Cara melihat dan 5 tanda browser anda terserang malware

Komputer maupun phonsel sangat identik dengan internet, maka keduanya akan seperti tidak bernafas tanpa kehadiran internet. Tapi kehadiran internet saat ini tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak virus menyebar, dan yang lebih berbahayanya lagi, virus tersebut tidak hanya mampu menyerang phonsel atau komputer.
Cara melihat dan 5 tanda browser anda terserang malware - Virus atau yang sering kita ketahui sebagai malware ini, bukan hanya mampu menyerang komputer dan perangkat, namun juga peramban pun mampu untuk disusupinya. Kemudian bagaimanakah cara pengguna agar bisa melihat jika browser yang digunakan sudah terserang malware dan virus.

Tentunya anda sebagai pengguna browser masih ada yang belum mengetahuinya, bahwasanya browser anda gunakan sudah terjangkit malware, naah jadi untuk segera melakukan antisipasi atas kasus seperti ini, berikut ini  5 tanda browser yang sedang anda gunakan terserang malware.

050577_Cara_melihat_dan_5_tanda_browser_anda_terserang_malware.jpg

#5 tanda-tanda browser anda sudah terserang malware
Anda sebagai pengguna browser harus berhati-hati jika banyak terdapat aktifitas aneh, yang tidak biasanya muncul di peramban ada, berikut 5 diantaranya malware yang sedang merayapi browser yang anda gunakan.

#Muncul tab baru yang tidak anda inginkan secara massal
Setiap para pengguna internet pada umumnya akan mencari info melalui aplikasi web browser masing-masing. Mungkin ada diantara kalian yang menekan teks dan gambar dan secara otomatis mengarahkannya ke berbagai situs sekaligus web browser secara otomatis membuka tab yang baru dalam jumlah yang banyak.

250577_Cara_melihat_dan_5_tanda_browser_malware.jpg
Dan jika link muncul sebagai tab baru tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan apa yang anda cari, tidak menutup kemungkinan banwa tab atau link tersebut sebuah tanda bahwa browser anda sedang disusupi malware.

Perlu anda ketahui, kasus seperti itu bertujuan agar disetiap user yang terpancing masuk kesitus tersebut, dan yang lebih berbahaya, link-link tersebut mampu membuat para pengguna mendownload program maupun aplikasi dengan sendirinya. Maka jika sudah terjadi seperti itu, demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, segera matikan komputer dan mereseter dengan tujuan memberhentikan aktifitas pengunduhan yang terjadi secara otomatis.
#Laman pertama pada browser anda berganti situs lain
Semua web browser akan menampilkan tampilan pertama yang berbeda sesuai yang telah tersedia, contohnya pada saat anda membuka google chrome, dan pasti biasanya akan menampilkan halaman pertama kotak pencarian google.

050578_Cara_melihat_dan_5_tanda_browse_malware
Akan tetapi, jika browser sudah terserang malware maka tampilan awal dari browser akan berubah tidak seperti biasanya. Umumnya hal ini terjadi pada saat-saat aktifitas anda sedang melakukan pengunduhan, diantaranya musik, aplikasi, video dan lain sebagainya tidak terkecuali berbagai macam file yang lain yang tidak semestinya anda percayai.

#Bermunculan iklan secara acak 
Sudah menjadi hal yang wajar jika iklan selalu muncul disetiap web yang anda kunjungi, sebab itulah para pemilik website akan mendapatkan keuntungan.

Cara_melihat_dan_5_tanda_malware.jpg

Tapi ada salah satu iklan yang tidak disediakan didalam website tersebut ialah pada saat iklan muncul sangat berlawanan atau berbeda dengan jenis konten yang ada didalam website yang sedang anda kunjungi. Biasanya iklan tersebut berasal dari aplikasi advertising yang secara diam-diam tanpa disadari pengguna sudah ter instal pada browser anda, dan virus seperti ini dikenal sebagai AdWare.

#Browser sering mengalami crash
Crash pada browser biasanya terjadi pada saat aplikasi yang berjalan tidak sesuai ekstensi atau plugin pada sistem browser anda. Contohnya saja flash yang belum di-update, sehingga menyebabkan sistem pada website tidak bisa dipenuhi oleh aplikasi browser anda, dan hal tersebut wajar dialami.

051598_Cara_melihat_dan_5_tanda_browser_malware.jpg
Maka satu hal yang tidak wajar adalah bila web browser mengalami crash saat membuka website atau blog ringan. Website ringan umumnya hanya berukuran 500 kb ke bawah, sehingga bisa diduga crash disebabkan oleh malware atau virus.

Ulasan terkait :
Cara yang ampuh melindungi data dari penyusup hacker
Google station memberikan akses wifi secara gratis dijawa dan bali

#Loading website atau situs menjadi lemot
Pada saat anda melakukan pencarian, terkadang loading website berjalan sangat lama, jika koneksi internet bermasalah, tentu hal tersebut wajar. Namun jika tidak, lebih baik anda menginstal ulang aplikasi web browser tersebut guna memastikan peramban anda akan tetap aman.

Nah, bagi anda yang merasakan tanda-tanda seperti di atas, sebenarnya bisa dicegah melalui aplikasi anti malware yang ada di Google Play Store. Artikel ini bersumber langsung http://m.liputan6.com/tekno/read/3200825/cek-di-sini-5-tanda-browser-kamu-terjangkit-malware, semoga bermanfaat.