Mitos tentang bisikan gaib yang menuntun pembangunan masjid cirebon

Mitos tentang bisikan gaib yang menuntun pembangunan masjid cirebon - Kota cirebon ini bukan hanya terkenal sebagai kota lahirnya para ulama dan wali. Cirebon banyak sekali menyimpan bangunan masjid yang kaya akan sejarah dan berdiri sangat kokoh.

Banyak sekali diantaranya nama-nama masjid di kota cirebon yang hingga kini berdiri kokoh, diantaranya Masjid Merah Panjunan dan Masjid Pejlagrahan, Masjid Agung Sang Cipta Rasa Keraton Kasepuhan, Masjid Kanoman. Dari kesemuanya itu adalah bekas peninggalan Sunan Gunung Djati salah satu seorang ulama yang berjuang melalui dakwah.

Dengan seiring perkembangan zaman, ada beberapa masjid baru dibangun, salah satunya yaitu Masjid Nurbuat, yang artinya "cahaya kenabian". Masjid ini perpaduan antara sesitektur gaya China dan Demak ini dibangun oleh seorang Ustad Rohim tahun 2000.

pembangunan-masjid-cirebon_015686.JPG

#Awal mula pembangunan Masjid di Cirebon dan mitos bisikan gaib menuntun terbangunnya sebuah masjid.
Sebelum pembangunan masjid ini, awalnya ini hanya sebuah Mushala biasa, namun semakin lama semakin berkembang menjadi Masjid yang terbilang cukup unik dan sering didatangai para wisatawan lokal, menurut pengurus Dkm Masjid.
pembangunan-masjid-cirebon_025686.JPG
Pada tahun 2010, Mushala direnovasi dan diperbesar menjadi bentuk masjid kini. Masjid yang bertempat di Kedung Menjangan kelurahan kalijaga kecamatan harjamukti, akhir-akhir ini banyak sekali orang menyebutnya masjid bata merah.

#Mitos tentang bisikan gaib yang menuntun pembangunan masjid bata merah dicirebon.
Ada keunikan atau mitos menarik mengenai awal mula dibalik pembangunan masjid ini, menurut penuturan Suharjo salah satu pengagas yang mendapati satu bisikan gaib dari Syekh Abdurraman Rauf As-Sinqili, yaitu seorang ulama sufi dari Aceh, kemudian bisikan gaib tersebutlah yang memberitahu mengenai ide segala macam bentuk gambaran arsitektur masjid. Konon katanya mimpi ini selalu datang berulang-ulang, menurutnya.
Pesan-pesan yang ia peroleh secara gaib ini menegaskan waktu pembangunannya akan bisa terlaksana hanya 100 malam saja. Sesuai dengan pesan yang didapatkannya itu, maka pembangunan Masjid Bata Merah ini menyataan bisa selesai dalan waktu hanya 100 malam saja, luar biasa bukan?. Tapi wallahu a'lam, semua tentunya atas kehendak Allah bisa terjadi, memang benar yang membangun hanya tukang tapi dikerjakan pada tengah malam, menurut pengurus masjid.

Ada terdapat menara yang berjumlah 9, ini menggambarkan tentang wali songo, selain itu masih ada lagi yaitu ada sebuah sumur yang yang dipercaya warga setempat dengan sumur wasiat. Konon katanya sumur ini tidak pernah mengalami kekeringan meski musim kemarau datang sekalipun.

Baca juga :
3 Kutukan paling nyata dan salah satunya dari indonesia
Batu misterius dari belahan dunia ini ada yang mengeluarkan air mata

Di bagian dalam masjid yang masih menyatu dengan ruang Imam, berdiri kokoh menjulang ke atas atas 17 tiang atau saka, itu merupakan simbol dari jumlah rakaat shalat wajib dalam sehari. Untuk bagian lura mempunyai 33 tiang berwarna merah sampai ke dinding tembok luar masjid ini, arti dari 33 tiang ini merupakan simbol jumlah wirid, hamdalah, tasbih dan takbir sesuai Shalat.

sumber : liputan6.com/regional/read/2976548/bisikan-gaib-tuntun-pembangunan-masjid-bata-merah-cirebon, demikian sedikit ulasan mengenai mitos tentang bisikan gaib yang menuntun pembangunan masjid cirebon, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »