Sejarah legendaris sipitung robinhood dari betawi

Legenda sipitung robinhod betawi - Di era pada jaman penjajahan belanda kira-kira tahun 1880, siapa yang tidak tau tentang sepak terjang seorang jawara dari betawi "si pitung"Si pitung sepak terjangnya yang gagah berani mempertahankan nenek moyangnya dari penjajah.
sipitung robinhod dari betawi
Dizky Dzulkarnaen pemeran tokoh Si Pitung

Sampai saat ini nama si pitung masih melekat dihati warga jakarta, khususnya orang-orang pribumi betawi, dan mungkin sampai bergantinya generasi ke generasi nama tersebut tetap menjadi ikonnya betawi.

Menceritrakan sebuah kisah ataupun legenda, yang pastinya mempunyai daya tarik tersendiri, apalagi bagi yang hobi baca-baca tentang sejarah, misalnya ; mengulas tentang sejarah "Bang pitung - legenda robinhod dari betawi". Baiklah sobat semua, bagi sobat yang memang sangat hobi baca tentang sejarah, pada kesempatan ini, saya akan sedikit mengupas tentang sejarah "Bang pitung - legenda robinhod betawi", simak sepak terjangnya :


Si pitung lahir pda tahun 1874, wafat ditahun 1903, tepatnya dibandengan utara, penjaringan, JKT, dia adalah sosok pahlawan yang gagah berani dari betawi (Jakarta), disaat mengatasi kompeni-kompeni belanda dan juga melakukan perlawanan kepada tuan tanah cina di betawi.
Baca juga : Mengulas sejarah tentang warok singo kobra
Menurut masyarakat setempat, bang pitung yang dari kecilnya hanya mengaji dan mengaji, dan beliau pun sangat cepat memahami tentang pelajaran agama dan mampu membaca Al-Quran, dari usia masih relative muda bang pitung sudah belajar ilmu beladiri, dan beliau mempunyai guru sepiritualnya yaitu Haji naipin.



#Sejarah legenda sipitung
- Disaat usia bang Pitung beranjak dewasa, kira-kira diusia enam belas atau tujuh belasan, yang dimana bapaknya menyuruh untuk menjual kambing di pasar tanah abangjarak dari rumah ke pasar tanah abang tidaklah dekat, akan tetapi si pitung hanya menaikannya dalam gerobak sebanyak 5 kambing, dan sewaktu pulang sipitung dihadang beberapa preman pasar tanah abang.
  • Sejak kejadian penghadangan oleh beberapa preman pasar, si pitung tidak berani untuk pulang, kadang-kadang di istirahat (tidur) di Mushola, yaitu tempat tinggal guru sepiritulanya “Haji Naipin”, sudah menjadi tekad sipitung, sebelum dia menemukan hasil jualannya, maka iapun bertekad untuk memperdalam ilmu tarekatnya. 
  • Dan pada akhirnya beliau melakukan tapa dan puasa selama empat puluh hari lamanya, setelah itu ia melakukan perjalanan ketempat-tempat mankutkan, dimana tempat itu banyak menemukan orang-orang jahat, dari melakukan perjalanan inilah sipitung menguji semua ilmu-ilmunya.
  • Dengan aksi dari perjalanannya itu, tidak sedikit orang memberikan julukan terhadap sipitung sebagai robinhod betawi, ia memang tidak pandai dalam hal memanah seperti robinhod, pada dasarnya mereka berdua mempunyai misi yang sama untuk melindungi orang yang tak bersalah, beliau pun sering membagi-bagikan hasil rampokan, dari hasil merampok penjajah belanda, untuk rakyat kecil.
  • Untuk saat ini, kisah dari si pitung digambarkan dengan sosok aktor yang perawakannya besar, dilakonkan dalam filmnya sipitung dengan pemeran diki dzulkarnaen, beda sekali dengan perawakan asli si pitung. Jika menurut sesepuh terdahulunya, sipitung adalah sosok orang yang kecil dari segi penampilanpun kurang dari memenuhi standar, dari sikapnyapun seperti orang yang kurang bergaul (istilah jaman sekarang).  Akan tetapi ilmu tarekat yang ia miliki, bisa membangkitkan dirinya kembali dengan hanya menyentuh tanah, ajian rawe rontek namanya, selain ilmu rawe rontek yang ia miliki, ia juga bisa tidak terlihat dengan kasat mata, dan tubuh yang kebal terhadap senjata apapun.
  • Ilmu yang ia miliki didapat dari H. naipin, yang merupakan dari Pon Pes rw bebek, menurut umar salbini, yang merupakan seorang seniman betawi utuk kupasan dalam bukunya yang berjudul : “Batafia “1740 dan petualangan dari betawi 2010”. Karena dengan ilmu kesaktiannya itu, sipitung tidak diperbolehkan untuk menikah, sampai akhirnya menjelang usianya mencapai empat puluh tahun beliau tewas ia masih melajang.
  • Sosok pitung yang bertahun-tahun jadi menjadi target pencarian kompeni, yamng menurut sumber mengatakan beliau mati ditembak menggunakan pluru emas, itu semua terjadi dikarenakan adanya seseorang yang berkhianat, dan memberikan informasi dimana keberadaan sipitung, dan akhirnya terjadilah penggrebekan, ditempat itulah sipitung ditembak dengan pluru emas.
Pada setiap malam jumat, banyak sekali para pejiarah yang berkunjung kemakam bang pitung, karena dari beberapa sumber konon kuburan sipitung dimakamkan di tempat berbeda yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

Demikianlah, kisah singkat tentang "Sejarah legenda Bang pitung legenda robinhod betawi", semoga sobat semua tertarik dengan sepak terjang beliau, terimakasih atas kunjungannya.