Keunikan LAPAS Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan Cilacap yang harus anda ketahui

Lembaga pemasyarakatan nusa kambangan cilacap - Siapa orangnya yang belum pernah mendengar LP Nusa Kambangan Cilacap.

Keunikan LAPAS Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan

Nusa kambangan adalah tempatnya para napi kaliber pembunuh dan korupsi kelas kakap. Penjahat mana yang tidak gentar jika sudah mendengar bahwa mereka akan menghuni LP terakhir untuk semua para napi, sekaligus tempat eksekusi mati para banda narkoba kelas berat.


Seringkali orang mengatakan, bahwa pulau nusa kambangan itu sangat menyeramkan dimana sudah banyak orang di eksekusi mati di tempat ini.

Jika dibilang seram, memang LP Nusa Kambangan ini seram, itu kan menurut pandangan dari seorang napi yang akan menjalankan hukuman mati saja. Berbeda dengan para penghuni napi yang sudah lama menjadi penghuni tetap dan tidak divonis hukuman mati.


Dibalik seramnya Lapas Nusa Kambangan ini, rupanya masih tersimpan keunikan-keunikan yang belum anda ketahui sepenuhnya. LP nusa kambangan hampir sama dengan lembaga pemasrakatan Alkatras di Amerika Serikat, keduanya mempunyai letak dan strategi lapas yang sama-sama ditengah laut, sehingga kesempatan napi untuk melarikan diri sangatlah tipis.
Baca juga : UNIKNYA ANAK-ANAK DATARAN TINGGI DIENG INI HAMPIR SEMUANYA BERAMBUT GIMBAL
Jadi apa kiranya yang menjadi keunikan tersendiri dari tempat lapas nusa kambangan ini?, ayo kita ketahui bersama keunikan yang ada di lapas nusa kambangan untuk para narapidana penghuni LP tersebut.

#Keunikan LAPAS Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan Cilacap yang harus anda ketahui.
Khususnya para narapidana yang divonis hukuman seumur hidup, disana akan mendapatkan bimbingan dan dilatih pekerjaan sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Keunikan LAPAS Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan

Setiap napi akan diberikan bimbingan pelatihan pekerjaan, salah satunya menjadi pengrajin batik, tukang kayu, tukang tembok dan lain sebagainya. bahkan yang menjadi uniknya lagi, pada jam-jam tertentu banyak para napi yang dilepaskan dari area lapas dan berbaur dengan masyarakat setempat. 

Meskipun demikian, para petugas lapas tidak akan merasa khawatir jika sampai napi berani melarikan diri, sebab kesempatan untuk bisa lolos dari lapas nusa kambangan ini sangatlah tipis, belum lagi dengan binatang singa lautnya yang bisa saja memangsa para napi sebelum mencapai tujuannya.
Baca juga : TRADISI UNIK MAYAT WANITA DINIKAHKAN DENGAN ANAKNYA YANG SUDAH MATI
#Memanfaatkan bekal keterampilan yang didapatkan dari LAPAS.
Para penghuni lapas nusa kambangan banyak dibekali beberapa keterampilan, diantaranya menjadi pengrajin batik, berbagai macam kerajinan tangan yang nantinya mereka bisa menjualnya kepada para wisatwan-wisatwan yang datang ke pulau nusa kambangan ini.

Keunikan LAPAS Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan

Gambar diatas ini merupakan salah satu bukti keunikan yang ada di dalam lapas nusa kambangan, setelah mereka mahir membuat keterampilan dan kerajinan tangan, kemudian hasil dari jerih payahnya itu mereka jual. Seperti napi diatas ini, beliau menjual hasil kerajinan tangannya membentuk batu akik. Maka jikaanda menemui jenis batu akik yang bernama tumpang batu, kemungkinan besar itu adalah hasil karya para napi nusa kambangan.

#Lapas tempat pertaubatan para napi.
Sepulangnya para napi terbebas dari jeratan hukum dan dikurung sekian lamanya di nusa kambangan telah menjadikan napi tidak akan mengulangi perbuatannya. Akan tetapi tidak sedikit juga para napi yang sudah bebas justru malah semakin beringas.

Keunikan LAPAS Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan

Selain dibekali berbagai macam keterampilan dan kerajinan tangan, semua napi penghuni lembaga pemasyarakatan nusa kambangan ini juga dibekali ilmu agama. Dengan adanya pondok pesantren di area lapas, tidak sedikit napi yang sudah bebas menjadi alim dan taat beribadah. Selain itu, karena bekali keterampilan yang didapatkan, banyak narapidana menjadi lebih mapan dan mandiri setelah terbebas sehingga tidak dikucilkan orang-orang disekitarnya.
Demikian kiranya sedikit ulasan mengenai keunikan LAPAS Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan Cilacap yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat.

Tempat-tempat kuliner khas sunda sepanjang perjalanan melalui jalur selatan


Tempat-tempat kuliner khas sunda disepanjang jalan menuju arah selatan ini, dengan tujuan kota menuju Tasikmalaya akan banyak anda jumpai dengan mudah. Setiap orang yang sedang dalam perjalanan mengunakan kendaraan umum, hal yang dinanti-nantikan hanya waktu istirahat mobil selama perjalanannya.


Tempat-tempat kuliner khas sunda

Tapi sayangnya dengan menggunakan kendaraan umum, kita tidak bisa memilih tempat-tempat peristirahatannya sendiri, sebab pada umumnya kendaraan umum seperti Bus sudah mempunyai akses langsung dimana tempat-tempat peristirahatan untuk sekedar menikmati kuliner yang sudah menjalin kerja sama dari full bus itu sendiri.
Baca juga : BASO CUANKI MAKANAN TERKENAL KHAS SUNDA
Biasanya rumah makan yang sudah menjalin partner dengan full-full kendaraan bus akan anda jumpai disepanjang jalan jalur selatan, antara jakarta sampai tasik malaya, ciamis dan banjar sari. Adapun tempat kuliner dari arah selatan yang sudah menjadi partner perusahaan angkutan umum seperti bus ini, salah satunya RM. Pananjung.


Jadi bagi anda yang ingin mencari tempat istirahat sendiri, alangkah baiknya anda menggunakan kendaraan sendiri jika untuk melakukan perjalanan menuju arah timur melalui jalur selatan, anda enggak perlu khawatir, masih banyak tempat-tempat kuliner disepanjang jalur selatan ini.

Selama perjalanan anda menuju jalur selatan, saya sangat merekomendasikan bahwasanya ada tempat-tempat kuliner khas sunda yang bisa anda singgahi dan seringkali saya kunjungi selama perjalanan pulang menuju limbangan garut.

#Tempat-tempat kuliner khas sunda sepanjang perjalanan melalui jalur selatan yang harus anda coba.

Anda harus bisa menahan haus dan lapar sebentar selama perjalanan anda jika ingin singgah ditempat rumah makan favorit anda, jadi selama perjalanan anda sudah memasuki daerah jawa barat, khususnya sudah diujung timur kota bandung, ada salah satu tempat kuliner khas sunda yang harus anda coba, diantaranya :

#Rumah Makan Khas Sunda "Ma Ecot".
Rumah makan Mak Ecot ini tepat berada dipinggir jalan utama menuju arah kota tasikmalaya sebelum limbangan garut.

Tempat-tempat kuliner khas sunda

Rumah makan ini, anda akan temui setelah perjalanan anda melewati daerah dijalur Nagreg Garut KM 36. Rumah makan Ma Ecot menyediakan beberapa aneka minuman segar dan juga kuliner makanan khas sunda yang sudah sangat terkenal sekaligus menjadi buruan banyak orang didaerah tersebut.
Baca juga : DODOL OLEH-OLEH TERKENAL DARI GARUT
Ada salah satu jenis kuliner lauk pauk yang seringkali menjadi incaran dan santapan para orang yang sengaja mampir untuk sekedar menikmati "Pindang Lunak Buatan Ma Ecot".

Tempat-tempat kuliner khas sunda

Menu Pindang Lunak inilah yang menjadi salah satu jagoan paling banyak dipesan orang-orang, pindang lunak yang langsung dibuat oleh pemilik Rumah Makan itu sendiri sesuai dengan namanya yaitu "Ma Ecot" ini memiliki citarasa nya yang kental dari sunda.
Anda tidak bakal menyesal untuk mampir di rumah makan Ma ecot, selain harganya terjangkau, disamping itu anda tidak akan bisa menyisakan lauk pindang lunak ini, baik mulai kepala sampai ke bagian duri tulang pindang ini bisa dengan lahap anda santap. Bukan hanya bagian dagingnya saja yang nikmat, tapi citarasa kenikmatannya sampai meresap ke duri tulang-tulangnya.

#Rumah Makan Cibiuk.
Rumah makan ci biuk ini masih satu jalur dengan Ma ecot, keberadaannyapun masih dipinggir jalan utama. Meski tempatnya berada dipinggir jalan, namun rumah makan ci biuk ini memiliki perbedaan dengan rumah makan lainnya.

Tempat-tempat kuliner khas sunda

Mulai arsitekturnya yang kental dengan nuansa alam, dan selalu banyak dikunjungi orang-orang untuk sekedar beristirahat serta menikmati menu minuman dan hidangan yang ada ditempat itu. Tidak sedikit para pengunjung yang datang dan mengatakan "saya hanya ingin menikmati sambal ci biuknya". Memang menu andalan yang banyak dinikmati para pecinta kuliner yang datang kesini, yaitu dengan menikmati sambal pedas dan gurih ci biuk.

Tempat-tempat kuliner khas sunda

Rasa haus dan lapar akan segera terobati jika berada disebuah tempat yang bernuansa alam bebas, serta dengan hembusan angin yang sepoy-sepoy sekaligus menikmati hidangan kuliner khas sunda, yaitu sambal Ci Biuk. 
Baca juga : DOYAN SAMBAL GURIH DAN PEDAS? ANDA WAJIB MENCICIPI SAMBAL INI
Selain ditunjang dengan makanan yang lainnya, lalapan segar, ikan gurami bakarnya, sayur lodeh, tumis kangkung yang nikmat. Dari kesemua menu tersebut campur menjadi satu dengan ditemani menu andalannya Sambal Ci Biuk. Rumah makan ci biuk ini tepatnya sebelum anda menjumpai Desa Limbangan, anda akan melihat tulisan terpampang sangat besar bertuliskan "Rumah Makan Ci Biuk"dari arah barat sebelah kiri jalan. 

#Rumah Makan Gentong Malangbong.
Jika anda sudah melewati desa limbangan garut, masih ada tempat untuk anda beristirahat dan menikmati makan siang selama perjalanan anda. Maka setelah anda menjumpai desa malangbong, ada sebuah tempat kuliner yang sudah lama dikenal orang, yaitu RM. Gentong.

Tempat-tempat kuliner khas sunda

Rumah makan gentong ini sudah termasuk wilayah Tasikmalaya, salah satu tempat kuliner paling banyak disinggahi para pengendara tidak lain taitu Rumah Makan Gentong. Mengenai menu-menu yang ada disini hampir mirip dengan rumah makan khas sunda lainnya. 

Tempat-tempat kuliner khas sunda

Tapi tetap saja, disetiap rumah makan tentunya memiliki menu andalannya sendiri-sendiri, seperti menu yang menjadi andalan di rumah makan gentong ini yaitu nasi liwetnya dan menu tutung oncom beserta genjer. Belum lagi dengan aneka minumannya yang bisa mengobati rasa haus selama menempuh perjalanan jauh anda.

#Rumah Makan Pananjung.
Rumah makan inilah yang saya sebutkan diatas, yang dimana rumah makan ini sebenarnya sudah menjadi pertner salah satu kendaraan umum Bus untuk para armadanya.

Tempat-tempat kuliner khas sunda

Rumah makan pananjung selian untuk para armada bus, juga untuk umum juga. Sebab selain tersedia menu-menu hidangan yang tidak kalah dengan rumah makan lainnya, di rumah makan pananjung ini menyediakan jajanan oleh-oleh yang cukup banyak peminatnya sehingga tidak jarang dari semua penumpang bus yang berhenti disini memborong oleh-oleh khas sunda.

Tempat-tempat kuliner khas sunda

Selain menyediakan oleh-oleh untuk anda bawa pulang, rumah makan pananjung juga punya resep menu hidangannya yang enak dan gurih, anda bisa menikmati kuliner kegemaran anda disini, antara lain menu : ayam bakar - sambal gurih nan pedas - cap cay - semur jengkol dan daging, dan masih banyak menu-menu lainnya yang tak kalah nikmatnya, yaitu dengan adanya pedagang-pedagang jajanan kuah seperti bakso, siomay dan lain-lain. 
Baca juga : PENGIN JAJAN MURAH DAN ENAK? SIOMAY SOLUSINYABASO CUANKI MAKANAN TERKENAL KHAS SUNDA
Mungkin hanya inilah rekomendasi tempat-tempat kuliner khas sunda sepanjang perjalanan melalui jalur selatan, selamat menikmati hidangan-hidangannya.