Begini caranya, berbagi lokasi menggunakan whatsApp disaat pulang mudik

Budaya mudik menjelang hari raya idul fitri merupakan salah satu momen paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Apalagi pulang mudik bareng teman sekampung dengan menggunakan kendaraan roda dua motor, tentunya hal ini sangatlah mengasikan.
Pulang ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi kemungkinan ini hanya untuk kalangan keluarga, berbeda dengan menggunakan sepeda motor, jadi disaat perjalanan mudik, bisa saja terpisah dari anggota teman-teman. Maka tidak heran, ada yang janjian terhadap teman saat diperjalanan, namun tidak mengetahui secara persis dimana posisi tempat untuk saling bertemu.

Anda enggak perlu bingung, masalah seperti ini bisa diatasi dengan mudah. Caranya cukup siap siaga smartphone yang sudah menyimpan aplikasi whatsapp. Kenapa bisa begitu?, bukannya whatsapp cuma aplikasi berkirim pesan dan chatting, apa bisa digunakan untuk mencari lokasi teman?

Begini-caranya-berbagi-lokasi-menggunakan-whatsApp_2780x390.jpg


#Begini cara berbagi lokasi menggunakan whatsApp disaat pulang mudik
Didalam aplikasi whatsapp ini menyimpan fitur untuk berbagi lokasi ke kontak yang lain, fitur ini sangat memungkinkan untuk memanfaatkan kemampuan smartphone masa kini dan bisa menerima sinyal melalui satelit GPS. Yang lebih menariknya lagi, beberapa fitur didalam aplikasi whatsapp ini bisa dijadikan alternative map atau berbagai lokasi, yang disebut sebagai cross platform. Misalnya melalui whatsapp didalam android ke iOS, dan begitu juga sebaliknya.

Lalu, bagaimana caranya untuk menggunakan fitur ini?
Untuk semua pengguna android, buka aplikasi whatsapp, lalu mulailah untuk bercakap-cakap dengan pengguna yang nanti ingin anda bagi dimana lokasi anda berada.

Begini-caranya-berbagi-lokasi-menggunakan-whatsApp_20x390.jpg
Sumber : Rimanews.com
Kemudian, tekan tombol 'attchment' yang mirip dengan bentuk klip, umumnya tombol itu berada didalam kotak chatt dan percakapan, lalu klik dan langsung tekan 'location'. Jika anda pertama kalinya menggunakan fitur ini, biasanya akan muncul satu pemberitahuan yang menanyakan, bahwa anda harus terlebih dahulu meminta izin untuk akses lokasi (GPS) anda berada, lalu klik saja 'allow', kemudian langkah terakhir klik "send your current location'.

Diatas petunjuk para pengguna android, naah..jadi untuk para pengguna iPhone, langkah pertama yaitu sama seperti diatas dengan cara membuka whatsapp dan mulai percakapan dengan pengguna yang hendak anda bagikan lokasi keberadaan anda.
Setelah itu, klik tombol '+' yang berada sebelah kiri kotak percakapan, lalu pilih 'location', sama seperti pengguna android, dimana anda harus menekan "allow" guna memberikan izin sistem untuk mengakses lokasi, lalu klik 'send' lokasi anda. Nantinya si penerima bisa melihat melihat "attachment" dengan bentuk peta, maka itulah lokasi dimana pada saat anda berbagi dengan teman anda.

Baca juga :
Inilah fitur filter terbaru WhatsApp yang dilengkapi dengan album foto

Attachment itu berupa format, maka jika format tersebut di klik penerima akan diarahkan menuju aplikasi default yang sudah dipilih (iOS ke apple maps, android ke google maps). Didalam aplikasi google maps, pengguna bisa dengan cara menekan menu 'go to direction' untuk membawa penerima menuju lokasi anda. Untuk pengguna iOS bisa juga diarahkan ke google maps nya langsung dari apple maps, caranya cukup dengan menekan tombol panah keatas tepat disebelah kotak 'maps', lalu tekan 'open in google maps'.

Demikian sedikit penjelasan mengenai begini caranya, berbagi lokasi menggunakan whatsApp disaat pulang mudik, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »