Hindari kebiasaan mengeluh dan buang jauh-jauh rasa geliasahmu

Membuang kebiasaan mengeluh dan membuang jauh-jauh rasa gelisah, tentunya kita sebagai manusia biasa akan terasa sangat sulit untuk dilakukan. Mengapa demikian?, tidak dipungkiri kita semua hanyalah manusia biasa yang tak pernah luput dari sebuah permasalah hidup.
Hindari kebiasaan mengeluh

Namun semua itu kita harus percaya dan juga meyakininya, bahwa sejatinya manusia diberikan sebuah masalah bukan semata-mata diharuskan untuk menyerah apalagi sampai mengeluh. Dengan kebiasaan mengeluh, itu merupakan salah satu ciri manusia yang kurang mensykuri nikmat Allah.

Mengapa kita sebagai manusia harus memiliki dan bisa menjadi sebuah asumsi demikian, sebab salah satu alasan paling kuat, yaitu dengan Al Qur'an mempunyai jawaban atas semua masalah kehidupan kita. Mari kita semua renungkan dari hati kita masing, sebagaimana yang telah diperintahkan Allah kepada semua umatnya, bahwa pentingnya perihal merenung.

Baca juga : Renungan saat terbangun dari tidur, kemana harus menyandarkan diri

#Hindari kebiasaan mengeluh dan buang jauh-jauh rasa geliasahmu.
- Bertanyalah kepada diri sendiri, kenapa aku selalu diuji?

Maka Al-Quran akan menjawab “Apa sebagai manusia kita mengira bahwasanya mereka akan selalu dibiarkan untuk selalu berkata “Kami Sudah Beriman”, akan tetapi mereka tidak di uji?”

Maka sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum dari mereka-mereka, maka sesungguhnya Allah sudah lebih mengetahui terlebih dahulu orang yang benar, begitu juga Dia telah mengetahui orang-orang yang berdusta. (surah Al-Ankabut 2-3)

- Lalu kita bertanya kembali, kenapa ujian seberat ini?
Dan Al-Quran menjawab : “Allah tidak akan pernah membebani manusia itu selain dengan kemampuannya” (surat Al-baqarah :286). 


- Kita bertanya kembali: mengapa aku tak dapat apa yg aku inginkan dan aku idam-idamkan?
Maka Al-quran menjawab: "Boleh jadi kamu membenci sesuatu dan sebetulnya ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, yang semestinya ia amat buruk untukmu, Allah telah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." (Surah Al-Baqarah ayat 216)


Baca juga : Rahasia kekuatan yang tersimpan jika membacakan surah Al-kautsar
Baca juga : Siksaan paling berat untuk para ahli neraka sesuai dengan amal perbuatannya
Baca juga : Belajar Mensyukuri Nikmat Allah Bisa Melalui Alam Semesta Ini

- Kita bertanya: mengapa aku merasa frustrasi?
Lalu Al-quran menjawab: "Janganlah kamu bersikap lemah. Dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman." (Surah Al-Imran ayat 139)

- Kita bertanya: bagaimana aku harus menghadapinya?
Al-quran menjawab: "Maka mintalah pertolongan terhadap Allah SWT dengan jalan penuh sabar dan juga mengerjakan shalat; dan sesungguhnya melakukan shalat itu amatlah berat terkecuali kepada orang-orang yang khusyu". (surah Al-baqarah: 45)

- Kita bertanya: apa yang aku bisa dapatkan dari semuanya ini?
Kemudian Al-quran menjawab: "Sesungguhnya Allah SWT telah membeli dari orang-orang mu'min, diri, harta mereka dengan cara memberikan syurga untuk mereka."(surah At-taubat :111)

-  Kita bertanya: kepada siapa aku berharap?
Dan Al-QURAN MENJAWAB: "Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain darinya. hanya kepada-Nya aku bertawakkal."(Surah At-Taubat:129) 

- Kita berkata: Aku tidak tahan!! 
Al-quran menjawab: "..dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir." (Surah yusuf :12)

- Kita bertanya: mengapa hati ini tidak tenang ?
Al-quran menjawab: “yaitu” orang-orang yang beriman dan juga hati mereka manjadi tenteram dengan selalu mengingat Allah. Maka ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati akan menjadi senantiasa tenteram. (Ar Ra'd :28)

Semoga bermanfaat untuk semua (Hindari kebiasaan mengeluh dan buang jauh-jauh rasa geliasahmu)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »