Beberapa alasan kuat mengapa komputer Mac tahan terhadap virus

Komputer mac memang terkenal memiliki keunggulan lain dibandingkan dengan komputer yang lainnya. Selain tampilannya keren, komputer mac ini memiliki kekuatan ketahanan sehinga jarang sekali terkena virus. Telah digelar konferensi terkait keamanan "Palaeontology of Cybersecurity" di Suntec city singapura. Pagelaran ini diadakan hanya sebagai bagian dari isi pameran keamanan Interpol World Congress
Beberapa alasan kuat mengapa komputer Mac tahan terhadap virus - Didalam sebuah ajang pagelaran ini, turut serta juga dengan kehadiran CEO Kaspersky, ia menginformasikan ada beberapa data teranyar mengenai keamanan jaringan. Diantara salah satunya adalah koleksi database program jahat punya kaspersky. Maka didalamkesempatan ini, kaspersky akan membeberkan semua OS tidak akan luput dari serangan cyber.

Meskipun jumlah malware program jahat milik kaspersky lab di Mac OS ciptaan apple terbilang sangat minim, namun menurut data per mei 2017 hingga kini kaspersky lab hanya mendapatkan 53.000 ancaman ke Os dalam temuannya. Jumlah itu sangat jauh dibandingkan dengan Os microsoft yang memiliki jumlah mencapai 474 juta serangan, sedangkan untuk Os mobile sendiri buatan goggle memiliki 23 juta.

komputer-Mac-tahan-terhadap-virus-01.jpg

#Beberapa alasan kuat mengapa komputer Mac tahan terhadap serangan virus.
Lalu apa sebenarnya sehingga jumlah serangan ke OS Mac sangatlah minim?, sebab hal ini terjadi dikarenakan jumlah pembuatan sofware khusus Mac ini teramat sangat sedikit. Sedikit diantaranya engineer Mac ini juga berbanding lurus dengan beberapa jumlah kejahatan para pembuat malware Mac yang terbilang sedikit juga.

Tidak sedikit jumlahnya yang mengerjakan aplikasi Microsoft Windows dan android google, namun bukan diperuntukan untuk Mac. Jika dilihat dari segi keamanannya sendiri, celah keamanan di Mac sebenarnya lebih banyak dari windows, tapi belum ada yang mengerjakan malware untuk mac, menurut kaspersky.
Jumlah serangan kedalam windows bisa dikatakan sangat rentan, sebab pada saat ini Os masih sangatlah populer untuk semua pengguna. Os bikinan microsoft ini juga masih sangat menjadi kelas standar untuk kalangan perusahaan. Dan untuk banyaknya jumlah serangan terhadap android sangat meningkat drastis sebab kejahatan cyber mulai beranjak ke mobile. Jumlah serangan terendah ada di OS mobile bikinan Apple, yaitu iOS, jumlahnyapun hanya mencapai angka 600.

Celah keamanan yang terdapat di iOS sebenarnya hanya ada beberapa saja, namun jumlahnya relatif sedikit yang tahu. Celah itu dilepas melalui black market dengan harga tinggi, yaitu mencapai 1,5 juta dollar setiap celah. Maka oleh sebab inilah, para penjahat cyber akan berpindah dari iOS.

Ulasan terkait :
Cara paling tepat mengembalikan file yang hilang melalui win 8 anda

Memang jumlah serangan ini terbilang sangat banyak, namun kaspersky membuat perumpamaan, ditahun 1986 sampai 2016 hanya ada satu juta serangan malware. Sedangkan pada tahun 2016 ini, sudah diketemukan serangan yang jumlahnya 310.000 setiap hari. Dengan begitu didalam satu minggu bisa ditemukan melebihi dari 2.000.000 serangan.


Demikian ulasan mengenai beberapa alasan kuat mengapa komputer Mac tahan terhadap virus
semoga bermanfaat.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »