Yang menjadi penyebab mengapa anak anda dilarang minuman bersoda

Beberapa alasan kenapa anak-anak belum diperbolehkan minum - minuman bersoda, anak yang mengkonsumsi minuman bersoda dari took-toko atau diwarung makan. Anak anda kemungkinan akan tetap meminumnya sebab anak belum mengetahui pasti apa itu soda. Dan maka kita sebagai orang tua tidak boleh lengah dan membiarkan anak-anak membelinya ataupun anak yang baru ingin mencicipi minuman tersebut.
Minuman soda ini sangat disukai oleh anak-anak, bak rasanya yang manis dan juga minuman ini sangat bersensasi dan sangat digemari anak-anak. Maka anjuran paling baik untuk anak-anak bisa menghindari minuman bersoda, anda harus pandai mensiasatinya.

minuman bersoda
"Inilah 5 alasan mengapa anak anda tidak diperbolehkan minuman bersoda"
1. Kurang kandungan gizi
Jenis minuman bersoda ini sama sekali tidak memiliki tingkat gizi baik untuk anak-anak, intinya soda ini hanya jenis minuman penuh kalori kosong yang sama sekali tidak bagus untuk pertumbuhan anak.

Anak-anak yang suka minuman bersoda ini, bukan akan menambah gizi tapi justru bisa mengurangi kadar gizi mereka. Dengan seringnya anak-anak meminum soda sama halnya mengurangi vitamin atau kalsium dalam tubuh mereka, selain itu nafsu makan akan berkurang dikarenakan perut mereka banyak terisi kalori yang non gizi (minuman soda) tidak menutup kemungkinan, maka dengan waktu yang sangat panjang, anak bisa terkena obesitas atau malah mengganggu kesehatan yang lainnya.

2. Kerusakan pada gigi
minuman bersoda
Tingkat gula dalam satu kaleng minuman soda sangat tinggi, maka jika anak-anak setiap hari minum soda, kadar gula akan semakin meningkat yang memicu kerusakan lapisan gigi mereka. Pada akhirnya ini bisa menyebabkan rusaknya gigi oleh karena anak-anak terbiasa mengkonsumsi minuman bersoda yang mampu merusak enamel gigi mereka.


3. Menambah berat badan
minuman bersoda
Kalori dari minuman soda bisa membuat berat badan pada anak semakin bertambah bagi anak yang tidak aktif. Menurut Harvard School of Public Health, "dua dari tiga orang dewasa atau satu dari tiga anak di Amerika Serikat kelebihan berat badan atau obesitas." minuman manis dianggap salah satu kontributor utama dari obesitas awal.

Anak-anak yang berusia dua sampai lima tahun yang memiliki satu minuman bergula sehari (didefinisikan sebagai 8 ons) adalah 43 % lebih cenderung akan menjadi bertambah gemuk dibandingkan anak-anak yang lain seusia mereka yang tidak mengkonsumsi minuman tersebut, penelitian ini mengamati 9.600 anak-anak prasekolah.

Kita tidak bisa mengatakan secara pasti bahwa dengan memotong minuman manis bisa mencegah kelebihan berat badan, menurut pemimpin peneliti Dr Mark Deboer, ahli endokrinologi pediatrik di University of Virginia di Charlottesville. Tapi? ada sumber sehat kalori, dan ada juga sumber yang kurang sehat. Minuman gula pemanis ini tidak memiliki manfaat gizi lainnya.


4. Kafein
Meskipun minuman bersoda tidak banyak mengandung kafein, tidak sedikit anak-anak yang sudah aktif tanpa harus mengkonsumsi kafein. Anak akan semakin hiperaktif jika didorong dengan minuman soda, soda yang banyak mengandung kafein ini akan memicu anak lebih ber energy lagi.
Dalam kutipan artikel Washington post bulan agustus tahun 2015, telah dikutip oleh pusat As untuk Pengendalian serta Pencegahan penyakit menemukan bahwa 37% usia anak 2-22 sudah mengkonsumsi kafein secara teratur yang berasal dari minuman soda diturunkan menjadi 36% pada tahun 1999 sampai 2000, lalu turun menjadi 39% pada tahun 2009 sampai 2010.

Demikian sedikit ulasan yang menjadi penyebab mengapa anak anda dilarang minuman bersoda, info ini bisa kita jadikan pegangan untuk semua para orang tua, semoga bermanfaat.