Alasan kenapa bayi dan anak kecil dilarang menggunakan tamimah dalam islam

Setiap bayi yang baru dilahirkan, tentunya orang tua menginginkan bayinya baik-baik saja tidak ada gangguan sedikitpun. Bayi yang sudah menginjak usia 8 bulan sampai 12 bulan lebih biasanya sangat rentan dengan berbagai macam gangguan. Maka tidak heran jika banyak anak-anak menggunakan pelindung bayi, kalung tali atau bahan, yang menurut orang tua dulu, itu sangat berguna sekali untuk menjaga anak balita dari gangguan makhluk halus.
Dalam Islam kalung tersebut bisa dinamakan sebagai tamimah, tapi semua tergantung apa isi didalam gantungan kalung tersebut. Pada umumnya jika melihat kalung atau tamimah yang seringkali gunakan anak kecil berwarna putih dan sebagai pelindung diberikan sebuah satu bentulan kotak yang biasanya berisikan lafat Al-quran. Sebagai alih-alih hanya untuk menjauhkan anak-anak dari gangguan ghaib, atau lain sebagainya.

menggunakan tamimah dalam islam

# Alasan kenapa bayi atau anak kecil dilarang menggunakan tamimah dalam islam
Menggunakan serta menggantungkan sesuatu pada bayi dan berkeyakinan benda tersebut mampu melindungi dari segala gangguan makhluk ghaib termasuk salah satu perbuatan syirik. Kenapa saya katakan demikian?, alasan apapun, hal ini sudah sangat melampaui batas yang sama artinya telah meniadakan pertolongan Allah kepada makhluknya.

Baca juga : Hati-hatilah dengan ucapan, inilah Istighfarnya para pendusta
"Perkara yang satu ini disebut sebagai Tamimah, dan Rasulluloh alaihi wasallam mengharamkan bagi siapa saja yang menggunakannya"
# Bentuk kesyirikan dalam Islam
Salah satu kategori dosa syirik adalah jimat [Tamimah], Rasulluloh telah bersabda : "sesungguhnya jampi dan pelet merupakan syirik". [HR. Ahmad dan Abu Daud]. Rasulluloh Shallalahu' Alaihi wa sallam bersabda : " barang siapa menggantungkan jimat, berarti sudah berbuat satu kesyirikan". [HR Ahmad]
Begitu juga dengan seseorang yang menggantungkan ayat-ayat Al-quran, seperti tulisan Allah, Nabi Muhammad dan sejenisnya. Seringkali kita jumpai di mobil, motor, alih-alih untuk menghindari kecelakaan. Makah dengan demikian dikatakan Haram. Sebagai contoh yang lain adalah menyimpan Al-quran seukuran sangat mini didalam saku atau dompet, alasan sama seperti diatas, yaitu semata-mata menolak bala dan mara bahaya. Dan ini juga termasuk yang paling diharamkan dalam islam, sebab sangat bertentangan dengan Aqidah atau tujuan pada saat Al-quran diturunkan. Adanya Al-quran yaitu sebegai pedoman hidup untuk semua Umat.

Baca juga : Rahasia kekuatan yang tersimpan jika membacakan surah Al-kautsar

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah melarang penggunaan jimat tamimah ini secara umum, tidak dikecualikan satu pun, termasuk Al Qur’an. Sebab disisi adalah bisa mengantarkan pelecehan terhadap ayat suci Al-Qur’an, misalnya pada saat orang yang menggantungkan ayat kursi di lehernya kemudian ia masuk ke kamar mandi atau tempat-tempat kotor lainnya.


Rasulullah SAW bahkan pernah bersabda, bagaimana ia mengungkapkan rasa kurang sejalannya dengan apa yang namanya tamimah sebagai jimat pelindung bayi ini, bahwa sejatinya manusia yang baru lahir masih dalam keadaan fitrah.

Baca juga : Bahayanya menggunakan penglaris mendatangkan banyak pelanggan ditempat usaha
Sabda Rasulullah SAW yang mengatakan : " barang siapa yang berani melepaskan tamimah dari leher seseorang, sama halnya telah memerdekakan seorang budak"
Demikian segelumit penjelasan mengenai alasan kenapa bayi dan anak kecil dilarang menggunakan tamimah dalam islam, semoga bermanfaat, akan lebih menjadi makrifat jika anda sudi untuk share artikel ini.

Konsumsi makanan kesehatan khusus pengidap asam urat dan rematik

Penyakit Gout yaitu sebutan nama penyakit dari rematik dan asam urat, penyakit ini bersumber melalui radang sendi. Penyakit seperti ini akan mudah diatasi dengan cara-cara mengurangi konsumsi makanan-makanan tertentu saja.
Dan pada dasarnya seseorang yang mengalami rematik asam urat ini bisa menjalankan makan sehari-hari dengan menetapkan pola makan sehat yang banyak mengandung Karbohidrat atau protein yang memiliki kadar sedang sekaligus kandungan lemak rendah.

asam urat dan rematik

# Rematik asam urat dan zat purin
Rematik asam urat bisa mengakibatkan bengkak-bengkak atau nyeri persendian, biasanya terjadi pada jempol kaki. Bertumpuknya Kristal Natrium urat salah satu penyebab radang sendi, apa itu Kristal Natrium Urat?, natrium urat adalah kumpulan limbah alami yang terdapat didalam tubuh manusia.

Baca juga : 3 jenis makanan yang ampuh mengatasi penyakit yang disebabkan diabetes

asam urat dan rematik

Asam urat terjadi dari hasil terpecahnya zat purin dalam tubuh, sedangkan purin merupakan zat alami dari dalamtubuh ini bisa ditemukan dari beberapa jenis makanan. Maka didalam makanan yang banyak mengandung purin kadar tinggi bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak lagi asam urat. Inilah yang sering dilupakan oleh orang yang sedang mengidap asam urat, maka penting sekali untuk menghindari makanan mengandung purin.

Baca juga : Jenis makanan yang cocok dan sehat bagi penderita kolesterol tinggi

# Konsumsi makanan yang harus dibatasi untuk pengidap rematik asam urat.
Rematik asam urat hanya bisa diatasi dengan cara memperbanyak konsumsi makanan-makanan khusus yang mempermudah pengeluaran hasil kelenjar atau sel secara aktif, atau dalam istilah medis disebut "Sekresi" serta mengurangi konsumsi makanan dan minuman kaya purin, lihat panduan dibawah untuk anda ketahui.
- Kurangi jenis konsumsi :
1. daging bebek, kambing dan daging sapi
2. Daging jeroan : Ginjal, jantung, otak dan hati
3. Makarel, tuna dan sarden
4. Udang dan kepiting
5. Makanan manis atau minuman ringan tinggi kadar gula
6. Konsumsi makanan banyak mengandung ragi, seperti roti
7. Sayuran, kacang panjang, kacang merah, kacang polong, kol, jamur, dan bayam.

Baca juga : Inilah jenis umbi-umbian ubi ungu, selain enak rasanya juga antikanker

# Konsumsi makanan kesehatan khusus pengidap rematik asam urat.
1. Makanan buah-buahan : melon, apel dan jeruk
2. Yoghurt rendah kadar lemak, mengandung atau tidak mengandung purin dan protein tinggi,  dan susu
3. Tomat, sayuran hijau, wortel.
4. Sumber utama karbohidrat, seperti kacang-kacangan dan oat.
5. Konsumsi air putih sebanyak dua liter perhari, guna meluruhkan kadar asam urat
6. Konsumsi makanan dengan mengandung biji-bijian secara utuh.

Selain dengan mengganti pola makan, penting juga bagi yang mendapati asam urat menjaga berat badan dengan cara berolah raga secara teratur. Obesitas juga berpengaruh besar terhadap resiko utama rematik asam urat.

Demikian sedikit ulasan mengenai jenis konsumsi makanan kesehatan khusus pengidap asam urat dan rematik, terapkan selalu pola hidup sehat, semoga bermanfaat.

Perbedaan dan kelebihan antara gula batu dan gula pasir yang harus anda ketahui

Perbedaan dan kelebihan antara gula batu dan gula pasir - Minuman wajib di pagi hari yang sudah tidak bias ditunda-tunda lagi yaitu kopi, apalagi dengan adanya opien seperti, pisang goring, pisang rebus atau makanan khas jawa barat ubi bakar atau ubi cilembu, waduuh..rasanya dunia kaya punya sendiri dan yang lain ngontrak.
Rasa segelas kopi biasanya kurang pas dengan lidah, mungkin terlalu kebanyakan kopi, atau mungkin kurang gula. Kebanyakan orang pasti akan menambahkan pemanis kopi dengan gula pasir, bener enggak?, rasanya yang manis memang sudah tidak terelakan lagi. Tapi jika dilihat dari sisi kesehatan, lebih baik anda mencari alternative selain gula pasir yaitu dengan gula batu. Selain rasanya lebih nendang, bahkan gula batu ini lebih menyehatkan ketimbang gula pasir.

# Perbedaan jauh antara gula batu dan gula pasir untuk kesehatan tubuh.

antara-gula-batu-dan-gula-pasir-1

Baca juga : 5 manfaat penting kacang mete yang belum banyak dikatehui

Mencari alternatif pemanis selain gula pasir untuk menikmati minuman atau kemilan dalam sesekali waktu memang asik, tapi jika setiap hari dan berlebihan sudah pasti akan menimbulkan efek kurang baik untuk kesehatan. 1 faktor yang harus dijaga adalah, kelebihan berat badan yang disebabkan asupan gula terlalu banyak. Mungkin dahulu orang berkata, bahwa orang yang memiliki badan gemuk dikataan orang senang dan makmur, tapi tidak untuk sekarang ini. Kelebihan berat badan aau obesitas bisa beresiko seseorang terserang diabetes.

Kadar asupan karbohidrat setiap hari penting untuk penderita diabetes, sebab karbohidrat memiliki pengaruh besar terhadap gula darah lebih dari nutrisi yang lainnya. Banyak sekali kandungan karbohidrat melalui makanan atau minuman, pemanis gula lah salah satu diantaranya, dan gula juga banyak sekali jenis-jenisnya, salah satu contoh misalnya gula pasir.

Pada dasarnya, semua tergantung seberapa banyaknya gula dikonsumsi, baik gula pasir atau pemanis gula lainnya. Semua jika berlebihan tetap akan membahayakan kesehatan, salah satunya resiko berat badan berlebih dan obesitas, sehingga bisa meningkat menjadi pemicu diabetes.

Baca juga : Apakah anda lelah?, coba atasi dengan makanan seperti ini

# Fakta apakah gula batu lebih menyehatkan?
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kebenaran gula batu ini lebih menyehatkan ketimbang gula pasir, dibawah inilah kebenaran yang harus dipelajari untuk semua orang.
- Bahan-bahan dasar gula batu
Bahan untuk membuat gula batu yaitu sebuah cairan gula, kemudian cairan tersebut dikristalisasikan sehingga menghasilkan gula yang keras mirip batu, disitulah dinamakan sebagai gula batu.

# Kandungan nutrisi antara gula batu dan gula pasir.
Melalui bahan yang asalnya sama, otomatis kandungan nutrisi kandungan gula batu ada kesamaan dengan gula pasir, ialah bahan pemanis gula Surkosa. Kadar 100 Grm gula pasir mengandung karbohidrat mencapai 99.98 grm, sedangkan kandungan didalam gula batu hanya 99.70 grm. Jika dilihat nilai angka tersebut tidaklah jauh berbeda. Dengan level nilai yang sama tersebut, dengan demikian tingkat kesehatan giula pasir dan gula batu ini masih menjadi pekerjaan rumah, khususnya bagi yang mengalami diabetes.

Penting untuk dipertimbangkan, selain dari mengikuti gaya hidup, menu makanan juga harus setara, olahraga cukup, paling tidak 30 menit setiap hari 5 kali dalam seminggu. Dengan melakukan aktifitas olahraga sesuai anjuran ini, paling tidak resiko diabetes akan berkurang. Demikian juga, anjuran ini sangat berlaku bagi penderita diabetes, teratur dalam mengkonsumsi obat diabetes yang telah dianjurkan dokter.

Kesimpulan :
Sebagaimana yang telah disarankan WHO, mengkonsumsi gula yang aman untuk kesehatan tubuh maksimal 50 gram, atau sekitar 4 sendok makan setiap hari. Jika ingin mendapatkan manfaat tambahan, maka dari jumlah yang harus dibatasi ialah setengahnya atau 25 gram saja setiap harinya.

Demikian sedikit artikel mengenai perbedaan dan kelebihan antara gula batu dan gula pasir yang harus anda ketahui ini, semoga bermanfaat.