat cara berjualan online untuk memikat para konsumen ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »