Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu Yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan android sebagai salah satu jenis OS yang paling banyak diminati oleh masyarakat dunia, kini kehadirannya pun terus mengalami perkembangan. Jika semula OS android hadir dengan versi 1.1 saja, maka untuk saat ini OS tersebut pun hadir dengan pilihan yang lebih beragam. 

Tidak hanya itu saja, setiap versi terbaru yang dimilikinya hadir dengan beragam kelebihan berbeda. Karena itulah OS android dikenal sebagai jenis OS yang terus mengalami perkembangan atau pembaruan dari waktu ke waktu.

Bagi anda yang ingin mengetahui info lebih lanjut terkait perkembangan jenis-jenis OS android tersebut dengan lebih lanjut, sebaiknya anda perhatikan uraian singkat dari penjelasan di bagian bawah ini :

#Perkembangan os android dari waktu ke waktu
- Android versi 1.1 
Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu
Untuk OS android versi pertama ini mulai dirilis pada tanggal 9 Maret 2009 lalu dan dilakukan oleh pihak Google. Dalam versi yang satu ini OS android tersebut dilengkapi dengan layanan service dari google mail, dan juga beberapa pembaruan aplikasi yang dimilikinya. Kemudian OS android pertama ini juga hadir dengan bagian jam alarm voice search, sistem pengiriman pesan email dengan menggunakan gmail, kemudian ada pula pemberitahuan email dan juga pemberitahuan estetis.
Baca juga : Cara paling mudah menguji keaslian smartphone android
- Android versi 1.5 (Cupcake)
Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu


Tidak jauh berbeda dengan OS android di bagian atas tadi, untuk versi yang satu ini ia juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih lainnya, seperti halnya layanan upload video yang dilakukan ke dalam youtube, kemudian upload gambar yang dapat dilakukan langsung ke picasa dari smartphone yang anda miliki, serta kehadirannya yang juga dilengkapi dengan bluetooth versi A2DP yang telah terintegrasi dengan baik.
Baca juga : Tutorial Sederhana Membuat Aplikasi Sederhana Di Androdi Studio
- Android versi 1.6 (Donut)
Untuk OS android dengan versi 1.6 ini seringkali disebut sebagai OS Donut. Jenis OS android donut memiliki tingkat kecanggihan yang cukup berbeda dengan OS android sebelumnya, hal ini berkaitan dengan layanan aplikasi yang ditonjolkan olehnya, seperti halnya jenis aplikasi standart yang salah satu fungsinya bertujuan untuk memudahkan sistem pencarian.

Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu

Dalam OS android donut, fitur galery yang dimilikinya pun tertata dengan lebih rapih. Tidak hanya itu saja, ia pun tampil dengan layanan user friendly, sehingga memudahkan para penggunanya.

Hal ini juga didukung dengan resolusi layar yang menggunakan tingkat WVGA. Dengan adanya peningkatan android market, OS android ini juga dapat melakukan upgrade menuju OS android versi selanjutny atau 2.1

- Android versi 2.1 (Eclair)
OS android eclair adalah jenis OS versi 2.1 dan menjadi generasi keempat dalam perkembangan yang dimilikinya. Dalam versi yang satu ini terdapat penambahan lainnya, seperti halnya penggunaan google maps. Tidak hanya itu saja, android eclair juga hadir dengan beberapa fitur yang lebih canggih lainnya, dimulai dari fitur kamera dengan ukuran 3,2 pixel dan juga telah didukung dengan bantuan flash.

Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu

Kemudian terdapat bagian daftar kontak istimewa, penggunaan sistem HTML5 yang juga mendukung adanya perubahan User Interface, khususnya dengan jenis browser baru. Sedangkan untuk bagian terakhir, OS ini dilengkapi pula dengan fitur bluetooth versi 2.1 yang tentunya memiliki tingkat kecepatan jauh lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.

- Android versi 2.2 (Froyo)
Jika generasi OS android pertama diluncurkan pada tahun 2009 lalu, maka untuk versi 2.2 yang lebih dikenal dengan sebutan android froyo ini justru hadir di tahun 2010. Dalam kehadirannya, versi android yang satu ini pun dilengkapi dengan beberapa bentuk perkembangan selanjutnya, dimulai dari penggunaan flash dengan tingkat kecepatan mencapai 5 kali lipat dibandingkan dengan tingkat kecepatan sebelumnya. 

Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu

Kemudian ia juga hadir dengan fitur kamera terbaru yang tentunya dapat merekam video dalam bentuk HD. Selain itu, android froyo juga dilengkapi dengan aplikasi yang dapat digunakan untuk menyimpan memory card serta memiliki kemampuan untuk melakukan auto update pada android market yang dimilikinya.

- Android versi 2.3 (Gingerbread)
Untuk versi yang satu ini, ia dikenal dengan kelebihannya yang dapat meningkatkan performa dari smartphone yang anda miliki, seperti halnya ketika memulai permainan game, menyalakan sistem audio, video, atau bahkan menggunakan kamera dan lain sebagainya.

Perkembangan Os Android Dari Waktu Ke Waktu

OS android yang satu ini juga dilengkapi dengan keyboard virtual dan juga world selection, app control yang dilengkapi kamera yang dibuat menyatu, kemudian ada power management, serta hadir dengan user interface hemat energi, sehingga baterai yang dimilikinya pun dapat bertahan jauh lebih lama.

- Android versi 3.1 Honeycomb
Berbeda dengan beberapa jenis OS android di bagian atas tadi, untuk versi terbaru ini justru pembuatannya dikhususkan untuk penggunaan perangkat tablet. Karena itulah ia tidak dapat digunakan pada ponsel. 

Selain itu, berkaitan dengan desain khusus yang dimilikinya, tingkat kecanggihan dari OS android ini pun jauh lebih maksimal. Karena itulah banyak diantaranya perangkat tablet yang mampu berfungsi dengan lebih optimal apabila menggunakan versi androdi yang satu ini.


- Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Android yang satu ini adalah OS pertama yang memiliki fitur dari pembuka kunci dengan sistem pengenalan wajah. Selain itu, ia juga dapat menghasilkan interface dengan tampilan yang lebih baik dan halus dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur lainnya yang juga dimiliki android versi 4.0 ini adalah penggunaan font.

- Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Dengan beberapa fitur yang juga diperbarui dari versi sebelumnya, android yang satu ini mampu melakukan pencarian dengan sistem pengenalan suara. Sehingga informasi pun bisa anda dapatkan dengan lebih cepat. Selain itu, ia pun dilengkapi dengan keyboard virtual; yang jauh lebih sempurna, hingga pekembangannya pun berlanjut menuju versi 4.3.

Selain penjelasan singkat dari beberapa versi OS android di bagian atas tadi, ada pula beberapa versi selanjutnya yang bisa anda temukan di website terpercaya. 

Pusat perbelanjaan oleh-oleh kerajinan tangan di jawa barat

Oleh-oleh kerajinan tangan di jawa barat - Oleh-oleh tentunya akan selalu dinantikan keluarga anda dirumah, apalagi anda telah bepergian jauh. Oleh-oleh bisa berupa makanan, atau berupa souvenir tanda mata yang bisa anda dapatkan dikota yang menjadi tujuan anda selama bepergian.

Di jawa barat ini pernah saya jumpai yang disetiap tempatnya banyak sekali menjajakan beberapa macam jenis kerajinan tangan yang bisa anda jadikan penghisa rumah, atau untuk sekedar oleh-oleh anak-anak anda dirumah.

Apapun jenis kerajinan tangan akan mempunyai nilai tersendiri, sebab segala sesuatu yang langsung dibuat tangan akan memiliki nilai harga seni tinggi, sehingga banyak orang yang mencari. Tapi bukan berarti harganya tidak bisa dijangkau. Ada salah satu tempat pusat perbelanjaan di jawa barat tepatnya dikota Rajapolah tasikmalaya.

Anda akan melihat terkagum-kagum, kerajinan tangan yang berada di Rajapolah ini. Semua jenis produk mereka buat tanpa menggunakan mesin apapun. Rajapolah tasikmalaya ini, sudah sangat terkenal dan sudah puluhan tahun lamanya memproduksi jenis kerajinan tangan, maka tidak heran banyak para kolektor seni mencari kerajinan tangan di Rajapolah, baik untuk mereka jual kembali maupun sebagai penghias rumah.

Oleh-oleh kerajinan tangan di jawa barat
Jadi produk kerajinan apa saja yang ada di rajapolah tasikmalaya ini?, berikut dibawah ini jenis-jenis kerajinan tangan dari ciawi yang bisa anda bawa pulang, antara lain :

#Oleh-oleh kerajinan tangan di ciawi tasikmalaya jawa barat
Jawa barat memang sangat identik dengan seni, baik warga masyaratnya, dan juga seni kerajinan tangan yang mereka ciptakan dengan ketelatenannya sebagai warga yang mendedikasikan dirinya sebagai pengrajin seni. Adapun jenis kerajinan tangan dari Rajapolah tasikmalaya ini diantaranya :
Baca juga : Pusat perbelanjaan kain textil paling lengkap di cipadu tangerang
#Kerajinan tangan wayang golek
Wayang golek ini merupakan salah satu simbol seni yang lahir dari jawa barat. Kerajinan tangan wayang golek ini dibuat dari bahan kayu secara manual.

oleh-oleh kerajinan tangan di jawa barat


Wayang golek ini salah satu jenis kerajinan tangan yang sudah banyak dimiliki oleh orang-orang luar negeri. Masa kita sebagai orang indonesia tidak ingin menyimpan kesenian yang khas indonesia, jadi tidak ada salahnya wayang golek ini anda jadikan oleh-oleh sebagai penghias rumah.

Jika dilihat dari sisi yang lain (Media Hiburan) lain, mungkin wayang golek hanya akan diminati orang-orang sunda, namun dilihat dari segi seni, wayang golek ini bisa dimiliki oleh siapapun.
Baca juga : Pusat jajanan oleh-oleh paling terkenal di kota garut jawa barat
#Kerajinan tangan besek bambu
Siapa orangnya yang tidak tertarik dengan dan ingin memiliki tanda mata seperti besek, dari namanya memang kurang meminati, akan tetapi besek yang terbuat dari bambu ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

oleh-oleh kerajinan tangan di jawa barat


Dari berbagai macam warna yang cerah besek ini, mungkin anda akan mengira bahwasanya besek ini terbuat dari bahan plastik atau sejenisnya.

Disinilah yang menjadi daya tarik kebanyakan orang, besek ini dibuat dengan bambu berkualitas dan tahan lama, lalu dengan sentuhan olesan fernis sehingga besek ini mampu memunculkan harga seninya yang begitu tinggi.

#Kerajinan tangan lampu hias
Untuk kerajinan tangan yang satu ini, pastinya anda akan tertarik dan ingin memiliki lampu hias untuk anda jadikan pajangan dirumah anda.

oleh-oleh kerajinan tangan di jawa barat

Selain anda jadikan hiasan didalam rumah, lampu hias ini bisa juga anda pasangi bohlam yang asli sebagai penerang ruangan kamar anda. Jika anda ingin memiliki lampu hias ini, masih banyak beberapa ukuran, maupun warna yang anda inginkan. Produk kerajinan tangan dari rajapolah semacam inilah yang seringkali diburu orang-orang.
Baca juga : Tempat perbelanjaan pakaian ternama yang saya rekomendasikan untuk anda
 #Kerajinan box tissue
Anda bingung harus dimana meletakan tissue?, maka agar ruangan terlihat rapih sebaiknya anda menyimpan tissue didalam tempatnya.

leh-oleh kerajinan tangan di jawa barat

Box tempat menyimpan tissue ini terbuat dari anyaman pandan yang dikeringkan, meski terbuat dari pandan namun soal kekuatan dan ketahannya bisa teruji. Kerajinan tangan seperti box tempat tissue ini seringkali dibeli oleh para pemilik rumah makan atau di hotel-hotel. barangkali anda ingin menyimpannya dirumah anda, masih banyak beberapa pilihan warna box tissue yang bisa anda bawa dari rajapolah ini.

#Tas atau dompet anyaman
Dompet atau tas anyaman ini terbuat sama seperti box tisssue, jenis pilihan warnanya yang menarik ini banyak sekali diminati orang-orang, khususnya perempuan.

oleh-oleh kerajinan tangan di jawa barat

Dompet tas yang hanya sebatas anyaman ini, mampu memikat banyak orang, baik dari warna-warnanya yang cerah, belum lagi dengan designnya yang unik dan elegan tanpa menggunakan tekhnologi komputer. Jika anda ingin memilikinya enggak perlu khawatirkan soal kekuatannya, bahan yang digunakan sebagai anyaman tas/ dompet ini merupakan pandan pilihan.

#Beberapa jenis aneka kerajinan tangan
Banyak sekali pilihan jenis aneka kerajinan tangan yang ada di rajapolah tasikmalaya ini, selain harganya murah, namun memiliki nilai seni mahal.

oleh-oleh kerajinan tangan di jawa barat

Berbagai macam jenis kerajinan tangan yang bisa anda peroleh langsung dari tasikmalaya ini meliputi : alas kaki, bok penyimpanan pakaian kotor, bok penyimpanana makanan kecil, bahkan sampai kerajinan yang bisa dinikmati anak-anak anda, yaitu kuda-kudaan yang terbuat dari bahan rotan.

Rasanya tidak cukup satu hari saya menyebutkan jenis kerajinan tangan yang ada di Rajapolah Tasikmalaya ini, kemungkinan yang diatas ini hanya beberapa jenis saja, jadi buruan datang ke rajapolah untuk memborong kerajinan tangan yang anda inginkan.

Demikian apa yang saya informasikan untuk anda semua, yaitu mengenai pusat perbelanjaan oleh-oleh kerajinan tangan di rajapolah tasikmalaya jawa barat ini, selamat berbelanja..

Kumpulan daftar aplikasi smartphone android yang wajib anda miliki

Smartphone android dikenal sebagai produk teknologi tercanggih saat ini. Namun hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran aplikasi yang terdapat di bagian dalamnya, banyaknya aplikasi dengan fungsi yang beragam menjadikan smartphone android berjalan dengan lebih optimal di bandingkan sebelumnya. 

Tidak hanya itu saja, aplikasi itu pun hadir dengan tingkat penggunaan yang berbeda. Karena itulah aktibitas harian anda pun dapat dilakukan dengan lebih mudah menggunakan aplikasi yang satu ini. Bagi anda yang ingin mengenali lebih jauh terkait keberagaman aplikasi dan juga fungsi dan manfaat yang dimilikinya, berikut ini penulis sajikan beberapa jenis aplikasi yang dapat anda manfaatkan dengan mudah dalam mengoptimakan fungsi smartphone android yang anda miliki, diantaranya :

#Kumpulan aplikasi android yang harus anda miliki :
#Aplikasi android anti virus

Jika pada mulanya software yang satu ini hanya digunakan untuk perangkat komputer, namun berkaitan dengan tingkat kecanggihan teknologi yang semakin tinggi.

Smartphone atau gadget android yang anda miliki pun mulai membutuhkan aplikasi yang satu ini, khususnya untuk mencegah, menghindari dan bahkan mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh berbagai macam jenis virus digital yang semakin hari semakin beragam pula. Karena pada dasarnya semakin canggih tingkat keberadaan teknologi masa kini, maka keberadaan anti virus itu pun akan meningkat semakin canggih pula. 

Kumpulan daftar aplikasi smartphone android

Jika anda hendak menggunakan aplikasi yang satu ini pastikanlah untuk memilih jenis software yang memiliki kualitas tinggi. Dengan demikian, tidak hanya sistem kerjanya saja yang dapat berjalan maksimal, melainkan proteksi untuk sistem yang dimiliki oleh smartphone itu pun akan terjaga dengan lebih baik. Selain itu untuk menjaga tingkat keamanan dengan lebih baik, pastikan pula untuk melakukan update pada antivirus yang anda miliki.

#Aplikasi office android

Untuk aplikasi yang satu ini tentunya sangat penting dan banyak dibutuhkan, utamanya bagi mereka yang memiliki tingkat pekerjaan tinggi.

Dengan kehadiran office dalam smartphone yang anda miliki, maka anda pun dapat membuka, membuat, menyimpan, dan bahkan melakukan edit dokumen yang dibutuhkan dengan lebih mudah, Tidak hanya dalam bentuk huruf saja, melainkan data angka dalam file excel juga powerpoint pun bisa anda gunakan dengan lebih mudah.
Baca juga : Intip produk Nokia android windows Express Music NX
Kumpulan daftar aplikasi smartphone android

Memiliki aplikasi office dengan tingkat kelengkapan tinggi, seperti halnya fitur yang lengkap, tentu akan membuat anda semakin mudah dalam melakukan aktivitas pekerjaan. Bahkan, aplikasi yang satu ini juga dapat dijalankan dengan lebih cepat pada smartphone android yang anda miliki.

#Aplikasi android pada google maps

Ada tiga jenis aplikasi berbeda dari jenis aplikasi android yang satu ini, dimulai dari GPS, kemudian Maps, dan juga aplikasi translator. Untuk ketiga jenis aplikasi ini juga dikenal sebagai jenis aplikasi yang sangat penting dan paling banyak dibutuhkan oleh mereka yang memiliki hobi jalan-jalan.

Dengan adanya GPS dan juga Maps, maka anda pun akan lebih mudah untuk menentukan arah tujuan atau jalan menuju tempat yang anda tuju, sehingga perjalanan pun dapat anda lakukan dengan lebih mudah.
Sedangkan untuk aplikasi translator itu sendiri berguna ketika anda melakukan percakapan dengan bahasa asing.
Baca Juga : Memperkenalkan smartphone android Huawei Mate 9 Leica Dual Camera
Karena pada dasarnya aplikasi translator itu sendiri berfungsi sebagai alat penerjemah yang dapat membantu anda dalam memahami bahasa asing dengan lebih mudah. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang satu ini juga mulai dilengkapi dengan kehadiran suara, sehingga pengucapan kata-kata yang dimilikinya pun dapat dipelajari dengan lebih mudah.

#Aplikasi photo serta video editor 
Jika anda termasuk sosok yang senang mengabadikan momen dalam bentuk gambar dan juga video, maka anda pun dapat mengabadikannya dengan hasil yang lebih sempurna. Selain smartphone android yang saat ini dilengkapi dengan kecanggihan kamera berkualitas tinggi, kehadiran aplikasi untuk photo serta video editor itu pun bisa anda gunakan untuk mempercantik gambar atau pun video yang telah anda abadikan sebelumnya. 

Kumpulan daftar aplikasi smartphone android

Seperti yang telah anda ketahui bahwa setiap aplikasi dari photo serta video editor itu sendiri memiliki fitur dengan tingkat keunikan yang lebih beragam. Selain membuat hasilnya lebih menarik untuk dipandang, anda juga dapat merasakan kepuasan melalui photo atau bahkan video yang selanjutnya dapat anda upload di sosial media dengan efek yang berbeda dari sebelumnya.

#Aplikasi hiburan pada android
Selain beberapa jenis aplikasi di bagian atas tadi ada pula jenis aplikasi lainnya yang juga sangat berguna dalam mengoptimalkan fungsi smartphone android.


Beberapa jenis aplikasi yang satu ini diantaranya adalah aplikasi untuk mendengarkan musik, streaming tv online, dan juga berbagai macam aplikasi lainnya termasuk untuk jenis aplikasi permainana game. Selain dapat digunakan untuk menghabiskan waktu senggang. Anda juga dapat menggunakan aplikasi yang satu ini untuk menambahkan nilai guna.

Demikianlah diantaranya beberapa jenis aplikasi yang wajib untuk anda miliki dalam mengoptimalkan fungsi smartphone android. Selain membuat smartphone anda menjadi lebih berguna, kehadiran dari beberapa jenis aplikasi di bagian atas tadi pun dapat membantu anda dalam menyelesaikan berbagai macam aktivitas harian.

Dimulai dari aktivitas rutin seperti halnya pekerjaan, hingga akltivitas santai atau hiburan. Namun dari sekian banyak aplikasi yang tersedia dalam sistem andorid, ada yang disediakan secara gratis dan ada pula yang disediakan dengan sistem berbayar. Karena itulah sebelum anda melakukan pengunduhan, maka sebaiknya anda perhatikan dulu rincian dari aplikasi tersebut, sehingga anda pun tidak terjebak untuk melakukan pembayaran.

Jika anda ingin mendapatkan aplikasi gratis dari beberapa jenis aplikasi yang wajib untuk dimiliki di bagian atas tadi, maka cobalah untuk mengunjungi website yang dikenal menyediakan berbagai macam jenis aplikasi tersebut dengan bebas atau gratis. Demikianlah ulasan mengenai daftar aplikasi smartphone yang wajib untuk anda miliki di dalam android anda, semoga bermanfaat.

Tutorial Sederhana Membuat Aplikasi Sederhana Di Androdi Studio

Smartphone android memang dikenal sebagai jenis smartphone yang dilengkapi dengan banyak aplikasi. Namun pernahkan terlintas di benak anda bagaimana cara untuk membuat aplikasi pada android itu sendiri? Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat aplikasi sederhana pada android yang anda miliki, maka sebaiknya anda ikuti penjelasan singkat di bagian bawah ini :

Tutorial Sederhana Membuat Aplikasi

Banyaknya minat masyarakat untuk membuat aplikasi android membuat pihak Google menyarankan untuk membuat aplikasi tersebut dengan layanan Android Studio, yaitu sebuah official IDE yang dapat digunakan oleh siapa saja. Namun sebelum anda mengaplikasikan turorial di bagian bawah ini pastikanlah untuk men-download berbagai macam jenis aplikasi yang dibutuhkannya di bagian bawah ini :

·JDK
·Android Studio
·Android SDK


Beberapa jenis aplikasi tersebut harus anda pasangkan terlebih dahulu sebelum prose pembuatan aplikasi android itu anda lakukan sendiri. Pasalnya aplikasi di bagian atas tadi berguna untuk melakukan proses pengembangan pada sistem android tersebut.

Untuk aplikasi pertama yang bisa anda buat sebagai bahan latihan, cobalah untuk membuat aplikasi Hello World. Namun sebelumnya anda juga harus memastikan bahwa aplikasi tersebut nantinya dapat dibuka pada devices yang anda miliki itu sendiri, dan usahakan untuk dapat menjalankannya meski tanpa menggunakan emulator sekali pun.

Berikut adalah tutorial dari tahapan langkah pembuatan aplikasi sederhana tersebut :

#Tutorial Sederhana Membuat Aplikasi Sederhana Di Androdi Studio
-     Hal pertama dalam tutorial kali ini, pastikanlah untuk menginstal Android Studio, dan kemudian masuklah pada bagian menu bar dengan mengklik file, kemudian new project. Setelah itu proses create new project pun dapat anda lakukan.

- Dalam proses pembuatan project baru tersebut ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, seperti halnya project pada bagian android studio yang dapat disama artikan dengan jenis workspace pada bagian eclipse.

Sementara itu, module yang terdapat di bagian android studio itu sama halnya dengan project yang terdapat di bagian eclipse. Dengan kata lain, dalam satu project di bagian android studio, dapat terisi oleh banyak module, seperti halnya satu workspace dari eclipse yang terisi oleh beragam project yang berbeda.

- Setelah anda memahami hal tersebut, kemudian masukkanlah nama project serta domain yang kemudian akan diconvert untuk dijadikan sebagai nama package. Selain cara itu, anda juga dapat memilih folder lokasi yang dapat digunakan untuk menyimpan project tersebut. Jika semuanya telah selesai, maka anda pun tinggal mengklik tombol next untuk masuk ke bagian selanjutnya.

- Di halaman selanjutnya, anda akan dihadapkan pada jenis SDK yang ingin anda gunakan. Untuk aplikasi sederhana, cobalah untuk menggunakan SDK Ice Cream Sandwich untuk jenis android 4.0.3. Pemilihan SDk yang satu ini berkaitan dengan SDK Gingerbread yang saat ini sudah jarang digunakan. Sementara itu ketersediaan jenis SDK itu sendiri akan muncul pada list yang sesuai dengan jenis SDK yang telah anda download sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, pada aplikasi android studio ini, anda juga akan ditampilkan dengan persentase dari device yang sesuai atau support akan SDK yang telah anda pilih sebelumnya. Seperti halnya pada jenis SDK ICS yang hampir support oleh 88% devices android yang ada saat ini. Jika hal tersebut telah anda lakukan, maka anda pun tinggal mengklik tombol next kembali untuk masuk ke bagian selanjutnya.

- Pada tahapan langkah yang satu ini, anda akan dihadapakan dengan pemilihan jenis activity yang kemudian hal tersebut pun akan ditampilkan pada aplikasi android yang hendak anda buat itu tadi.

Pada dasarnya Android Studio menyediakan beragam pilihan dari jenis template yang berbeda untuk masing-masing activity yang dimilikinya. Seperti halnya jenis MapActivity, FullScreen, FragmentActivity, dan pilihan lainnya. Namun untuk lebih memudahkan anda dalam melakukan proses pembuatan aplikasi android, sebaiknya anda pilih jenis BlankActivity, setelah itu, klik lah tombol next kembali untuk memasuki tahapan selanjutnya.

- Memasuki tahap selanjutnya anda pun tinggal memberikan nama untuk jenis activity android yang anda miliki. Setelah itu, secara otomatis, android studio pun akan kembali melakukan generate nama yang kemudian digunakan sebagai layout dari aplikasi android tersebut.

- Jika tahapan tersebut telah anda selesaikan, maka pembuatan aplikasi pun telah selesai dan anda pun tinggal mengklik bagian finish untuk mnyelesaikannya

Jika beberapa tahapan langkah di bagian atas tadi telah anda selesaikan, maka anda pun akan masuk menuju halaman utama dari android studio, dan mulailah untuk melakukan beberapa tahapan langkah di bagian bawah ini kembali ;

Aplikasi Sederhana Di Androdi Studio

- Android studio main page

Pada bagian yang satu ini anda akan melihat bagian layout dari aplikasi yang tengah anda buat yang secara langsung muncul di bagian tengah. Sementsra itu pada bagian kiri terdapat struktur project yang berasal dari aplikasi android. Pada bagian dari struktur inilah terdapat beberapa bagian elemen yang berbeda, diantaranya :

- Android studio app structure
Pada bagian yang satu ini, anda dapat melihat struktur dari aplikasi android yang memiliki root di bagian folder app. Sedangkan aplikasi itu sendiri pada dasarnya adalah nama module yang berasal dari aplikasi Hello World yang telah anda buat sebelumnya.

- Run App
Jika anda telah menyelesaikan bagian tersebut, maka anda pun dapat menjalankan aplikasi yang telah anda buat itu tadi. Namun untuk menjalankan apliksi tersebut, anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol shift+F10, setelah itu klik lah tombol tanda panah hijau yang tersedia di bagian toolbar di sebelah atas android studio, namun sebelumnya pastikanlah untuk memilih nama module yang hendak anda jalankan terlebih dahulu.

Setelah melakukan beberapa tahapan langkah di bagian atas tadi, maka aplikasi pun dapat anda jalankan. Demikian artikel tentang tutorial sederhana membuat aplikasi sederhana di androdi studio

Kenalilah dahulu Fungsi Dan Kelebihan Smartphone Android

Smartphone android sering pula disebut sebagai komputer mini, hal ini berkaitan dengan fungsi serta tingkat kecanggihan dari samrtphone tersebut yang hampir menyerupai komputer. Tidak hanya itu saja, bentuknya yang lebih simple karena dibuat dalam balutan handphone yang berukuran kecil juga menjadikan smartohone android menjadi teknologi paling praktis yang memiliki banyak manfaat. 


Jika umumnya penggunaan komputer selalu disertai dengan keyboard serta mouse, maka dengan hadirnya smartphone android anda pun tidak akan direpotkan kembali dengan berbagai macam perlengkapan tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jenis ponsel pintar yang satu ini memiliki banyak fungsi yang tentunya lebih beragam dan dapat membantu anda dalam melakukan beragam aktrivitas harian. Ingin tau apa saja fungsi atau manfaat yang dimilikinya? Simaklah uraian singkat dari fungsi smartphone android di bagian bawah ini :

 1- Sebagai media komunikasi

Jika sebelumnya handphone hanya dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dalam bentuk audio dan pesan teks saja atau dengan kata lain telepon dan SMS saja. Maka untuk saat ini hal tersebut sudah tidak berlaku kembali. Pasalnya kehadiran smartphone android sebagai media komunikasi dapat memberikan anda layanan komunikasi yang lebih beragam.

Selain telepon dan SMS, anda juga dapat menggunakan video call atau sistem audio visual, serta layanan media komunikasi dalam bentuk chatting dan sosial media lainnya, seperti WA, YM, Twitter, Facebook, Path, IG, dll.

2- Sebagai media hiburan
Smartphone android juga dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi menarik yang dapat menghibur anda ketika bosan, dimulai dari aplikasi untuk mengambil gambar atau pun video, mendengarkan musik, dan bahkan bermain game online.

3- Sebagai perlengkapan kantor
Bukan hanya digunakan untuk bersenang-senang semata, smartphone yang dikenal sebagai komputer mini ini juga dilengkapi dengan beragam aplikasi yang dapat memudahkan anda dalam melakukan pekerjaan, seperti halnya aplikasi office, atau bahkan editor.

4- Media browsing
Fungsi terakhir yang juga dapat anda rasakan dengan mudah pada smartphone android adalah layanan  sebagai media browsing yang cukup cepat dan mudah diakses. Selain itu, dengan sistem andorid anda pun dapat dengan mudah berselancar di dunia maya kapan pun dan di mana pun anda menginginkannya.

Kelebihan Smartphone Android   

Selain dikenal dengan fungsinya yang lebih beragam, smartphone android juga memiliki banyak kelebihan lainnya. Ingin tau apa saja kelebihan dari smartphone android tersebut? Berikut penjelasannya :

- Memiliki banyak aplikasi
Smartphone android memiliki banyak bentuk aplikasi yang bisa anda gunakan. Aplikasi tersebut dapat anda unduh dan instal dengan mudah secara bebas. Namun selain jenis aplikasi yang dapat diunduh secara gratis, ada pula diantaranya beberapa aplikasi smartphone android yang hanya dapat diunduh melalui pembayaran atau dinyatakan sebagai aplikasi berbayar.

- Pilihan handset yang lebih beragam

Smratphone android yang anda miliki juga memiliki kelebihan lainnya yang berkaitan dengan handset dari smartphone tersebut. Karena smartphone android ini banyak digunakan dan diluncurkan oleh perusahaan, maka handset dengan OS andorid itu pun diproduksi dengan jumnlah yang lebih banyak pula. Karena itulah anda pun dapat memilih jenis handset dari merek atau pun brand yang anda sukai. 

Kelebihan Smartphone Android

Produksi handset dengan sistem OS android menjadi benda elektronik tercanggih yang paling banyak diproduksi karena banyaknya pihak perusahaan yang juga menjual smartphone dengan sistem OS android itu tadi, apalagi mengingat bahwa android dikenal sebagai teknologi telekomunikasi yang menggunakan sistem open source.

- Harga yang jauh lebih murah
Berkaitan dengan tingkat produksi tinggi dari perusahaan smartphone, yang pada akhirnya mengakibatkan pemasaran smartphone android menjamur di kalangan masyarakat, maka harga jual yang dimilikinya pun berubah menjadi lebih rendah. 

Pada mulanya ketika smartphone android masih jarang diproduksi, harga yang ditawarkan untuk smartphone itu pun terbilang cukup tinggi, namun seiring dengan perkembangan zaman serta meningkatnya jumlah produksi dari smarphone android tersebut, maka harga jualnya pun berubah turun hingga menjadi jenis barang yang dapat dijual dengan nominal yang lebih murah.

- Penggunaan aplikasi google pada android
Pada mulanya sistem operasi yang dimiliki oleh andorid itu sendiri dikembangkan oleh pihak Google, karena itulah Google pun telah melakukan proses setting pada sistem android tersebut agar layanan yang diberikannya menyatu dengan bentuk layanan Google lainnya.

Kelebihan Smartphone Android

 Seperti halnya layanan Gmail, Google+, Youtube, Google maps, dan juga berbagai macam layanana Google lainnya. Selain itu, layanan Google yang umumnya terhubung dengan banyak bentuk aplikasi juga menjadikan sistem operasi pada smartphone android lebih mudah untuk mengakses setiap macam bentuk kebutuhan yang diinginkannya. Itulah alasannya mengapa sistem pada smartophone android dapat mengunduh banyak aplikasi dari Google dengan cara gratis.

- Android juga di dukung oleh perusahaan teknologi lainnya
Berbeda dengan sistem operasi pada smartphone lainnya, untuk sistem operasi android  ia dikenal sebagai jenis sistem yang tidak termasuk dalam software musiman. Hal ini berkaitan dengan pendapat yang menyatakan bahwa sistem operasi dari android adalah sebuah program yang memiliki kelanjutan dalam jangka waktu cukup lama, dan bahkan sistem ini pun dinyatakan akan terus mengalami perkembangan di masa yang akan datang.

Pernyataan tersebut tentunya bukan isapan jempol belaka, pasalnya banyak dari perusahaan teknologi dunia yang juga turut mengikuti dan melakukan proses pengembangan pada sistem android tersebut, entah itu perkembangan dalam bentuk hardware atau bahkan software. Karena itulah para pengguna smartphone android tidak perlu merasa khawatir kembali. Karena selain dimudahkan melalui segi handset yang dimilikinya smartphone ini juga dilengkapi dengan banyak aplikasi yang semakin berkembang dari waktu ke waktu selanjutnya.

Selain beberapa penjelasan di bagian atas tadi anda juga dapat mengoptimalkan fungsi dan kelebihan smartphone andorid melalui penggunaan aplikasi di website yang mengulik tentang smartphone android. Demikian ulasan mengenai kenalilah dahulu Fungsi Dan Kelebihan Smartphone Android, semoga bermanfaat.