Cara terbaru mengatasi serangan hecker menyerang melalui e-mail

Salah satu strategi paling umum hacking e-mail yaitu dengan phishing, dimana metode seperti itu hanya ingin mendapatkan akses masuk ke data pribadi seseorang. Phishing merupakan tipu daya computer yang menggunakan cara-cara merekayasa social demi mendapatkan rahasia pribadi dari pemilik email.
Scammers berhubungan dengan orang tersebut dan ingin mencoba membuatnya saling berbagi informasi pribadinya. Bagaimana cara mereka melakukan perubahan secara berkepanjangan. Salah satu teknik scammers paling populer yaitu dengan mengirimkan potensi pesan korban atas nama organisasi atau badan terkenal. Di dalam pesan tersebut biasanya berisi link (alamat sesat) yang berisi perangkat lunak berbahaya.
Cara tepat mengatasi serangan hecker
#Mengapa scammers selalu mencoba untuk hack e-mail pribadi?
Penyusup akan berusaha mengambil data pribadi dengan menerobos ke email pengguna untuk mendapatkan data-data penting, misalnya seperti : informasi bisnis anda, rekening bank anda, atau juga tentang informasi penting sepak terjang politik anda. Umumnya email pengguna akan pulih dengan cara mengganti password akun apabila seorang hecker sudah berhasil mendapatkan yang ia inginkan.
Dengan begitu, penyerang yang memperoleh akses melalui email ini bisa mendapatkan banyak info mengenai layanan yang anda gunakan, oleh karena manfaatkanlah kotak surat baik-baik agar tidak melanggar semua urusan digital anda.

#Bagaimana cara agar email bisa terlindungi?
Kemungkinan besar, hecker sebagian besar terjadi karena upaya phishing dengan mencuri atau hanya menebak-nebak saja, dan dibawah ini kiat-kiat untuk membantu anda mengatasi serangan phishing yang masuk ke akun anda.

"Baca juga : Cara paling tepat dan aman untuk anak saat menggunakan pencarian google

1. Password yang berbeda dalam setiap layanan utama 
Pergunakanlah selalu password yang berbeda-beda jika memiliki banyak akun, dengan password yang sama oleh sebab anda sudah terdaftar di sebuah situs web dan kemungkinan besar juga bahwa password sudah terdaftar disana. 
Cara-tepat-mengatasi-serangan-hecker_1920.jpg
Maka dengan memiliki password yang banyak kesamaan, akan lebih memudahkan lagi para penyusup mengetahui informasi penting milik anda, seperti yang sudah saya katakan diatas. Jadi buatlah password yang beda disetiap akun yang anda miliki demi melindungi data-data penting anda.

2. Sandi harus panjang dan rumit
Contoh password “qwerty" dan sisipkan nomor “123456” adalah contoh password yang agak rumit, Semakin panjang password, semakin sulit untuk menebak untuk para scammers dan penyusup. Jangan terlalu menggunakan frase populer atau teks untuk membangun sandi. Penelitian menunjukan bahwa orang cenderung menggunakan frase yang sama, dan anda pasti ingin password yang hanya diketahui oleh anda.

"Baca juga : Cara tepat mengembalikan akun gmail yang sudah terhapus

3. Ganti password anda secara teratur.
Password anda secara berkala menjadi hilang maka dengan ini, secara pribadi, anda tidak dapat melakukan apa-apa. Maka jika anda ingin mendaftar di situs tertentu, atau dalam beberapa layanan yang meragukan, lebih baik untuk membuat password yang berbeda.

Penelitian menunjukkan bahwa alasan paling umum mengapa orang menggunakan password yang sama untuk beberapa situs adalah satu ketidakmauan untuk mengingat terlalu banyak kombinasi. Tapi jangan khawatir, jika anda telah membuat begitu banyak password yang anda temukan sulit untuk anda diingat, anda bisa membuat daftar dan menuliskannya. Pastikan bahwa daftar ini di tempat yang aman, anda tidak akan kehilangan itu sementara yang lain tidak bisa menemukannya. Banyak web browser yang menawarkan built-in manajer password secara gratis.

"Baca juga : Google meluncurkan produk HANDS FREE pembayaran tanpa sentuhan

Opsi-opsi yang anda butuhkan, bukan hanya didalam ulasan diatas, namun ada cara-cara yang lain yang harus anda lakukan, diantaranya :
#Opsi pemulihan
Opsi pemulihan email biasanya anda diminta untuk membuat email alternative atau nomor tlp demi membantu layanan untuk menemukan cara yang lain untuk menghubungi anda apabila akun anda di blokir. Pengguna akan menerima kode rahasia yang terdaftar didalam system. Maka dengan kode tersebutlah, akun anda bisa pulih kembali

#Penggunaan otentikasi melalui dua faktor
sebelum menggunakan email, akun jejaring sosial. Pastikan terlebihdahulu anda menggunakan http protocol yang aman. Jangan lupa juga menggunakan saluran non dienkripsi data, itu sangat perlu dan bisa mengaktifkannya melalui pengaturan

#Penguji dengan cara dua tahap
Untuk memastikan tingkat yang lebih baik untuk perlindungan, ada beberapa layanan menawarkan verifikasi dua langkah. Ini salah satu tingkat keamanan lain untuk masuk, seperti akun Google, anda tidak perlu hanya dengan password, tetapi juga dengan kode verifikasi. Bahkan jika password anda terkena hack, maka penyerang tidak dapat bisa ke akun anda tanpa memasukkan kode verifikasi dari tim dukungan Google yang dikirmkan melalui ponsel anda.

Demikian ulasan mengenai cara tepat mengatasi serangan hecker menyerang melalui e-mail, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »