Penjelasan singkat kenapa ikan paus bisa sampai berukuran besar

Ikan paus memang memiliki perbedaan yang begitu signifikan dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya di laut, dan tentunya anda ingin mengetahui apa penyebabnya sehingga ikan paus ini bisa sampai berukuran besar seperti layaknya raksasa penghuni lautan.
Penjelasan singkat kenapa ikan paus bisa sampai berukuran besar - Ikan paus memang sudah tercatat sebagai salah satu mamalia paling besar di muka bumi ini, misalnya paus yang pernah terdampar di seram pada waktu yang lalu mamiliki ukuran 23 meter. Terbayang bukan, besarnya sama seperti kendaraan umum busway atau transjkt gandeng dua.

Mungkin proses bisa membesarnya ikan paus ini, banyak yang tidak dimengerti kebanyakan orang, maka dalam artikel ini saya akan coba sampaikan penjelasan singkat kenapa ikan paus itu bisa sampai berukuran besar. Perlu anda ketahui semua, ukuran ikan paus dahulunya ternyata sama seperti penghuni laut lainnya (ikan), hal ini diungkapmelalui catatan fosil yang pernah ada.

Penjelasan-singkat-kenapa-ikan-paus.jpg

#Inilah penjelasan singkat kenapa ikan paus bisa sampai memiliki ukuran besar seperti raksasa.
Melalui sebuah riset penelitian terbaru mengungkapkan, ikan paus bisa sampai berukuran besar disebabkan dari beberapa faktor dan kemudian bisa mempengaruhi meluasnya dari jenis makanan kesukaan ikan paus itu sendiri, misalnya ikan-ikan kecil atau ikan krill.

#Perubahan faktor iklim.
Menetapnya dan meluasnya ikan krill ini disebabkan dari faktor perubahan iklim, dari perubahan iklim inilah yang menyebabkan ikan-ikan krill yang awalnya menyebar luas dilautan mengakibatkan dan hanya fokus menempati bagian wilayah tertentu saja.
Penjelasan-singkat-kenapa-ikan-paus_889.jpg
Sumber gambar : questiongene.com
Maka hanya pada tempat-tempat wilayan tertentu ini, ikan paus harus bergerak untuk menemukan populasi ikan krill dan siap memangsa ikan krill dalam jumlah yang sangat besar sekaligus supaya lebih efektif.
Menempatnya ikan-ikan krill hanya pada satu tempat tertentu, maka ikan paus berevolusi dan memiliki tubuh seperti raksasa, selain itu ikan paus juga memiliki baleen guna membantu penyaringan makanan, sehingga paus mampu memakan mangsanya mencapai satu pon ikan krill.

Berdasarkan penelitian seorang ilmuwan Jeremy Goldbogen Universitas Standford, bahwa melalui perubahan iklim ini bukan salah satunya penyebab ikan paus bisa menjadi besar ukuran tubuhnya,"baleen ikan paus ini sudah berkembang 20 juta tahun yang silam, sementara kebanyakan orang tidak pernah memperhatikan perubahan ikan raksasa dalam waktu dekat", menurut goldbogen.

Baca juga : 
10 Jenis binatang paling unik yang tidak pernah anda jumpai di Indonesia

Jeremy goldbogen bersama tim pernah menganalisis mengenai kasus lautan purba, mereka telah menemukan pada saat bersamaan dengan berkembangnya bearnya paus, jaman es berlangsung dan menyebabkan meluasnya nutrisi disepanjang laut, khususnya pantai. Secara bersamaan, ada juga proses up-welling, yaitu sebuah pergerakan air laut ke permukaan yang disebabkan dorongan angin sehingga memicu air bagian bawah pindah ke permukaan. Maka proses inilah yang mengakibatkan berlimpahnya makanan bersekala besar dilautan. Belum lagi, ikan paus ini memiliki kemampuan menelan makanan dalam jumlah banyak sekaligus, maka tidak menutup kemungkinan ikan paus ini bisa berubah menjadi seperti monster lautan.

#Meningkatnya pertumbuhan ikan paus.
Dalam satu publikasi di royal society B, goldbogen berserta tim mengatakan bahwa massa ikan paus ini meningkat cepat dari 10 ton menjadi 100 ton dalam beberapa juta tahun. Memang sangat sulit digambarkan antara hubungan langsung dan dinamika laut pada tiga juta tahun yang lalu, namun studi yang lain merespon pisitif akan hasil riset seperti ini.

" Ada terdapat kasus dimana terbatasnya pelimpahan makanan akan mengontrol berubahnya ukuran tubuh hanya dalam waktu relatif singkat" menurut golbogen yang menunjuk pada studi tahun 2013 dengan apa yang sudah dipublikasikan di ICES journal of marine science.

Sumber : http://jogja.tribunnews.com/2017/05/25/penjalasan-ilmiah-kenapa-paus-berukuran-raksasa. Demikian sedikit ulasan mengenai penjelasan singkat kenapa ikan paus bisa sampai berukuran besar ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »