Suasana keangkerannya pulau nusa kambangan cilacap

Pulau nusa kambangan ini bisa dibilang sebagai iconnya kota cilacap jawa tengah, nama lembaga pemasyarakatan nusa kambangan ini sudah tidak asing lagi ditelingan orang-orang indonesia atau mancanegara sekalipun. Bahkan tidak sedikit orang yang mengatakan, bahwa nusa kambangan ini merupakan alcatraz indonesia.
Suasana keangkerannya pulau nusa kambangan cilacap - Langit yang berada tepat diatas pesisir pantai cilacap terlihat sangat cerah, sinar matahari yang tidak terhalang suatu apapun diatas gemerciknya riak ombak laut selatan. Lapas batu nusakambangan kelas 1 di pulau itu banyak sekali dihuni ratusan narapidana kelas wahid dari seluruh penjuru indonesia.

Alcatraz indonesia atau nusa kambangan ini memiliki keamanan yang hampir tidak ada celah sedikitpun untuk narapidana bisa melarikan diri. Mulai dari sistem penjagaannya yang super ketata membuat siapa pun yang menghuni atau mendekam disana akan terisolisasi dari keramaian dunia luar.

pulau-nusa-kambangan-cilacap-168.jpg

Karena saking ketatnya penjagaannya, sehingga tidak sedikit para pengunjung yang akan menjenguk saudara yang sedang menjalani masa tahanan, pengunjung harus bersabar dan mengikuti semua peraturan serta pemeriksaan dikantor dermaga wijayakusuma, tidak terkecuali untuk kalangan TNI atau wartawan.

#Suasana mistis keangkeran pulau nusa kambangan cilacap dan penjagaan ekstra ketat para petugas lapas yang tidak pandang bulu.
Untuk bisa sampai didermnaga sodong pulau nusakambangan hanya bisa melewati satu akses sarana transportasi kapal feri yang bernama 'PENGAYOMAN', yang sengaja dikelola kementerian hukum dan HAM. Sedangkan untuk kapal-kapal komersial lainnya tidak ada yang di izinkan untuk bisa berlabuh di dermaga tersebut selain dari kapal pengayoman. Tepat pukul 11.00 wib, terlihat dari jauh kapal pengayoman mendekati dermaga wijayakusuma. Maka begitu pintu kapal roll on-roll off dibuka, dengan cepat kedua awak kapal melompat berlari menuju tiang pancang untuk mengikat tali jangkar kapal.
Aktifitas penyebrangan pun akan segera dilaksanakan, kapal pengayoman tersebut bergerak mundur beranjak dari bibir dermaga. Semua para penumpang atau pembesuk merasa lega dan tersenyum manis bisa menemui sanak saudaranya yang sedang menjalani hukuman. Rasa rindu untuk segera jumpa serasa hanya tinggal sejengkal saja untuk bisa mencurahkannya. Berselang waktu sekitar 15 menit sudah sampai menyebrangi selat segara anakan, bahwa kapal pengayoman sudah tiba ditujuan dermaga sodong nusakambangan. Para pembesuk yang sudah bersiap berhamburan begitu pintu geladak dibuka. Mereka berlarian menuju sebuah bus khusus yang sudah disediakan petugas untuk mengantar sampai ke tujuan lapas.

Begitu langkah kaki sudah menginjak pulau nusakambangan, maka secara spontan mata akan tertuju ke sebuah gapura berwarna jingga yang bertuliskan "PEMASYARAKATAN NUSAKAMBANGAN". Tidak sedikit para penjenguk berkaca-kaca dan sedikit mengeluarkan air mata setelah membaca kalimat itu. Sampainya didermaga sodong, akan disambut sebuah kendaraan milik petugas sipir yang sudah siap membawa para pembesuk menuju ke lapas batu.

#Pesantren kilat lapas nusakambangan
Sang surya mulai tinggi diatas kepala, panas terik perjalanan hilang sudah sesampainya digerbang lapas batu. Begitu juga dengan sayup akan terdengar dari sebuah balik bangunan, lantunan ayat kitab suci Al-quran menggema ke semua sudut ruangan lobi.
pulau-nusa-kambangan-cilacap-1168.jpg
Seorang kepala lapas batu nusakambangan abdul aris mengatakan, setiap menyambut bulan suci ramadhan bahwa di lembaga pemasyarakatan kelas 1 selalu mengadakan kegiatan pesantren kilat untuk warga binaan dan narapidana. Ada sedikitnya 75 napi kelas kakap ikut berpartisipasi kedalam kegiatan pesantren kilat yang dilaksanakan mulai 29 mei sampai 21 juni yang dilaksanakan rutin setiap hari senin sampai kamis.

Kepala lapas batu menyebutkan ada 4 orang napi teroris yang terjun ikut didalam kegiatan pesantren kilat di bulan ramadhan, 2 diantaranya yaitu, rizki gunawan dan ahmad setyono. Nama rizki mungkin sudah tidak asing lagi, ia adalah seorang peretas yang mampu menarik milyaran uang guna mendalangi aktifitas militer di poso dan terlibat pendanaan peristiwa pengeboman gereja kepunton di solo september 2011 yang lalu. Sedangkan untuk penceramah didatangkan dari luar lapas, yang lebih menariknya lagi, ada dari beberapa napi yang bisa mengisi kultum pada saat shalat tarawih berlangsung.

Ulasan terkait :
Sejarah dari benteng pendem cilacap

Ada dari salah satu napi lapas batu bernama abdul fatah mengatakan, bahwa dengan adanya pesantren kiloat tentunya sangat membantu, khususnya yang ingin menata hidup dan ketenangan jiwa didalam menjalani masa hukumannya dilapas tersebut. Maka dengan adanya pengetahuan agama yang baik, tentunya mampu meminimalisasi hal yang tidak baik, sesuai dengan peraturan dilapas itu.

Salah satu narapidana di Lapas Batu Nusakambangan, Abdul Fatah, mengatakan, keberadaan pesantren sangat membantu, terutama untuk mengolah ketenangan jiwa dalam menjalani masa hukuman di lapas. Abdul Fatah ini merupakan terpidana seumur hidup atas kasus pembantaian wakil ketua dewan pimpinan cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Bondowoso, Suwardjo beserta keluarganya tahun 2004 silam.

Sumber : https://app.kompas.com/
Demikian sedikit ulasan mengenai Suasana keangkerannya pulau nusa kambangan cilacap, semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »