Tutorial Sederhana Membuat Aplikasi Sederhana Di Androdi Studio

Smartphone android memang dikenal sebagai jenis smartphone yang dilengkapi dengan banyak aplikasi. Namun pernahkan terlintas di benak anda bagaimana cara untuk membuat aplikasi pada android itu sendiri? Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat aplikasi sederhana pada android yang anda miliki, maka sebaiknya anda ikuti penjelasan singkat di bagian bawah ini :

Tutorial Sederhana Membuat Aplikasi

Banyaknya minat masyarakat untuk membuat aplikasi android membuat pihak Google menyarankan untuk membuat aplikasi tersebut dengan layanan Android Studio, yaitu sebuah official IDE yang dapat digunakan oleh siapa saja. Namun sebelum anda mengaplikasikan turorial di bagian bawah ini pastikanlah untuk men-download berbagai macam jenis aplikasi yang dibutuhkannya di bagian bawah ini :

·JDK
·Android Studio
·Android SDK


Beberapa jenis aplikasi tersebut harus anda pasangkan terlebih dahulu sebelum prose pembuatan aplikasi android itu anda lakukan sendiri. Pasalnya aplikasi di bagian atas tadi berguna untuk melakukan proses pengembangan pada sistem android tersebut.

Untuk aplikasi pertama yang bisa anda buat sebagai bahan latihan, cobalah untuk membuat aplikasi Hello World. Namun sebelumnya anda juga harus memastikan bahwa aplikasi tersebut nantinya dapat dibuka pada devices yang anda miliki itu sendiri, dan usahakan untuk dapat menjalankannya meski tanpa menggunakan emulator sekali pun.

Berikut adalah tutorial dari tahapan langkah pembuatan aplikasi sederhana tersebut :

#Tutorial Sederhana Membuat Aplikasi Sederhana Di Androdi Studio
-     Hal pertama dalam tutorial kali ini, pastikanlah untuk menginstal Android Studio, dan kemudian masuklah pada bagian menu bar dengan mengklik file, kemudian new project. Setelah itu proses create new project pun dapat anda lakukan.

- Dalam proses pembuatan project baru tersebut ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, seperti halnya project pada bagian android studio yang dapat disama artikan dengan jenis workspace pada bagian eclipse.

Sementara itu, module yang terdapat di bagian android studio itu sama halnya dengan project yang terdapat di bagian eclipse. Dengan kata lain, dalam satu project di bagian android studio, dapat terisi oleh banyak module, seperti halnya satu workspace dari eclipse yang terisi oleh beragam project yang berbeda.

- Setelah anda memahami hal tersebut, kemudian masukkanlah nama project serta domain yang kemudian akan diconvert untuk dijadikan sebagai nama package. Selain cara itu, anda juga dapat memilih folder lokasi yang dapat digunakan untuk menyimpan project tersebut. Jika semuanya telah selesai, maka anda pun tinggal mengklik tombol next untuk masuk ke bagian selanjutnya.

- Di halaman selanjutnya, anda akan dihadapkan pada jenis SDK yang ingin anda gunakan. Untuk aplikasi sederhana, cobalah untuk menggunakan SDK Ice Cream Sandwich untuk jenis android 4.0.3. Pemilihan SDk yang satu ini berkaitan dengan SDK Gingerbread yang saat ini sudah jarang digunakan. Sementara itu ketersediaan jenis SDK itu sendiri akan muncul pada list yang sesuai dengan jenis SDK yang telah anda download sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, pada aplikasi android studio ini, anda juga akan ditampilkan dengan persentase dari device yang sesuai atau support akan SDK yang telah anda pilih sebelumnya. Seperti halnya pada jenis SDK ICS yang hampir support oleh 88% devices android yang ada saat ini. Jika hal tersebut telah anda lakukan, maka anda pun tinggal mengklik tombol next kembali untuk masuk ke bagian selanjutnya.

- Pada tahapan langkah yang satu ini, anda akan dihadapakan dengan pemilihan jenis activity yang kemudian hal tersebut pun akan ditampilkan pada aplikasi android yang hendak anda buat itu tadi.

Pada dasarnya Android Studio menyediakan beragam pilihan dari jenis template yang berbeda untuk masing-masing activity yang dimilikinya. Seperti halnya jenis MapActivity, FullScreen, FragmentActivity, dan pilihan lainnya. Namun untuk lebih memudahkan anda dalam melakukan proses pembuatan aplikasi android, sebaiknya anda pilih jenis BlankActivity, setelah itu, klik lah tombol next kembali untuk memasuki tahapan selanjutnya.

- Memasuki tahap selanjutnya anda pun tinggal memberikan nama untuk jenis activity android yang anda miliki. Setelah itu, secara otomatis, android studio pun akan kembali melakukan generate nama yang kemudian digunakan sebagai layout dari aplikasi android tersebut.

- Jika tahapan tersebut telah anda selesaikan, maka pembuatan aplikasi pun telah selesai dan anda pun tinggal mengklik bagian finish untuk mnyelesaikannya

Jika beberapa tahapan langkah di bagian atas tadi telah anda selesaikan, maka anda pun akan masuk menuju halaman utama dari android studio, dan mulailah untuk melakukan beberapa tahapan langkah di bagian bawah ini kembali ;

Aplikasi Sederhana Di Androdi Studio

- Android studio main page

Pada bagian yang satu ini anda akan melihat bagian layout dari aplikasi yang tengah anda buat yang secara langsung muncul di bagian tengah. Sementsra itu pada bagian kiri terdapat struktur project yang berasal dari aplikasi android. Pada bagian dari struktur inilah terdapat beberapa bagian elemen yang berbeda, diantaranya :

- Android studio app structure
Pada bagian yang satu ini, anda dapat melihat struktur dari aplikasi android yang memiliki root di bagian folder app. Sedangkan aplikasi itu sendiri pada dasarnya adalah nama module yang berasal dari aplikasi Hello World yang telah anda buat sebelumnya.

- Run App
Jika anda telah menyelesaikan bagian tersebut, maka anda pun dapat menjalankan aplikasi yang telah anda buat itu tadi. Namun untuk menjalankan apliksi tersebut, anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol shift+F10, setelah itu klik lah tombol tanda panah hijau yang tersedia di bagian toolbar di sebelah atas android studio, namun sebelumnya pastikanlah untuk memilih nama module yang hendak anda jalankan terlebih dahulu.

Setelah melakukan beberapa tahapan langkah di bagian atas tadi, maka aplikasi pun dapat anda jalankan. Demikian artikel tentang tutorial sederhana membuat aplikasi sederhana di androdi studio

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »