3 Hal penting yang harus anda ketahui cara optimalisasi gambar

3 Hal penting yang harus anda ketahui untuk optimalisasi gambar seo – Bagi blogger pemula seperti saya ini, mungkin hanya mengetahui dasar gambar yang seharusnya dipasang. Jika menurut kita gambar sudah sesuai dengan tema artikel, tinggal pasang aja. Namun setelah saya mengetahui?, sebenarnya gambar didalam artikel blog sangat berpengaruh besar terhadap pengoptimalisasian mesin telusur.
Gambar thumbnail, biasanya gambar yang diletakan pertama isi artikel, sedangkan untuk gambar-gambar penunjang lainnya itu bisajuga dikategorikan sebagai gambar thumbnail. Jadi jika serp engine ingin melacak keberadaan gambar-gambar dalam artikel blog kita mudah ditemukan, ada cara-cara yang harus anda ketahui.

Sebelum saya lanjutkan, ketahuilah terlebih dahulu tentang mesin pencari. Mesin pencarian harus mengetahui apa kategori gambar situs blog anda. Mesin penelusuran tidak bisa bekerja efektif jika gambar yang anda pasang didalam isi artikel blog tidak sesuai dengan kategori. Maka ini suatu tugas yang harus kita kerjakan, yaitu dengan memperjelas lagi mengenai apa gambar tersebut.

cara-optimalisasi-gambar-212.jpg


#3Hal penting yang yang harus anda ketahui cara optimalisasi gambar thumbnail blog anda.
Cara optimalisasikan gambar didalam sebuah artikel blog menjadi lebih seo, yaitu dengan merubah nama dasar gambar tersebut. Maka saya sarankan disini, lebih baik anda edit dulu gambar yang ingin anda pasang didalam postingan aritkel, baik dari pewarnaan, resolusi dan lain-lain. Berikut dibawah ini agar gambar thumbnail anda jadi lebih seo.

Baca juga : Panduan lengkap cara mengoptimalkan SEO di Website Anda

#Mengganti nama gambar semula.
Pada saat pertama kali anda mengunduh sebuah gambar sebagai pelengkap artikel blog, umumnya gambar sudah punya nama sendiri, misalnya seperti "wwwddss.jpg", atau lainnya. Bisa jadi nama itu situs pemilik gambar tersebut. Maka usahakan nama tersebut harus anda ganti menjadi "nama judul artikel anda". Contohnya : 3-hal-penting-yang-harus-anda-ketahui-cara-optimalisasi-gambar.Jpg.
Maka gambar dengan nama sesuai judul artikel blog anda, merupakan sebuah langkah seo dasar yang harus anda lakukan. Dengan mengganti nama gambar semua menjadi nama judul blog, dengan begitu mesin pencarian akan mengetahui secara persis dimana harus mengkategorikan tujuan gambar itu, tapi disini saya sarankan, lebih baik anda mengambil gambar-gambar disitus gratis tanpa hakcipta, banyak sekai gambar tersedia di https://pixabay.com/en/editors_choice/.

Baca juga : Mengenal lebih jauh lagi tentang optimasi SEO

#Mengoptimalkan dan menentukan tag alt.
Tag alternative, atau ringkasnya tag Alt atau Alt tag. Biasanya hal ini seringkali digunakan pada saat browsing di internet, seperti yang sudah saya sampaikan, bahwa alt itu kepanjangan dari "alternative", sedangkan tag adalah merupakan satu keterangan gambar thumbnail anda. Kira-kira untuk menampilkan gambar menjadi mudah ditemukan mesin telusur, anda bisa mengaturnya pada saat awal membuat artikel, contohnya seperti petunjuk dibawah.

cara-optimalisasi-223 .jpg

Title text yang harus anda tuliskan di kotak pencarian secara keseluruhan, gampangannya maka jika melalui gambar yang anda maksudkan tidak muncul, anda bisa mencoba Alt text, atau alternative tex, contohnya sesuai petunjuk gambar diatas. Maka dengan mencoba kedua cara-cara ini, jika gambar anda lolos sebagai pemenang, maka gambar yang anda pakai didalam artikel bisa muncul di pencarian, maka pastikan hal ini dioptimalkan sebagai kata kunci anda.

#Sesuaikan ukuran gambar.
Gunakanlah gambar sesuai kebutuhan saja, anda bisa minimalkan ukuran gambar secara manual didalam postingan anda. Usahakan gambar didalam postingan anda gunakan fitur medium atau large, atau jika anda kurang puas bisa menggunakan X large. Tapi ada satu hal yang harus anda ingat, mesin pencari kurang suka dengan situs blog lamban.

Hal ini bisa disebabkan gambar-gambar yang anda pasang ukurannya terlalu besar. Edit gambar anda terserah bagaimana caranya, dan kurangi ukurannya sesuai ukuran yang anda inginkan. Kemudian, jalankan melalui kompres gambar untuk mendapatkan hasil paling kecil dan kualitasnya tetap stabil.

Jika anda selalu melakukan ketiga hal seperti diatas ini setiap kali pada saat anda mengunggah gambar ke situs anda, maka dengan begitu ini merupakan salah satu optimalisasi keseluruhan SEO disitus anda.

Demikian sedikit artikel mengenai 3 hal penting yang harus anda ketahui cara optimalisasi gambar situs blog anda, semoga bermanfaat dan mohon sumbangsih komentarnya jika masih adanya kesalahan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »