Bayi paling unik, nama anak dari purwokerto diberi nama serupa mobil sport

Bayi paling unik, nama anak dari purwokerto diberi nama serupa mobil sport - Keunikan dan keanehan dari sebuah nama seseorang terkadang membuat perut terasa dikocok. Bahkan bisa membuat kita tertawa terbahak.
Ada sepasang suami istri asal jawa tengah, memberikan nama anak dari bayi dengan nama yang sama dengan jenis kendaraan sport, entah itu saking hobinya dari sang ayah?, sehingga memberikan nama anaknya sangat unik dan sama dengan merk mobil sport. Kemungkinan anda sudah pernah melihat di internet-internet beberapa waktu yang lalu, yaitu tentang berita orang-orang yang memiliki nama paling unik di indonesia, contohnya : tuhan, nabi, saiton, dan kemungkinan masih banyak lagi seseorang yang memiliki nama paling unik ini.
Bayi-paling-unik-1.jpg
Sumber gambar : kaskus.co.id

#Inilah bayi paling unik, nama anak dari purwokerto yang diberi nama serupa dengan mobil sport.
Belum lama ini telah dihebohkan lagi mengenai kemunculan nama paling unik dari bayi asal purwokerto ini. Sepasang suami istri yang baru dikaruniai seorang bayi laki-laki memberikan nama untuk anaknya sama seperti merk mobil sport yaitu pajero sport.
Bayi-paling-unik-12.jpg
Sumber gambar : detik.com
Dengan cepat nama tersebut manjdi sangat populer sehingga sampai dealer mobil mitsubishi pajero di kota tersebut langsung menanggapi dan merilis foto bayi unik itu untuk sekedar memberikan apresiasi dan hiburan untuk masyarakat luas, dan delaer memberikan satu moto yaitu "semoga kelak menjadi anak setangguh pajero sport", kalimat tambahan dari dealernya langsung di purwokerto untuk foto tersebut.
Rupanya nama unik ini bukan hanya datang dari purwokerto saja, melainkan dari seorang bupati karawang yang mempunyai bayi dan diberi nama Cellica Nurrachdiana, bahwa diakui nama tersebut merupakan inspirasi dari nama mobil toyota celica.

Ulasan terkait :
Manusia aneh dan unik, seorang nenek tua ini kegirangan masuk penjara

Seyogyanya kebanyak orang tua dalam memberikan nama buat anak-anaknya agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah, berbakti kepada kedua orang tua atau agama dan bangsa sekaligus sukses dalam meniti hidupnya.

Sumber artikel : kaskus.co.id - detik.com 
Demikianlah segelumit artikel mengenai bayi paling unik, nama anak dari purwokerto diberi nama serupa mobil sport ini, mudah-mudahan bermanfaat, atau malah menjadi satu inspirasi buat anda semua.

Awal mula sejarah kampung melayu jakarta timur di Batavia tempo doeloe

Awal mula sejarah kampung melayu di Batavia tempo doeloe - Belum lama ini, jakarta timur tepatnya di kampung melayu telah terjadi teror bom yang merampas rasa nyaman bagi warga setempat. Namun kali ini saya bukan untuk mengulas bom laknattulloh tersebut, artikel ini akan mengulas mengenai sejarah kampung melayu di batavia pada jaman dahulu.
Awal mula Mayor Isaac st Martin dan juga Van Hoorn, tanggal 22 oktober tahun 1688 ada seorang maskapai pedagang dari hindia timur Vereenigde Ostindische compagnie VOC membuat aturan untuk masyarakat pribumi. Setiap orang harus tinggal bersama-sama orang satu suku di sebuah kampung, contohnya seperti, orang bali harus tinggal di kampung bali, orang ambon tingal dikampung ambon dan orang melayu harus tinggal di kampung melayu.

jakarta-timur-di-Batavia-tempo-doeloe-8.jpg


Melalui lansiran tirto 25 mei 2017 pada jaman VOC, sekumpulan orang dari perbedaan etnis itu ditempatkan mengelilingi benteng VOC di jakarta. Orang bali ditempatkan di arah barat, ambon di timur benteng dan orang melayu di bagian selatan. Kampung tersebut seolah-olah mengelilingi VOC dari serangan orang-orang pribumi di pulau jawa.

#Inilah sejarah singkat kampung melayu jakarta timur di Batavia tempo doeloe.
Menurut keterangan dari Mona Lohanda melalui buku yang membesarkan dan mengatur batavia 2007 bahwa sisa-sisa tempat peninggalan mereka bisa dikenali dari nama kampung tua di jakarta, termasuk salah satunya kampung melayu di jatinegara jakarta timur. Kampung melayu ini awalnya masuk di wilayah yang dikenal sebagai nama Meester Cornelis.

jakarta-timur-di-Batavia-tempo-doeloe-118.jpg

Baca juga : 
Mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia

Awal mula sejarah kampung melayu ini ada keterkaitannya dengan Wan Abdul Bagus, wan ialah sebuah gelar sebagai orang paling di tuakan dari melayu. Jika daam buku asal-usul nama tempat di jakarta 2004, wan abdul putra ence bagus yang lahir di patani thailand selatan dimana daerah tersebut masih berbatasan dengan malaysia di semenanjung melayu. Beliau dikenal sebagai sosok yang pintar dan cerdas, lalu ia diangkat sebagai pemimpin masyarakat melayu di betawi berpangkat kapitan.
“Kapten Wan Abdul Bagus menjadi salah satu penerjemah resmi dan merevisi terjemahan Katekismus Heidelberg,” tulis Adolf Heuken di Tempat-tempat bersejarah di Jakarta 1997.
VOC mempercayakan tugas kapitan bukan hanya memimpin perkampungan atau urusan administrasi dengan VOC, seorang kapitan dan orang satu etnisnya juga harus siap menjadi pasukan dari suku dan perang demi kepentingan VOC. Maka jika ada salah satu suku yang melawan VOC, kampung suku yang lain pun akan dikerahkan.

#Koran bintang betawi W.L. Ritter.
Telah dituliskan oleh seorang W.L. Ritter dalam psotingan korang bintang betawi 08-05-1901, kapitan jonker atau asalnya kampong pajongkoran, kapitan wan abdul bagus beserta orang-orang melayu pernah dikerahkan untuk melawan orang ambon yang dimana masih dibawah pimpinan kapitan jongker di marunda, cilincing.

Pada masa-masa sebelumnya, sebelum ada peraturan yang mengkotakan suku-suku non betawi didalam kampung-kampung etnis, kapitan jongker serta orang-orang ambon dan juga orang melayu dibawah komandonya bertempur demi voc di sulawesi dan sumatera. Dalam satu pertempuran itu, salah satu orang pemimpin pasukan melayu, kapitan abdul bagus terluka, kemudian disusul dengan kematian jonker yang mati terbunuh. Padahal, awal mula terbangunnya orang-orang melayu kapitan wan abdul bagus yang pertamakali mendirikan kampung melayu di meester.

#Betawi Queen of the east.
Penuturan dari Alwi Shahab dalam ringkasan betawie queen of the east tahun 2004, daerah sekarang yang bernama kampung melau, dulunya hanya tinggal pasukan melayu, yaitu salah satunya masih dibawah kepemimpinan Kapitan wan abdul bagus. Tapi untuk dareah selatan, masih ada bawahan wan abdul yang bernama ence awang yang tinggal bersama keompoknya dan orang-orang melayu, dimana orang-orang tersebut yang menjadi cikal bakalnya tempat yang bernama cawang.

#Awal mula kemunculan nama-nama tempat di jakarta.
Didalam sebuah buku, bahwa asal-usul dan awal mula nama-nama tempat di jakarta 2004 adalah bagian dari abdi voc, wan abdul dipercayakan oleh voc ditugaskan sebagai Regeringscommisaris, atau sebagai duta voc di sumatera bagian barat. kemudian setelah itu, wan abdul bagus wafat pada tahun 1716 disuianya yang 90, lalu digantikan oleh wan abdullah, yaitu salah satu putranya dari istri sirihnya.

jakarta-timur-di-Batavia-tempo-doeloe-18.jpg

Pewaris utama, wan mohammad wafat terlebih dahulu dari wan abdul, sebelum meninggal wan mohammad sudah menikah dengan seorang ratu syarifah fatimah. Menurut penuturan de haan, ratu syarifah ini masih ada hubungannya dengan konflik istana dari banten, wan abdullah dianggapnya sebagai kapitan terakhir dari orang-orang melayu yang disebabkan faktor politik voc.

Jauh kemudian setelah VOC bubar lalu Hindia belanda semakin berjaya, kampung melayu termasuk wilayah afdeling Meester Cornelis di keresidenan Batavia tempo doeloe alias Betawi. Kampung Melayu, yang dilintasi kali Ciliwung ini, letaknya tak jauh dari pusat dari afdeling yang kemudian jadi kabupaten Meester Cornelis.

Kampung pinggiran bekas sepeninggalan di era kolonial voc yang dikenal sebagai daerah padat dan terkenal terminalnya, mulai ramai dizaman voc. Terlebih lagi di jatinegara, yang dulunya disebut-sebut sebagai meester cornelis dan berkembang pesat menjadi satu kawasan militer koloni, dan tidak jauh dari kawasan tersebut sedang ada pembangunan stasiun kereta, yang kini dikenal sebagai stasiun jatinegara.

Berbeda dengan penuturan seorang adolf heuken di bukunya yang berjudul "gereja-gereja tua di jakarta" 2003 dan tuan Van der end dalam bukunya Ragi carita bagian jilid satu tahun 1987, nama dari meester cornelis itu asalnya nama seorang anak berketurunan portugis yang kaya raya yang bernama cornelis senen, untuk nama embel-embel seperti meester ini, bisa diartikan sebagai tuan.

Tuan cornelis senen, yaitu seorang pendeta yang seringkali khotbah dengan bahasa melayu, dan beliau membangun satu sekolahan pada tahun 1635. Saat itu jepang sedang masuk ke indonesia, lalu nama meester cornelis diganti namanya menjadi jatinegara, msekupin pada saat itu masih banyak yang menyebutnya daerah itu dengan sebutan nama meester atau mister.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai awal mula sejarah kampung melayu jakarta timur di Batavia tempo doeloe ini, semoga bermanfaat.